Rabu, 21 Juli 2021

Materi kelas 4 tema 1 subtema 1 pembelajaran 4

 - Juli 21, 2021

 PESAN UNTUK ORANG TUA

Assalamualaikum. wr wb 
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. 

Ayah/Bunda hebat-hebat!Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa. 

Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih

Materi Ajar 


TEMA 1  : INDAHNYA KEBERSAMAAN

Subtema 1    : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 4 (Empat)
Tanggal   : Kamis, 22 Juli 2021


Bismillah... 
Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha.. 

Apa kabarnya hari ini? 
Semoga semua sehat dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yaa... 

Nah hari ini, kita masih merayakan Idul Adha dan melaksanakan pemotongan qurban, hari ini kita mulai lagi belajar aktif, walaupun hari ini kita masih PJJ nih... 

Hari ini, seperti biasa ibu guru pandu belajar kalian melalui blog ibu guru. 
Tapi sebelum belajar, alangkah baiknya kita simak tausiyah terlebih dahulu yaa... 😊

Kalo kalian sudah selesai menyimak tausiyah nya, yuk dilanjut dhuha dan Murojaah.... 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih.

Kalo sudah, berikut materi hari ini yaa.... 
Baca dan pahami baik-baik. 

Sebelum kita memulai pembelajaran sebaiknya simak video pembelajaran berikut ini !



Bu guru harap untuk menyimak video pembelajaran terlebih dahulu agar tidak salah menyimpulkan jawaban ! 

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf dari setiap paragraf teks yg dibaca terstruktur
2. Siswa mampu menyusun gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca menjadi kerangka tulisan dengan sistematis
3. Siswa mampu menjelaskan sikap pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan terperinci
4. Siswa mampu menemukan contoh contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dilingkungan dengan benar.


BAHASA INDONESIA


Tari Kipas Pakarena



Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.


Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.


Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.



 PKN

Diskusikan hasilmu dengan dengan orangtuamu !


Seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengan keberagaman. 

Di dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. 

Di sekolah, kamu mempunyai teman-teman yang berbeda. 

Di masyarakat, kamu mempunyai tetangga yang berbeda-beda. 


Tahukah kamu? Perbedaan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabila dilandasi oleh persatuan dan kesatuan.


Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan?        

        

Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan berikut.

•• Ambil sebuah sapu lidi.

•• Cabut sebuah lidi dari sapu tersebut dan patahkan.

•• Ambil seluruh lidi pada sapu tersebut dan patahkan

pada saat bersamaan.


Manfaat persatuan dan kesatuan

1. Bangsa menjadi kuat

2. Dengan bersama pekerjaan akan cepat selesai.



IPS

Suku Minang


Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat


Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. 


Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang.



Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang


Rumah gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok


Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal.


Atap rumah terbuat dari ijuk. 


Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. 


Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.

 

Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong

Talempong dimainkan dengan cara dipukul

Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.


Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.


Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. 


Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara.


Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.


Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lainLegenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”



Untuk mengerjakan latihan dibawah ini alangkah baiknya menyimak video pembelajaran sebelumnya dikarnakan semua jawaban ada di dalam video !!!


LATIHAN 

1. Tari Kipas Pakarena berasal dari ....dan makna gerakan Tari Kipas Pakarena adalah....


2.  Tari Kipas Pakarena, kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni ... dan penghuni ....


3. Pengertian membaca senyap adalah...


4. Tuliskan gagasan pokok dari teks cerita Tari Kipas Pakarena paragraf ke 1...


5. Tuliskan gagasan pendukung dari teks cerita Tari Kipas Pakarena paragraf ke 1....


6. Sebutkan 2 cara mewujudkan persatuan dan kesatuan adalah...


7. Sebutkan 2 manfaat persatuan dan kesatuan


8. Sebutkan 3 makanan khas suku minang...


9.  Sebutkan 1 contoh sikap menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam keluarga..


10. Sebutkan 1 contoh sikap yang tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam keluarga....


Selamat mengerjakan!

Jangan lupa minta dampingi orang tua ya!
Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.


Kerjakan tugasmu dibuku latihan tematik,dan  fotokan kemudian kirimkan pada Ibu Guru melalui WhatsApp beserta kegiatan yang lin dalam bentuk kolase !

Selamat belajar sholeh sholeha ibu guru semuanyaa.... 💖💖💖

Tidak ada komentar:

Pb. 5 Kelas 5B Rabu 22 Mei 2024 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 5

Tema 9                       : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 3                 :  Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran     ...