Hari/tanggal : Senin, 29 Januari 2024
Bidang Pelajaran : Tematik
Tema : Panas dan Perpindahannya (Tema 6)
Sub Tema : Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, SBDP.
Pembelajaran : 1
Assalamualaikum Wr Wb.
Anak-anak yang sholeh dan sholehah, kali ini melanjutkan pembelajaran terdahulu.
Sebelumnya simak terlebih dahulu video berikut !!!
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
• Dengan menggarisbawahi kata kunci, siswa mampu menyebutkan kata kunci dari teks penjelasan
pada media secara tepat.
2.
• Dengan membuat diagram untuk menjelaskan pokok pikiran, siswa mampu m menyajikan hasil
kesimpulan isi teks penjelasan pada media elektronik secara lisan dengan jelas.
3. • Dengan melakukan kegiatan
pengamatan, siswa mampu menjelaskan benda-benda yang dapat bersifat mempercepat dan menghambat perpindahan kalor secara
benar.
MATERI :
Masih ingatkah kamu mengenai perpindahan panas atau kalor dengan cara konduksi? Konduksi adalah cara perpindahan panas melalui zat perantara seperti benda padat. Perpindahan panas dengan cara ini, memerlukan zat perantara yang membantunya mengalirkan panas dari sumber panas ke benda yang lain. Ingatlah bahwa panas mengalir dari tempat yang panas menuju tempat yang lebih dingin. Ada perantara panas yang dapat menghantarkan panas dengan baik, ada yang tidak.
Kata | Arti | Kalimat |
---|---|---|
Bahan | Barang yang akan dibuat menjadi satu benda tertentu; bakal; | Panci terbuat dari bahan aluminium |
Bahan konduktor biasanya terbuat dari bahan logam. | ||
Menghantar | Mengirimkan (membawa) ke: | Logam besi dapat menghntar panas dengan baik |
Bahan isolator sulit menghantar panas. | ||
Konduktor | Benda atau bahan penghantar panas, arus listrik, atau suara | Beberapa contoh bahan yang bersifat konduktor antara lain besi, tembaga, baja, aluminium |
Ada banyak bahan yang digolongkan ke dalam jenis konduktor. | ||
Isolator | Penyekat atau pengisolasi | Isolator merupakan jenis bahan yang memiliki sifat berlawanan dengan bahan konduktor. |
Isolator bersifat tidak menghantarkan panas. | ||
Semikonduktor | Bahan yang mempunyai daya hantar panas/listrik antara konduktor dan isolator | Bahan semikonduktor bisa ditemukan pada berbagai komponen elektronika. |
Bahan semikonduktor yang paling sering digunakan pada komponen elektronika adalah Germanium (Ge) dan Silikon (Si). | ||
Alat | Benda yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu: perkakas; perabot(an) | Isolator melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan. |
Panci, wajan, dan kompor termasuk alat-alat dapur. |
Berdasarkan bacaan di atas, tentukan hal-hal penting dari setiap paragraf bacaan. Tuliskanlah dalam bentuk kalimat pada tabel berikut ini.
Paragraf | Paragraf |
---|---|
Satu |
|
Dua |
|
Tiga |
|
Empat |
|
Dengan menggunakan hal-hal penting yang kamu tuliskan dalam bentuk kalimat di atas, kamu dapat juga menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskannya. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak mewakili satu paragraf.
Di sekitar kita, terdapat banyak bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik dan ada juga yang tidak menghantarkan panas dengan baik.
Ayo Mengamati
Berdasarkan bacaan di atas, kamu tahu bahwa banyak benda di sekitar kita yang memiliki kemampuan menghantarkan panas yang berbeda. Bagaimana cara untuk mengetahui kemampuan menghantar sebuah benda? Berikut ini adalah kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk menyelidiki kemampuan menghantarkan panas pada bahan yang berbeda-beda. Lakukanlah kegiatan ini di dalam kelompok. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, lalu ikutilah langkah kegiatannya. Amati dan catat setiap perubahan yang terjadi.
Alat dan bahan:
1. Batang besi yang panjangnya lebih kurang 50 cm.
2. Batang tembaga panjang lebih kurang 50 cm.
3. Sumpit bambu yang ujungnya diikat dengan karet gelang.
4. Sumpit dari bahan plastik, ujungnya diikat dengan karet gelang.
5. Bahan kain untuk memegang benda panas
6. Lilin.
7. Korek api.
Langkah-langkah kegiatan:
- Bakarlah besi di atas lilin yang telah dinyalakan dengan korek api. Peganglah ujung besi dengan tanganmu. Bila kamu telah merasakan panas, segera pindahkan besi dari nyala api.
- Peganglah batang besi dengan menggunakan sumpit bambu.
- Letakkan kembali ujung besi di atas nyala lilin. Apakah yang kamu rasakan? Catatlah. Mengapa demikian?
- Ambil dan letakkan batang tembaga di atas nyala lilin. Bila terasa panas, pindahkan dari nyala api.
- Lapisilah tembaga dengan kayu pada bagian ujung yang kamu pegang.
- Letakkan kembali batang tembaga di atas nyala lilin. Apakah yang kamu rasakan? Mengapa demikian?
- Lakukanlah kegiatan yang sama. Kali ini ganti sumpit bambu dengan sumpit berbahan plastik. Catat apa yang kamu lihat dan rasakan.
- Ganti sumpit berbahan plastik dengan bahan kain yang biasa digunakan untuk memegang benda panas di dapur, untuk memegang besi dan tembaga yang telah dipanaskan di atas api lilin. Catat apa yang kamu lihat dan rasakan.
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan di atas.
- Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan sumpit yang terbuat dari bambu? Tangan tidak merasakan panas dari lilin yang mengalir melalui besi dan tembaga.
- Mengapa demikian? Karena sumpit bambu merupakan isolator sehingga tidak mampu menghantarkan panas.
- Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan sumpit dari bahan plastik? Tangan tidak merasakan panas dari lilin yang merambat melalui besi atau tembaga.
- Mengapa demikian? Karena sumpit plastik, merupakan isolator sehingga tidak mampu menghantarkan panas.
- Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan bahan kain? Tangan tidak merasakan panas dari lilin yang merambat melalui besi atau tembaga.
- Mengapa demikian? Karena kain handuk yang merupakan isolator sehingga tidak mampu menghantarkan panas.
- Pada percobaan di atas, bahan manakah yang berfungsi sebagai konduktor? Besi dan tembaga.
- Pada percobaan di atas, bahan manakah yang berfungsi sebagai isolator? Kayu, plastik, dan kain handuk.
- Sebutkanlah paling sedikit 3 bahan lain yang berfungsi sebagai isolator! Styrofoam, kertas, dan karet.
Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan percobaan di atas.
Tidak semua jenis bahan dapat menghantarkan arus listrik dengan baik. Ada bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik ada pula bahan yang sangat buruk menghantarkan panas. Bahan-bahan yang sangat baik daya hantarnya disebut konduktor sedang yang sangat buruk daya hantarnya disebut isolator.
Ayo Renungkan
- Apa saja hal menarik yang kamu lihat pada kegiatan pembelajaran kali ini?
- Adakah hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam?
- Bagaimana usahamu untuk memenuhi rasa ingin tahumu terhadap topik pembelajaran kali ini?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar