Rabu, 21 September 2022

Tema 1 Subtema 1 Kelas 5

 

BAHASA INDONESIA

v     Ide pokok/pikiran utama/gagasan utama

Ø  Ide pokok/pikiran utama/gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf.

Ø  Cara  menentukan  ide  pokok:  Membaca  kalimat  dalam  paragraf  satu  demi  satu,

menentukan   inti   paragraf   tersebut.   Inti   paragraf   itulah   yang   disebut   ide pokok/pikiran utama/gagasan utama.

 

 

v     Kalimat utama/ kalimat topik

Kalimat utama/ kalimat topik ialah kalimat yang memuat pikiran utama/ide pokok/

gagasan utama.

 

 

v     Kalimat penjelas/ kalimat pengembang

Kalimat penjelas/ kalimat pengembang adalah kalimat-kalimat yang isinya merupakan penjelasan, uraian, atau berupa rincian-rincian detail tentang ide pokok suatu paragraf.    Ciri-ciri kalimat penjelas/ kalimat pengembang, yaitu :

-    Merupakan kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri.

-     Berupa pendukung suatu kalimat utama yang menyajikan deskripsi, contoh perbandingan, alasan, dan penjelasan mengenai topik yang dibahas.

-     Kalimat   penjelas   memerlukan   kata-kata   penghubung   seperti   bahkan, contohnya, terlebih lagi, misalnya, dll. Kalimat-kalimat pengembang membutuhkan kata penghubung agar suatu paragraf menjadi berkesinambungan antarkalimat.

-    Terdapat kata-kata: ini, itu, tersebut, di atas.

-    Terdapat kata-kata: artinya, maksudnya, pertama, kedua dst.

-    Terdapat kata hasil pengulangan kata yang dimuat oleh kalimat sebelumnya.

Catatan  :

Bila kalimat kedua terdapat ciri-ciri di atas berarti kalimat nomor satu adalah kalimat utamanya. Berarti pula ide pokoknya terdapat pada kalimat nomor satu.

 

 

v     Kalimat Penegas

Kalimat penegas adalah kalimat yang menegaskan pikiran utama.    Ciri kalimat penegas terdapat kata-kata:

-   Rangkumannya adalah ... .

-   Dari contoh-contoh di atas dapat saya rangkum sebagai berikut ... .

-   Jadi ... .

-   Tegasnya ... .

Contoh :

a.         1) Visi adalah cita-cita kolektif yang dapat tercapai jika didukung oleh kesalahan di tingkat individu. 2) Kesadaran individu hanya dapat dibangun melalui proses pendidikan  yang  bermakna dan  bernilai  intrinsik. 3) Dalam  proses  ini  diperlukan introduksi pemahaman mengenai identitas diri dan masyarakatnya. 4) Di sinilah dibutuhkan peran pembelajaran sejarah budaya dan sosial di tingkat lokal dan regional yang perlu didukung oleh pembelajaran mengenai geografi wilayah sebagai konteks bagi perjalanan sejarah.

 

 

Keterangan:

        Kalimat utama         : kalimat nomor 2

        Kalimat penjelasan: kalimat nomor 3

        Kalimat penegas     : kalimat nomor 4


 

 

b.        1)  Absennya  materi  sejarah  dan  geografi  lokal  Yogya  dari  pembelajaran  IPS, khususnya di tingkat sekolah dasar, telah berlangsung cukup lama. 2) Setidaknya hal ini terlihat dari dokumen pedoman kurikulum yakni kurikulum 1975, yang berarti sejak lebih dari 30 tahun lalu.

 

 

Keterangan:

        Kalimat utama         : Kalimat nomor 1

        Kalimat penjelas     : Kalimat nomor 2

 

 

c.         1) Sesuai skenario yang diatur dalam Propenas tersebut, pada tahun 2003, kata dia,

2) harga BBM bersubsidi sudah sesuai harga keekonomian atau pasar. 3) Namun, kebijakan itu tidak bisa dilakukan karena berbagai faktor termasuk politik, sehingga memerlukan UU. 4) Padahal, selanjutnya, langkah pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi merupakan upaya memberikan keadilan. 5) Subsidi BBM yang kini besarnya Rp.6.000 Rp. 7.000 per liter dinikmati golongan mampu. 6) ini sangat tidak adil,jelasnya.

 

 

Keterangan:

Kalimat utama                     : kalimat nomor 2

Kalimat pengembang        : kalimat nomor 3, 4, 5

Kalimat penegas                 : Kalimat nomor 6

 

 

Ø    Menanggapi penjelasan harus disampaikan dengan bahasa yang sopan dan logis.

Ø    Macam-macam tanggapan:

        Tanggapan berupa saran.

        Tanggapan berupa pendapat atau pandangan.

 

 

Ø    Berdasarkan letak gagasan utamanya ada 4 jenis paragraf yaitu:

1. Paragraf deduktif

adalah paragraf yang memiliki kalimat utama di awal paragraf.

2.   Paragraf induktif

adalah paragraf yang memiliki kalimat utama di akhir paragraf.

3.   Paragraf deduktif-induktif (campuran)

adalah paragraf yang memiliki kalimat utama di awal paragraf dan ditegaskan kembali di akhir paragraf.

4.   Paragraf deskriptif

adalah paragraf yang memiliki kalimat utama. Paragraf ini biasanya digunakan dalam karya sastra untuk mendeskripsikan orang atau benda, tempat dan suasana.

 

  C.   IPA

Ø    Ciri-ciri makhluk hidup, yaitu :

1.   Bergerak

adalah merupakan perubahan posisi, baik seluruh tubuh atau sebagian.

2.   Tumbuh dan berkembang

adalah bertambahnya volume atau ukuran makhluk hidup yang tidak bisa kembali ke bentuk semula.

3.   Berkembang biak (reproduksi)

adalah memperbanyak diri untuk mempertahankan kelestarian jenisnya.

4.   Bernafas (respirasi).

5.   Peka terhadap rangsang (iritabilitas).

6.   Memerlukan makan (nutrisi).

7.   Adaptasi

adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan untuk mempertahankan diri.

 

 

Ø  Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada 2 macam, yaitu :

1.   alat gerak pasif

seperti tulang, karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya.

2.   alat gerak aktif

seperti otot, karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnya dapat bergerak.

Ø  Sistem gerak adalah kerja sama antara alat gerak aktif dan alat gerak pasif dalam satu sistem.

Ø  Fungsi organ gerak pada manusia dan hewan secara umum yaitu: berjalan, berlari, memanjat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh dan lain-lain.

v  Contoh fungsi organ gerak pada hewan

No

Nama

Hewan

Nama Organ Gerak

Fungsinya

1.

Kelinci

Kaki

Untuk   bergerak.   Kelinci   bergerak

dengan     meloncat      menggunakan kaki. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.

2.

Siput

Kaki    perut    dengan

bentuk     pipih     dan lebar.

Untuk    bergerak    dan    berpindah

tempat.

 

Ø  Menurut jenisnya, hewan dibagi menjadi dua yaitu :

 

No

Keterangan

Vertebrata

Avertebrata/Invertebrata

1

Pengertian

Hewan yang bertulang belakang.

Hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

2

Contoh

Pisces (ikan), aves (burung), reptil,

amfibi (katak), dan mamalia.

Siput, cacing tanah, kerang,

udang, kepiting, lipan, serangga, cumi-cumi, dll.

3

Ciri – ciri

     Memiliki   struktur   tubuh   dan organ tubuh lebih kompleks.

     Tidak hanya bertulang belakang, namun memiliki rangka yang

terdiri dari tulang-tulang

     Biasanya susunan syarafnya berada di perut.

     Memiliki rangka luar.

     Otaknya tidak terlindungi oleh rangka.

     Reproduksi dapat terjadi secara vegetatif dan

generatif.

 

Ø  Perbedaan hewan vertebrata dan Avertebrata secara umum

 

vertebrata

Avertebrata

-  Mempunyai tulang belakang.

- Tidak mempunyai tulang belakang.

-  Memiliki tubuh simetri bilateral.

- Memiliki tubuh simetri bilateral atau simetri radial.

-  Otaknya terlindungi oleh rangka.

- Otaknya     tidak     terlindungi    oleh rangka.

- Sistem pernapasan berfungsi dengan baik.

- Sistem pernapasan beragam.

-  Sebagian besar berukuran besar.

- Sebagian besar berukuran kecil.


Tidak ada komentar:

Pb. 5 Kelas 5B Rabu 22 Mei 2024 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 5

Tema 9                       : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 3                 :  Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran     ...