TEMATIK DAN MATEMATIKA, KAMIS 4 MARET 2021

 MATERI AJAR



TEMATIK


Kelas : IV

Tema : Daerah Tempat Tinggalku

Subtema : Lingkungan Tempat Tinggalku

Pembelajaran : 5

Muatan Pelajaran : Bahasa indonesia, IPS, PPKN

Hari/tanggal : Kamis,  4 Maret 2021


Assalamu'alaikum....

Selamaaatt pagiiii.....


Alhamdulillah hari ini kita masih diberi nikmat sehat ya.

Yuk doakan bumi segera membaik, agar kita bisa kembali belajar bersama-sama di sekolah.


Yookk laahh semangat pagi,

Jangan lupa sarapan, shalat dhuha dan murojaah yaa...


Selamat belajaarr...!!


Keluarga besar Beni berasal dari Medan, Sumatra Utara. Namun, Ayah dan Ibu Beni merantau dan menetap di Jakarta. Ada juga paman Beni yang merantau ke Jambi. Paman Beni bernama Tagor. Tahukah kamu Pulau Sumatra?

Ayo Mengamati
Pada kegiatan ini anda diminta mengamati peta Pulau Sumatra. Kemudian diminta mencari gambar peta Indonesia lalu melingkari letak daerah tempat tinggalnya. Dengan kegiatan mengamati peta Indonesia, siswa mengetahui letak daerah tempat tinggalnya.
  1. Lingkarilah letak tempat tinggal paman Tagor di Jambi! Lingkarilah tempat tinggal keluarga besar Beni di Medan! 
  2. Carilah gambar peta Indonesia. Kemudian, lingkarilah letak daerah tempat tinggalmu
Peta Sumatera
Beni dan keluarga mengunjungi Paman Tagor. Paman Tagor tinggal di Jambi. Rumah Paman Tagor di lingkungan perkotaan. Meskipun di kota, lingkungan rumah Paman Tagor bersih dan asri. Masih banyak pohon di lingkungan tempat tinggal Paman Tagor. Paman Tagor tinggal bersama istri dan kedua anaknya. Anak paman Tagor bernama Gultom dan Puspa.
Keluarga Beni
Ayo Berlatih
Amatilah gambar di atas. Identifikasilah keragaman karakteristik individu pada gambar di atas. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari tentang keragaman karakteristik individu. Kamu telah mempelajari karakteristik individu yang berupa keragaman fisik dan keragaman kegemaran di lingkungan keluarga. Sekarang, mari kita pelajari keragaman sifat individu? Apa saja sifat individu yang telah kamu ketahui? Amatilah gambar-gambar berikut.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut. Identifikasilah keragaman sifat individu berdasarkan gambar berikut. Tuliskan jawabanmu di bawah gambar.
Keragaman SIfat


Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu ”Injit-Injit Semut” bersama teman satu kelas. ”Injit-Injit Semut” dinyanyikan dengan nada dasar Do=C. Lagu ini memiliki birama 4/4. Itu menunjukkan bahwa dalam satu birama terdapat 4 ketukan. Lagu ini dinyanyikan dengan tempo andante yang berarti sedang. Perhatikan terlebih dahulu cara gurumu menyanyikan lagu tersebut dengan benar.
Injit Injit Semut
Bernyanyi dengan baik membutuhkan teknik seperti intonasi dan tempo. Intonasi merupakan cara bernyayi mencapai ketepatan bunyi tiap nada. Bunyi nada yang tepat akan menghasilkan suara yang tidak sumbang dan enak didengar. Untuk mendapatkan intonasi yang baik kamu dapat menyanyikan nada-nada berikut secara berulang tanpa mengandalkan otot-otot leher dan berteriak. Nada-nada tersebut dapat dinyanyikan dengan tempo lambat, sedang, dan cepat

Kecepatan lagu diukur dengan alat pengukur yang disebut Metronome Maelzel atau disingkat MM. Metronome Maelzel ini akan memberikan petunjuk seberapa cepat atau lambatnya lagu dinyanyikan. Sebagai contoh lagu ”Timang-Timang Anakku Sayang” ditulis dengan tempo andante. Kecepatan tempo andante 72-76 MM, artinya lagu harus dinyanyikan dalam kecepatan 72-76 ketukan yang tetap dalam waktu satu menit. MM 72-76 termasuk tempo sedang.

Tempo lagu dikelompokkan menjadi tiga, yaitu: 
  1. tempo lambat, contoh lento = lambat (56-58 MM) ;
  2. tempo sedang, contoh andante = seperti orang berjalan (72-76 MM);
  3. tempo cepat, contoh allegro = cepat, hidup, dan riang (132-138 MM)


TUGAS

PROYEK KELAS HARI KE-2

Hari ini selain belajar materi di atas kita akan melanjutkan proyek kelas kita.
Nah sekarang sudah hari ketiga proyek kita.
Setelah mengamati selama 2 hari, sudah mulai terarah ya kalian mau fokus ke pedagang keliling yang mana yang akan kalian perhatikan detailnya.

Perintah proyek kelas, kamis 4 maret 2021
Setelah kalian kemarin sudah mengamati dan fokus ke 1 pedagang, tugas hari ini adalah kalian menganalisa kegiatan yang dilakukan pedagang tersebut.
Mulai dari alat, bahan sampai kendaraan yang digunakan untuk berdagang.
Dari alat bahan sampai kendaraan tersebut, coba kalian tentukan:
1. gaya yang digunakan pedagang/kendaraan untuk bergerak
2. karakteristik individu dari pedagang keliling tersebut.





MATEMATIKA

Kelas : IV
Materi : Statistika
Submateri :Penyajian Data dalam diagram Batang

Untuk materi hari ini, yookk kita baca bareng-bareng di buku cetak halaman 162-167.
Untuk yang bukunya sudah dikembalikan, klik DISINI


Selanjutnya, dapat mengerjakan tugas di halaman 168 nomor 1 dan 2.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KESIMPULAN PEMBELAJARAN, Hari : Selasa, 1 Agustus 2023, Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 2 : Manusia dan Lingkungan, Pembelajaran : 2

Hari : Selasa, 1 Agustus 2023, Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 2 : Manusia dan Lingkungan, Pembelajaran : 2

Hari : Senin, 8 Mei 2023, Tema 9 : Benda-Benda di Sekitar Kita, Subtema 2 : Benda dalam Kegiatan Ekonomi, Pembelajaran 5