KELAS 4 TEMA 9 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 & 6, SELASA 25 MEI 2021
Dapatkan link
Facebook
Twitter
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
MATERI AJAR
Kelas : IV
Tema : Kayanya Negeriku
Subtema : Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
Pembelajaran : 5 & 6
Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, PPKn, IPS ,SBDP
Hari/tanggal : Selasa, 25 Mei 2021
Assalamu'alaikum.
Selamaaatt pagiiii.....
😊😊
Halooo... Apa kabar semuaanya?
Semoga di pagi hari ini kalian lebih semangat lagi untuk belajar yaa...
Mengingat ini pembelajaran terakhir kita di Kelas 4.
Dan hari kamis nanti sudah mulai Penilaian Akhir Semester.
Waa.. Gak kerasa yaa, udah hampir 1 tahun berlalu kita belajar di kelas daring, dan baru beberapa kali kalian bertemu dengan bapak dan ibu guru di sekolah, serta teman-teman sekelas.
Yuukk kita sama-sama berdoa, semoga di tahun ajaran baru nanti, kita bisa belajar di sekolah lagii...
Aamiin ya Allah 🤲
Yookk bisa yookk...
Semangat belajar nya yak, 💪💪
Selamaaaatt belajar....
Ayo Membaca
Sumber daya alam, baik yang bisa diperbarui maupun yang tidak, jika digunakan secara terus-menerus juga akan habis. Pemanfaatannya harus dilakukan secara hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkannya secara sembarangan. Jika sumber daya alam tersebut rusak atau bahkan habis, kita akan terancam bencana. Hal ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan dan sumber daya alam.
Melestarikan lingkungan merupakan hal yang wajib dilakukan. Agar sumber daya alam tetap lestari kita harus melakukan usaha-usaha sebagai berikut.
Penghematan bahan bakar dan listrik.
Penggunaan energi alternatif, misalnya energi matahari, dan energi air.
Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul atau reboisasi.
Melakukan pembibitan jenis tanaman unggul.
Melakukan daur ulang bahan bekas.
Tidak membuang sampah atau limbah ke wilayah perairan, baik sungai, danau, maupun laut.
Tidak menebang hutan secara sembarangan. Kita harus melakukan tebang pilih. Artinya, kita hanya menebang pohon-pohon yang sudah berusia tua dan setelah menebang mau menanam dan menggantikan dengan pohon yang lebih muda.
Tidak menangkap ikan dengan menggunakan racun, listrik, dan bahan peledak.
Telah kamu ketahui bahwa ikut menjaga lingkungan alam dan sumber daya alam termasuk salah satu kewajiban sebagai warga negara. Banyak contoh perilaku yang dapat ditemukan kaitannya dengan usaha-usaha yang dapat dilakukan dalam menjaga lingkungan alam dan sumber daya alam di sekitar kita. Salah satunya dengan mendaur ulang sampah, limbah, atau barang-barang bekas tidak terpakai. Jika kewajiban ini kamu laksanakan, tentunya lingkungan alam sekitarmu akan tetap terjaga dan lestari.
Kamu pun dapat menghasilkan produk yang berdaya guna. Namun sebaliknya, apa yang akan terjadi jika kewajibanmu menjaga lingkungan lama tidak kamu laksanakan? Tentunya akan banyak terjadi masalah bahkan bencana seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan menjangkitnya penyakit karena sampah.
Akibat tidak melaksanakan kewajiban
Sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang. Kita tidak boleh menuntut hak kita sebelum kewajiban kita laksanakan dengan baik. Contoh sederhana adalah ketika kamu menginginkan nilai yang bagus, kamu harus belajar terlebih dahulu.
Berikut contoh pelaksanaan hak dan kewajiban yang seimbang.
Jika ingin sehat, kamu harus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalmu.
Jika ingin terhindar dari banjir, jangan membuang sampah di sungai.
Jika kamu menginginkan udara bersih, kamu harus mau menanam pohon.
Itulah contoh sederhana pelaksanaan hak dan kewajiban yang seimbang dan dapat dilakukan sehari-hari. Bagaimana dengan kewajiban sebagai warga negara? Apakah kamu telah melaksanakan kewajibanmu?
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu bertemakan alam berikut ini. Nyanyikan secara bersama-sama lagu yang berjudul “Memandang Alam ”.
Berikut ini video tentang Lagu Memandang Alam karya Pak Kasur :
TUGAS
Coba diskusikan bersama dengan anggota keluargamu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Haruskah orang yang mengabaikan kewajiban diberi sanksi? Mengapa?
2. Sebutkan 3 contoh sanksi bagi orang yang tidak melaksanakan kewajiban. Tuliskan pada tabel seperti contoh berikut.
Hari/tanggal : Jumat, 12 Mei 2023 Tema : Benda-Benda di Sekitar Kita (Tema 9 ) Sub Tema : Manusia dan Benda di Lingkungannya (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia , IPA, SBDP Pembelajaran : 2 Simak video berikut ini !!! TUJUAN : 1. Dengan kegiatan mengamati gambar iklan di media cetak, siswa dapat mengidentifi kasi unsur-unsur iklan dan ciri-ciri bahasa iklan yang diperoleh dari media cetak dengan tepat. 2. Dengan kegiatan mengerjakan latihan tentang iklan di media cetak, siswa dapat menyebutkan unsur- unsur iklan dan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam pembuatan iklan di media cetak, serta menyajikan hasil kesimpulan isi teks paparan iklan media cetak secara visual dengan benar. 3. Dengan kegiatan mengerjakan latihan mengenai campuran homogen dan heterogen, siswa dapat
Hari/tanggal : Senin, 8 Mei 2023 Tema : Benda-Benda di Sekitar Kita (Tema 9 ) Sub Tema : Benda dalam Kegiatan Ekonomi (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia , IPA, SBDP. Pembelajaran ke : 5 Simak video berikut ini !!! TUJUAN : 1. Dengan kegiatan mengamati gambar iklan televisi, siswa dapat menjelaskan informasi-informasi penting dan isi iklan dengan tepat. 2. Dengan kegiatan berlatih menuliskan informasi-informasi isi iklan televisi dan internet, siswa dapat menyimpulkan informasi-informasi penting isi suatu iklan dengan tepat. 3. Dengan kegiatan mengamati gambar minuman yang merupakan zat cam puran homogen dan zat campuran heterogen, siswa dapat mengidentifikasi komponen penyusun zat campuran dan ciri-ciri zat campuran dengan tepat. 4. Dengan kegiatan berdisk
Hari/tanggal : Kamis, 11 Mei 2023 Tema : Benda-Benda di Sekitar Kita (Tema 9 ) Sub Tema : Manusia dan Benda di Lingkungannya (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia , IPA Pembelajaran : 1 Simak video berikut ini !!! TUJUAN : 1. Dengan kegiatan mengamati gambar iklan, siswa dapat menyebutkan isi teks paparan iklan media cetak secara lisan dengan percaya diri. 2. Dengan kegiatan membaca materi mengenai iklan, siswa dapat mengidentifikasikan pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan bentuk-bentuk iklan. 3. Dengan kegiatan membaca dan mengamati gambar tentang iklan dalam media cetak, siswa dapat menyebutkan tujuan iklan, bentuk iklan, dan kesimpulan isi teks paparan iklan dalam media cetak dengan benar. 4. Dengan kegiatan mengerjakan latihan mengenai
Komentar