Assalamualaikum. wr wb
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.
Ayah/Bunda hebat-hebat! Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa.
Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
MATERI AJAR
Kelas : IV
Tema : Berbagai Pekerjaan
Subtema : Pekerjaan di Sekitarku
Pembelajaran : 2
Muatan Pelajaran : SBDP, PPKN
Hari/tanggal : Rabu, 29 September 2021
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Selamat belajar... ^^
Ya, meskipun pekerjaan setiap orang berbeda, jangan pernah merasa bahwa pekerjaan kita yang lebih baik. Setiap pekerjaan sama, yang penting memberikan manfaat bagi orang lain. Hal ini sesuai dengan makna sila kedua Pancasila.
Amati gambar berikut
Sila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab
Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab bermakna
Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab bermakna:
- Setiap manusia setara, sejajar.
- Beradab dalam rasa, pikiran, dan tindakan.
- Anti penjajahan.
- Mengutamakan kebenaran dan keadilan.
Lalu apakah hubungan simbol sila kedua dengan makna sila kedua?
Apakah sikap pak Made dan pak Toni menunjukkan sila kedua Pancasila?
Contoh-contoh sikap yang menunjukkan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
1) Di lingkungan keluarga:
- Mencintai, menghormati dan menaati nasihat orang tua.
- Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur keluarga dengan penuh ketulusan sehingga terjadi suasana keluarga yang bahagia.
- Menjaga nama baik keluarga di masyarakat.
- Orang yang mudah menghargai; orang yang sebaya saling menghargai, yang tua menyayangi yang muda.
- Setiap anggota keluarga melaksanakan hak dan kewajibannya.
- Tidak saling mencampuri hak orang lain.
- Saling membantu dan merasakan dalam kesusahan atau kegembiraan.
- Menjunjung tinggi kesopanan dalam pergaulan antarteman di sekolah.
- Melaksanakan program sekolah berkaitan dengan usaha kemanusiaan.
- Menegur teman yang mencontek, tidak melaksanakan tugas piket, dan melaporkan teman yang membolos atau menyalahgunakan uang sekolah.
- Membantu teman yang sedang mengalami musibah, baik moral maupun material.
- Tidak merendahkan dan menyakiti perasaan teman.
- Mengembangkan sikap tenggang rasa.
- Membantu korban bencana alam.
- Memberi sedekah kepada fakir miskin.
- Tidak menyakiti dan memfitnah orang lain.
- Meminta izin bila meminjam barang orang lain.
- Berlaku sopan kepada orang lain.
- Menjadi donor darah.
- Mengumpulkan dana bela sungkawa untuk diserahkan kepada yang berhak menerimanya.
- Menjaga nama baik masyarakat, bangsa, dan negara.
Dayu adalah temanku. Ia anak yang ramah. Meskipun lama tinggal di Jakarta, logat bahasa Dayu masih sangat kental dengan logat Bali. Hal itu membuat Dadu sering menertawakan Dayu. Dadu sering mengejek Dayu. Hal itu membuat Dayu sangat sedih. Ia menjadi tidak percaya diri untuk bicara di depan kelas. Ia takut ditertawakan Dadu. Hari ini Dayu tidak mau masuk sekolah karena malu.
Jawablah pertanyaan berikut secara lisan:
1. Apa yang dilakukan Dadu terhadap Dayu?
2. Bagimana perasaan Dayu terhadap sikap Dadu?
TUGAS
MATERI AJAR
Kelas : IV
Materi : Pecahan
Submateri : Penaksiran Hasil Operasi Hitung
Hari/Tanggal : Rabu, 29 September 2021
Perkalian Pecahan
Desimal
Perkalian pecahan desimal diperoleh
dengan mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa.
Selain menggunakan cara di atas, perkalian pecahan desimal juga bisa dilakukan dengan cara mengalikan sebagai bilangan bulat dengan membuang koma terlebih dahulu, setelah itu hasil perkalian diberi tanda koma. Letak koma ditentukan oleh jumlah koma pada pecahan pembagi dan yang dibagi. Cara meletakkan koma dihitung ke kanan dimulai dari angka satuan
Atau
Perkalian desimal dfapat di kerjakan dengan
Ikuti
langkah-langkah ini:
- Kalikan seperti biasa, abaikan koma desimal.
- Kemudian letakkan koma desimal pada jawaban yang
diperoleh - tempat desimal yang diperoleh akan sama banyak dengan dua
bilangan asli yang digabungkan.
Atau,
hitunglah berapa banyak angka di belakang koma desimal pada kedua bilangan
yang dikalikan, maka jawaban yang diperoleh harus memiliki sebanyak angka itu
di belakang koma desimalnya .
Contoh:
Kalikan 0,03 dengan 1,1
mulai dengan: |
|
0.03 × 1.1 |
kalikan tanpa koma
desimal: |
|
3 × 11 = 33 |
0,03 memiliki 2
tempat desimal, |
|
0.033 |
Pembagian Pecahan
Desimal
Pembagian pecahan desimal diperoleh
dengan cara mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa.
Selain menggunakan cara di atas, pembagian
pecahan desimal juga bisa dilakukan dengan cara membagi sebagai bilangan bulat
dengan membuang koma terlebih dahulu, setelah itu hasil pembagian diberi tanda
koma. Letak koma ditentukan oleh banyaknya koma pada pecahan pembagi dan yang
dibagi. Cara menentukan letak koma yaitu jumlah koma pada bilangan yang dibagi
di kurangi jumlah koma pada bilangan pembagi.
link
https://www.youtube.com/watch?v=MSVy56Sxpzw
https://www.youtube.com/watch?v=-w5IulCXiL4
SOAL
1. Hasil dari 4/5 x 0,15 adalah ....
2. Hasil dari 4,5 : 2/3 adalah ....
3. 1,92 : 1,2 = ....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar