Senin, 04 Januari 2021

Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2, Selasa 5 Januari 2021

 MATERI AJAR


Kelas : IV 

Tema : Cita-citaku

Subtema : Aku dan Cita-citaku 

Pembelajaran : 2

Muatan Pelajaran : PPKn, SBDP 

Hari/Tanggal : Selasa, 5 Januari 2021


Assalamualaikum...


Selamaaaatt pagii... 

Hari kedua daring di semester 2 yaa

Tetep semangaaaatt anak sholeh dan sholehaa... 😁 

Yuk sarapan yg bergizi, kemudian lanjut shalat dhuha dan Murojaah. 


Selamat belajar... 

Tema 6 Kelas 4 SD Subtema 1 Pembelajaran 2


Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan tentang tumbuhan dan hewan. Banyak buku tentang hewan dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu digunakan Siti sebagai bekal untuk merawat hewan pel iharaannya dan tumbuhan yang ditanamnya.


Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya. Kelinci-kelinci itu bermain bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang menjadikan udara sejuk. Siti senang menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tanaman dan memberi makan kelincinya.

Saat Siti menyiram tanamannya, Siti melihat ada banyak kupu-kupu yang hinggap di tanamannya.


Kamu tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu.

Ayo, nyanyikanlah!


Ayo Bernyanyi

Nyanyikan lagu di bawah ini bersama-sama dengan temanmu.

kelas 4 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2

Bagaimana kamu menyanyikan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" tersebut?

Apakah kamu menyanyikan dengan cepat?

Apakah kamu menyanyikan dengan lambat?

Bagaimana perasaanmu jika lagu itu dinyanyikan dengan cepat?


Setiap hewan dan tumbuhan membutuhkan air. Air dapat berasal dari air hujan atau sumber air.

Coba bandingkan dengan lagu berikut!

Ada lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu yang dinyanyikan dengan cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut tempo lagu.

Ada tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu.

Istilah atu tanda tempo sebagai berikut.


Ayo Mengamati

Amatilah kembali penulisan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian, cocokkan dengan keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu berikut.


1. Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu"dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"?

Lento ( Lebih lambat ) dan Andante ( sedang ).

2. Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan"Tik-Tik Bunyi Hujan" tersebut?
Jika tempo pada lagu kupu kupu yang lucu adalah 'Lento' (sangat lambat) sedangkan tempo pada lagu tik tik bunyi hujan adalah 'Andante' (sedang).

3. Carilah notasi lagu yang lain. Amatilah tempo yang digunakan pada notasi lagu tersebut!
Lagu Naik delman Dengan nada tempo allegro ( cepat ).

Ayo Membaca

Simaklah puisi berikut!

Cita-Citaku

Ciptaan: Angelica

Suara indah alat musik
Alunannya tenang mendayu
Seakan selalu berbisik
Aku selalu ada untukmu

Aku suka alat musik itu
Karena itu aku ingin menjadi pemainnya
Inilah cita-citaku
Menjadi pemain biola

Langkah-langkah kujalani
Semua cobaan kulewati
Untuk mendapatkan apa yang kuinginkan
Semua akan kuperjuangkan

Ayo Berlatih

Setelah menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.Apakah judul puisi tersebut?
Judul puisi di atas adalah Cita-citaku.

2.Coba buatlah judul lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut!
Judul lain yang sesuai adalah Alat musik.

3.Berapakah jumlah bait yang terdapat pada puisi tersebut?
Jumlah bait pada puisi di atas adalah 3 bait.

4.Berapakah jumlah baris pada setiap bait puisi tersebut?
Jumlah baris pada setiap abit puisi adalah 4 baris.

Ayo Mengamati

Perhatikan kembali puisi "Cita-Citaku" dengan saksama.  Amatilah bunyi vokal setiap kata terakhir pada setiap baris puisi!

Perhatikan contoh berikut!
Suara indah alat musik  ---------------------------- i
Alunannya tenang mendayu  ----------------------- u
Seakan selalu berbisik  -----------------------------  i
Aku selalu ada untukmu  --------------------------- u

Aku suka alat musik itu  ---------------------------- u
Karena itu aku ingin menjadi pemainnya   ---------- a
Inilah cita-citaku  ----------------------------------- u
Menjadi pemain biola  ------------------------------  a

Langkah-langkah kujalani  ------------------------- i
Semua cobaan kulewati  ---------------------------- i
Untuk mendapatkan apa yang kuinginkan  --------- a
Semua akan kuperjuangkan ------------------------ a

Apakah kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi di atas?

Tuliskan kesimpulanmu pada kolom di bawah ini!
Selesai memperhatikan bunyi akhir pada baris-baris setiap bait puisi di atas saya menjadi lebih paham puisi di atas memiliki rima yang teratur diantaranya abab.

Ayo Membaca

Kupu-kupu terbang ke sana ke mari
Mencari bunga-bunga yang sedang mekar
Sungguh indah warna sayapmu yang menari
Berpadu dengan indahnya bunga yang mekar

Bagaimanakah bunyi akhir baris-baris pada bait puisi tersebut?

Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!

Kupu-kupu terbang ke sana ke mari ------------ i
Mencari bunga-bunga yang sedang mekar ------------ a
Sungguh indah warna sayapmu yang menari ------------ i
Berpadu dengan indahnya bunga yang mekar  ------------ a

Apakah kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi di atas?
Tuliskan kesimpulanmu pada kolom di bawah ini!
Setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi cita-citaku adalah Terdapat keteraturan bunyi vokal kata akhir dalam setiap baris.

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini!
kelas 4 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2
Kepompong merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupukupu.Di dalam kepompong itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut siklus hidup atau daur hidup.

Kita sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan meta- morfosis.

Berikut ini metamorfosis kupu-kupu.
1. Kupu-kupu yang siap bertelur mencari tanaman yang cocok untuk meletakkan telurnya.
2. Telur kupu-kupu.
3. Telur menetas mengeluarkan larva (ulat).
4. Larva berubah menjadi pupa (kepompong).
5. Kepompong akan menetas menjadi kupu-kupu.

kelas 4 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2

Berikut ini metamorfosis pada Belalang.
1. Belalang dewasa siap bertelur
2. Telur belalang
3. Nimfa tak bersayap
4. Nimfa bersayap
kelas 4 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2

Daur hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya. Sementara itu, tidak semua tahap dalam daur hidup belalang mengalami perubahan. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna. Sebaliknya belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna?
kelas 4 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2


TUGAS
Membaca dan Memahami materi diatas. 
Foto dan kirimkan kegiatanmu hari ini pd guru kelasmu! 

Tidak ada komentar:

Pb. 5 Kelas 5B Rabu 22 Mei 2024 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 5

Tema 9                       : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 3                 :  Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran     ...