Senin, 23 November 2020

KELAS 4 TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4, SELASA 24 NOVEMBER 2020

 MATERI AJAR


Kelas.       : IV 

Tema.      : Pahlawanku 

Subtema : Pahlawan Kebanggaanku

Pembelajaran : 4 

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn 

Hari / Tanggal : Selasa, 24 November 2020


Assalamualaikum... 

Selamat pagiiii... 

Semangat pagi yaa 🤗 

Jangan lupa sarapan yg bergizi, shalat dhuha dan Murojaah... 


Selamat belajar.... 


Indonesia mempunyai pahlawan nasional. Mereka bekerja keras memperoleh kemerdekaan Indonesia. Salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Maluku adalah Kapitan Patimura

KAPITAN PATTIMURA


Kapitan Pattimura adalah pahlawan dari Maluku. Beliau lahir pada tanggal 8 Juni 1783 dan meninggal pada tanggal 16 Desember 1817.

Pattimura bangkit memimpin rakyat Maluku melawan kekejaman Belanda. Pihak Belanda menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh Kepulauan Maluku. Rakyat diharuskan menjual hasil pertaniannya dengan sangat murah dan bahkan harus menyerahkan beberapa bahan pangan kepada Belanda.

Pada tahun 1817, perlawanan rakyat Maluku yang dipimpin oleh Pattimura berhasil merebut Benteng Duurstede di Saparua. Perlawanan Pattimura meluas ke Ambon, Seram, dan tempat-tempat lainnya.

Setelah berulang kali kalah melawan pasukan Pattimura, Belanda akhirnya meminta bantuan pasukan dari Jakarta. Keadaan jadi berbalik, Belanda makin kuat dan rakyat Maluku terdesak. Akhirnya, Pattimura tertangkap Belanda. Pada tanggal 16 Desember 1817, Pattimura menjalani hukuman mati di tiang gantungan.

Hal-hal positif yang bisa dicontoh dari Pattimura

  1. Kerja keras, beliau berhasil merebut benteng Durstede, beliau juga berhasil mengoordinir raja-raja dan patih dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, memimpin rakyat.
  2. Kapitan Pattimura adalah sosok yang teguh pada pendiriannya. Ia berkali-kali dibujuk oleh penjajah untuk bergabung namun ia menolak. 
  3. Kapitan Pattimura juga adalah seorang pemberani dan perkasa. Dengan peralatan yang sederhana, ia berani berperang melawan penjajah dan berhasil menguasai benteng penjajah di Pulau Saparua.
  4. Perjuangan Kapitan Pattimura adalah perjuangan banyak orang. Hal ini bisa terjadi karena mereka saling menghargai satu dengan yang lain.


Perjuangan yang dilakukan oleh Pattimura
Kapitan Pattimura memimpin rakyat Saparua melawan penjajah Belanda. Dalam perjuangan menentang Belanda ia juga menggalang persatuan dengan kerajaan Ternate dan Tidore, raja-raja di Bali, Sulawesi dan Jawa.

Dampak dari perjuangan yang dilakukan
Dalam perjuangan menentang Belanda ia juga menggalang persatuan dengan kerajaan Ternate dan Tidore, raja-raja di Bali, Sulawesi dan Jawa. Pattimura berjuang melawan penjajah Belanda supaya kekayaan alam Indonesia yang berupa rempah-rempah tidak dikuasai oleh mereka.

Alasan dari perjuangan Pattimura
Pattimura memimpin rakyat Maluku melawan kekejaman Belanda. Pihak Belanda menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh kepulauan Maluku. Rakyat diharuskan menjual hasil pertaniannya dengan sangat murah dan bahkan harus menyerahkan beberapa bahan pangan kepada Belanda.

Apakah sikap Kapitan Pattimura mencerminkan kerja keras? Jelaskan! 

Ya Patimura berjuang sekuat tenaga mengusir penjajah beland.

Apakah sikap Kapitan Pattimura menginginkan keadilan? Jelaskan! 

Ya Patimura menginginkan keadilan untuk bangsanya karena Belanda menguasai perdagangan rempah-rempah di seluruh Kepulauan Maluku

Apakah sikap Kapitan Pattimura menginginkan kedaulatan wilayahnya diakui? Jelaskan. Ya Pattimura berhasil merebut Benteng Duurstede di Saparua. Perlawanan Pattimura meluas ke Ambon, Seram, dan tempat-tempat lainnya

Apakah sikap Kapitan Pattimura mencerminkan Pancasila sila ke lima Pancasila? 

Ya Kapitan patimura mencerminkan sila kelima pancasila karena beliau Mau bekerja keras,  Mengakui kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain, dan Menganggap bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain.

Sikap baik apa saja yang bisa kamu contoh dari Kapitan Pattimura? 

SikapContoh dalam kehidupan seharihari
Kerja kerasSebagai seorang siswa harus rajin belajar untuk mencapai cita-cita
Mengakui kedaulatan bangsa lainMenghargai kemerdekaan bangsa-bangsa di dunia.
Mengangap bangsa sendiri
sejajar dengan bangsa lain
Bangga menjadi bangsa Indonesia

Kapitan Pattimura memimpin perang melawan Belanda. Ia menggunakan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.


TUGAS 

Membaca dan memahami materi hari ini. 

Kirimkan kolase foto kegiatan hari ini pada gurumu. 

Hari ini, bapak dan ibu guru semuanyaa slow respon menanggapi chat WA baik di grup ataupun yg japri ya, dikarenakan bapak ibu guru sedang melaksanakan lomba dalam rangka hari Guru. 

Tidak ada komentar:

Pb. 4 Kelas 5B Senin 13 Mei 2024 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran     ...