Hari/tanggal : Kamis, 25 Januari 2024
Bidang Pelajaran : Tematik
Tema : Panas dan Perpindahannya (Tema 6)
Sub Tema : Perpindahan Kalor di Sekitar kita (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, SBDP.
Pembelajaran : 5
Assalamualaikum Wr Wb.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah, kali ini melanjutkan pembelajaran terdahulu.
Sebelumnya simak terlebih dahulu video berikut !!!
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menuliskan pemahamannya tentang isi bacaan, siswa mampu menyajikan hasil kesimpulan
isi teks penjelasan secara tepat.
2. Dengan mengisi laporan percobaan, siswa mampu membuat laporan percobaan tentang perpindahan panas secara radiasi dengan benar.
3. Dengan berlatih, siswa mampu mengembangkan pola lantai tari kreasi daerah secara kreatif.
MATERI :
Saatnya berkemah! Kesempatan yang sangat jarang ini, disambut gembira oleh Siti dan teman-temannya. Kegiatan berkemah kali ini memang sebagai bagian kegiatan pramuka di sekolahnya. Malam itu, terlihat Siti, Dayu, Lani dan teman-temannya yang lain sedang berkumpul dekat api unggun yang telah disiapkan. Brrrr! Udara malam itu cukup dingin. Anak-anak dengan mengenakan baju hangat mereka masing-masing, duduk bercengkerama di sekitar api unggun sambil mengulurkan tangan mereka ke arah api unggun. Badan mereka pun terasa lebih hangat.
Paragraf | Hal-hal Penting dari Bacaan |
---|---|
Satu |
|
Dua |
|
Tiga |
|
1. Apa yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi?
Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara
Perbedaannya adalah jika perpindahan panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sebaliknya jika perpindahan panas secara konveksi memerlukan zat perantara
Perbedaannya adalah panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sedangkan konduksi memerlukan zat perantara berupa benda logam.
Api unggun, panas api dari kompor, dan panas matahari.
Kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara. Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi. Contoh peristiwa radiasi adalah ketika dekat api unggun panas dari api unggun berpindah secara radiasi. Warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik.
Lakukanlah kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu untuk membuktikan cara perpindahan panas secara radiasi. Persiapkanlah alat dan bahan yang diperlukan dan ikutilah langkah percobannya. Jangan lupa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan kegiatan ini!
Alat dan Bahan:
1. satu batang lilin
2. korek api
3. penggaris
Cara Kerja:
- Nyalakan lilin dengan menggunakan korek api yang telah disiapkan.
- Dekatkan tanganmu ke nyala api pada jarak 2 cm, gunakan penggaris untuk mengukur jarak (hati-hati jangan sampai menyentuh api). Apa yang kamu rasakan dan catatlah!
- Pindahkan tanganmu pada jarak 4 cm dari nyala api. Apa yang kamu rasakan? Catatlah!
- Pindahkan tanganmu pada jarak 8 cm dari nyala api. Apa yang kamu rasakan? Catatlah!
Pertanyaan:
1. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 2 cm?
Tangan terasa agak panas.
Tangan terasa agak hangat.
Hangatnya tidak begitu terasa
Panas dari lilin kita rasakan karena adanya radiasi
Perpindahan panas secara radiasi
Beberapa contoh perpindahan panas secara radiasi di sekitar kita adalah
- Radiasi panas dari bola lampu.
- Radiasi panas dari tungku perapian.
- Menetaskan telur ayam atau bebek menggunakan sinar lampu.
- Menjemur pakaian di siang hari.
- Menjemur bahan makanan mentah di siang hari.
- Pilihlah sebuah tari daerahmu yang paling kamu tahu.
- Pelajari pola lantai yang digunakan pada tari tersebut. Apakah semua pola lantai yang kamu ketahui ada pada tari tersebut?
- Perhatikanlah kembali gerakan-gerakan tari pada pola lantai tertentu.
- Ubahlah pola lantai pada beberapa gerakan tari dengan pola lantai yang mungkin belum ada sebelumnya. Kamu juga dapat mengubah urutan pola lantai pada tari tersebut.
- Cobalah pola lantai yang telah kamu ubah pada tari tersebut. Perhatikan apakah pola tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan atau sesuai dengan rencana awalmu. Jika pola lantai tersebut kamu anggap tidak cukup baik diterapkan pada tari tersebut, kamu dapat melakukan perubahan kembali.
- Demikian seterusnya hingga kamu dapat mencoba semua pola lantai yang kamu modifikasi dari tari tersebut.
- Tunjukkan pola lantai yang telah kamu kembangkan pada tari daerah pilihanmu di depan kelas.
- Apa saja sikap dan keterampilan yang kamu kembangkan pada kegiatan pembelajaran hari ini?Menuliskan pemahaman, mengisi laporan percobaan, berlatih pola lantai.
- Apa saja tantangan yang kamu hadapi pada saat melakukan kegiatan pembelajaran hari ini? Bagaimana kamu mengatasinya?
- Apa saja konsep yang ingin kamu dalami lebih lanjut? Bagaimana caramu melakukannya?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar