PESAN UNTUK ORANG TUA
Assalamualaikum. wr wb
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuh protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa.
Pembelajaran kita masih ada yang dilaksanakan secara daring dn secara langsung walaupun hanya 50%, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah yang daring.
Siswa yang PTM 50 % masih sesuai dengan prokes yaa😍😍😍
Materi ajar
SOAL PENGAYAAN TEMA 2
Bismillah...
Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha..
Apa kabarnya hari ini?
Semoga semua sehat dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yaa...
Nah, sholeh sholeha jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu kita mulai lagi belajar aktif, walaupun hari ini kita masih PJJ nih... pembelajaran kita.
Tapi sebelum belajar, alangkah baiknya kita simak tausiyah terlebih dahulu yaa... 😊
Jika kalian sudah selesai menyimak tausiyah nya, yuk dilanjut dhuha dan Murojaah ya....
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih.
Tujuan pembelajaran
1. Siswa mampu mengidentifikasi materi dari Tema 2 dan mampu mengerjakan soal pengayaan.
Literasi
Dibawah ini rangkuman materi Tema 2 dan ( soal pengayaan yang dikerjakan jawaban nya saja tetapi diberi keterangan )
A. Bahasa Indonesia
A.1. Kerangka Tulisan
Kerangka Tulisan: rencana yang memuat rangkaian ide yang disusun secara sistematis, logis,
jelas, terstruktur, dan teratur.
Langkah Pembuatan Kerangka Tulisan:
Merumuskan tema dan menentukan judul
Mengumpulkan bahan
Menyeleksi bahan yang digunakan
Mengembangkan kerangka tulisan dalam poin-poin yang runut
A.2. Tanda Baca Koma
Tujuan Penggunaan Tanda Baca Koma:
Menuliskan rincian
Memisahkan satu kalimat dengan kalimat setara lain
Memisahkan induk kalimat dan anak kalimat
Diletakkan di belakang kata/ungkapan yang merupakan penghubung antar kalimat
Memisahkan beberapa kata (o, ya, wah, aduh)
Memisahkan kalimat petikan langsung dari kalimat lain
Memisahkan nama, alamat, bagian-bagian alamat
Memisahkan tempat, tanggal, nama tempat, wilayah
Memisahkan penulisan nama pengarang
Menuliskan catatan kaki
Membedakan antara nama dan gelar
Diletakkan di depan angka persepuluhan atau antara rupiah
Mengapit keterangan tambahan
Diletakkan di belakang keterangan yang berada di awal kalimat
Tidak digunakan untuk memisahkan petikan langsung yang diakhiri tanda tanya
A.3. Kalimat Langsung
Kalimat Langsung: kalimat hasil kutipan langsung dari pembicaraan seseorang. Biasanya
digunakan dalam laporan wawancara, artikel berita, maupun dialog cerita
fiksi
Ciri-ciri Kalimat Langsung:
Menggunakan tanda petik (“”) di awal dan akhir kutipan
Menggunakan huruf kapital pada awal kutipan
Kutipan dan keterangan kutipan dipisahkan dengan tanda koma
Jika ditulis berupa dialog, gunakan tanda titik dua (:) untuk memisahkan tokoh yang dikutip dan kalimat kutipannya
A.4. Petunjuk Penggunaan
Petunjuk: sesuatu tanda untuk menunjukkan atau memberi tahu
Penggunaan: proses, cara, pemanfaatan benda
Petunjuk Penggunaan: suatu tanda atau arahan cara untuk menggunakan suatu benda
Cara Menyusun Petunjuk Penggunaan:
Perhatikan kalimat yang merupakan langkah mengerjakan sesuatu dengan saksama
Pilihlah langkah paling dasar sebagai langkah pertama
Pilihlah langkah selanjutnya dengan mempertimbangkan kesesuaian urutan dari langkah sebelumnya
Baca kembali petunjuk yang disusun, jangan sampai ada yang terlewatkan
Sambil membaca petunjuk yang disusun, bayangkan jika kita melaksanakan petunjuk sesuai urutan tersebut, apakah sudah tepat atau belum
A.5. Ungkapan
Ungkapan: gabungan kata yang membentuk arti baru, yang tidak berhubungan dengan
makna kata dasar pembentuknya. Digunakan dalam situasi tertentu untuk
mengkiaskan suatu hal
Makna yang Mungkin Muncul:
Makna Sebenarnya (denotasi)
Makna Kias (konotasi)
Contoh Ungkapan: membanting tulang (bekerja keras), jago merah (api), naik daun
(terkenal)
B. IPS
Luas Wilayah Indonesia: ± 5.176.846 km2
Luas Daratan: ± 1.919.363 km2, Luas Perairan: ± 3.257.483 km2
B. 1. Kenampakan Alam
1. Wilayah daratan:
Dataran Tinggi: dataran yang terletak pada ketinggian lebih dari 700 mdpl
Dataran Rendah: dataran dengan ketinggian sampai 200 mdpl
Pantai: batas antara daratan dan perairan laut
Tanjung: daratan yang menjorok ke lautan
Gunung: Daratan yang menjulang tinggi seperti kerucut
Pegunungan: Gunung-gunung yang berderet
2. Wilayah Perairan:
Sungai: aliran air dari hulu (puncak gunung) ke hilir (tepi laut)
Danau: cekungan di daratan yang digenangi air tawar dan dikelilingi daratan
Selat: laut sempit di antara dua pulau
Laut: cekungan yang luas dan dalam dan digenangi air asin
B.2. Macam-macam Pantai
Pantai Landai: permukaannya relatif datar. Contoh: pantai mangrove, pantai delta
Pantai Curam: berupa tebing curam dengan laut yang dalam. Contoh: pantai di selatan Jawa dan barat Sumatra
Pantai Bertebing (Flaise): pantai curam di muka tebing dengan laut yang dangkal
Pantai Karang: di dasar laut sepanjang pantai terdapat terumbu karang. Contoh: pantai di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara
B.3. Hubungan antara Alam dan Manusia
Sumber Daya Alam (SDA): segala sesuatu yang berasal dari alam yang dimanfaatkan untuk
memenuhi kebutuhan hidup manusia
SDA yang Dapat Diperbarui: sumber daya alam yang jika digunakan terus-menerus tidak
akan habis
SDA yang Tidak Dapat Diperbarui: sumber daya alam yang jika digunakan terus-menerus
akan habis. Contoh: barang hasil tambang
Pola Hidup: kebiasaan hidup masyarakat
Sumber daya alam dan kenampakan alam berkolaborasi dalam membentuk pola hidup dan jenis pekerjaan masyarakat. Contohnya:
Pantai: nelayan, pemandu wisata, petani kelapa
Dataran Tinggi: pemetik teh, petani di sawah dan perkebunan, peternak
Dataran Rendah: pekerja kantoran, buruh pabrik, penambak ikan
C. PPKN
Hak: Sesuatu yang pantas didapatkan setelah melaksanakan kewajiban
Kewajiban: Sesuatu yang harus dilakukan, terkait dengan peranan dan tanggung jawab
Tanggung Jawab: Kesadaran untuk menjalankan kewajiban
Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Rumah:
Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah:
Contoh Hak dan Kewajiban Anak di Masyarakat:
D. SBdP
Tempo: Cepat atau lambatnya suatu lagu dimainkan atau dinyanyikan. Biasanya ditulis di
sebelah kiri atas teks lagu (partitur).
Macam-macam Tempo:
Grave: lambat, tenang, sedih
Largo: lambat sekali
Lento: lebih cepat daripada “Largo”
Adagio: lebih cepat daripada “Lento”
Presto: cepat sekali
Allegro: cepat
Nesto: cepat tergesa-gesa
Andantino: sedang lambat
Andante dan Moderato: sedang
Gusito: sedang cepat
E. IPA
Energi: kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan
Sumber Energi: segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi
Macam-macam Energi:
Energi panas: energi yang menghasilkan panas
Energi gerak: energi yang menghasilkan gerak
Energi cahaya: energi yang menghasilkan cahaya
Energi bunyi: energi yang menghasilkan bunyi
Energi listrik: energi yang menghasilkan listrik
Perubahan Bentuk-bentuk Energi:
Listrik → Gerak. Contoh: kipas angin, blender, mixer
Listrik → panas. Contoh: setrika, solder, oven, microwave
Listrik → cahaya. Contoh: lampu
Listrik → bunyi. Contoh: radio, speaker
Panas → listrik. Contoh: sel surya
Energi Alternatif: energi yang digunakan untuk menggantikan energi dari barang tambang.
Umumnya berasal dari alam, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui
Contoh:
Energi panas matahari: sel surya
Energi panas bumi: pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP)
Energi angin: kincir angin
Energi air: kincir air, pembangkit listrik tenaga air (PLTA)
a. menjemur pakaian
b. memasak
c. memancing
d. melaut
2. Sebagai manusia kita harus …. air.
a. boros
b. menjual
c. menghemat
d. memasak
3.
Bacaan Sumber Daya Alam
Berdasarkan bacaan di atas, pernyataan yang tidak sesuai yaitu…
a. Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah
b. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam
c. Laut Indonesia terkenal karena ikannya
d. Ikan asin terkenal di Indonesia
4. Berdasarkan bacaan pada soal nomor 3, sumber daya alam yang tidak dapat
diperbaharui contohnya yaitu ….
a. Air
b. Udara
c. Minyak
d. Kayu
a. berlatih
b. tidur
c. sekolah
d. makan
6. Manfaat sinar matahari untuk tumbuhan yaitu ….
a. proses fotosintesis
b. makan
c. tumbuh
d. Berkembang biak
7. Berikut ini yanmg bukan merupakan hasil laut adalah ….
a. ikan
b. ular
c. Ubur-ubur
d. Kepiting laut
8. 1. Air 4. Gas
2. Batu 5. Batu Bara
3. Minyak 6. Udara
Yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah ….
a. 1,3,5
b. 2,3,6
c. 1,2
d. 1,6
9. Tanda (.) titik di bawah pada not angka yaitu ….
a. tempo
b. birama
c. Nada rendah
d. Nada tinggi
10. Garis birama dilambangkan dengan ….
a. /
b. |
c. :
d. _
11. Manfaat menghemat kertas yaitu, kecuali .…
a. ramah lingkungan
b. cinta alam
c. Merusak alam
d. Menghemat uang
12. Contoh sikap menghemat energi yaitu ….
a. selalu menyalakan tv
b. kipas angin selalu menyala
c. Mematikan lampu
d. Memakai AC saat dingin
13.
Persamaan Pada Bacaan Teks Cerita
Alat dan bahan yang sama pada kedua teks petunjuk tersebut adalah ….
a. gunting
b. paku payung
c. kertas
d. Lem
14. Kincir angin plastic terbuat dari bahan ….
a. kertas
b. kaca
c. kain
d. plastik
15. Pada saat menyalakan kipas angin, energy listrik berubah menjadi energi ….
a. gerak
b. panas
c. pegas
d. cahaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar