Hari : Selasa, 7 November 2023, Matematika dan Tematik, Tema 4 : Sehat Itu Penting , Subtema 2 : Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah, Pembelajaran : 6
Hari/tanggal : Selasa, 7 November 2023
Bidang Pelajaran : Matematika dan Tematik
Tema : Sehat Itu Penting (Tema 4)
Sub Tema : Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah(Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PKN, IPS.
Pembelajaran : 6
MATEMATIKA :
Satuan
Waktu dan Satuan Volume
Adjarian,
debit air sangat berkaitan erat dengan satuan volume dan satuan waktu, maka
sebelumnya kita harus mengetahui konversi kedua satuan tersebut.
Satuan Waktu
1
jam = 60 menit
1
menit = 60 detik / 60 sekon
1
jam = 3.600 detik / 3.600 sekon
1
menit = 1/60 jam
1
detik = 1/60 detik
1
jam = 1/3.600 detik
Satuan
Volume
1
liter = 1 dm³
1
dm³ = 1.000 cm³
1
cm³ = 1.000.000 mm³
1
mm³ = 0.001 m³
1
cc = 1 ml = 1 cm
“Satuan
waktu dalam debit air dinyatakan dalam jam, menit, atau detik, sementara untuk
volume dinyatakan dalam satuan volume.”
Rumus Menghitung Debit Air
Nah,
untuk menghitung aliran debit, kita bisa menggunakan rumus sebagai berikut:
Debit
= Volume aliran : waktu aliran
Nantinya,
satuan debit adalah satuan volume per satuan waktu, seperti m3 /detik, m3 /jam,
liter/detik, ml/detik.
Lalu,
kalau yang ditanyakan waktu aliran kita dapat menggunakan rumus di bawah ini:
Waktu aliran = Volume :
debit
Kemudian,
jika diketahui debit dan waktu aliran, maka rumus untuk menghitung aliran
adalah sebagai berikut:
Volume aliran = Debit x
waktu aliran
“Rumus untuk menghitung debit air adalah
volume aliran dibagi dengan waktu aliran.”
Contoh Soal
Sebuah
keran di kamar mandi selama 1 jam dapat mengeluarkan air sebanyak 7,2 m³.
Berapakah debit air pada sebuah keran tersebut dalam satuan liter/detik?
Jawaban
dan pembahasan: Pertama-tama, kita konversikan satuan menjadi liter per
detik terlebih dahulu, Adjarian.
Volume
air = 7,2 m³
=
7200 dm³ (sama dengan 7200 liter)
Waktu
air = 1 jam
1
jam = 3.600 detik
Debit
air = Volume air : waktu
Debit
air = 7.200 liter : 3.600 detik
Debit
air = 2 liter/detik
Jadi, debit air pada keran
tersebut adalah 2 liter/detik.
TEMATIK :
Assalamualaikum Wr Wb.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah, kali ini melanjutkan pembelajaran terdahulu.
Sebelumnya simak terlebih dahulu video berikut !!!
A.TUJUAN
Dengan kegiatan mengamati gambar gerakan-gerakan
tari, siswa dapat mengidentifikasi properti tari yang digunakan dengan
tepat.
Dengan kegiatan mengamati gambar
gerakan-gerakan tari, siswa dapat menyebutkan berbagai karya tari yang
menggunakan properti tari dengan benar.
Dengan kegiatan praktik melakukan gerak tari,
siswa dapat memperagakan gerakan tari menggunakan properti tari dengan
percaya diri.
Dengan kegiatan praktik melakukan gerak
tari, siswa dapat menggabungkan
gerak tari dengan iringan tari.
Dengan kegiatan bereksplorasi menggunakan properti
tari, siswa dapat membuat gerakan tari dengan properti.
Dengan kegiatan menulis tentang tanggung jawab,
siswa dapat menjelaskan pengertian tanggung jawab.
Dengan kegiatan menulis, siswa dapat
mengemukakan wujud tanggung jawabnya terhadap tugas secara tertulis.
Dengan kegiatan mencari tahu bentuk pantun,
siswa dapat membuat pantun.
Dengan kegiatan mencari tahu bentuk pantun,
siswa dapat menjelaskan amanat pantun.
Dengan kegiatan mencari tahu bentuk pantun,
siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri pantun.
Dengan kegiatan
mencari tahu bentuk pantun, siswa dapat menuliskan ciri-ciri pantun dan isi
pantun yang dibuat.
MATERI :
Pada Pembelajaran 6 Tema 4 Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah akan mempelajari tentang mengidentifikasi properti tari yang digunakan, menyebutkan berbagai karya tari yang menggunakan properti tari, menggabungkan gerak tari dengan iringan tari, membuat gerakan tari dengan properti, menjelaskan pengertian tanggung jawab, mengemukakan wujud tanggung jawabnya terhadap tugas, membuat pantun, menjelaskan amanat pantun, mengidentifikasi ciri-ciri pantu, dan menuliskan ciri-ciri pantun dan isi pantun yang dibuat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti krgiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Waktu belajar di kelas lima hampir satu semester. Meskipun baru di semester 1, Siti dan teman-teman berkumpul untuk berdiskusi membicarakan rencana pentas seni akhir semester 2. Siti dan teman-teman berkumpul di sebuah pendopo yang cukup besar, letaknya di tengah kota. Ternyata, pendapa itu bagian dari bangunan yang ada di sekitar sekolah seni. Di pendapa itu banyak orang berlatih tari. Mereka menggunakan properti tari dalam memperagakan gerak tarinya. Di pendapa itu pula Siti dan teman-temannya sering berlatih menari.
Ayo Mengamati
Amati gerak-gerak tari dengan mengenakan properti berikut! Amatilah juga pola lantai pada kedua gerak. Pola lantai apa yang terbentuk?
Pada gerak 1, properti tari yang digunakan adalah selendang. Selendang diikat di perut. Posisi tubuh berlutut (timpuh). Masing-masing ujung selendang dipegang dengan jari jempol dan jari tengah dengan posisi tangan lurus ke depan. Telapak tangan menghadap ke depan. Selanjutnya, kedua tangan digerakkan ke samping seperti gerakan membuka dengan posisi badan condong ke depan.
Pada gerak 2, properti tari yang digunakan adalah busur panah. Posisi tubuh berdiri tegak menghadap ke kiri. Tangan kanan diarahkan lurus sambil memegang busur panah. Tangan kiri tetap di samping. Selanjutnya, tangan kanan ditarik ke bawah hingga pundak. Wajah menoleh ke samping kanan dan kaki ditekuk.
Ayo Berlatih
Praktikkan kedua gerak pada gambar di atas. Praktikkan secara berulangulang sampai kamu menguasai gerak tersebut. Praktikkan dengan pola lantai dan properti yang sesuai. Setelah kamu menguasai gerak itu, peragakan di depan guru dan teman-temanmu. Percaya dirilah saat kamu memperagakan gerak.
Siti dan teman-teman sepakat, pada acara pentas seni akan mementas tarian dengan properti. Lina dan Dayu yang akan menari dan ada tiga anak lain yang akan menyanyi untuk mengiringi tarian. Mereka akan bersamasama menyiapkan acara pentas tersebut. Setiap anak harus bertanggung jawab atas tugas yang mereka sepakati. Sebagai contoh, Siti, Lina, Dayu akan bertanggung jawab menyiapkan busana tari yang akan digunakan. Udin dan Edo bertanggung jawab atas kebersihan tempat untuk berlatih tari.
Ingatkah kamu arti tanggung jawab? Pernahkah kamu diberi tugas? Apakah kamu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadamu? Apa wujud tanggung jawabmu atas tugas itu? Coba tuliskan jawaban dari semua pertanyaan tersebut pada kolom berikut!
Tanggung jawab berarti tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan. Misanya saja tanggung jawab sebagai anggota kelompok dalam melaksanakan tugas yaitu melakukan tugas sesuai kewajibannya. Wujud dari tanggung jawab saya sebagai anggota kelompok adalah melaksanakan tugas dengan baik.
Ayo Menulis (Contoh)
Tanggung jawab adalah tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan
Nama kegiatan : Diskusi kelompaok
Tugas untukmu : Mencari informasi tentang properti tari
Wujud tanggung jawabmu terhadap tugas:
Saya mencari informasi tentang properti tari dari buku-buku yang ada di perpustakaan dan bertanya kepada guru.
Selain olahraga, menggerakkan badan dengan menari juga menyehatkan. Siti selalu bersyukur atas kesehatan tubuhnya. Siti, Dayu, dan teman-temannya akan membuat gerak tari menirukan kupu-kupu terbang. Mereka akan menggunakan properti berupa selendang dan membuat berbagai pola lantai. Hari itu juga, Siti dan teman-temannya membuat gerak tari dengan properti selendang dan berbagai pola lantai. Berikut di antara gerak yang dibuat Siti dan teman-temannya.
Ayo Berkreasi
Buatlah gerak-gerak tari menggunakan selendang menirukan gerak-gerak kupu-kupu. Buatlah pola lantai untuk gerak-gerak yang kamu buat.
Si Dayu menari-nari
Jangan lupa pakai selendang
Wajah dia berseri-seri
Karena kamu selalu berdendang
Bu Ratna pergi belanja
Ke pasar beli kain katun
Siti selalu bisa saja
Menyapu sambil berpantun
Ayo Menulis
Termasuk bentuk pantun apa yang diucapkan Siti dan Edo di atas? Tanyakan kepada orang yang kamu anggap tau. Kemudian, buatlah pantun seperti di atas. Tuliskan dalam kolom berikut!
Pantun di atas termasuk pantun anak-anak: Pantun anak-anak yaitu pantun yang memiliki kaitan dengan masa kanak-kanak yang mana pantun ini menggambarkan makna suka cita maupun duka cita.
Contoh pantun :
Ke pasar beli balon udara
Di tengah jalan balon meletus
Betapa hati sangat gembira
Nilai ulangan dapat seratus
Ciri-ciri pantun
No.
Ciri Pantun
Keterangan
1.
Baris
Ke pasar beli balon udara
Di tengah jalan balon meletus
Betapa hati sangat gembira
Nilai ulangan dapat seratus
2.
Sajak
Baris 1 a
Baris 2 a
Baris 3 a
Baris 4 a
3.
Suku kata
Baris 1 terdiri 10 suku kata
Baris 2 terdiri 10 suku kata
Baris 3 terdiri 10 suku kata
Baris 4 terdiri 10 suku kata
4.
Sampiran dan isi pantun
Sampiran : Ke pasar beli balon udara Di tengah jalan balon meletus
Isi : Betapa hati sangat gembira Nilai ulangan dapat seratus
5.
Amanat
Hati kita tentu akan senang jika mendapat nilai ulangan yang bagus.
Ayo renungkan
1. Apa yang kamu pelajari dalam satu minggu ini?
Pada minggu ini saya sudah belajar kata kunci pada iklan media cetak, organ pencernaan pada hewan dan fungsinya, organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia, pantun, pola lantai dalam karya tari dan karya tari, keanekaragaman sosial budaya dalam masyarakat, interaksi manusia dengan lingkungannya
2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran dalam minggu ini?
Percaya diri, bekerja sama, dan bertanggung jawab
3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran minggu ini?
Membaca, Memperagakan gerak tari, Berkomunikasi, Membuat dan memperagakan gerak tari, Berbalas pantun, dan Membuat laporan pengamatan tentang keanekaragaman masyarakat dan interaksi manusia
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran minggu ini?
Saya akan berusaha lebih baik dalam memahami pelajaran pada minggu yang akan datang
Kerja Sama Dengan Orang Tua
Ajaklah orang tuamu berbalas pantun. Tuliskan pantun yang diucapkan orang tuamu. Tuliskan juga pantun yang kamu ucapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar