KELAS 4 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2, SENIN 1 MARET 2021
MATERI AJAR
Kelas : IV
Tema : Daerah Tempat Tinggalku
Subtema : Lingkungan Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 2
Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, IPA, SBDP
Hari/tanggal : Senin, 1 Maret 2021
Assalamu'alaikum....
Selamaaatt pagiiii.....
Jumpa lagi hari senin...
Sudah bulan maret aja nih, gak kerasa yah...
Itu tandanya, sebentar lagi kita ujian tengah semester. Tinggal 2 minggu lagi loohh....
Hayooo sudah siap ujian beloommm??
Yookk laahh semangat pagi,
Jangan lupa sarapan, shalat dhuha dan murojaah yaa...
Selamat belajaarr...!!
Di mana kamu tinggal? Apakah kamu mengenal lagu daerah di lingkungan tempat tinggalmu? Keluarga besarku berasal dari Papua. Di lingkungan tempat tinggalku ada beberapa lagu daerah yang terkenal. Aku, Ayah, dan Ibuku senang menyanyikan lagu daerah. Apa lagu daerah yang sering aku nyanyikan bersama keluargaku? Ayo, pelajari materi berikut.
Hari itu Edo mendapat tugas untuk menyiapkan sebuah lagu daerah. Lagu itu akan dinyanyikan di depan teman-teman sekelasnya. Edo dan keluarganya berasal dari Papua. Edo teringat lagu daerah di lingkungan tempat tinggalnya di Papua. Edo akan menyanyikan lagu dari Papua yang berjudul ”Yamko Rambe Yamko”.
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu daerah berikut dengan penuh semangat.
Berikut ini video lagu Yamko Rambe Yamko :
Edo berhasil menyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan baik. Saat bernyanyi, Edo memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Apa kamu masih ingat tentang tempo dan tinggi rendah nada? Mari, mengingat kembali tentang tempo dan tinggi rendah nada.
Tempo adalah cepat lambatnya lagu dinyanyikan. Tempo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tempo cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Pemilihan tempo dalam suatu lagu harus disesuaikan dengan isi lagu. Sebagai contoh, lagu yang menggambarkan keriangan biasanya menggunakan tempo cepat. Lagu untuk menidurkan bayi biasanya menggunakan tempo sedang ataupun tempo lambat.
Sementara itu, tinggi rendah nada merupakan cara menyanyikan lagu sehingga menghasilkan nada tinggi ataupun nada rendah sesuai dengan notasi lagu. Berikut urutan tinggi rendah nada yang disebut tangga nada dengan notasi angka dan notasi balok
Semakin ke kanan, nada semakin tinggi. Sebaliknya, semakin ke kiri, nada semakin rendah. Nada bertitik di bawah berarti nada rendah, nada tidak bertitik berarti nada sedang, dan nada bertitik di atas berarti nada tinggi. Nada-nada yang bertitik di bawah disebut tangga nada oktaf rendah, nadanada yang tidak bertitik disebut tangga nada oktaf sedang, dan nada-nada yang bertitik di atas disebut tangga nada oktaf tinggi. Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Susunan nada yang berurutan naik atau turun disebut tangga nada. Tentu saja jarak antarnada yang berurutan itu naik atau turun tertentu pula 1 2 3 4 5 6 7 î.
Ayo Mencoba
Lakukan percobaan di bawah ini secara berpasangan.
Mendorong Meja Sendiri dan Bersama Teman
Tujuan : mengetahui perubahan gerak akibat gaya
Alat : meja
Langkah kegiatan
Letakkan meja di tempat cukup luas.
Doronglah meja secara sendiri dengan kekuatan penuh. Perhatikan gerakan meja. Apa yang kamu rasakan?
Kemudian, doronglah meja bersama temanmu. Gunakan kekuatan penuh seperti saat mendorong sendirian. Perhatikan gerakan meja. Apa yang kamu rasakan?
Ayo Menulis
Tulislah hasil percobaanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa perbedaan yang kamu rasakan saat mendorong meja sendiri dan berdua?
Saat mendorong meja sendirian lebih berat jika dibandingkan saat mendorong meja berdua
2. Bagaimana pergerakan meja saat didorong sendiri dan berdua?
Saat didorong sendiri pergerakan meja lebih lambat jika dibandingkan saat didorong berdua
3. Apa kesimpulanmu dari percobaan ini?
Meja yang didorong oleh seorang anak dengan kekuatan penuh dengan meja didorong oleh dua orang anak yang sama-sama menggunakan kekuatan penuh berbeda. Jumlah gaya yang diperoleh meja yang didorong dua anak dua kali lebih besar dibandingkan jumlah gaya pada meja yang didorong satu anak. Akibatnya, gerakan meja yang didorong dua anak menjadi lebih cepat. Sebaliknya, gerakan meja yang didorong satu anak menjadi lambat. Jadi, pemberian gaya berpengaruh terhadap kecepatan gerak benda.
TUGAS
Tugas hari ini berlatih secara mandiri menyanyikan lagu Yamko Rambe Yamko sesuai dengan notasi nada. (Untuk praktek menyanyi dilakukan pada hari kamis)
Kirimkan kolase foto kegiatan hari ini pada guru kelasmu!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar