Jum at, 8 Nopember 2019
TM 5 ST 1 PB 2
MATERI AJAR KELAS 6

HARI/TANGGAL              :
TEMA                                : 5 (Wirausaha)
SUBTEMA                         : 1 (Kerja Keras Berbuah Kesuksesan)
PB                                     : 2
MUATAN PB                     : PPKn dan SBdP

Muatan SBdP
Macam-Macam Reklame

Reklame adalah salah satu bentuk ajakan atau pemberitahuan kepada orang lain. Tujuan reklame digunakan, yaitu untuk menawarkan dan mengajak pembaca agar mengikuti anjuran atau membeli produk yang ditawarkan dan meyakinkan bahwa barang yang ditawarkan berkualitas baik. Ada berbagai media digunakan untuk melakukan kegiatan reklame. Media tersebut antara lain, audio, visual, dan  audio visual.
Kita akan membahas macam reklame secara visual. Rinciannya adalah sebagai berikut.
         Iklan pada media cetak adalah pemberitahuan kepada banyak orang tentang barang atau jasa yang akan dijual. Contohnya, iklan pada surat kabar yang bentuknya berupa tulisan dan gambar mencolok.
         Spanduk adalah salah satu cara promosi yang menggunakan kain sebagai medianya. Spanduk biasanya berisi ajakan, slogan atau berita yang perlu diketahui oleh umum. Spanduk biasanya dipasang di jalan raya atau digunakan saat acara-acara tertentu.
         Poster adalah selembaran kertas yang berisi tulisan dan gambar,  biasaya ditempel di tempat umum. Poster biasanya berisi ajakan atau imbauan.
          Brosur berbentuk selembaran kertas. Biasanya dibagikan di tempat umum. Brosur berisi informasi yang ditujukan kepada masyarakat.
         Embalase merupakan informasi yang biasanya terletak pada kemasan sebuah produk. Informasi-informasi tersebut memuat detail tentang produk tersebut. Informasi berfungsi sebagai daya tarik dan pemberitahuan tentang produk tersebut.
         Baliho adalah jenis reklame yang berukuran besar. Ukuran baliho biasanya lebih besar dari spanduk sehingga ditempatkan di tempat umum menggunakan tiang sebagai penyangga.
         Banner sering ditemui di depan pertokoan. Banner merupakan media promosi yang dicetak dan diletakkan menggunakan besi sebagai penyangganya.
         Leaflet berbentuk lembaran yang dilipat menjadi tiga atau empat bagian. Leaflet digunakan untuk mempromosikan sebuah produk atau memberikan informasi tertentu kepada masyarakat.


Muatan PPKn
Keberagaman Wirausaha di Lingkungan Sekitar

Beragam barang yang dibutuhkan oleh masyarakat memengaruhi keberagaman kegiatan ekonomi yang ada. Sebuah kegiatan ekonomi tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam. Oleh karena itu, orang lain mendirikan sebuah usaha yang berbeda agar kebutuhan tetap dapat terpenuhi. Mendirikan usaha sendiri disebut kegiatan berwirausaha. Wirausaha adalah sebuah kegiatan ekonomi yang didirikan oleh seseorang dengan modal dan kemampuan yang dimiliki oleh pemiliknya. Kegiatan wirausaha menghasilkan beragam kebutuhan masyarakat. Ada yang menghasilkan barang. Ada juga yang menghasilkan jasa.

Perbedaan kegiatan wirausaha bukanlah penghalang untuk saling menghormati dan menghargai. Antarpemilik usaha maupun masyarakat harus mengharai keberagaman kegiatan wirausaha yang ada. Keberagaman tersebut bermanfaat karena dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Misalnya, sebuah wirausaha di bidang pembuatan bakso membutuhkan pedagang daging untuk menyuplai bahan baku pembuatan bakso. Daging yang diperoleh kemudian diolah menjadi bakso.

Perbedaan usaha yang dilakukan membuat antarpemilik dapat bekerja sama dalam menjalankan usahanya. Jika antarpemilik usaha saling menghormati dan menjalin kerja sama, tentunya beragam kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Jika kebutuhan dapat terpenuhi, kesejahteraan masyarakat pun dapat meningkat. Meningkatnya kesejahteraan sebuah masyarakat dipengaruhi oleh terpenuhinya kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KESIMPULAN PEMBELAJARAN, Hari : Selasa, 1 Agustus 2023, Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 2 : Manusia dan Lingkungan, Pembelajaran : 2

Hari : Selasa, 1 Agustus 2023, Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 2 : Manusia dan Lingkungan, Pembelajaran : 2

Hari : Senin, 8 Mei 2023, Tema 9 : Benda-Benda di Sekitar Kita, Subtema 2 : Benda dalam Kegiatan Ekonomi, Pembelajaran 5