PESAN UNTUK ORANG TUA
Assalamualaikum. wr wb
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.
Ayah/Bunda hebat-hebat!Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa.
Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih
Materi Ajar
TEMA 1 : INDAHNYA KEBERSAMAAN
Subtema 2 ( Dua ) : (Kebersamaan Dalam Keberagamam)
Pembelajaran : 2
Tanggal : Selasa, 27 Juli 2021
Bismillah...
Assalamualaikum anak-anak pak guru yang sholeh dan sholeha..
Apa kabarnya hari ini?
Semoga semua sehat dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yaa...
Nah, sholeh sholeha jangan kupa cuci tangan terlebih dahulu kita mulai lagi belajar aktif, walaupun hari ini kita masih PJJ nih...
Hari ini, seperti biasa pak guru pandu belajar kalian melalui blog guru.
Tapi sebelum belajar, alangkah baiknya kita simak tausiyah terlebih dahulu yaa... 😊
Kalo kalian sudah selesai menyimak tausiyah nya, yuk dilanjut dhuha dan Murojaah....
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih.
Kalo sudah, berikut materi hari ini yaa....
Baca dan pahami baik-baik.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasi kebersamaan dalam keberagaman
2. Siswa mengidentifikasi formasi gerakan dasar posisi berdiri.
3. Siswa dapat mengidentifikasi macam- macam bentuk pecahan .
Sebelum kita mulai pembelajaran kita simak terlebih dahulu video pembelajaran dibawah ini !!!
Literasi
[sebelumnya kita sudah banyak belajar tentang indahnya keberagaman budaya indonesia.
Bagaimana cara menjalin kebersamaan dalam keberagaman tersebut mari kita gali lebih jauh !
Apa manfaat kerjasama..Ya banyak sekali manfaat dari kerja sama.
Kegiatan 1
Bacalah teks di bawah ini !
IPS
Dari teks di atas menunjukkan bahwa kerjasama dalam keberagaman merupakan sikap yang harus dikembangkan.
Sikap tersebut akan semakin memupuk persatuan dan kesatuan.
Jika setiap kita bekerja sama dengan baik maka kebersamaan dalam keberagaman akan terus terjaga.
SBDP
Kamu sudah berlatih menarikan gerakan dasar bungong jumpa sekarang kamu akan berlatih menggunakan formasi.
Di bawah ini adalah contoh bentuk formasi tarin bungong jumpa dengan posisi berdiri.
EXERCISE
1. Apa sikap yang harus dikembangkan dalam kebersamaan dalam keberagaman...
2. Dalam Teks cerita Tong Sampah gotong royong apa yang dikerjakan oleh warga..
3. Apa yang dimaksud dengan formasi...
4. Sebutkan 4 formasi gerakan tari bungong jumpa...
MATERI AJAR MATEMATIKA
MATERI : PECAHAN
PEMBELAJARAN : 2 ( DUA )
KELAS : 4
Kalo kemarin kalian sudah baca materi minggu kemarin mak hari ini kalian simak video tentang pecahan dibawah ini yaa....
Nah sampe disini sudah paham semua yaa apa itu pecahan dan bagaimana bentuknya...
Kalo sudah, yuk kita lanjut ke latihan dibawah ya...
EXERCISE
1.
2. 0,06 termasuk dalam jenis pecahan........
3. 3 ½ termasuk dalam jenis pecahan........
4. Diskon 20% jika kita sering melihat tanda seperti itu maka diskon tersebut termasuk dalam bentuk pecahan ...
5. Gambar dibawah ini mewakili pecahan....
Kerjakan tugasmu di buku tugas daring, foto lalu kirimkan pada ibu guru ya!
Dibawah ini kita akan mempelajari pecahan senilai dengan garis bilangan maka dibaca dan dipahami terlebih dahulu yaa !!!
Menentukan Pecahan Senilai dengan Garis Bilangan
Cara pertama untuk menentukan pecahan senilai adalah dengan menggunakan Garis Bilangan.
Garis bilangan merupakan alat atau model yang bermanfaat bagi pembelajaran pecahan senilai setelah model konkrit dan model gambar.
Garis bilangan merupakan alat atau model yang bermanfaat bagi pembelajaran pecahan senilai setelah model konkrit dan model gambar.
Perhatikan garis bilangan berikut.
ika nilai pecahan pada garis bilangan di atas berada pada garis putus-putus yang sama, maka pecahan tersebut senilai. Misalnya, sebagai berikut.
1. Membandingkan Pecahan
- Metode 1: Untuk penyebut yang sama, hanya membandingkan pembilangnya.
Contoh:
- Metode 2 Kali silang antara pembilang dan penyebut.
Contoh:
MENGURUTKAN PECAHAN YANG PENYEBUTNYA SAMA
Urutkan pecahan berikut dari besar ke kecil : 3/8 ; 6/8 ; 5/8 ; 7/8 ; 4/8
→ mengurutkan pecahan dimana seluruh pecahan yang akan diurutkan memiliki angka penyebut (angka yang bawah) sama
Caranya…
a) Pastikan seluruh pecahan memiliki angka penyebut (angka yang bawah) yang sama.
→Pada soal mengurutkan pecahan di atas seluruh pecahan memiliki angka penyebut yang sama, yaitu “8”.
b) Perhatikan perintah soal, mengurutkan pecahan dari yang terbesar ke yang terkecil atau mengurutkan pecahan dari yang terkecil ke yang terbesar
c) Pada soal meminta untuk mengurutkan pecahan dari yang terbesar ke yang terkecil
→Kita tinggal mengurutkan angka pembilang (angka yang di atas) pada masing-masing pecahan, urutannya 7, 6, 5, 4, dan 3.
d) Maka kita dapatkan urutan pecahan dari yang terbesar ke yang terkecil adalah :
MENGURUTKAN PECAHAN YANG PENYEBUTNYA BERBEDA
Cara Mengurutkan Pecahan
Menyamakan penyebut -> Mengurutkan pembilang.
Urutan pembilang = Urutan pecahan.
Contoh:
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa minta dampingi orang tua ya!
Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Kerjakan tugasmu dibuku latihan tematik,dan fotokan kemudian kirimkan pada Pak Guru melalui WhatsApp beserta kegiatan yang lain dalam bentuk kolase !
Selamat belajar anak-anak pak guru yang sholeh sholeha semuanyaa.... 💖💖💖
Tetap semangat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar