Jum at, 24 Januari 2020
Tema 7 SB 2 PB 3 & 4
MATERI AJAR KELAS 6
Hari/Tanggal : Jumat/24 Januari 2020
Tema 7 : Kepemimpinan
Subtema 2 : Pemimpin Idolaku
Pembelajaran : 3
Muatan : PPKN, IPS, B. Indonesia
Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku
Termenung Pak Welly memandang brosur di hadapannya. Lomba Pidato Anak bertema “Bersatu untuk Maju”. Begitu tertulis pada judul brosur. Beliau berpikir keras. Ingin sekali ia mengirim Sudin untuk ikut lomba yang akan diselenggarakan di kota. Tetapi dari mana dananya?
Pak Welly, Kepala Sekolah Dasar Cemara di pelosok Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Beliau lahir di Labuha, Maluku Utara. Setelah lulus pendidikan guru ia pergi merantau ke tanah Jawa untuk mempraktikkan ilmunya. Di sekolah ini, muridnya juga berasal dari berbagai daerah.
Pak Welly senang melihat interaksi antara murid-muridnya. Mereka belajar dan bermain bersama, tanpa mempersoalkan asal-usul.
Semua unik, baik karakter maupun kecerdasannya. Sudin adalah penduduk asli di sini. Ia seorang anak yang suka membaca, percaya diri, dan komunikatif. Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato.
Sambil berpikir bagaimana memperoleh dana, Pak Welly mendaftarkan Sudin sebagai peserta lomba. Ia sendiri yang turun tangan melatih Sudin tiap usai sekolah. Semakin dekat ke hari lomba, Pak Welly risau. Andai saja gajinya cukup untuk mendanai Sudin ke kota, pikirnya.
Hingga suatu sore terlintas ide di benaknya. Dipandangnya kebun pisang di belakang sekolah. Hampir semua pohon sudah berbuah dan siap panen. Esok paginya ia mengerahkan guru, penjaga sekolah, serta murid kelas 5 dan 6. Mereka bergotong royong memanen pisang. Kemudian di hari Senin pagi, ia mengundang pejabat setempat untuk hadir pada upacara bendera. Bapak Bupati, Bapak Camat, Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT dimintanya datang. Apa yang direncanakan Pak Welly?
Rupanya Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolah. Murid kelas 5-6 sudah dilatihnya untuk menjadi petugas lelang. Siapa calon pembelinya? Para bapak dan ibu pejabat daerah yang diundangnya. Sebelum lelang dimulai, ia sampaikan bahwa dana hasil lelang akan digunakan untuk mengirim Sudin mengikuti lomba pidato di kota. Para pejabat kagum dan terharu menyaksikan usaha Pak Welly, sang kepala sekolah dari timur negeri. Tekad serta usaha mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati. Dalam sekejap pisang-pisang habis dilelang. Dana yang terkumpul lebih dari cukup untuk memberangkatkan Sudin. Seakan semua bersatu padu membantu Pak Welly mewujudkan harapannya.
Didampingi Pak Seto, guru kelasnya, Sudin pun berangkat ke kota. Tak terkira bangga dan syukurnya. Tak membuang kesempatan, Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama lomba pidato untuk sekolahnya. Tak sia-sia usaha Pak Welly dan teman-teman sekolahnya. Terbukti benar tekad Pak Welly. Tak perlu ragu untuk maju. Selalu ada jalan ketika kita menggalang persatuan untuk mewujudkan mimpi dan harapan.
Jawablah pertanyaan berikut:
1. Mengapa kepala sekolah pada cerita di atas menjadi pemimpin idola?
2. Apakah kepala sekolah pada cerita sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan? Jelaskan!
3. Apa alasan kepala sekolah membantu Sudin untuk mengikuti lomba pidato?
4. Apa yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut?
5. Apakah yang menyebabkan Sudin akhirnya dapat pergi mengikuti kompetisi? Jelaskan!
6. Bagaimana menurutmu hubungan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas serta pejabat daerah lainnya? Apa yang membuatmu menyimpulkan seperti itu?
Makna Sila Keempat Pnacasila dan Penerapannya Sehari-hari
Makna sila keempat pancasila menegaskan bahwa segala proses pengambilan keputusan harus berdasarkan pada musyawarah sehingga dapat menciptakan kesepakat bersama.
Sila ini juga menegaskan bahwa pemerintah indonesia diselenggarakan oleh rakyat, dari rakyat, dan untuk rakyat.
Makna dan Nilai yang terkandung dalam pancasila sila keempat antara lain sebagai berikut.
1. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama.
2. Asas kekeluargaan digunakan untuk melakukan musyawarah mufakat
3. mengutamakan segala kepentingan bersama dan kepentingan bangsa melebihi kepentingan diri sendiri dan golongan
4. Melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan yang menyangkut banyakorang
Salah satu nilai yang terkandung dalam sila keempat adalah nilai musyawarah. Musyawarah adalah suatu upaya menyelesaikan permaslahan bersama dalam mengambil keputusan untuk mencapai mufakat.
Dalam musyawarah seseorang bebas menyampaikan pendapatnya wlpn pendapat tersebut berbeda dengan orang lain. Jika anggota musyawarah belum mencapai kesepakatan cara lain untuk mencapai mufakat adalah dengan mengadakan voting atau pemilihan suara terbanyak.
Tujuan dilaksanakannya Musyawarah di antaranya adalah:
1. untuk mencapai mufakat
2. mendapatkan kesepakatan bersama
3. mengatasi permasalahn yang muncul
4. menciptakan hubungan erat dan damai antaranggota musyawarah
Manfaat musyawarah di antaranya adalah
1. tercapainya kesepakatan bersama
2. menghasilkan keputusan yang adil
3. penyatuan pendapat yang berbeda dengan menhhasilkan satu keputusan
Ayo berlatih!
1. Apa bunyi sila keempat pancasila
2. Apa makna dari sila tersebut? jelaskan!
Posisi dan Peran Indonesia dalam kerjasama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN
1. Kerjasama ASEAN di bidang pendidikan
a. pembentukan jaringan perguruan tinggi se- ASEAN.
b. menyediakan sarana pendididkan berupa sekolah dan perlengkapan sekolah
c. melakukan pertukaran antarpelajar dari negara-negara ASEAN
2. Kerjasama ASEAN di bidang sosial
a. Pembentukan kelompok kerja ASEAN
b. Pembentukan kelompok kerja kota-kota ASEAN berwawasan lingkungan
c. Penanganan bencana alam yang terjadi di negara ASEAN
3. Kerjasama ASEAN di bidang pangan
a. Penyediaan pupuk Sriwijaya di Palembang
b. Didirikan IRRI
c. Ekspor dan impor komoditas pangan dari negara-negara ASEAN
Subtema 2 : Pemimpin Idolaku
Pembelajaran : 4
Muatan : PPKN, IPS, B. Indonesia
Cara Menjaga Kesehatan
Reproduksi pada Masa Pubertas Pada masa pubertas, terjadi perubahan pada remaja
pria dan remaja putri
Pada masa ini, produksi hormon meningkat. Peningkatan produksi hormon ini
menyebabkan aktifnya kelenjar minyak dan kelenjar keringat. Aktifnya kedua
kelenjar ini dapat mengakibatkan jerawat dan tubuh berbau kurang sedap.
Kebersihan dan kesehatan tubuh harus selalu dijaga, termasuk kebersihan dan
kesehatan alat reproduksi. Berikut cara-cara menjaga kebersihan dan kesehatan
alat reproduksi.
1. Biasakan mengenakan pakaian dalam dari katun. Katun bersifat menyerap
keringat sehingga kita terhindar dari kelembapan.
Kelembaban pada lipatan kulit dapat menyebabkan tumbuhnya jamur kulit.
Gantilah pakaian dalam setiap kali habis mandi atau setiap saat kamu merasa
lembap pada pakaian dalammu.
2. Bilaslah setiap kali habis buang air kecil. Gunakan air bersih. Setelah
dibasuh, keringkan dengan handuk atau tisu.
3. Bagi remaja putri yang sedang menstruasi, gunakan pembalut yang lembut.
Gantilah pembalut setiap kali pembalut yang kamu pakai terasa lembap. Gantilah
minimal empat kali sehari.
Ayo Berkreasi
Pada Pembelajaran 2, kamu dan kelompokmu telah menuliskan rencana karya
berisi cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas. Kini, wujudkan
rencana karya itu. Buatlah sebagus mungkin. Pada pembelajaran sebelumnya,
diceritakan bahwa Sudin akan mengikuti lomba pidato. Bagaimana pidato yang
dibaca Sudin dalam lomba itu?
Ayo Membaca a Bacalah
teks pidato Sudin berikut
”Selamat pagi Bapak, Ibu, dan teman-teman semua. Hari ini, kita akan saling
berbagi cerita dan pengalaman tentang persatuan. Saya akan menyampaikan kisah
saya mengenai persatuan, lalu saya akan belajar dari kisah teman-teman.”
“Menurut saya, persatuan itu sangat penting, karena dengan bersatu tugas-tugas
yang harus kita kerjakan akan menjadi lebih mudah. Dengan adanya persatuan pula
kita dapat belajar dari perbedaan-perbedaan yang ada.” “Saya telah mengalami
dan merasakan sendiri betapa bergunanya persatuan. Sekolah saya adalah sekolah
yang murid maupun gurunya berasal dari daerah yang berbeda-beda. Beberapa teman
saya adalah anak dari Indonesia Timur. Bahkan kepala sekolah saya, Pak Welly
juga berasal dari sana. Kami tidak pernah membeda-bedakan suku, ras, budaya,
dan lainnya. Kami selalu mendukung satu sama lain. Walaupun berasal dari
Indonesia Timur, Pak Welly tidak hanya mementingkan murid-muridnya yang berasal
dari timur. Pak Welly tidak ragu untuk juga mempercayai kemampuan
murid-muridnya yang berasal dari tanah Jawa untuk maju. Saya juga belajar
banyak dari budaya teman-teman saya yang sangat beragam.” “Bagi sekolah di
pelosok kabupaten, bukan hal yang mudah untuk mengirim saya ke sini, karena
sekolah kami tidak memiliki cukup biaya. Kepala sekolah kami memiliki cara yang
cerdik untuk mengumpulkan dana. Ia meminta bantuan kepada saya dan teman-teman
untuk melelang pisang di halaman sekolah. Para pembelinya merupakan
pejabat-pejabat di daerah. Pak Bupati, Pak Camat, Pak Lurah, bahkan Ketua RW
dan Ketua RT hadir mendukung. Meskipun hanya saya yang datang ke sini, namun di
belakang saya semua ikut berpartisipasi. Itulah mengapa saya sudah merasakan
bahwa persatuan sangat penting dan berguna.” “Itulah pengalaman saya tentang
persatuan. Bagaimana cerita teman- teman? Saya juga ingin mendengar dan belajar
dari cerita kalian. Terima kasih.”
Ayo Menulis
Tulislah pendapatmu mengenai isi pidato Sudin. Kamu dapat menilai
pidatonya dengan memberi tanda ceklis ( ü) pada kolom berikut yang sesuai.
No. Kriteria Ada Tidak Ada
1. Teks pidato memiliki bagian pembuka
2. Teks pidato memiliki bagian inti
3. Bagian inti teks pidato menjelaskan tentang
topik yang dibahas dengan lengkap
4. Bagian inti teks pidato memuat contoh-contoh yang mendukung topik
5. Teks pidato memiliki bagian penutup
6. Teks pidato memiliki kalimat ajakan
7. Teks pidato memberi inspirasi bagi pembaca
8. Sebagian besar kata yang digunakan dalam teks menggunakan kosa kata
baku
Buku Siswa SD/MI Kelas VI Kamu dapat menuliskan kesimpulan penilaianmu di
bawah ini.
Dalam pidatonya, Sudin menceritakan pengalamannya tentang manfaat
persatuan. Semangat persatuan juga harus kita jaga dalam bekerja sama dengan
negara-negara lain, misalnya di Asia Tenggara. Ayo, pelajarilah peran Indonesia
dalam kerja sama di bidang sosial budaya.
Ayo Membaca
Kerja Sama Bidang Sosial Budaya
Negara-Negara ASEAN
Kerja sama dalam bidang budaya negara-negara ASEAN ditandai dengan
pembentukan komunitas sosial budaya negara-negara ASEAN (ASEAN
Social Cultural Community
/ASCC). Komunitas ini memiliki empat bagian utama sebagai berikut.
1. Mengelola dampak-dampak sosial dari integrasi ekonomi.
2. Membentuk masyarakat yang lebih peduli dan berbagi untuk mengatasi
isu-isu kemiskinan,
keadilan, dan pengembangan sumber
daya manusia.
3. Meningkatkan perlindungan lingkungan.
4. Memperkuat dasar-dasar bagi ikatan sosial kawasan. Kerja sama nyata
dalam bidang sosial
budaya negara-negara ASEAN antara
lain sebagai berikut.
1. Pertukaran kunjungan antarseniman ASEAN.
2. Festival lagu dan lomba menyanyi negara-negara ASEAN.
3. Kerja sama promosi pariwisata.
4. Kerja sama budaya serumpun Melayu.
5. Pertukaran berita dan penyiaran informasi mengenai ASEAN
melalui televisi dan radio.
6. Penyelenggaraan pesta olahraga SEA-Games setiap
dua tahun sekali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar