PESAN UNTUK ORANG TUA
Assalamualaikum. wr wb
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuh protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa.
Pembelajaran kita masih ada yang dilaksanakan secara daring dn secara langsung walaupun hanya 50%, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah yang daring.
Inilah foto siswa yang PTM 50 % masih sesuai dengan prokes yaa😍😍😍
Materi ajar
SOAL PENGAYAAN TEMA 4
Bismillah...
Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha..
Apa kabarnya hari ini?
Semoga semua sehat dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT yaa...
Nah, sholeh sholeha jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu kita mulai lagi belajar aktif, walaupun hari ini kita masih PJJ nih... pembelajaran kita.
Tapi sebelum belajar, alangkah baiknya kita simak tausiyah terlebih dahulu yaa... 😊
Jika kalian sudah selesai menyimak tausiyah nya, yuk dilanjut dhuha dan Murojaah ya....
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih.
Tujuan pembelajaran
1. Siswa mampu mengidentifikasi materi dari tema 4 dan mampu mengerjakan soal pengayaan.
Literasi
Dibawah ini rangkuman materi tema 4 dan ( soal pengayaan yang dikerjakan jawaban nya saja tetapi diberi keterangan )
A. Bahasa Indonesia
Kalimat Larangan: Kalimat yang digunakan untuk menyampaikan agar seseorang tidak
melakukan sesuatu. Contoh: jangan ; dilarang
Dongeng: Rangkaian cerita tidak nyata yang disampaikan secara sederhana dan
mengandung pesan moral yang baik. Contoh: Kisah Si Kancil ; Semut dan Belalang
Kalimat Ajakan: Jenis kalimat perintah yang bertujuan untuk mengajak seseorang atau
seseorang untuk melakukan sesuatu atau pergi ke suatu tempat. Contoh:
ayo ; mari
Tanda baca titik dua (:) : memberitahukan bahwa uraian setelah tanda baca ini memberi
bukti dan menjelaskan.
B. IPS
Kegiatan Ekonomi: kegiatan yang dilakukan orang untuk mendapat penghasilan dan
mencukupi kebutuhan hidup
Jenis Kegiatan Ekonomi:
Kegiatan produksi: menghasilkan produk berupa barang/jasa. Orang yang melakukannya disebut produsen.
Kegiatan distribusi: menyalurkan barang/jasa dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukannya disebut distributor.
Kegiatan konsumsi: memanfaatkan barang/jasa. Orang yang melakukannya disebut konsumen.
Faktor Lingkungan Memengaruhi Kegiatan Ekonomi:
Di dataran rendah: petani, buruh tani, pedagang, peternak
Di sekitar pantai: nelayan, petani tambak, petani garam, pengrajin
Di dataran tinggi: petani sayuran/bunga/buah, peternak, pedagang
Di perkotaan: pekerja jasa, karyawan, wiraswasta, pedagang, buruh pabrik
B.1. Kegiatan Produksi
Jenis Kegiatan Produksi:
Menghasilkan barang: bercocok tanam, pabrik, usaha kerajinan
Menghasilkan jasa: sopir, tukang cukur, dokter, guru
Tujuan Kegiatan Produksi:
Menghasilkan barang/jasa
Menambah nilai guna barang
Memenuhi kebutuhan manusia
Meningkatkan kemakmuran masyarakat
Menambah keuntungan
Memperluas lapangan kerja
Faktor Produksi: sesuatu yang mendorong adanya kebutuhan barang dan jasa
4 Faktor Produksi:
Sumber daya alam: tanah, tambang, air laut
Tenaga kerja
Modal
Kewirausahaan
B.2. Kegiatan Konsumsi
Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi:
Selera
Pendapatan
Model Barang
Harga
Konsumtif: perilaku berkonsumsi yang berlebihan (boros), mendahulukan keinginan
daripada kebutuhan
B.3. Kegiatan Distribusi
Faktor yang Mempengaruhi Distribusi:
Kebutuhan Pasar
Ketersediaan Barang
Perusahaan
Kebiasaan dalam membeli
Akses dan jalur transportasi
Distribusi langsung: dari penjual langsung ke pembeli
Distribusi tidak langsung: melalui agen, grosir, koperasi, internet
Kegiatan distribusi membuat persediaan barang antar wilayah sesuai dengan kebutuhan dan harga menjadi stabil.
C. PPKN
Pancasila: Dasar negara Indonesia yang mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa dan
negara Indonesia
Lambang Negara: Garuda Pancasila dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, yang artinya
“berbeda-beda tetapi tetap satu”
Fakta Lambang Negara Indonesia:
Dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak
Diresmikan pada Sidang Kabinet RIS (Republik Indonesia Serikat) pada 11 Februari 1950
Penggunaannya diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 43/1958
Arti dan Filosofi Garuda Pancasila:
Garuda Pancasila. (Sumber: Wikipedia Indonesia)
Garuda: Indonesia sebagai bangsa yang besar dan kuat
2. Warna emas: keagungan dan kejayaan
3. Paruh, sayap, ekor, dan cakar: kekuatan dan tenaga pembangunan
4. Jumlah bulu garuda:
- 17 buah pada sayap, melambangkan tanggal kemerdekaan
- 8 buah pada ekor, melambangkan bulan kemerdekaan
- 19 buah di bawah perisai dan 45 buah di leher, melambangkan tahun kemerdekaan
5. Kepala menengok ke kanan: bergerak ke arah kebaikan
6. Perisai: perjuangan, pertahanan, dan perlindungan
7. Warna dasar: merah artinya berani, putih artinya suci
8. Bagian tengah berwarna hitam: garis khatulistiwa
9. Cakar garuda mencengkeram pita putih: bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika”, semboyan negara Indonesia yang diambil dari kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular
10. Bagian dalam perisai:
- Bintang: melambangkan sila ke-1
- Rantai: melambangkan sila ke-2
- Pohon Beringin: melambangkan sila ke-3
- Kepala Banteng: melambangkan sila ke-4
- Padi dan Kapas: melambangkan sila ke-5
Contoh Perilaku yang Sesuai Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan:
1. Di lingkungan rumah:
Mendidik anak-anak agar taat agama dan hukum
Saling mengingatkan untuk beribadah
Saling menghormati
Saling menyayangi dan melindungi
Orang tua memberi contoh yang baik
Adil kepada anak-anaknya
Anak berbakti kepada orang tua
Mengerjakan tugas bersama-sama
2. Di lingkungan sekolah: menaati tata tertib sekolah
3. Di lingkungan masyarakat: menjaga keamanan, kebersihan, dan ketertiban lingkungan
D. SBdP
Jenis Karya Seni Rupa Berdasarkan Bentuk:
Dua Dimensi: hanya bisa dilihat, merupakan bidang datar. Contoh: seni lukis, batik, sketsa, ilustrasi
Tiga Dimensi: bisa dilihat dan diraba karena memiliki panjang, lebar, tinggi, dan volume. Contoh: seni kriya, bangunan, dekorasi
Beberapa Macam Bentuk Benda Tiga Dimensi:
Kubistis: seperti kubus/balok. Contoh: televisi, lemari, meja, kulkas.
Silindris: seperti tabung/silinder. Contoh: botol, pipa, gelas, ember, toples.
Bebas/Tak Beraturan: binatang, tas, sepatu, pakaian, buah-buahan.
Tekstur: Unsur seni rupa yang memberikan watak/karakter pada permukaan bidang yang
dapat dilihat dan diraba.
Fungsi Tekstur: Memberi watak tertentu yang menimbulkan nilai estetik.
Jenis Tekstur:
Alamiah: tercipta oleh alam. Contoh: tekstur pada urat, batu, kayu
Buatan/tiruan: dibuat oleh manusia untuk meniru tekstur alamiah
Gambar Dekorasi Motif Hias Nusantara: contoh karya seni rupa yang meliputi unsur seni
proporsi dan komposisi
E. IPA
Sumber Daya Alam Hewani: sumber daya alam yang berasal dari hewan.
Kegunaan Sumber Daya Alam Hewani:
Sumber pangan: ikan, hewan ternak
Sarana sosialisasi dan budaya: karapan sapi
Dimanfaatkan tenaganya: kerbau, kuda
Diambil susu dan daging: sapi, kambing
Bahan kerajinan tangan
Sumber daya alam hayati dapat diperbarui tetapi jumlahnya terbatas.
E.1. Upaya Pelestarian Lingkungan
Penurunan Kualitas Lingkungan:
Lahan yang tergenang banjir, pasir dari gunung berapi
Penggunaan lahan terlalu sering, produksi pertanian menurun
Penebangan pohon secara liar
Upaya-upaya Pelestarian Lingkungan:
Tebang pilih: pohon yang ditebang berdiameter ≥ 50 cm
Penanaman bibit baru
Mengatur waktu penangkapan ikan
Keanekaragaman bahan pangan. Contoh: pengganti nasi menggunakan jagung, ketela, kentang, dsb.
Jenis Pelestarian Sumber Daya Alam:
Pelestarian in situ: dilakukan di habitat asli. Contoh: bunga bangkai di Bengkulu, badak bercula satu di Ujung Kulon.
Pelestarian ex situ: dilakukan di luar habitat asli. Contoh: kebun binatang, kebun anggrek.
Cara lain melestarikan sumber daya alam adalah dengan teknologi daur ulang (mengolah kembali barang bekas enjadi barang yang berguna.
E.2. Hutan dan Manfaatnya
Fungsi Hutan:
Mencegah erosi dan banjir
Menghasilkan oksigen terbesar
Sebagai habitat flora dan fauna
Mempertahankan kesuburan tanah
Mencegah pemanasan global
Penyerap serta penyedia air
Hutan gundul bisa menyebabkan bencana alam, karena itu harus dilakukan penanaman kembali hutan yang gundul (reboisasi).
Manfaat Reboisasi:
Melestarikan sumber daya alam
Mengurangi pencemaran lingkungan
Melestarikan hutan dan mencegah banjir serta longsor
Meningkatkan jumlah sumber daya alam
Hasil Hutan di Indonesia:
Beragam flora: buah-buahan, tumbuhan obat-obatan
Beragam fauna
Jenis-jenis kayu: kayu meranti, kayu jati, kayu cendana, kayu akasia
Kayu banyak dimanfaatkan untuk membuat furnitur rumah tangga, antara lain: meja, kursi, lemari.
b. Jasa
c. Kayu
d. Untung
a. Barang
b. Jasa
c. Pertolongan
d. Bantuan
a. Mengajarkan ilmu
b. Menghukum penjahat
c. Menjaga kedaulatan negara
d. Menjaga keamanan rumah
a. Pengrajin kayu
b. Tukang kayu
c. Penjaga hutan
d. Pembuat kertas
a. Penghasil emas dan perak
b. Pencegah terjadinya hujan lebat
c. Tempat bersembunyi para penjahat
d. Penghasil kayu untuk bahan bangunan
a. Melakukan tebang pilih
b. Penanaman kembali selesai penebangan
c. Menetapkan sebagai hutan lindung
d. Membakar hutan untuk mengusi hewan buas
a. Tsunami
b. Badai besar
c. Banjir
d. Angin topan
3. Barang bekas bisa dimanfaatkan dengan cara ….
a. Dibakar
b. Dikubur
c. Didaur ulang
d. Dimasak
a. Mengurangi jumlah sampah di alam
b. Mengurangi kemungkinan kekeringan
c. Mengusir wabah penyakit
d. Mencegah terjadinya kelangkaan barang
a. Keberuntungan
b. Kreatif
c. Egois
d. Disiplin
1. Rasa persatuan dan kesatuan sangat dibutuhkan oleh negara Indonesia, karena negara kita ini memiliki …..
a. Jumlah suku yang sedikit
b. Satu budaya yang seragam
c. Suku dan budaya yang sangat beraneka ragam
d. Keadaaan iklim yang berubah-ubah
a. Saling menghargai adalah kewajiban manusia
c. Setiap manusia harus bekerja keras dan berdoa
d. Persatuan akan membawa kesejahteraan
a. Mau berteman dengan semua siswa
b. Menghomarti bapak dan ibu guru
c.Mengerjakan PR dengan baik
d. Berangkat sekolah tepat waktu
a. Pohon beringin
b. Mata rantai
c. Padi dan kapas
d. Kepala banteng
a. Kaya
b. Kuat
c. Rapuh
d. Modern
a. sumber-sumber alam
b. sumber kekayaan alam
c. sumber kekuatan alam
d. sumber daya ala
2. Kayu yang sebagian besar digunakan sebagai bahan bangunan rumah yang berasal dari ….
A. ladang
b kebun
c. hutan
d. gunung
3. Perhatikan gambar berikut !
Sumber daya alam pada gambar di samping diolah menjadi ....
a. meja
b. pakaian
c. rumah
d. makanan
4. Nelayan dilarang menangkap ikan dengan menggunakan racun karena ....
a. udara tempat hidup ikan tersebut menjadi tercemar
b. rasa daging ikan menjadi tidak enak
c. ikan yang dimakan tetap segar
d. bentuk ikan menjadi berubah
5. Beberapa jenis kegiatan :
(1) menanam pohon,
(2) menangkap ikan menggunakan pukat harimau,
(3) menebang hutan dengan sistem tebang-tanam, dan
(4) membuka lahan hutan dengan cara membakar.
Kegiatan yang dapat merusak sumber daya alam yang ditunjukkan nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar