Hari/tanggal : Selasa, 16 Januari 2024
Bidang Pelajaran : Tematik
Tema : Panas dan Perpindahannya (Tema 6)
Sub Tema : Suhu dan Kalor (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKn, IPS.
Pembelajaran : 4
Assalamualaikum Wr Wb.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah, kali ini melanjutkan pembelajaran terdahulu.
Sebelumnya simak terlebih dahulu video berikut !!!
1.
Dengan membuat kesimpulan dari bacaan “Manusia dengan Lingkungan Alam”, siswa mampu menyajikan ringkasan teks penjelasan secara benar.
2.
Dengan melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.
3.
Dengan menuliskan hasil pengamatannya, siswa mampu membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan lingkungan secara tepat dan jelas.
4.
Dengan kegiatan berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara secara benar.
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut
ini!
Apa yang dapat kamu ceritakan tentang gambar-gambar di atas? Apakah kamu pernah menemuinya di lingkungan tempat tinggalmu? Bagaimana pendapatmu terhadap gambar tersebut? Menurutmu, hal-hal apa sajakah yang menyebabkan hal itu terjadi? Bagaimana hubungan atau interaksi manusia terhadap lingkungan yang tampak dari gambar tersebut?
Ayo Membaca
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia
dengan Lingkungan Alamnya
Manusia tidak dapat hidup tanpa
mengandalkan lingkungan alamnya. Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat
untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan,
merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar
dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk
hidup lainnya.
Tetapi, tidak semua interaksi
manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka
membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di
sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup
lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang
ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.
Interaksi manusia dengan lingkungan
yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan
manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang
terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian
juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang
pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun,
menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah
beberapa pertanyaan berikut!
1. Dapatkah manusia hidup tanpa
mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa?
Manusia tidak dapat hidup tanpa
lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.
2. Jelaskanlah dua atau tiga contoh
interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!
Beberapa contoh contoh interaksi
manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitar yaitu Petani yang
mengolah ladangnya, nelayan menangkap ikan di laut, dan orang-orang yang
menebangi hutan,
3. Sebutkan dan jelaskanlah contoh
interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan
lingkungannya!
Beberapa interaksi manusia dengan
lingkungannya yang merugikan antara lain membuang sampah sembarangan
menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan
banjir.
4. Apa saja akibat interaksi negatif
manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!
Akibat negatif interaksi manusia
terhadap lingkungannya adalah banjir karena saluran air yang terganggu oleh
sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di
tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan apa yang
telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada setiap paragraf
bacaan tersebut. Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf yang
kamu anggap penting.
Judul : |
||
Paragraf
1 |
Paragraf
2 |
Paragraf
3 |
Manusia tidak dapat hidup tanpa
mengandalkan lingkungan alam. |
Tidak semua interaksi manusia
berdampak baik bagi alam |
Interaksi manusia dengan
lingkungan yang kurang baik dapat menyebabkan bencana. |
Kata
Kunci |
Kata
Kunci |
Kata
Kunci |
Manusia |
Interaksi |
Interaksi |
Hidup |
Manusia |
Lingkungan |
Lingkungan Alam |
Alam |
Bencana |
Setelah melakukan kegiatan di atas, ceritakanlah kembali apa yang kamu ketahui
tentang bacaan di atas dalam sebuah paragraf. Tuliskanlah penjelasanmu di bawah
ini dengan menggunakan kata-kata baku yang tepat.
Manusia tidak dapat hidup tanpa
mengandalkan lingkungan alamnya. Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan
alam berdampak baik bagi alam. Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang
baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan
lingkungannya.
Ayo Mengamati
Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah kegiatan
berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu terhadap lingkungan
alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut untuk membantumu!
Bentuk Kegiatan |
Pengaruh Negatif yang |
Usaha untuk |
Pertanian |
Penggunaan pupuk buatan berlebihan
merusak tanah |
Menggunakan pupuk alam dari
kotoran hewan |
Perkebunan |
Penggunaan pestisida menyebabkan
pencemaran lingkungan |
Penggunaan musuh alami hama
tanaman |
Peternakan |
Pembuangan limbah peternakan ke
sungai menyebabkan bau tidak enak yang menyengat. |
Limbah ternak dapat dimanfaatkan
untuk bahan makanan ternak, pupuk organik, energi dan media pelbagai tujuan |
Perikanan |
Limbah sisa pengolahan ikan
menimbulkan pencemaran lingkungan |
Tepung dan silase ikan, dari
limbah daging, tulang, insang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk
dan pakan ternak/ikan. |
Perlihatkanlah hasil pengamatanmu kepada teman dalam kelompokmu.
Presentasikanlah hasil temuanmu di dalam kelompok. Jawablah pertanyaan yang
diberikan temanmu terhadap hasil presentasimu. Berikan juga tanggapan atas
pekerjaan temanmu yang lain.
Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini!
Mendapatkan manfaat dari lingkungan
alam merupakan hak kita. Tetapi memeliharanya adalah kewajiban kita bersama.
Mendapatkan manfaat dari lingkungan
alam merupakan hak kita. Tetapi memeliharanya adalah kewajiban kita bersama!
Setuju sekali, Ben! Ada hak pasti ada
kewajiban! Betul begitu, kan? Kita sebagai pelajar pun memiliki kewajiban yang
harus kita lakukan selain hak yang seharusnya kita dapatkan! Apa saja kewajiban
kita?
Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut ini untuk
membantumu memahami makna kewajiban secara umum.
Kewajiban Warga Negara dan Siswa
Apakah yang kamu rasakan jika
sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak?
Demikian juga dengan dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang
sobek-sobek, kamar mandi sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh
dengan tulisan-tulisan. Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian
kamu tidak dapat belajar dengan baik.
Salah satu hak siswa adalah
mendapatkan pendidikan yang layak. Tetapi pada saat yang sama siswa juga
mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana pendidikan agar haknya terpenuhi. Jika
siswa tidak melakukan kewajiban tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak
sehingga kegiatan belajar akan terganggu
Apakah yang dimaksud dengan
kewajiban? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kewajiban berasal dari kata
wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan. Sehingga kewajiban adalah
sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus
dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi. Semua siswa yang sedang belajar di
Indonesia, wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan Negara melalui
undang-undang.
Semua kewajiban ini, harus dilakukan
untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang siswa berhak untuk
mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati
peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan
sekolah.
Ayo Berdiskusi
Sebagai warga negara dan anggota
masyarakat, kita perlu mengetahui hak dan kewajiban kita. Sebelumnya kamu telah
mengetahui hak-hakmu sebagai siswa dan sebagai seorang anak. Bersama dengan
teman sebangkumu, gunakan tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu
sebagai siswa. Setelah itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan
hak-hakmu.
Hakmu sebagai Siswa di Sekolah |
Kewajibanmu sebagai Siswa di Sekolah |
Mendapatkan pendidikan dan
pengajaran. |
Mengikuti seluruh kegiatan sekolah |
Menggunakan fasilitas pembelajaran |
Mematuhi berbagai peraturan di
lingkungan sekolah. |
Memperoleh bimbingan dan konsultasi |
Memelihara seluruh fasilitas yang
ada di lingkungan sekolah. |
Hakmu sebagai Anak di Rumah |
Kewajibanmu sebagai Anak di Rumah |
Hak Mendapatkan Kasih Sayang |
Membantu Orang Tua |
Hak Mendapatkan Perlindungan |
Belajar dengan tekun dan
sungguh-sungguh |
Hak Mendapatkan Kesehatan |
Membereskan Kamarnya |
Presentasikanlah hasil diskusimu di
dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat orang. Buatlah beberapa pertanyaan
tentang presentasi yang dibuat teman-teman di dalam kelompokmu. Catatlah
beberapa hal yang kamu anggap penting. Lalu, buatlah kesimpulan tentang makna
kewajiban dari hasil diskusimu.
Kesimpulanku:
Kewajiban merupakan sesuatu yang
harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi. Kewjiban dan hak harus
dilaksanakan secara seimbang sehingga keharmonisan hidup akan terjaga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar