Selasa, 22 September 2020

Pembelajaran TEMATIK Rabu, 23 September 2020

 Pembelajaran TEMATIK

Rabu, 23 September 2020


MATERI AJAR

Kelas      : IV
Tema      : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema : Ayo Cintai Lingkungan
Pembelajaran : 1
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Hari/Tanggal : Rabu, 23 September 2020

Assalamu'alaikum....

Selamat pagiii sholeh dan sholehaa...
Yuk kita awali hari ini dengan murojaah dan shalat dhuha yaa...

Semangaatt pagi!!!

Selamat Belajar...!!



Pernahkah kamu berpetualang ke desa? Tanpa kita sadari, lingkungan alam memberikan manfaat bagi kehidupan kita.

Bacalah teks di bawah ini.


Apa yang dilakukan oleh Pak Jajak adalah upaya agar lingkungan tetap terjaga sehingga sumber daya alam bisa tetap seimbang. Dari petualangan itu, Dayu dan teman-teman semakin peduli lingkungan.
Tentunya, kamu juga memiliki cerita petualangan seru. Misalnya, pengalaman kerja bakti, menanam pohon di sekitar rumahmu, atau di saat liburan ke rumah sanak saudara. Tulislah cerita petualangan tersebut.

Kebun Pak Jajak subur. Panen padi melimpah. Hewan ternaknya sehat dan gemuk. Hampir setiap hari Pak Jajak mampu menjual telur dan susu sapi. Sebagian hasil susu diolah menjadi yoghurt yang enak dan lebih mahal harganya. Semua keberhasilan itu adalah hasil kerja keras Pak Jajak merawat tumbuhan dan ternaknya.

Ayo, amati gambar berikut. Berilah tanda centang (√) pada gambar yang menunjukkan tanaman dan hewan yang terawat.

Hewan Terawat
Dari gambar-gambar yang ada, menurutmu bagaimanakah ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat?
  1. Ciri-ciri tumbuhan yang terawat umunya daun berwarna hijau, bebas dari hama atau gulama , daunnya tidak berlubang akibat dimakan hama. Sedangkan ciri-ciri tumbuhan yang tidak terawat : batang atau daunnya layu, daun berwarna kekuningan atau cokelat. dipenuhi oleh banyak hama dan tidak subur pertumbuhannya
  2. Ciri-ciri hewan terawat: bulunya bersih, tubuhnya tegap, bergerak lincah, jarang sakit. Sedangkan ciri-ciri hewan tak terawat : malas bergerak, baunya tidak sedap , banyak kutu di tubuhnya, dan bulunya kotor.
Bagaimana sikapmu jika menemukan tumbuhan dan hewan yang tidak terawat? 
Merawatnya dengan baik, memberi makan,menyiram/diberi pupuk.

Sikap perbuatan di atas adalah salah satu cara peduli lingkungan yang harus senantiasa ditumbuhkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku peduli lingkungan tersebut merupakan wujud rasa syukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa sekaligus wujud sikap sebagai manusia yang beradab dan teladan bagi lingkungannya.

Ayo Berdiskusi
Apa yang menyebabkan tumbuhan dan hewan menjadi terawat dan tidak terawat? Ceritakan pula akibat kondisi tersebut terhadap manusia! Diskusikan jawabanmu dengan teman kelompokmu.
Hewan dan tumbuhan menjadi tidak terawat disebabkan oleh manusia yang tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka sibuk dengan aktifitasnya masing-masing sehingga lupa kewajibannya terhadap lingkungan. Akibat hewan dan tumbuhan yang tidak terawat dapat mengakibatkan kematian tumbuhan atau hewan tersebut,

Ayo Mencoba
Sebagai warga negara, kita berkewajiban ikut menjaga dan melestarikan lingkungan alam agar terjaga kelestariannya. Caranya dengan membiasakan diri bersikap peduli lingkungan. Kemudian, mengajak teman dan anggota keluarga melakukan hal yang sama. Bersama dengan teman sekelasmu, pergilah ke luar rumah. Amati lingkungan sekolahmu.
Jawablah pertanyaan dibawah secara lisan

1. Bagaimana kondisi taman di rumahmu? Apakah tanamannya terawat? Jelaskan! 
2. Apakah halaman sekolahmu sudah bersih? Jelaskan! 



TUGAS
Buatlah rencana dengan anggota keluargamu. Kamu dan keluargamu akan menanam satu macam tanaman. Tanaman dapat ditempatkan di kaleng atau ember bekas. Tentukan tanaman yang akan ditanam, bagaimana caranya agar tanamanmu dapat tumbuh dengan baik.

Tanaman Terawat
CONTOH:
Rencanaku dan keluarga akan menanam tanaman hias di halaman rumah. Tanaman yang akan kami tanam adalah tanaman mawar. Rencananya kami akan membawa bibit tanaman mawar dari rumah nenek dengan cara dicangkok. Tanaman tersebut nantinya akan di tanam dalam pot dan akan kami letakan di depan rumah agar rumah kami terlihat segar.

Tidak ada komentar:

Pb. 4 Kelas 5B Senin 13 Mei 2024 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran     ...