Hari/tanggal : Kamis, 1 Pebruari 2024
Bidang Pelajaran : Tematik
Tema : Panas dan Perpindahannya (Tema 6)
Sub Tema : Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PKN, IPS.
Pembelajaran : 4
Assalamualaikum Wr Wb.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah, kali ini melanjutkan pembelajaran terdahulu.
Sebelumnya simak terlebih dahulu video berikut !!!
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan menuliskan kembali isi bacaan, siswa mampu menjelaskan isi teks penjelasakan pada media cetak atau elektronik secara lengkap.
2. Dengan mencari informasi, siswa mampu membandingkan aktivitas masyarakat di bebarapa wilayah dalam upaya pembangunan ekonomi,sosial dan
budaya Indonesia secara mandiri.
3. Dengan mengamati masalah-masalah yang terjadi di
lingkungan sekolah,siswa mampu mengidentifikasi akibat-akibat yang timbul
karena tidak adanya penerapan tanggung jawab di masyarakat secara tepat.
MATERI:
Perhatikan gambar-gambar di bawah. Bagaimana pendapatmu jika kamu berada di tempat dalam suasana seperti pada gambar tersebut? Tahukah kamu bagaimana usaha yang dilakukan masyarakat agar keadaan seperti pada gambar tersebut terwujud? Salah satu usaha yang dilakukan, adalah memastikan bahwa menjaga kebersihan lingkungan menjadi kewajiban dan tanggung jawab warganya. Salah satu kota yang sangat peduli terhadap kenyamanan warganya adalah Kota Bandung.
Ayo Membaca
Temukanlah pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan melakukan kegiatan berikut ini.
- Siapkan sejumlah kartu pokok pikiran seperti contoh di bawah ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.
- Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya.
- Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada lembar kertas kecil yang telah kamu siapkan.
- Diskusikanlah pokok pikiranmu dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibuat temanmu.
- Kelompokkan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf.
- Ambillah sebuah karton, lalu tuliskan di bagian paling atas judul bacaan.
- Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada.
- Tempelkan semua pokok pikiran yang dibuat teman sekelompokmu sesuai paragrafnya.
- Buatlah sebuah paragraf untuk membuat kesimpulan terhadap bacaan tersebut.
- Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas
- Apa yang dimaksud permasalahan sosial di sekitar kita? (Masalah Sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya)
- Mengapa bisa terjadi permasalahan sosial di sekitar kita? (Masalah sosial terjadi akibat masyarakat tidak melaksanakan kewajibannya)
- Apa bentuk tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai perannya di dalam masyarakat? (melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara)
- Apa akibat yang akan terjadi bila anggota masyarakat tidak melaksanakan tanggung jawabnya? (Salah satu akibatnya adalah terjadinya masalah sosial)
- Apa salah satu kebiasaan tak terpuji yang sering dilakukan seorang siswa? (membuang sampah sembarangan)
- Di mana biasanya masyarakat membuang sampah? (Warga masyarakat membuang sampah dapur di parit, di saluran air atau di sungai)
- Apa yang terjadi jika sampah tidak tertampung dalam bak sampah? (Sampah berserakan sampai ke jalan raya)
- Apa akibat yang ditimbulkan oleh sampah yang bertebaran di sekolah? (mengurangi keindahan sekolah dan mengganggu kegiatan belajar mengajar)
- Apa saja masalah yang ditimbulkan oleh Sampah yang berserakan di jalan raya?(jalan tampak sempit, kotor dan licin, lalu lintas kendaraan menjadi tidak lancar, dan membahayakan para pengguna jalan)
- Apa penyebab sungai atau kali menjadi kotor? (Kali atau sungai kadang-kadang dijadikan tempat pembuangan sampah bagi warga masyarakat)
- Mengapa daya tampung sungai dapat berkurang? (orang-orang yang mendirikan bangunan di bantaran kali)
- Mengapa pada musim penghujan air kali meluap? (Air sungai meluap karena daya tampungnya berkurang)
- Apa yang menyebabkan masyarakat merasa tidak nyaman? (Menurunnya kualitas lingkungan sekitar dan banjir)
- Di mana kita bisa menemukan bangunan liar? (Bangunan liar sering kita jumpai berada di atas saluran air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang)
- Apa bentuk bangunan liar yang sering kita jumpai? (Pada umumnya bangunan liar berupa bangunan sementara yang didirikan di tempat yang tidak seharusnya)
- Apa akibat adanya bangunan liar? (bangunan liar menyebabkan masalah kesehatan dan kebersihan lingkungan yang menimbukan ketidaknyamanan masyarakat)
- Kapan biasanya terjadi kemacetan lalu lintas? (Kemacetan lalu lintas sering terjadi pada saat jam berangkat sekolah atau jam berangkat kerja)
- Apa penyebab kemacetan lalu lintas?(Salah satu penyebab kemacetan lalu lintas antara lain banyak pengguna jalan yang tidak melakukan kewajibannya untuk menaati aturan lalu lintas)
- Apa akibat yang ditimbulkan oleh pengguna jalan yang tidak melakukan kewajibannya (Hal tersebut dapat menimbulkan ketidakamanan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitarnya) pada umumnya.
Permasalahan Sosial di Lingkungan sekitar
Ayo perhatikan sekelilingmu. Bersama dengan teman kelompokmu yang tinggal di daerah yang berdekatan, lakukan pengamatan terhadap kehidupan masyarakat di sekitarmu. Carilah informasi dari Ketua RT, atau orang tuamu tentang permasalahan sosial apa saja yang terjadi di sekitarmu. Identifikasikan penyebab masalah sosial tersebut dihubungkan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban anggota masyarakat. Sebutkan juga, usaha apa saja yang telah dilakukan untuk mengatasinya. Tuliskan informasi dan hasil identifikasi yang kamu lakukan di tabel berikut ini.
Masalah Sosial di Lingkungan Tempat Tinggal
Masalah Sosial | Penyebab | Akibat | Usaha Untuk Mengatasi |
---|---|---|---|
Sampah | Kebiasaan membuang sampah sembarangan | Kenyamanan dan keamanan terganggu | Membiasakan dan menganjurkan membuang sampah pada tempatnya |
Sungai Kotor | Sungai dijadikan tempat pembuangan sampah | Saat musim hujan banjir meluap | Membuang sampah pada tmpat yang telah disediakan |
Bangunan Liar | Membuat bangunan di atas saluran air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang | Ketidakamanan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat | Membuat bangunan di tempat yang tidak mengganggu aktifitas warga masyarakat |
Kemacetan Lalu Lintas | Pengguna jalan tidak memenuhi kewajibannya dan tidak menaati peraturan lalu lintas. | Ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitarnya. | Sosialisasi pentingnya menaati praturan lalu lintas bagi pengguna jalan |
Kesimpulan :
Masalah sosial mengakibatkan pencemaran lingkungan berdampak pada kesehatan, lingkungan, dan sosial-ekonomi. Masalah sosial dapat diatasi jika semua warga melaksanakan kewajiban dan haknya dngan benar.
Lakukanlah hal yang sama dengan mengidentifikasi permasalahan yang sering terjadi di sekolahmu. Kamu tahu bahwa sebagai pelajar memiliki hak dan kewajiban. Demikian juga dengan anggota komunitas sekolahmu, seperti para guru dan pegawai lainnya.
Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah
Masalah Sosial | Penyebab | Akibat | Usaha Untuk Mengatasi |
---|---|---|---|
Siswa sering bolos sekolah | Kurang perhatian dari orang tua | Siswa ketinggalan materi pelajaran | Memberikan bimbingan tentang pentingnya sekolah |
Membuang sampah sembarangan | Kurangnya kesadaran menjaga kebersihan lingkungan | Lingkungan sekolah kurang nyaman untuk belajar | Membiasakan membuang sampah pada tempat yang disediakan |
Siwa berkelahi | Kurangnya raa mengasihi dan menyayangi | Suasana belajar kurang nyaman | Membiasakan siswa lbih mngnal antara satu dengan yang lainnya. |
Kekerasan fisik guru terhadap siswa | Kurangnya pemahaman guru tentang pendidikan | Siswa mengalami trauma | Memberikan pemahaman tentang tujuan pendidikan di sekolah |
Kesimpulan :
Masalah sosial di lingkungan sekolah mengakibatkan suasana belajar menjadi kurang nyaman. Masalah tersebut dapat diatasi/dikurangi dengan pemahaman yang baik tentang kewajiban dan hak masing-maing.
Ayo Membaca
Ada yang bilang, kalau pulang dari Medan tanpa membawa Bolu Meranti, berarti ia tidak benar-benar pergi ke Medan. Ya, siapa yang tidak tahu Bolu Meranti? Tetapi ternyata, bolu ini menjadi oleh-oleh khas Medan mulai tahun 2000-an. Sebelum itu, orang tidak tahu apa-apa tentang oleh-oleh tersebut.
Bolu Meranti adalah makanan berupa bolu gulung berbahan dasar telur dan tepung yang diisi berbagai macam isian. Untuk membuat bolu ini, diperlukan oven untuk memanggang adonan yang telah dibuat sebelumnya. Saat ini ada berbagai isian untuk bolu ini. Ada isian keju, cokelat, moka, stroberi, dan kacang. Nama Meranti berasal dari nama jalan di mana bolu ini pertama kali dijual untuk umum. Bolu ini memiliki rasa yang khas, lembut, dan cukup tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet. Siapakah orang di belakang bolu terkenal ini?
Ai Ling tidak menyangka usahanya ini dapat membuat Kota Medan semakin terkenal. Banyak orang telah mendapatkan manfaat dari usahanya membuat bolu. Bahkan ia pun membuka gerai di Bandar Udara Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai oleh-oleh khas Kota Medan.
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.
1. Bagaimana kue Bolu Meranti menjadi oleh-oleh khas Kota Medan?
Bolu ini memiliki rasa yang khas, lembut, dan cukup tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet.
Ai Ling membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Bahkan ia pun membuka gerai di Banda Udara Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai oleh-oleh khas Kota Medan.
Usaha bolu Meranti membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang Medan.
Bolu Meranti menjadi ciri khas Kota Medan.
5. Apakah di daerahmu juga punya sesuatu yang biasa dijadikan oleholeh khas daerahmu?
Gethuk Goreng Sokaraja. (sesuaikan dengan daerah tempat tinggalmu)
Bagaimana dengan kegiatan masyarakat di daerah tempat tinggalmu? Lakukanlah kegiatan berikut ini di dalam kelompok.
- Carilah informasi tentang oleh-oleh khas daerahmu yang terkenal sampai wilayah lain. Oleh-oleh itu dapat berupa makanan, atau kerajinan tangan khas daerah sepeti kain, patung, atau kerajinan lainnya.
- Catatlah informasi tersebut.
- Tuliskanlah kesimpulanmu dari kegiatan ini.(hanaya sebagai contoh)
Nama oleh-oleh khas | Gethuk Goreng Sokaraja |
Keunikan atau kekhasan |
|
Manfaatnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar |
|
- Apa topik pembelajaran yang paling menarik pada kegiatan pembelajaranhari ini? Mengapa?
- Apa saja hak dan kewajiban yang kamu lakukan pada hari ini?
- Adakah masalah yang terjadi ketika salah satu kewajibanmu sebagai pelajar tidak dilakukan? Bagaimana kamu mengatasinya?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar