Assalamualaikum. wr wb
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.
Ayah/Bunda hebat-hebat! Semangat mendampingi putra putrinya di rumah sangat luar biasa.
Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
MATERI AJAR
Kelas : IV
Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema : Ayo Cintai Lingkungan
Pembelajaran : 2
Muatan Pelajaran : SBDP, PPKN
Hari/Tanggal : Rabu, 15 September 2021
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Tujuan pembelajaran
1. Siswa mampu bertanggung jawab dengan lingkungan sekitar.
2. Siswa mampu menulis cerita sesuai dengan pengalamannya sendiri dengan tulisan tegak bersambung.
Assalamu'alaikum....
Selamat pagiii.... Semangaatt pagii...
Yuk dhuha dan murojaah dulu...\
Biar lebih semangat, biar lancar semua kegiatan hari ini.
Selamat belajar ......
Sebelum membaca teks, simak terlebih dahulu video pada link.
Pulang sekolah, Udin, Dayu dan Beni berkunjung ke pasar. Beni ingin membeli sapu ijuk titipan ibunya. Hari itu, pasar terlihat rame. Mereka masuk ke bagian dalam dan mencari penjual sapu ijuk. Tak berapa lama, Udin menutup hidungnya. Ia tak kuat menahan bau menusuk yang datang dari sampah yang berantakan di pasar. Dayu dan Beni juga ikut menutup hidung mereka. Untungnya, penjual ijuk segera terlihat. Mereka segera mendatangi dan membeli sapu ijuk.
“Beni, ayo kita segera pergi dari sini. Aku sudah tidak tahan dengan baunya.” bisik Udin.
“Iya, Udin. Ayo kita pergi!”sahut Beni.
“Mengapa baunya bisa seperti ini teman-teman?”tanya Dayu.
“Sepertinya, keadaan ini karena banyak sekali sampah yang tidak dibuang di tempatnya, sehingga baunya busuk. Aku khawatir, pembeli bisa sakit”
“Wah, kalau seperti ini terus, bisa-bisa nanti terjadi banjir karena aliran air tidak lancar,”keluh Udin. “Apa yang harus kita lakukan, ya, teman-teman?”
“Salah satunya, kita harus membuang sampah pada tempatnya,”jawab Beni. Dalam hati, mereka tidak ingin hal seperti itu terjadi pada lingkungan. Hari itu, Dayu, Beni dan Udin mendapat pengalaman berharga.
Berdasarkan teks di atas, yuk sama-sama kita jawab pertanyaan berikut.
1. Apa yang terjadi di lingkungan pasar?
Lingkungan pasar sangat kotor dan berbau.
2. Mengapa pasar sangat bau?
Banyak sampah yang tidak dibuang pada tempatnya sehingga busuk dan menimbulkan bau.
3. Ketika sampah di pasar berserakan, apa akibatnya bagi lingkungan?
Lingkungan pasar menjadi kurang sehat karena kotor dan berbau tidak sedap.
4. Ketika sampah di pasar berserakan, apa akibat bagi orang-orang di pasar?
Dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dan gangguan lingkungan terutama baunya yang tidak sedap.
5. Menurutmu, apakah Dayu, Beni dan Udin saat di pasar sudah terambil haknya? Jelaskan.
Ya mereka terganggu haknya untuk dapat menikmati keadaan pasar yang sehat dan bersih.
6. Hak apa yang tidak di dapat oleh Dayu, Beni, dan Udin ketika ke pasar?
Hak akan lingkungan yang sehat dan bersih.
7. Menurutmu, apakah orang-orang yang membuang sampah sembarang sudah mengambil hak orang lain? Jelaskan?
ya dengan membuang sampah secara sembarangan mengakibatkan hilangnya hak orang lain untuk menikmati lingkungan yang bersih dan sehat.
8. Bagaimana sebaiknya membuang sampah di pasar? Sebaiknya sampah di pasar dibuang pada tempat yang telah disediakan oleh pasar.
9. Bagaimana sikap dan cara positif dalam membuang sampah?
Sebaiknya kita membuang sampah pada tempatnya dan apabila kita melihat sampah berserakan segeralah membersihkanya.
Mulailah dari cara yang bisa kamu lakukan di lingkunganmu.
- Membuang sampah pada tempatnya
- Menanam pohon di sekitar rumah.
- Membersihkan halaman rumah setiap hari
- Membersihkan bak mandi seminggu 2 kali
- Membersihkan selokan dari sampah.
- Memberikan perlakuan khusus kepada limbah, seperti diolah terlebih dahulu sebelum dibuang, agar tidak mencemari lingkungan.
- Menggunakan barang-barang hasil industri yang ramah lingkungan.
Ayo Berkreasi
Amatilah montase berikut!
Karya montase dihasilkan dari menggabungkan beberapa gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar tersebut dipadukan hingga menghasilkan satu gambar baru. Biasanya gambar diambil dari majalah atau koran bekas.
- Siapkan Alat dan Bahan yang diperlukan.
- Buatlah Tema Konsep Gambar Montase.
- Tempelkan Gambar-gambar Tersebut.
- Tambahkan Warna atau Arsiran.
- Alat: gunting.
- Bahan: Majalah, koran, gambar-gambar yang akan dijadikan montase, Kertas HVS atau karton, lem.
- Langkah-langkah :
- Potonglah gambar-gambar dari majalah yang akan dijadikan montase, misalkan badan dan kepala berbeda. Guntinglah gambar tersebut yang dirasakan sudah cocok.. Tempelkan gambar pada buku gambar yang sudah disiapkan dengan menggunakan lem. Lihat hasil montase yang dibuat.
TUGAS:
Mempersiapkan bahan-bahan untuk praktek membuat montase ber-tema Cinta Lingkungan pada hari Jumat, 17 September 2021
MATERI AJAR
MATEMATIKA
Jadi untuk menentukannya desimal acuan yaitu 0. 0,25. 0,50. 0,75. 1
Amati kembali soal bergambar ikan, udang dan daging ayam ( Siti dan Ibunya berbelanja di pasar )
Exercise MTK
1. Taksirlah berat ikan dan udang jika digabungkan...
JAWAB
2,3 Kg IKAN = 2, 5 Kg
0,64 Kg UDANG = 0,50 Kg
= 2,5 kg + 0,50 kg = 3 kg
Jumlahnya 3 Kg
2. Taksirlah berat ikan dan ayam jika digabungkan...
3. Taksirlah berat ikan, udang, dan ayam jika digabungkan....
4. Taksirlah selisih berat ikan dan udang...
5. Taksirlah selisih berat ikan dan ayam...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar