Hari/tanggal : Jumat, 3 November 2023
Tema : Sehat Itu Penting (Tema 4)
Sub Tema : Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PKN, IPS.
Pembelajaran : 4
Assalamualaikum Wr Wb.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah, kali ini melanjutkan pembelajaran terdahulu.
Sebelumnya simak terlebih dahulu video berikut !!!
A. TUJUAN
- Dengan kegiatan mencari tahu dari orang tuanya,
siswa dapat menggambarkan pelaksanaan pengambilan keutusan dalam pemilihan
ketua RW sebagai wujud tanggug jawab sebagai warga masyarakat.
- Dengan kegiatan mengidentifikasi tanggung jawab
kepada sekolah, siswa dapat menjelaskan tanggung jawabnya sebagai warga
sekolah dan menjelaskan makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat
secara berkesinambungan.
- Dengan kegiatan mengidentifikasi pantun, siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri pantun, bagian-bagian pantun, dan amanat
pantun di buku siswa dengan tepat.
- Dengan kegiatan bereksplorasi membuat dan
bertukar pantun, siswa dapat amanat pantun yang telah dibuat dengan tepat.
- Dengan kegiatan mencari tahu aktivitas manusia, siswa dapat mengidentifikasi aktivitas manusia dalam upaya pembangunan sosial budaya dengan benar.
- Dengan kegiatan mencari tahu aktivitas manusia, siswa dapat membuat laporan tentang aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia secara teperinci.
Pada Pembelajaran 4 Tema 4 Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah akan mempelajari tentang menggambarkan pelaksanaan pengambilan keutusan dalam pemilihan ketua RW, menjelaskan tanggung jawabnya sebagai warga sekolah dan menjelaskan makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat secara berkesinambungan, menjelaskan ciri-ciri pantun, bagian-bagian pantun, dan amanat pantun, membuat dan bertukar pantun, mengidentifikasi aktivitas manusia dalam upaya pembangunan sosial budaya, dan membuat laporan tentang aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia secara teperinci. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti krgiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
- Menyeleksi calon ketua RW.
- Menetapkan calon ketua RW yang memenuhi persyaratan.
- Menentukan daftar pemilih.
- Menyusun tata tertib pemilihan ketua RW.
- Menyelenggarakan pemilihan.
- Sebelum dilaksanakan pemilihan dari pihak desa membentuk panitia pemilihan Ketua RW yang bertugas untuk menentukan prosedur dan kapan pelaksanaan pemilihan tersebut.
- Setiap RT mencalonkan satu orang warga yang akan diajukan sebagai Ketua RW. Karena di RW saya ada 10 RT maka ada 10 calon RW.
- Pada tangga yang telah ditentukan diadakan pemilihan di balai RW yang dihadiri oleh semua warga pada waktu yang memenuhi sayarat seperti yang ditentukan oleh panitia.
- Sebelum acara pemilihan, setiap calon Ketua RW mengemukakan visi dan misi apabila dipilih menjadi Ketua RW.
- Setelah penyampaian visi dan misi calon Ketua RW, warga memberikannya suaranya kepada calon Ketua RW.
- Warga mengambil surat suara yang berisi gambar 10 calon ketua RW. Kemudian warga memberikan suara di dalam bilik pemilihan Ketua RW.
- Pada akhir kegiatan pemilihan dilakukan penghitungan surat suara. Calon Ketua RW yang mendapatkan suara terbanyak akan dilantik oleh Pak Kepala Desa..
Beberapa contoh tanggung jawab siswa kepada sekolah antara lain sebagai berikut :
- Menjaga kebersihan sekolah.
- Melaksanakan jadwal piket.
- Mengikuti upacara bendera.
- Menjaga hubungan baik dengan semua warga sekolah.
- Mematuhi semua tata tertib di sekolah
- Menjaga kerukunan antar siswa
- Menjaga nama baik sekolah
Jalan-jalanmembeli selasihDibuat es aduh segarnyaKetua RW telah terpilihSemoga hidup damai sentosa
No. | Ciri Pantun | Keterangan |
---|---|---|
1. | Baris |
|
2. | Sajak |
|
3. | Suku kata |
|
4. | Sampiran dan isi pantun | Sampiran : Jalan-jalan membeli selasih Dibuat es aduh segarnya Isi : Ketua RW telah terpilih Semoga hidup damai sentosa |
5. | Amanat | Ketua RW merupakan pemimpin warga. Sebagai pemimpin, ketua RW memiliki tanggung jawab terhadap warganya, misalnya memberikan kenyamanan warga dalam menjalani hidupnya dengan damai dan sentosa. |
Pagi buta ke rumah dukun,lupa minta sambal terasi.Seluruh warga pasti rukun,bila pemimpin berdedikasi.
No. | Ciri Pantun | Keterangan |
---|---|---|
1. | Baris |
|
2. | Sajak |
|
3. | Suku kata |
|
4. | Sampiran dan isi pantun | Sampiran : Pagi buta ke rumah dukun Lupa minta sambal terasi Isi : Seluruh warga pasti rukun, bila pemimpin berdedikasi. |
5. | Amanat | Seorang pemimpin (misanya RW) harus berani mengorbankan tenaga, pikiran, dan waktu untuk memajukan daerah yang dipimpinnyya. Dengan kepeimimpinan yang baik warga akan selalu rukun sentausa... |
- Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
- Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.
- Turut serta dalam organisasi masyarakat.
.Beberapa aktivitas masyarakat dalam rangka pembangunan sosial budaya antara laain sebagai berikit :
- Tolong menolong antar warga masyarakat.
- Gotong royong membersihkan lingkungan sekitar.
- Mengambil jalan musyawarah mufakat untuk menyelesaikan suatu masalah.
- Menjaga kerukunan antar warga masyarakat.
Pengaruh kktivitas yang mereka lakukan terhadap pembangunan sosial dan budaya adalah dapat memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia. Selain itu, Indonesia juga tidak akan kehilangan jati diri karena masyarakatnya selalu mempertahankan sosial dan budaya luhur Indonesia.
Sebagai seorang siswa ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pembangunan sosial budaya misalnya :
- Ikut serta dalam kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar.
- Menolong seseorang yang membutuhkan bantuan.
- Bersikap sopan santun.
- Melestarikan budaya daerah.
Seharusnya pemilihan ketua RT dan RW pada suatu masyarakat dipilih langsung oleh masyarakat di wilayah terkait melalui musyawarah mufakat atau pemungutan suara jika tidak dicapai titik persetujuan semua anggota musyawarah. Pemilihan dengan musyawarah atau voting ini sesuai dengan nilai-nila Pancasila.
Kesejahteraan masyarakat juga menjadi salah satu alat ukur pembangunan sosial budaya. Pembangunan sosial budaya yang berkaitan dengan kesejahteraan ini dapat dilihat dari program yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan.Banyak jenis bantuan yang diberikan baik berupa uang tunai atau non tunai. Bantuan ini apabila dimanfaatkan dengan baik maka dapat meningkatkan perekonomian masing-masing individu. Dengan bantuan tersebut diharapkan kesejahteraan masyarakat meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar