PESAN UNTUK ORANG TUA
Assalamualaikum. wr wb
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.
Ayah/Bunda hebat-hebat! Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa.
Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Materi ajar
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema 1 : Hewan dan Tumbuha di Lingkungan Rumahku
Pb : 5 dan 6
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Tujuan pembelajaran
1. Siswa mampu mengidentifikasi tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitar.
2. Siswa mampu melakukan wawancara dengan anggota keluarga.
3 Siswa mampu bertanggung jawab terhadap tanaman yang di tanam.
Kalo sudah, berikut materi hari ini yaa....
Baca dan pahami baik-baik.
Literasi
Kamu sebelumnya telah belajar tentang padi. Tahukah kamu bahwa jenis tanaman yang berbeda mempunyai tempat yang berbeda untuk tumbuh?
Ayo, kita cari tahu!
Amati gambar dan baca teks tentang tanaman padi dan teh berikut.
Exercise IPS
Jawablah pertanyaan dibawah ini berdasarkan teks di atas !
1. Di manakah padi dan teh biasa tumbuh? Lingkungan yang seperti apa yang baik untuk tanaman tersebut?
2. Apa perbedaan antara tempat hidup tanaman padi dan teh?
3. Menurutmu, apakah padi bisa tumbuh dengan baik di pegunungan?
4. Apakah keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman? Jelaskan.
5. Sebelum menanam tumbuhan tertentu, apa saja yang perlu diperhatikan agar tumbuhan dapat tumbuh dengan baik?
Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di sekitar wilayah tersebut.
Ayo, cari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi).
Tumbuhan apa saja yang cocok tumbuh di wilayah tersebut? Kamu dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, internet, atau narasumber).
BAHASA INDONESIA
Sebelumnya kamu telah belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik untuk wawancara. Kemudian, kamu juga telah menyortir pertanyaan tersebut.
Kamu akan berlatih melakukan wawancara secara berpasangan tetapi dikarenakan sedang masa pandemi jadi kalian melakukan wawancara dengan anggota keluarga.
Sebelum kamu berlatih, perhatikan keterampilan dan sikap yang baik dalam melakukan wawancara berikut
Bagaimana sikap dan keterampilan yang baik dalam melakukan wawancara?
Sebelumnya kamu telah menanam tumbuhan dan merawatnya sesuai dengan jadwal yang telah kamu buat.
Sekarang kamu akan melakukan refleksi tentang pertumbuhan dan perawatan terhadap tanaman tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut.
Exercise PKN
1. Apakah tanamanmu yang kamu tanam dapat tumbuh dengan baik?
2. Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik selama merawat tanaman tersebut?
3. Apa yang belum kamu lakukan dengan baik? Jelaskan
4. Apa yang kamu pelajari terkait hak dan kewajiban dalam kegiatan menanam tersebut?
5. Apa akibatnya kalau kita melalaikan kewajiban dalam merawat tanaman yang kita tanam?
INGAT YA SHOLEH SHOLEHA TANAMAN YANG KALIAN TANAM PADA HARI KAMIS AKAN DI FOTO KEMBALI DAN JANGAN BERBEDA ANTARA TANAMAN YANG PERTAMA DAN YANG TERAKHIR 💖💖💖
JIKA TANAMAN KALIAN BERHASIL TUMBUH DENGAN BAIK MAKA NILAI KALIAN AKAN LEBIH BAIK DAN KALIAN SUKSES BISA MERAWAT TANAMAN DENGAN RASA SAYANG DAN TANGGUNG JAWAB 😇
Tidak ada komentar:
Posting Komentar