Selasa, 11 April 2023

Hari : Rabu, 12 April 2023, Tema 9 : Benda-Benda di Sekitar Kita, Subtema 1 : Benda Tunggal dan Campuran, Pembelajaran 4

Hari/tanggal           :  Rabu, 12 April 2023

Tema                         :  Benda-Benda di Sekitar Kita   (Tema 9)

Sub Tema                  :  Benda Tunggal dan Campuran (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu        :  Bahasa Indonesia, PPKN, IPS.

Pembelajaran ke        :  4


Simak video berikut ini !!!


TUJUAN :

           1.       Dengan kegiatan mengamati gambar kenampakan alam, siswa dapat menyebutkan kenampakan alam                    pada gambar secara tepat.

           2.       Dengan kegiatan mendiskusikan kenampakan alam wilayah daratan dan perairan, siswa dapat                                menyebutkan kenampakan alam wilayah daratan dan perairan beserta ciri-cirinya dengan benar.

           3.       Dengan kegiatan membaca tentang adaptasi masyarakat terhadap kenampakan alam sekitar, siswa dapat                menyebutkan contoh adaptasi masyarakat terhadap kenampakan alam sekitar secara tepat.

           4.       Dengan kegiatan mengamati iklan, siswa dapat menyajikan hasil kesimpulan isi teks paparan iklan                        media cetak secara lisan dan tertulis secara rinci.

           5.       Dengan kegiatan mengerjakan latihan menjawab soal mengenai hidup rukun, siswa dapat menjelaskan                   manfaat hidup rukun dalam kehidupan bermasyarakat dengan benar.





Ketampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Indonesia memiliki bentang alam yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada penduduk yang tinggal di daerah pegunungan. Ada juga penduduk yang tinggal di daerah pantai.
Ketampakan alam dibagi menjadi dua bagian, yaitu ketampakan alam wilayah daratan dan ketampakan wilayah perairan. Ayo, lakukan kegiatan berikut.





Bentuklah kelompok terdiri atas empat anak. Carilah informasi mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ketampakan alam wilayah perairan beserta ciri-cirinya. Saat kelompokmu mencari informasi melalui internet, mintalah bantuan orang tua atau orang dewasa di sekitarmu.

Diskusikan hasil informasi yang kalian peroleh. Kemudian tuliskan dalam kolom berikut.





Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda-benda atau barang-barang di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu, air di laut juga akan berbeda dengan air di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan? Tuliskan pada kolom berikut.





Berbicara tentang air, perhatikan iklan berikut.



Apa isi kedua iklan pada gambar di atas?

Amatilah kedua iklan tersebut. Kemudian, ungkapkan pendapatmu mengenai iklan tersebut di hadapan teman-temannmu. Tuliskan juga pendapatmu pada kolom berikut.



Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman membersihkan parit kecil di samping sekolah. Pak Tagor meminta anak-anak membersihkan sampah yang menghalangi aliran air. Pak Tagor juga meminta anak-anak mencabut rumput-rumput ilalang di sepanjang parit. Siti dan teman-teman senang melakukan kegiatan itu. Mereka rukun dan bekerja sama demi lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.


Hidup rukun sangat menyenangkan. Hidup rukun harus terjalin, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Siti bekerja sama dengan teman-teman seperti pada gambar di atas yang mencerminkan hidup rukun. Selain yang dicontohkan pada gambar, hidup rukun misalnya dengan membantu orang yang membutuhkan atau sedang susah. Dengan hidup rukun, kita turut memperkuat persatuan dan kesatuan di Indonesia.





Apa manfaat hidup rukun bagi dirimu?

Tuliskan pada kolom berikut.



SEKIAN TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Pb. 5 Kelas 5B Rabu 22 Mei 2024 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 5

Tema 9                       : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 3                 :  Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran     ...