Kamis,
3 Oktober 2019
TM
4 ST 1 PB 2
RINGKASAN MATERI
PEMBELAJARAN
Hari/Tanggal : Oktober 2019
Tema
4 : GLOBALISASI
Sub
Tema 1 : Globalisasi
di Sekitarku
Pembelajaran : 2 (dua)
Muatan
PB : SBDP DAN PPKn
TEMA
4 (GLOBALISASI)
SUB TEMA 1
Globalisasi
di Sekitarku
Pembelajaran 2
Muatan SBdP
Pengertian
Reklame dan Ciri-ciri Reklame
Reklame
adalah salah satu bentuk ajakan atau pemberitahuan kepada orang lain. Tujuan
reklame digunakan, yaitu untuk menawarkan dan mengajak pembaca agar mengikuti
anjuran atau membeli produk yang ditawarkan dan meyakinkan bahwa barang yang
ditawarkan berkualitas baik.
Reklame
memiliki dua jenis berdasarkan tujuan pengadaannya, yaitu komersial dan
nonkomersial. Reklame bersifat komersial adalah reklame yang sifatnya
menawarkan barang atau produk, biasanya digunakan oleh para pedagang. Misalnya
mempromosikan kedai makanan atau yang lainnya. Reklame nonkomersial adalah
reklame yang sifatnya mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu atau member
anjuran yang baik. Misalnya ajakan untuk menghemat listrik dan menanam pohon di
halaman rumah.
Reklame
dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan medianya, yaitu:
•
Reklame audio, menggunakan media suara atau bunyi tertentu.
•
Reklame visual, menggunakan gambar, baik gambar diam maupun
gambar bergerak.
•
Reklame audio visual, gabungan dari audio dan visual.
Cii-ciri
reklame, antara lain:
•
Berisi informasi, membujuk, atau mengajak masyarakat.
•
Menggunakan kata-kata yang menarik agar pembaca berminaat
dan tertarik.
•
Terdapat slogan di dalamnya. Slogan adalah kalimat pendek
yang menarik dam mudah diingat oleh pembaca.
•
Terdapat gambar atau ilustrasi untuk membuat reklame lebih
menarik
•
Tata letak antara tulisan dan gambar terlihat rapi.
Muatan PPKn
Sikap
terhadap Keberagaman Kegiatan Ekonomi
Setiap
manusia memiliki kebutuhan yang berbeda. Perbedaan kebutuhan tersebut
menyebabkan beragmannya kegiatan ekonomi di masyarakat. Ada masyarakat yang
melakukan kegiatan ekonomi beripa produksi, distribusi, ataupun konsumsi.
Contoh
kegiatan produksi adalah petani jagung, peternak ayam, dan nelayan. Contoh
kegiatan distribusi adalah pengantar barang (kurir), pedagang telur, dan agen
beras. Contoh kegiatan konsumsi adalah pembeli makanan dan minuman, pembaca
buku, dan pengendara sepeda.
Meskipun
kegiatan ekonomi yang dilakukan berbeda, kita harus tetap saling menghormati
dan menghargai. Kegiatan ekonomi yang berbeda tidak menjadi penghalang untuk
kita tetap bersatu. Berikut sikap yang harus kita terapkan dalam keberagaman
ekonomi di lingkungan sekitar.
•
Saling menghargai dan menghormati antarpelaku kegiatan
ekonomi.
•
Membayar barang yang dibeli sesuai dengan harganya.
•
Bermain dengan teman tanpa membedakan kegiatan ekonomi yang
dilakukan oleh orang tuanya.
•
Tidak bersikap sombong terhadap kegiatan ekonomi yang
dilakukan oleh orang tua.
•
Memudahkan kurir dalam mengirimkan barang dengan cara
memberikan alamat yang jelas.
•
Memuji barang yang dihasilkan oleh pelaku kegiatan ekonomi
lain.
Melakukan
persaingan yang sehat antarpelaku kegiatan ekonomi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar