RANGKUMAN MATERI TEMA 5
A. Bahasa Indonesia
Teks Nonfiksi: teks yang isinya berupa fakta dan bukan karangan penulisnya. Contoh: artikel, skripsi, tesis, disertasi, berita
Peribahasa: kalimat yang mengungkapkan perbandingan, perumpamaan, nasihat, atau peraturan melalui bahasa kias dan memiliki makna tertentu. Contoh: “malu bertanya sesat di jalan”: jika tidak berusaha, tidak bisa sampai ke tujuan
Membaca Intensif: Membaca sungguh-sungguh untuk memahami isi bacaan, bisa diucapkan secara lisan maupun di dalam hati
Kata Tanya : kata yang digunakan untuk menanyakan sesuatu. Contoh: apa, siapa, mengapa, kapan, berapa, bagaimana, di mana
B. IPS
Agama dan Kebudayaan Hindu: perpaduan budaya bangsa Arya dan Dravida yang bersifat politeisme (mempercayai banyak dewa).
Masuk ke Indonesia melalui jalur laut dan darat pada abad ke-4 Masehi
Berawal dari hubungan dagang dengan India
Kerajaan bercorak Hindu di Indonesia: Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Kediri, Kerajaan Singosari, dan Kerajaan Majapahit
Peninggalan kerajaan bercorak Hindu: Candi Prambanan
Agama dan Kebudayaan Buddha:
Masuk ke Indonesia pada abad ke-6 Masehi melalui perdagangan
Kerajaan bercorak Buddha: Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Kalingga
Peninggalan kerajaan bercorak Buddha: Candi Bubrah, Prasasti Talang Tuwo
Agama dan Kebudayaan Islam:
Masuk ke Indonesia pada abad ke-11 sampai abad ke-13 oleh para pedagang Arab, Persia, dan Gujarat
Kerajaan bercorak Islam: Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Demak
Peninggalan kerajaan bercorak Islam: Masjid Agung Demak, Masjid Raya Baiturrahman
C. PKN
Nilai Pancasila: harus diamalkan sejak dini, baik di lingkungan rumah, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat
Pengamalan Sila Pertama Pancasila:
Saling menghargai meskipun berbeda agama
Berteman tanpa membedakan agama
Mengizinkan teman beribadah sesuai agamanya
Pengamalan Sila Kedua Pancasila:
Menolong teman yang kesusahan
Memperlakukan orang lain secara manusiawi tanpa melihat status sosial ekonomi
Memastikan hak asasi sesama manusia terlindungi
Pengamalan Sila Ketiga Pancasila:
Bersatu meskipun berbeda suku, bahasa, agama
Kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan
Piket kelas bersama teman-teman dari latar belakang beragam
Pengamalan Sila Keempat Pancasila:
Kegiatan musyawarah memilih ketua kelas
Kegiatan musyawarah memilih tujuan liburan keluarga
Kegiatan pemilihan pengurus RT di lingkungan masyarakat
Pengamalan Sila Kelima Pancasila:
Menghargai jasa guru
Berlaku adil kepada sesama manusia
Tidak melanggar peraturan umum yang berlaku
D. SBdP
Melodi: Rangkaian nada yang tinggi dan rendah
Tempo: cepat lambatnya sebuah lagu dimainkan/dinyanyikan
1. Tempo Lambat: Cenderung pelan, biasanya digunakan di lagu yang sedih. Contoh:
Mengheningkan Cipta
2. Tempo Sedang: tidak terlalu lambat dan tidak terlalu cepat. Contoh: Pelangi, Trimakasihku,
Indonesia Pusaka
Moderato: sedang
Allegro Moderato: cepatnya sedang
Andante: perlahan-lahan
Andantino: kurang cepat
3. Tempo Cepat: cenderung cepat, biasanya digunakan di lagu gembira/semangat. Contoh:
Maju Tak Gentar, Berkibarlah Benderaku
Allegreto: lebih lambat dari allegro
Animato: riang gembira
Marcia: seperti berbaris
Allegro: cepat dan hidup
Assai: lebih cepat
Vivace: cepat dan garang
Presto: sangat cepat
Prestissimo: lebih cepat dari presto
E. IPA
Cahaya: energi berupa gelombang elektromagnetik, dapat dilihat oleh mata (berkas cahaya)
Sumber Cahaya: benda yang menghasilkan cahaya. Contoh: matahari, lampu, api
Sifat Cahaya:
Merambat lurus: terjadi jika melewati satu medium perantara
Menembus benda bening: menembus kaca dan benda bening lainnya
Dapat dipantulkan: berupa pemantulan teratur (ke satu arah) atau pemantulan baur (ke berbagai arah)
Dapat dibiaskan: pembelokan arah rambat cahaya saat menembus benda bening yang dipengaruhi oleh kerapatan media perantara dan kecepatan rambat cahaya
Dapat diuraikan: ketika cahaya putih diuraikan menjadi beberapa warna (dispersi)
Mata: panca indera yang berfungsi untuk melihat segala yang ada di sekitarnya dengan dibantu oleh cahaya
EXERCISE PENGAYAAN TEMA 5
1. Raja Punawarman adalah raja dari kerajaan Tarumanegara. Contoh sikap kepahlawanan yang dimiliki Raja Punawarman antara lain adalah ….
a. Berani menumpas para perompak yang meresahkan masyarakat
b. Tegas memberi pajak yang besar bagi semua rakyat kerajaannya
c. Membangun istana yang megah terbuat dari emas dan perak
d. Pantang menyerah menyerang kerajaan-kerajaan lain
2. Sultan Iskandar Muda merupakan sultan dari kesultanan Aceh. Berikut ini bentuk sikap kepahlawanan yang dimiliki beliau adalah …
a. Pantang menyerah menyatukan Nusantara
b. Memiliki paras gagah dan rupawan
c. Berjuang demi rakyat mengusir penjajah Portugis
d. Berperang demi memperluas kekuasaannya
3. Salah satu tokoh dari kerajaan Majapahit yang mempunyai tekad pantang menyerah untuk menyatukan Nusantara adalah ….
a. Raja Brawijaya
b. Raden Wijaya
c. Maha Patih Gajah Mada
d. Raja Hayam Wuruk
4. Salah satu pahlawan Indonesia yang berasal dari Yogyakarta yang memimpin perang Jawa melawan pemerintahan Hindia Belanda adalah ….
a. Sultan Hasanudin
b. Pangeran Antasari
c. Pangeran Diponegoro
d. Raden Fatah
5. Fatahillah dengan gagah berani memimpin pasukannya untuk mengusir Portugis dari Sunda Kelapa. Dengan kemenangan itu nama Sunda Kelapa itu diganti dengan Jayakarta. Fatahillah adalah sosok pemberani yang berasal dari kerajaan ….
a. Mataram
b. Demak
c. Sriwijaya
d. Majapahit
6. Pernyataan berikut ini yang merupakan sifat dari cahaya adalah ….
a. Dapat melewati semua benda padat
b. Dapat berbelok arah
c. Terasa panas jika dipegang
d. Merambat secara lurus
7. Di rumah Bayu terdapat jendela kaca, saat siang hari sinar matahari mampu masuk ke ruangan melalaui jendela kaca tesebut. Hal ini membuktikan bahwa cahaya dapat ….
a. Masuk kemana saja
b. Menembus benda bening
c. Dipantulkan dengan mudah
d. Merusak jendela kaca
8. Reni memasukkan sedotan ke dalam sebuah gelas. Ketika dilihat dari samping, sedotan itu nampak patah. Hal ini membuktikan bahwa cahaya mempunyai sifat ….
a. Bisa mematahkan benda padat
b. Dapat membuat sedotan menjadi patah
c. Dapat dibiaskan
d. Dapat mengubah bentuk benda
9. Benda-benda di bawah ini yang dapat ditembus oleh cahaya adalah ….
a. Botol bening, kaca dan kertas tipis
b. Cermin, spion dan plastik tipis
c. Air, es batu dan emas
d. Kain tipis, cermin dan genteng kaca
10. Sikap di bawah ini yang mencerminkan sila keempat Pancasila adalah ….
a. Berusaha menang sendiri ketika berpendapat
b. Mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi
c. Tidak suka mendengarkan pendapat orang lain ketika musyawarah
d. Mengutamakan kepentingan keluarga daripada kepentingan masyarakat
11. Dika merupakan seorang ketua kelas. Pada kegiatan liburan nanti, Ia punya keinginan agar semua siswa berlibur ke pantai. Namun setelah diadakan musyawarah kelas, ternyata teman-temannya sepakat untuk pergi ke museum. Sikap yang sebaiknya diambil Dika adalah ….
a. Tetap mengajak semua siswa ke pantai karena ia adalah ketua kelas
b. Menghargai keputusan hasil musyawarah kelas
c. Mengancam teman-teman yang tidak setuju dengan pendapatnya
d. Membatalkan acara liburan karena tidak sesuai keinginannya
Ani, Rina dan Ulfa tidak sengaja memecahkan pot bunga di depan kelas. Mereka berdua merasa takut jika dimarahi Bu Santi. Kemudian Bu Santi memanggil mereka dan menanyakan mengapa hal itu bisa terjadi. Mereka pun menjelaskan bahwa tadi mereka terpeleset ketika mau menyirami bunga. Bu Santi pun tidak memarahi mereka, dan menyuruh mereka membersihkan pecahan potnya. Kemudian menasehati mereka agar lain kali lebih berhati-hati ketika menyirami bunga. Setelah kejadian itu, mereka bertiga berdiskusi tentang bagaimana cara mengganti pot yang telah rusak. Kemudian mereka sepakat menyisihkan uang saku mereka untuk dikumpulkan membeli pot bunga yang baru. Mereka tidak ingin saling menyalahkan, siapa yang telah terpeleset lebih dahulu atau siapa yang menyenggol potnya hingga pecah. Setelah beberapa hari menyisihkan uang sakunya, akhirnya mereka berhasil membeli pot baru dan menyerahkannya kepada Bu Santi. Bu Santi pun senang melihat tanggung jawab para siswanya itu.
12. Sikap yang ditunjukan Bu Santi pada cerita di atas yang sesuai dengan sila keempat Pancasila adalah ….
a. Tegas memarahi siswa yang ceroboh
b. Bijak dalam menganggapi masalah siswanya
c. Mengutamakan kepentingan dirinya sendiri
d. Disipilin sehingga sangat ditakuti para siswa
13. Sikap Ani, Rina dan Ulfa di atas yang sesuai dengan sila keempat Pancasila adalah ….
a. Bersedia meminta maaf kepada Bu Santi
b. Menyembunyikan alasan yang sebenarnya
c. Berdiskusi menentukan siapa pelaku sebenarnya
d. Bermusyawarah untuk mengganti pot yang rusak
14. Menyelesaikan masalah dengan cara bermusyarawah bisa membuat keputusan yang diambil menjadi ….
a. Ditentang oleh banyak orang
b. Disepakati oleh semua pihak
c. Merugikan orang-orang yang diam saja
d. Menguntungkan ketua musyawarah
15. Lagu Maju Tak Gentar termasuk lagu yang bernada diatonis mayor, ciri-cirinya antara lain adalah ….
a. Mempunyai nada yang cepat
. Bersifat riang gembira
c. Diawali dan juga diakhiri dengan nada La = A
d. Mempunyai pola interval 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1
16. Lagu bertema kepahlawanan berikut ini yang bernada diatonis minor adalah ….
a. Garuda Pancasila
b. Indonesia raya
c. Hari Merdeka
d. Gugur Bunga
17. Garuda Pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorbann untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Nilai baik yang terkandung dari lagu di atas antara lain adalah ….
a. Kita harus bisa membuat patung Garuda Pancasila
b. Rakyat akan adil dan makmur jika kita bisa membaca proklamasi
c. Setiap pemuda harus maju berperang
d. Kita harus rela berkorban demi membela negara
18. Penyebab umum terjadinya luka memar adalah karena ….
a. Tersayat benda tajam
b. Terbentur benda yang keras
c. Tersiram air yang panas
d. Terkena api secara langsung
19. Berikut ini adalah ciri-ciri luka memar, kecuali ….
a. Terjadinya pembengkakan atau benjolan di permukaan kulit
b. Timbulnya rasa nyeri pada bagian kulit yang membengkak
c. Munculnya bintik-bintik merah bernanah yang terasa gatal
d. Adanya perubahan warna kulit menjadi kebiru–biruan atau kemerah-merahan
20. Langkah yang tidak tepat dalam mengobati luka memar antara lain seperti ….
a. Mengompres luka memar dengan air dingin
b. Menggerak-gerakan sesering mungkin bagian yang membengkak
c. Membalut luka memar dengan perban elastis
d. Mengistirahatkan bagian tubuh yang mengalami luka memar
### Selamat mengerjakan! ####
Jangan lupa minta dampingi orang tua ya!
Jangan lupa juga ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Kerjakan tugasmu dibuku latihan tematik,dan fotokan kemudian kirimkan pada Pak Guru melalui WhatsApp beserta kegiatan yang lain shalat dhuha, murojaah, kegiatan bakti kepada orang tua dalam bentuk kolase !
Selamat belajar anak-anak Pak Guru yang sholeh sholeha semuanyaa.... 💖💖💖
## TETAP SEMANGAT ##
Tidak ada komentar:
Posting Komentar