Kamis, 23 Januari 2020


Jum at, 24 Januari 2020
Tema 7 SB 2 PB 3 & 4
MATERI AJAR KELAS 6

Hari/Tanggal  : Jumat/24 Januari 2020
Tema 7             : Kepemimpinan
Subtema 2       : Pemimpin Idolaku
Pembelajaran  : 3
Muatan            : PPKN, IPS, B. Indonesia

Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku

Termenung Pak Welly memandang brosur di hadapannya. Lomba Pidato Anak bertema “Bersatu untuk Maju”. Begitu tertulis pada judul brosur. Beliau berpikir keras. Ingin sekali ia mengirim Sudin untuk ikut lomba yang akan diselenggarakan di kota. Tetapi dari mana dananya?

Pak Welly, Kepala Sekolah Dasar Cemara di pelosok Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Beliau lahir di Labuha, Maluku Utara. Setelah lulus pendidikan guru ia pergi merantau ke tanah Jawa untuk mempraktikkan ilmunya. Di sekolah ini, muridnya juga berasal dari berbagai daerah.
Pak Welly senang melihat interaksi antara murid-muridnya. Mereka belajar dan bermain bersama, tanpa mempersoalkan asal-usul.

Semua unik, baik karakter maupun kecerdasannya. Sudin adalah penduduk asli di sini. Ia seorang anak yang suka membaca, percaya diri, dan komunikatif. Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato.

Sambil berpikir bagaimana memperoleh dana, Pak Welly mendaftarkan Sudin sebagai peserta lomba. Ia sendiri yang turun tangan melatih Sudin tiap usai sekolah. Semakin dekat ke hari lomba, Pak Welly risau. Andai saja gajinya cukup untuk mendanai Sudin ke kota, pikirnya.

Hingga suatu sore terlintas ide di benaknya. Dipandangnya kebun pisang di belakang sekolah. Hampir semua pohon sudah berbuah dan siap panen. Esok paginya ia mengerahkan guru, penjaga sekolah, serta murid kelas 5 dan 6. Mereka bergotong royong memanen pisang. Kemudian di hari Senin pagi, ia mengundang pejabat setempat untuk hadir pada upacara bendera. Bapak Bupati, Bapak Camat, Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT dimintanya datang. Apa yang direncanakan Pak Welly?

Rupanya Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolah. Murid kelas 5-6 sudah dilatihnya untuk menjadi petugas lelang. Siapa calon pembelinya? Para bapak dan ibu pejabat daerah yang diundangnya. Sebelum lelang dimulai, ia sampaikan bahwa dana hasil lelang akan digunakan untuk mengirim Sudin mengikuti lomba pidato di kota. Para pejabat kagum dan terharu menyaksikan usaha Pak Welly, sang kepala sekolah dari timur negeri. Tekad serta usaha mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati. Dalam sekejap pisang-pisang habis dilelang. Dana yang terkumpul lebih dari cukup untuk memberangkatkan Sudin. Seakan semua bersatu padu membantu Pak Welly mewujudkan harapannya.

Didampingi Pak Seto, guru kelasnya, Sudin pun berangkat ke kota. Tak terkira bangga dan syukurnya. Tak membuang kesempatan, Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama lomba pidato untuk sekolahnya. Tak sia-sia usaha Pak Welly dan teman-teman sekolahnya. Terbukti benar tekad Pak Welly. Tak perlu ragu untuk maju. Selalu ada jalan ketika kita menggalang persatuan untuk mewujudkan mimpi dan harapan.
Jawablah pertanyaan berikut:
1. Mengapa kepala sekolah pada cerita di atas menjadi pemimpin idola?
2. Apakah kepala sekolah pada cerita sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan? Jelaskan!
3. Apa alasan kepala sekolah membantu Sudin untuk mengikuti lomba pidato?
4. Apa yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut?
5. Apakah yang menyebabkan Sudin akhirnya dapat pergi mengikuti kompetisi? Jelaskan!
6. Bagaimana menurutmu hubungan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas serta pejabat daerah lainnya? Apa yang membuatmu menyimpulkan seperti itu?

Makna Sila Keempat Pnacasila dan Penerapannya Sehari-hari
Makna sila keempat pancasila menegaskan bahwa segala proses pengambilan keputusan harus berdasarkan pada musyawarah sehingga dapat menciptakan kesepakat bersama.
Sila ini juga menegaskan bahwa pemerintah indonesia diselenggarakan oleh rakyat, dari rakyat, dan untuk rakyat.
Makna dan Nilai yang terkandung dalam pancasila sila keempat antara lain sebagai berikut.
1. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama.
2. Asas kekeluargaan digunakan untuk melakukan musyawarah mufakat
3. mengutamakan segala kepentingan bersama dan kepentingan bangsa melebihi kepentingan diri sendiri dan golongan
4. Melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan yang menyangkut banyakorang
Salah satu nilai yang terkandung dalam sila keempat adalah nilai musyawarah. Musyawarah adalah suatu upaya menyelesaikan permaslahan bersama dalam mengambil keputusan untuk mencapai mufakat.
Dalam musyawarah seseorang bebas menyampaikan pendapatnya wlpn pendapat tersebut berbeda dengan orang lain. Jika anggota musyawarah belum mencapai kesepakatan cara lain untuk mencapai mufakat adalah dengan mengadakan voting atau pemilihan suara terbanyak.
Tujuan dilaksanakannya Musyawarah di antaranya adalah:
1. untuk mencapai mufakat
2. mendapatkan kesepakatan bersama
3. mengatasi permasalahn yang muncul
4. menciptakan hubungan erat dan damai antaranggota musyawarah

Manfaat musyawarah di antaranya adalah
1. tercapainya kesepakatan bersama
2. menghasilkan keputusan yang adil
3. penyatuan pendapat yang berbeda dengan menhhasilkan satu keputusan

Ayo berlatih!
1. Apa bunyi sila keempat pancasila
2. Apa makna dari sila tersebut? jelaskan!

Posisi dan Peran Indonesia dalam kerjasama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN
1. Kerjasama ASEAN di bidang pendidikan
    a. pembentukan jaringan perguruan tinggi se- ASEAN.
    b. menyediakan sarana pendididkan berupa sekolah dan perlengkapan sekolah
    c. melakukan pertukaran antarpelajar dari negara-negara ASEAN

2. Kerjasama ASEAN di bidang sosial
    a. Pembentukan kelompok kerja ASEAN
    b. Pembentukan kelompok kerja kota-kota ASEAN berwawasan lingkungan
    c. Penanganan bencana alam yang terjadi di negara ASEAN

3. Kerjasama ASEAN di bidang pangan
   a. Penyediaan pupuk Sriwijaya di Palembang
   b. Didirikan IRRI
   c. Ekspor dan impor komoditas pangan dari negara-negara ASEAN

Subtema 2              : Pemimpin Idolaku
Pembelajaran         : 4
Muatan                  : PPKN, IPS, B. Indonesia


Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Masa Pubertas Pada masa pubertas, terjadi perubahan pada remaja pria dan remaja putri
  
Pada masa ini, produksi hormon meningkat. Peningkatan produksi hormon ini menyebabkan aktifnya kelenjar minyak dan kelenjar keringat. Aktifnya kedua kelenjar ini dapat mengakibatkan jerawat dan tubuh berbau kurang sedap.
Kebersihan dan kesehatan tubuh harus selalu dijaga, termasuk kebersihan dan kesehatan alat reproduksi. Berikut cara-cara menjaga kebersihan dan kesehatan alat reproduksi.
1. Biasakan mengenakan pakaian dalam dari katun. Katun bersifat menyerap keringat sehingga kita terhindar dari kelembapan.
Kelembaban pada lipatan kulit dapat menyebabkan tumbuhnya jamur kulit. Gantilah pakaian dalam setiap kali habis mandi atau setiap saat kamu merasa lembap pada pakaian dalammu.
2. Bilaslah setiap kali habis buang air kecil. Gunakan air bersih. Setelah dibasuh, keringkan dengan handuk atau tisu.
3. Bagi remaja putri yang sedang menstruasi, gunakan pembalut yang lembut. Gantilah pembalut setiap kali pembalut yang kamu pakai terasa lembap. Gantilah minimal empat kali sehari.

Ayo Berkreasi
  Pada Pembelajaran 2, kamu dan kelompokmu telah menuliskan rencana karya berisi cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas. Kini, wujudkan rencana karya itu. Buatlah sebagus mungkin. Pada pembelajaran sebelumnya, diceritakan bahwa Sudin akan mengikuti lomba pidato. Bagaimana pidato yang dibaca Sudin dalam lomba itu?
  
Ayo Membaca a Bacalah teks pidato Sudin berikut
  ”Selamat pagi Bapak, Ibu, dan teman-teman semua. Hari ini, kita akan saling berbagi cerita dan pengalaman tentang persatuan. Saya akan menyampaikan kisah saya mengenai persatuan, lalu saya akan belajar dari kisah teman-teman.” “Menurut saya, persatuan itu sangat penting, karena dengan bersatu tugas-tugas yang harus kita kerjakan akan menjadi lebih mudah. Dengan adanya persatuan pula kita dapat belajar dari perbedaan-perbedaan yang ada.” “Saya telah mengalami dan merasakan sendiri betapa bergunanya persatuan. Sekolah saya adalah sekolah yang murid maupun gurunya berasal dari daerah yang berbeda-beda. Beberapa teman saya adalah anak dari Indonesia Timur. Bahkan kepala sekolah saya, Pak Welly juga berasal dari sana. Kami tidak pernah membeda-bedakan suku, ras, budaya, dan lainnya. Kami selalu mendukung satu sama lain. Walaupun berasal dari Indonesia Timur, Pak Welly tidak hanya mementingkan murid-muridnya yang berasal dari timur. Pak Welly tidak ragu untuk juga mempercayai kemampuan murid-muridnya yang berasal dari tanah Jawa untuk maju. Saya juga belajar banyak dari budaya teman-teman saya yang sangat beragam.” “Bagi sekolah di pelosok kabupaten, bukan hal yang mudah untuk mengirim saya ke sini, karena sekolah kami tidak memiliki cukup biaya. Kepala sekolah kami memiliki cara yang cerdik untuk mengumpulkan dana. Ia meminta bantuan kepada saya dan teman-teman untuk melelang pisang di halaman sekolah. Para pembelinya merupakan pejabat-pejabat di daerah. Pak Bupati, Pak Camat, Pak Lurah, bahkan Ketua RW dan Ketua RT hadir mendukung. Meskipun hanya saya yang datang ke sini, namun di belakang saya semua ikut berpartisipasi. Itulah mengapa saya sudah merasakan bahwa persatuan sangat penting dan berguna.” “Itulah pengalaman saya tentang persatuan. Bagaimana cerita teman- teman? Saya juga ingin mendengar dan belajar dari cerita kalian. Terima kasih.”
  
Ayo Menulis
  Tulislah pendapatmu mengenai isi pidato Sudin. Kamu dapat menilai pidatonya dengan memberi tanda ceklis ( ü) pada kolom berikut yang sesuai.
  No. Kriteria Ada Tidak Ada
  1. Teks pidato memiliki bagian pembuka
  2. Teks pidato memiliki bagian inti 
       3. Bagian inti teks pidato menjelaskan tentang topik yang dibahas dengan lengkap
  4. Bagian inti teks pidato memuat contoh-contoh yang mendukung topik
  5. Teks pidato memiliki bagian penutup
  6. Teks pidato memiliki kalimat ajakan
  7. Teks pidato memberi inspirasi bagi pembaca
  8. Sebagian besar kata yang digunakan dalam teks menggunakan kosa kata baku
  Buku Siswa SD/MI Kelas VI Kamu dapat menuliskan kesimpulan penilaianmu di bawah ini.
  Dalam pidatonya, Sudin menceritakan pengalamannya tentang manfaat persatuan. Semangat persatuan juga harus kita jaga dalam bekerja sama dengan negara-negara lain, misalnya di Asia Tenggara. Ayo, pelajarilah peran Indonesia dalam kerja sama di bidang sosial budaya.
  
Ayo Membaca 
  
Kerja Sama Bidang Sosial Budaya Negara-Negara ASEAN
  Kerja sama dalam bidang budaya negara-negara ASEAN ditandai dengan pembentukan komunitas sosial budaya negara-negara ASEAN (ASEAN
  Social Cultural Community
  /ASCC). Komunitas ini memiliki empat bagian utama sebagai berikut.
  1. Mengelola dampak-dampak sosial dari integrasi ekonomi.
  2. Membentuk masyarakat yang lebih peduli dan berbagi untuk mengatasi isu-isu kemiskinan,     
            keadilan, dan pengembangan sumber daya manusia.
  3. Meningkatkan perlindungan lingkungan.
  4. Memperkuat dasar-dasar bagi ikatan sosial kawasan. Kerja sama nyata dalam bidang sosial 
           budaya negara-negara ASEAN antara lain sebagai berikut.
     1. Pertukaran kunjungan antarseniman ASEAN.
     2. Festival lagu dan lomba menyanyi negara-negara ASEAN.
     3. Kerja sama promosi pariwisata.
     4. Kerja sama budaya serumpun Melayu.
     5. Pertukaran berita dan penyiaran informasi mengenai ASEAN melalui televisi dan radio.
     6. Penyelenggaraan pesta olahraga SEA-Games setiap dua tahun sekali.


Tidak ada komentar:

Pb. 5 Kelas 5B Rabu 22 Mei 2024 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 5

Tema 9                       : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 3                 :  Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran     ...