Rabu, 24 April 2024

Pb. 5 Kelas 5B Kamis 25 April 2024 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5

 Tema 8                      : Lingkungan Sahabat Kita

Subtema 3                 : Usaha Pelestarian Lingkungan

Pembelajaran            : 5


Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah,  berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :




Pada Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan kita akan belajar tentang cara memelihara ketersediaan air bersih, membuat buklet untukmenjelaskan cara-cara memelihara ketersediaan air bersih, dan langkah-langkah membuat gambar cerita. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru Anda. Berikut ini kegiatan pembelajaran pada pertemuan kali ini.

Ayo Mencoba
Mengetahui Tingkat Pemborosan Air
  1. Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).
  2. Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan! Apabila tidak ada keran air di sekolahmu, dapat diganti dengan penampung air, misalnya ember atau kaleng bekas. Buatlah lubang kecil pada penampung air itu, kemudian isilah dengan air hingga penuh! Usahakan lubang itu cukup kecil sehingga air hanya keluar dengan menetes.
  3. Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.
  4. Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.
  5. Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?
  6. Tulislah laporan dan kesimpulan kegiatan ini, kemudian kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru.
Mengetahui Tingkat Pemborosan Air

Laporan Kegiatan Percobaan Mengetahui Tingkat Pemborosan Air
Tujuan Percobaan:Mengidentifikasi tingkat pemboroan air
Alat dan bahan:
  1. 1 buah gelas (ukuran ±300 mL).
  2. 1 buah bak mandi/tampungan air
Langkah-langkah:Langkah-langkah Percobaan:
  1. Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).
  2. Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan! 
  3. Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.
  4. Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.
  5. Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?
Hasil Percobaan:Ternyata gelas penuh dalam waktu sekitar setengah jam saja. Jika kebocoran air selama 24 jam maka akan ada 48 gelas air yang akan terbuang sia-sia
Kesimpulan:
    Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa banyak sekali pemborosan air yang terjadi di sekitar kita. Dari jumlah air yang terbuang dapat kita ketahui tingkat pemborosan air.

    Percobaan di atas telah menunjukkan pemborosan air yang sering terjadi di lingkungan rumah tangga. Dari jumlah air yang terbuang, kamu dapat memperkirakan pemborosan yang terjadi, bukan? Sekarang, apa tindakanmu untuk menghemat pemakaian air?

    Ayo Membaca
    Penghematan Air
    Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring. Berapa banyak air yang digunakan di rumahmu setiap hari?

    Walaupun hingga saat ini air selalu tersedia di alam, tetapi kita harus menggunakan air secara bijaksana. Menghemat penggunaan air sangat bermanfaat, terutama jika air diperoleh melalui pompa air listrik atau PDAM. Semakin sering kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar tagihan listrik yang harus kita bayar. Demikian juga jika kita menggunakan air dari PDAM. Semakin banyak air yang kita pakai, tagihan air per bulannya juga semakin besar. Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang pemborosan penggunaan air.

    Ayo Berdiskusi
    1. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu mengenai tindakan-tindakan penghematan air yang dapat kalian lakukan.
    2. Selanjutnya, buatlah buklet berisi cerita ajakan untuk melakukan tindakan-tindakan penghematan air.
    3. Lengkapi cerita dengan gambar yang mendukung. Perhatikan langkah-langkah pembuatan gambar cerita

    Tindakan yang dilakukan untuk menghemat pemakaian air antara lain :
    1. Memeriksa tagihan rekening untuk mengetahui ada kenaikan atau tidak
    2. Tidak perlu mandi terlalu lama
    3. Mematikan kran saat bersabun dan sikat gigi
    4. Mencuci baju saat mesin sudah penuh dengan cucian
    5. Menutup kran dengan sempurna sehingga tidak ada air yang menetes
    6. Menggunakan kembali air bekas cucian
    7. Menggunakan tombol setengah siram pada kloset
    Buklet :
    Buklet Hemat Air
    Ayo Membaca
    Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita

    1. Persiapan Bahan dan Alat
    Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.

    2. Menentukan Tema
    Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.
    Membuat Gambar Cerita
    3. Pembuatan Sketsa
    Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.

    4. Penyelesaian Gambar
    Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup.

    Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi. Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering. Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta. Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.

    Ayo Berkreasi
    Buatlah sketsa gambar cerita berdasarkan tema yang telah kamu tentukan pada Pembelajaran 2.
    Sketsa Gambar
    Ayo Renungkan
    Dari pembelajaran hari ini, kamu telah mendapat pengetahuan baru, melatih keterampilan, dan mengembangkan sikap-sikap baik.

    Adakah pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu berikan bagi perbaikan lingkungan sekitarmu? Apakah itu?
    Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan bagi perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku:
    Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan adalah pengetahuan cara memelihara ketersediaan air bersih. Dengan memelihara ketersediaan air bersih ketersedian air akan tetap terjaga
    Sikap baik apakah yang dapat menjadikan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih baik? Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik:
    Sikap baik yang dapat menjadikan kehidupan lebih baik adalah menghargai perbedaan pendapat. Dengan adanya sikap menghargai pendapat orang lain akan menghindarkan dari yang namanya perselisihan. Semua orang tidak akan memaksakan pendapatnya untuk diterima.

    Kegiatan Bersama Orang Tua
    Diskusikan dengan orang tuamu, tindakan apa saja yang dapat kalian lakukan untuk menghemat air bersih di rumah?

    Tindakan yang dilakukan keluargaku untuk menghemat air bersih di rumah:
    1. Memperbaiki kebocoran pipa saluran air
    2. Waktu mandi tidak terlalu lama berada di kamar mandi
    3. Menggosok gigi alangkah baiknya Anda mematikan keran air
    4. Gunakan kran aerator untuk membatasi aliran dari kran.
    5. Gunakan filter air sehingga tidak perlu lagi membeli air kemasan atau air galon
    6. Gunakan kembali air bekas cucian buah dan sayur
    7. Mengurangi siraman saat mencuci kendaraan, menyiram tanaman dan halaman.
    8. Memantau penggunaan air pada kamar mandi atau di bak penampungan jangan sampai luber.
    9. Mematikan kran yang sudah tidak digunakan


    Tidak ada komentar:

    Pb. 5 Kelas 5B Rabu 22 Mei 2024 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 5

    Tema 9                       : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 3                 :  Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran     ...