Hari/tanggal : Kamis, 11 Januari 2024
Bidang Pelajaran : Tematik
Tema : Panas dan Perpindahannya (Tema 6)
Sub Tema : Suhu dan Kalor (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA.
Pembelajaran : 1
Assalamualaikum Wr Wb.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah, bagaimana kabarnya? setelah libur disemester ganjil, kita bertemu lagi dalam pembelajaran disemester genab.
Kita awali pembelajaran hari ini, dengan berdoa terlebih dahulu.
Dan kita akan mempelajari Tema 6 tentang Panas dan Perpindahannya. Subtema 1 tentang Suhu dan Kalor.
Sebelumnya simak terlebih dahulu video berikut !!!
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.
2.
Dengan membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
3. Dengan melakukan percobaan tentang bagaimana sumber energi panas dapat menyebabkan perubahan, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.
4. Dengan membuat laporan percobaan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat
Materi :
Ayo Membaca
Sumber Energi Panas
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber
energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya
adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk
hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses
pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis.
Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi
makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas
juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan
cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain
itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan
dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara
dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi
panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Cermati kembali bacaan di atas. Bacaan di atas merupakan salah satu contoh teks penjelasan tentang sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai teks penjelasan berupa informasi pada berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Salah satu bentuk media cetak adalah buku, majalah, dan koran. Informasi apa saja yang kamu dapatkan dari bacaan di dalam buku ini?
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
1. Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber
energi panas.
2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu
ketahui!
Matahari dan api adalah sumber energi panas
3. Apa saja manfaat yang didapatkan makhluk hidup dari
matahari?
Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada
tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Matahari juga membantu manusia,
seperti mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan
ikan asin, bahkan untuk menjemur pakaian yang basah.
4. Tunjukkanlah cara-cara sederhana untuk membuktikan adanya
energi panas di sekitarmu!
Menggosokkan kedua tangan selama satu menit, menggosok
mistar plastik pada kain yang kering selama 2 menit.
5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan
api?
Nenek moyang kita menggosokkan dua buah batu yang kering
sampai keluar percikan api.
6. Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia?
Api dapat digunakan untuk memasak, menjadi pengganti lampu,
dijadikan api unggun untuk menghangatkan tubuh, dll.
Ayo Menulis
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Lalu,
jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa judul bacaan di atas?
Sumber Energi Panas
2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas.
Kata kunci adalah kata-kata yang kamu anggap penting dalam sebuah paragraf.
Perhatikan contoh!
No. |
Paragraf |
Kata
Kunci |
1 |
Paragraf 1 |
sumber energi panas |
2 |
Paragraf 2 |
kegunaan matahari |
3 |
Paragraf 3 |
cara menghasilkan energi panas |
4 |
Paragraf 4 |
asal mula api |
3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah kesimpulan bacaan di atas kepada teman sebangkumu!
Kesimpulan:
Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi
panas terbesar adalah matahari, yang digunakan oleh semua makhluk hidup.
Din, saya pernah melihat gambar di buku tentang bagaimana
orang--orang dahulu menggunakan dua buah batu untuk menghasilkan api. Kelihatannya
sulit sekali untuk mendapatkan api, ya!
Saya juga pernah melihatnya, Siti! Tapi aku melihatnya di
sebuah majalah anak-anak. Beruntung kita dapat membaca, ya Siti! Ada banyak
media cetak yang berisi informasi penting yang dapat menambah pengetahuan kita!
Betul, Udin! Membaca merupakan salah satu kegiatan
kegemaranku! Kita beruntung, tidak hanya mudah mendapatkan informasi tetapi
juga tidak perlu repot mendapatkan api sebagai sumber panas untuk kegiatan kita
sehari-hari!
Ayo Mengamati
Sumber energi panas ada di mana-mana dan sering kita jumpai
dalam kegiatan sehari-hari! Amatilah kegiatanmu pada hari ini. Sumber energi
panas apa saja yang kamu gunakan? Perhatikanlah tabel berikut, lalu lengkapilah
dengan kegiatanmu yang menggunakan sumber energi panas pada hari ini.
Kegiatan |
Alat
Yang Digunakan |
Sumber
Energi Panas yang Digunakan |
Menanak Nasi |
Panci dan kompor |
Api dari kompor |
Alat penanak nasi elektrik |
Listrik |
|
Memperbaiki alat elektronik |
Solder listrik |
Listrik |
Solder uap |
Listrik |
|
Menyetrika baju |
Setrika listrik |
Listrik |
Setrika arang |
Api |
|
Memasak Air |
Panci dan kompor |
Api dari kompor |
Ketel listrik |
Listrik |
Ayo Berdiskusi
Bandingkanlah hasil pekerjaanmu dengan teman sebangkumu.
Amatilah kesamaan dan perbedaan hasil pengamatanmu. Catatlah pertanyaan yang
muncul sehubungan dengan kegiatan tersebut di tempat yang tersedia di bawah
ini. Salinlah pertanyaanmu pada selembar kertas kecil dan tempelkan di papan
tulis menggunakan selotip. Amati dan diskusikan pertanyaan-pertanyaan yang
dibuat oleh teman-temanmu.
Amati tabel yang telah kamu buat di atas, kelompokkan
kegiatan yang menggunakan sumber energi panas yang berasal dari listrik dan
yang berasal dari sumber energi selain listrik. Sumber energi manakah yang
paling sering kamu gunakan? Dapatkah kamu menjelaskan alasannya?
Sumber energi yang paling sering digunakan adalah energi
listrik. Listrik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena lebih
praktis,
Ayo Mencoba
Matahari merupakan salah satu sumber energi panas yang
paling besar di muka bumi. Energi panas matahari dapat menyebabkan peristiwa
perubahan di alam yang mudah kita lihat dan amati.
Lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompok yang terdiri
atas tiga orang. Siapkanlah alat dan bahan berikut: 3 wadah untuk es batu, 6
buah es batu dengan ukuran yang sama, dan pencatat waktu.
Langkah-langkah:
- Letakkan dua buah es batu pada masing-masing wadah yang
telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk
yang sama.
- Satu wadah diletakkan di luar kelas di bawah sinar
matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.
- Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau tempat
yang terlindung dari sinar matahari.
- Setiap anggota kelompok akan mengamati, mengukur, dan
mencatat waktu yang diperlukan es batu pada masing-masing wadah sampai
benar-benar mencair.
Perhatikanlah gambar berikut ini!
1. Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut?
Ketiga es batu memiliki ukuran yang sama
2. Manakah es batu yang akan mencair terlebih dulu?
Es batu yang mencair terlebih dahulu adalah es batu yang
diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari
3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di tempat yang tersedia di
bawah ini!
Matahari sebagai sumber panas dapat menyebabkan perubahan es
berubah menjadi air. Ketika es berubah menjadi air (mencair) membutuhkan panas
4. Dapatkah kamu menarik kesimpulan dari kegiatan di atas?
Diskusikan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu!
Sumber energi panas dapat menyebakan perubahan pada benda. Pada kegiatan di atas terjadi perubahan dari benda padat (es) menjadi benda cair (air)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar