Hari/tanggal : Senin, 15 Januari 2024
Bidang Pelajaran : Tematik
Tema : Panas dan Perpindahannya (Tema 6)
Sub Tema : Suhu dan Kalor (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA.
Pembelajaran : 3
Assalamualaikum Wr Wb.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah, kali ini melanjutkan pembelajaran terdahulu.
Sebelumnya simak terlebih dahulu video berikut !!!
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membuat kesimpulan dari bacaan “Manusia dengan Lingkungan Alam”, siswa mampu menyajikan ringkasan teks penjelasan secara benar.
2.
Dengan melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.
3.
Dengan menuliskan hasil pengamatannya, siswa mampu membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan lingkungan secara tepat dan jelas.
4.
Dengan kegiatan berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara secara benar..
Ayo Membaca
Manusia dengan Lingkungan Alam
Semua makhluk hidup yang ada di
bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan
lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup.
Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam
menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
Benda mati dan makhluk hidup saling
memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling
berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup
adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi
jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut.
Makhluk hidup juga dapat memengaruhi
benda mati. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah
tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung
memiliki air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tanaman
membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik.
Bagaimana dengan manusia?
Hubungan antara manusia dan
lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat
manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang
membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara manusia
untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam
yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan
musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih
waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari
bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini, tentu dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi.
Bacalah kembali bacaan di atas
dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!1. Apa judul bacaan
di atas?
Manusia dengan Lingkungan Alam
2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
- Paragraf 1 : Makhluk hidup dan
lingkungan alam
- Paragraf 2 : Hubungan benda
mati dan makhluk hidup
- Paragraf 3 : Pengaruh makhluk
hidup terhadap benda mati
- Paragraf 4 : Penyesuaian diri
manusia terhadap lingkungan alam
- Paragraf
5 : Pemanfaatan alam oleh manusia
3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan
dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk
menjawabnya!
Mengapa makhluk hidup dapat
memengaruhi benda mati?
4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu
ketahui lebih dalam!
Mengapa manusia membutuhkan hewan
dan tumbuhan?
Mengapa manusia menyesuaikan diri
dengan lingkungan alam?
5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di
atas kepada teman sebangkumu.
Makhluk hidup melakukan hubungan
dengan sesama makhluk hidup dan lingkungnnya. Makhluk hidup juga dapat
memengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan
dan teknologi
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
- Apa yang dimaksud dengan
lingkungan alam? Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup
yang saling berinteraksi.
- Apa saja interaksi yang terjadi
dalam lingkungan alam? Interaksi antara benda mati dengan makhluk hidup,
interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.
- Jelaskanlah salah satu contoh
bentuk interaksi antara lingkungan yang terdiri atas lingkungan benda
hidup dan benda mati! Daerah yang banyak tumbuhannya akan membuat suhu
udara menjadi lebih sejuk.
- Jelaskanlah interaksi apa saja
yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya! Interaksi antara
manusia dan lingkungan alam, dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu
interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang
memanfaatkan alam.
- Berikanlah contoh bentuk
interaksi antara manusia dengan lingkungan alam yang kamu ketahui! Para
petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan agar
tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk
berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan
memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.
Jelaskanlah pokok pikiran di setiap paragraf dengan menggunakan tabel berikut!
Lengkapi juga dengan informasi penting pada setiap paragrafnya!
Paragraf |
Pokok Pikiran |
Informasi Penting |
1 |
Hubungan makhluk hidup dengan
lingkungan. |
Lingkungan alam terdiri atas benda
mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk
hidup. |
2 |
Benda mati dan makhluk hidup
saling memengaruhi |
Bentuk hubungan antara benda mati
dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan memengaruhi jenis
tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang |
3 |
Makhluk hidup dapat memengaruhi
benda mati. |
Daerah yang banyak tumbuhannya
menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah. Tanaman membantu tanah
untuk menahan air dan menyimpannya |
4 |
Hubungan antara manusia dan
lingkungan alam |
Hubungan yang membuat manusia
harus |
5 |
Pemanfaatkan alam oleh manusia |
Untuk menanggulangi akibat kemarau
panjang manusia membuat hujan buatan dengan menggunakan |
2. Buatlah sebuah tulisan dalam satu paragraf yang menjelaskan tentang bacaan
di atas. Gunakanlah pokok pikiran dan informasi penting di atas dalam
tulisanmu. Usahakanlah untuk menggunakan bahasamu sendiri.
Makhluk hidup dan lingkungan saling
berhubungan. Selain dengan lingkungan makhluk hidup juga berhubungan dengan
benda mati. Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati. Ada 2 macam hubungan
antara manusia dengan alam yaitu manusia menyesuaikan diri dengan alam dan
pemanfaatan alam oleh manusia. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang mereka miliki
Ayo Mencoba
Perhatikanlah lingkungan sekitar
tempat tinggalmu. Berdasarkan keterangan pada bacaan di atas tentang interaksi
manusia dengan lingkungannya, cobalah lakukan pengamatan terhadap lingkungan di
sekitarmu. Gunakan pertanyaan berikut ini sebagai panduanmu.
1. Bagaimanakah kondisi geografis
lingkungan di daerah tempat tinggalmu? Apakah termasuk daerah pantai,
pegunungan, atau dataran?
Daerah saya termasuk daerah pegunungan
2. Apa pekerjaan utama orang-orang
di sekitarmu?
Daerah Tempat Tinggal |
Pekerjaan Utama Penduduk |
Pegunungan |
Petani |
Dataran Tinggi |
Petani |
Dataran Rendah |
Petani |
Pantai |
Nelayan |
3. Apa saja bentuk interaksi
masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya? Lengkapilah tabel berikut,
perhatikan contoh!
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam |
Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam |
Bercocok tanam |
Mudah mendapatkan sayuran dan
buah-buahan |
Menjadi nelayan |
Mendapatkan berbagai jenis ikan |
Memelihara hewan ternak sapi |
Mudah mendapatkan susu dan daging |
Melakukan penghijauan |
Tersedianya sumber air bersih |
4. Apa kesimpulan yang kamu dapatkan
dari kegiatan ini?
Daerah yang berbeda, tanaman yang
dihasilkan pun bisa berbeda sehingga manusia harus mampu menyesuaikan diri.
Saya baru menyadari bahwa apa yang
saya makan berasal dari hubungan manusia dengan lingkungan alamnya. Saya
bersyukur tinggal di daerah yang memiliki hasil pertanian yang melimpah.
Di daerah Papua, mereka biasa
memakan umbi-umbian, Din. Hal itu terjadi karena di sana mereka tidak menanam
padi seperti masyarakat di Pulau Jawa. Umbiumbian merupakan tanaman yang paling
mudah tumbuh dan mudah dirawat di sana!
Wah, saya baru tahu! Berarti jika
daerahnya berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda, ya! Masyarakat
yang tinggal di sana juga harus menyesuaikannya! Pengetahuan yang baru untukku,
Ben!
Ya! Tetapi kesamaannya adalah semua
orang berhak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya termasuk mencari makan! Bicara
soal hak, hak-hak apa sajakah yang kita miliki, ya Din
Ayo Berdiskusi
Tahukah kamu bahwa setiap manusia
yang hidup di dalam masyarakat mempunyai hak yang dilindungi oleh
undang-undang. Salah satu hak warga negara Indonesia adalah mendapatkan
pendidikan yang layak. Tahukah kamu apa maknanya?
Kita adalah warga negara Indonesia.
Kamu yang lahir dan besar di Indonesia mempunyai hak sebagai warga negara
Indonesia. Sebagai seorang siswa pun, kamu mempunyai hak-hak yang harus kamu
ketahui. Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama sebelum kamu melakukan
kegiatan berikutnya.
Ayo Mencoba
Konvensi Hak-Hak
AnakAnak-anak merupakan generasi
penerus cita-cita perjuangan sebuah bangsa. Oleh karenanya, kebutuhan untuk
tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus diutamakan. Sayangnya, tidak
semua anak mempunyai kesempatan yang sama dalam mewujudkan harapannya. Banyak
di antara mereka yang mengalami kesulitan untuk tumbuh dan berkembang secara
sehat dan mendapatkan pendidikan yang terbaik. Banyak anak berasal dari
keluarga yang kurang mampu yang tidak mendapatkan layanan pendidikan dan
kesehatan.
Apa saja hak-hak anak menurut
Konvensi Hak-Hak Anak? Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan,
yaitu:
- Hak Kelangsungan Hidup, hak
untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar
kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. Apakah kamu tahu
nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul kedua orang tuamu?
Apakah kamu tahu asal usul keluargamu? Setiap anak berhak tahu keluarganya
dan identitas dirinya.
- Hak Perlindungan, perlindungan
dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. Kamu
memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain untuk melakukan kegiatan
keagamaanmu, atau melakukan kegiatan perayaan tradisimu. Sebagai seorang
anak kamu belum boleh bekerja, dan kamu berhak diperlakukan secara baik
tanpa kekerasan.
- Hak Tumbuh Kembang, hak
memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi
perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu memiliki
hak untuk sekolah, mendapatkan tempat tinggal, mendapatkan makanan dan
minuman yang layak. Hakmu adalah bermain dan mendapatkan istirahat yang
cukup, karena hal itu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu
sebagai seorang anak.
- Hak Berpartisipasi, hak untuk
menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. Kamu mempunyai
hak untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan usiamu. Kamu juga
berhak untuk memberikan pendapat jika itu berhubungan dengan kehidupanmu
sebagai seorang anak.
Berdasarkan bacaan di atas,
lakukanlah kegiatan berikut! 1. Tuliskan beberapa kata-kata sulit yang belum
kamu pahami. Cari tahu makna kata tersebut dengan mendiskusikannya bersama
teman dan gurumu!
No. |
Kata Sulit |
Makna |
1. |
Konvensi |
Permufakatan atau kesepakatan |
2. |
Ratifikasi |
Pengesahan dokumen negara
khususnya pengesahan undang-undang, perjanjian antarnegara, dan persetujuan
hukum internasional; |
3. |
Identitas |
Ciri-ciri atau keadaan khusus
seseorang; jati diri: |
4. |
Diskriminasi |
Pembedaan perlakuan terhadap
sesama warga negara |
5 |
Eksploitasi |
Pemanfaatan untuk keuntungan
sendiri; |
2. Buatlah daftar hak anak yang kamu
dapatkan dari bacaan di atas! Catatlah hak-hak tersebut di bawah ini!.
- Hak Kelangsungan Hidup, hak
untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar
kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
- Hak Perlindungan, perlindungan
dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran.
- Hak Tumbuh Kembang, hak
memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi
perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
- Hak Berpartisipasi, hak untuk
menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak.
3. Dari daftar yang kamu buat di
atas, tulis dan tandailah hak-hak yang sudah kamu dapatkan dengan membuat tanda
centang (√).
No. |
Hak Anak |
Ket. |
1. |
Hak Kelangsungan Hidup |
√ |
2. |
Hak Perlindungan, perlindungan
dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. |
√ |
3. |
Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh
pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik,
mental, spiritual, moral, dan sosial. |
√ |
4. |
Hak Berpartisipasi, hak untuk
menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. |
√ |
4. Bagaimana kamu mendapatkan
hak-hak tersebut?
No. |
Hak Anak |
Cara Mendapatkan |
1. |
Hak Kelangsungan Hidup |
Selalu menjaga kesehatan tubuh
dengan makan makanan bergizi. Selalu memeriksakan kesehatan tubuh. |
2. |
Hak Perlindungan |
Mematuhi semua aturan yang ada
dalam keluarga. Taat dan patuh terhadap perintah orang tua. |
3. |
Hak Tumbuh Kembang |
Belajar dengan tekun dan
sungguh-sungguh, Memanfaatkan waktu dengan bijak untuk bermain dan belajar. |
4. |
Hak Berpartisipasi |
Mendengarkan dan melaksanakan
nasehat orang tua. menyampaikan pendapat dengan sopan, |
Tahukah kamu tentang hakmu sebagai
siswa?
Bacalah artikel berikut ini dengan
saksama!
Hak-Hak Seorang Siswa
Setiap warga negara mempunyai hak
yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap anak yang menjadi warga negara
berhak atas kesempatan untuk mengikuti pendidikan. Hal ini sesuai dengan
Konvensi Hak Anak yang ditandatangani pemerintah Indonesia. Setiap anak di
Indonesia memiliki hak untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan
yang akan membantunya menjadi warga negara yang mandiri di kemudian hari.
Setiap anak yang belajar di sebuah
lembaga pendidikan, baik formal maupun tidak formal, disebut sebagai siswa.
Setiap siswa yang belajar di sebuah sekolah mempunyai hak-hak yang sama.
Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak
siswa adalah hak untuk:
- mendapat perlakuan sesuai
dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
- memperoleh pendidikan agama
sesuai dengan agama yang dianutnya;
- mengikuti program pendidikan
yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk
mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat
pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
- mendapat bantuan fasilitas
belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang
berlaku;
- pindah ke sekolah yang sejajar
atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan
siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
- memperoleh penilaian hasil
belajarnya;
- menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
- mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat
KESIMPULAN:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar