Senin, 17 Agustus 2020

Selasa, 18 Agustus 2020

MATERI AJAR


Kelas.                : IV
Tema.                : Berhemat Energi
Subtema .         : Sumber Energi
Pembelajaran : 1
Hari/Tanggal . : Selasa, 18 Agustus 2020
Muatan Pembelajaran: Bahasa Indonesia, IPA, IPS


Bismillah...

Assalamu'alaikum.....

Apa kabar anak sholeh dan sholeha?
Wah abis long weekend nih...
Sehat dong yaa? Semangat juga donk yaa....???
Iyaa, semangaattt, jangan sampe enggak.

Jangan lupa dhuha dan murojaah ya untuk mengawali kegiatan hari ini.


Selamat Belajar



IPA

Matahari sumber kehidupan di Bumi


Matahari sebagai sumber energi terbesar memancarkan panas dan cahayanya ke Bumi. Cahaya matahari menerangi Bumi sehingga kita dapat melihat semua mahluk hidup dan benda disiang hari. Panas matahari mengakibatkan adanya kehidupan di Bumi.
Berikut beberapa peran matahari bagi kehidupan di Bumi:
§  Seiring dengan perputaran Bumi pada porosnya, matahari membuat terjadinya siang dan malam.
§  Seiring dengan kemiringan posisi Bumi saat melakukan revolusi, matahari mengakibatkan terjadinya 4 musim di belahan Bumi utara dan selatan.
§  Berperan pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca: mendung, panas, dan hujan.
§  Berperan pada proses terjadinya awan hingga terjadinya hujan yang membasahi daratan hingga semua tumbuhan di darat dapat bertahan hidup. Air hujan yang tersimpan di tanah juga dimanfaatkan hewan dan manusia untuk keberlangsungan hidupnya.
§  Berperan pada proses fotosintesis sehingga semua tumbuhan baik di darat dan di laut dapat hidup, berkembang, dan membuat cadangan makanan untuk dikonsumsi hewan dan manusia. Panas matahari mengakibatkan perbedaan suhu udara yang memicu terjadinya angin. Tiupan angin kemudian juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.
§  Panas matahari mengakibatkan air laut menguap, peristiwa ini dimanfaatkan pada proses pembuatan garam.
§  Cahaya dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya, yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.


Gagasan Utama dan Gagasan Pendukung

Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang didukung oleh gagasan pendukung. Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Ciri gagasan utama yaitu kalimat-kalimat yang terdapat dalam suatu paragraf hanya terfokus pada isi dari topik paragraf. Kalimat utamanya pun tersebar pun mendominasi paragraf. Gagasan penjelas adalah gagasan yang fungsinya menjelaskan gagasan utama. Gagasan penjelas umumnya dinyatakan oleh lebih dari satu kalimat. Kalimat yang mengandung gagasan penjelas disebut kalimat penjelas. Ciri gagasan penjelas yaitu kalimat-kalimat yang terdapat dalam suatu paragraf berisi penjelasan dari topik utama yang dibahas di paragraf gagasan utama.


IPS

Sumber Daya Alam 

Semakin berkembangnya jaman, kebutuhan manusia semakin mengalami peningkatan dan menuntut kita untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan baik. Sumber daya alam dan pemanfaatannya sangat perlu diperhatikan penggunaannya seperti hewan, tumbuh – tumbuhan, dan SDA non hayati seperti minyak, logam, dan gas alam. Sumber Daya Alam mempunyai sifat yang langka dan terbatas sehingga dalam pemanfaatannya membutuhkan beberapa pertimbangan.
Sumber Daya Alam bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang berada di lingkungan alam dan manusia bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Simak video berikut agar lebih paham tentang materi di atas ya,




Challenge!

Buat poster gambar di penugasan paling terakhir di video ini!
Buatlah sebagus mungkin, kemudian fotolah bersama karyamu, lalu upload di instagram dengan menge-tag instagram guru kelasmu (bila ada), @sdalazhar1_bandarlampung dan @yayasan_al.azhar_lampung sertai dengan hastag nama kelas masing-masing dan sekolah.
Contoh : 
4A hastag #IVASDALAZHAR1
4B hastag #IVBSDALAZHAR1
4C hastag #IVCSDALAZHAR1
4D hastag #IVDSDALAZHAR1
4E hastag #IVESDALAZHAR1
4F hastag #IVFSDALAZHAR1

Hasil karya ditunggu sampai hari rabu, 19 Agustus 2020, pukul 12.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Pb. 5 Kelas 5B Senin 13 Mei 2024 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 5

  Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 2                 :  Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran    ...