tema 7 subtema 3 pb 5 - 6

RINGKASAN MATERI KELAS 6

Hari/Tanggal :  Kamis, 30 Januari 2020
Tema 7          : Kepemimpinan
Sub Tema 3   : Ayo, Memimpin
Pebelajaran   : 5
Muatan          : B. Indonesia, IPA, SBdP

Ayo Berkreasi
Pengamalan gotong royong merupakan salah satu pengamalan persatuan dan kesatuan. Begitu pula saat kita menyanyikan lagu daerah lain. Pengamalan yang lain adalah cinta tanah air.

Mengekspresikan cinta tanah air banyak sekali wujudnya, bisa melalui gambar, menari tarian daerah atau menyanyikan lagu daerah. Lagu berikut juga bercerita tentang betapa penggubahnya mencintai tanah airnya. Ayo, kita bekerja sama saat menyanyikannya. Perhatikan siapa yang akan menyanyi dengan menggunakan suara I dan suara 2.



 Lagu "Bolelebo" merupakan lagu daerah yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Lagu ini bercerita tentang kecintaan pengarang lagu terhadap tanah kelahirannya.

Ayo Menulis
Bentuk pengamalan lainnya dari persatuan dan kesatuan adalah menghormati hak asasi orang lain. Sebagai pelajar, kita wajib menghormati sesama teman, baik kakak kelas, adik kelas dan teman satu kelas.

Buatlah tulisan yang isinya menggambarkan sekolah yang bebas kekerasan. Bentuk kekerasan bisa berupa kekerasan fisik dan ucapan. Tulis pula apa yang akan kamu lakukan sebagai pelajar agar tidak terjadi kekerasan.

Sekolah Bebas Kekerasan
Menciptakan sebuah sekolah yang bebas dari kekerasan seperti halnya menciptakan lingkungan positif di sekolah sangat dibutuhkan. Disini diperlukan suatu sikap protektif dalam melawan kekerasan dengan menumbuhkan kedamaian, rasa hormat, toleransi, dan harmoni. Hal ini memerlukan peran aktif oleh seluruh warga sekolah seperti : siswa, guru, staf sekolah dan juga orang tua dalam menciptakan iklim - merasa aman, dihargai dan dihormati.

Kekerasan adalah tindakan agresi dan pelanggaran yang menyebabkan penderitaan dan menyakiti orang lain (Kekerasan juga meliputi ancaman, dan tindakan yang bisa mengakibatkan luka dan kerugian, tekanan fisik, perasaan, pikiran, yang merugikan kesehatan dan mental.)

Beberapa kekerasan yang ada di sekolah misalnya kekerasan meliputi memukul, mencekik, menempelkan benda panas ke tubuh korban dan lain-lainnya. Dampak dari kekerasan seperti ini selain menimbulkan luka dan trauma pada korban, juga seringkali membuat korban meninggal

Beberapa perkataan  yang termasuk dalam kekerasan antara lain panggilan yang meyebutkan ciri dari anak tersebut, contoh: gembrot, pesek, krempeng, bendol dan sebagainya. Panggilan yang menyebutkan ciri piskis anak tersebut, contoh: IQ jonkok, otak dengkul, tolol, bodoh,  dan sebagainya. Panggilan yang menyebutkan tokoh yang kurang baik, contoh: limbuk, togog, bagong, kancil. Perkataan yang merendahkan, contoh: Bisa apa anak kampung.

Bagi siswa yang melanggar akan diberikan teguran lisan/tertulis (yang  menjadi aspek penilaian sikap di rapor dan menentukan kelulusan atau kenaikan kelas),  dan tindakan lain yang  bersifat edukatif (seperti konseling psikolog/guru BK).

Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menghindari kekerasan di sekolah antara lain sebagai berikut.
1.      Sekolah/Guru harus mengetahui penyebab perilaku tindak kekerasan di sekolah Anda
2.      Guru jangan memberikan penghakiman, tetapi melakukan percakapan nyata dengan anak-anak
3.      Gunakan struktur kepemimpinan yang sudah ada dalam komunitas siswa, Sehingga siswa merasa bahwa mereka memiliki suara dan pengaruh di sekolah,
4.      Bentuk Bimbingan Teman sebaya
5.      Meningkatkan kegiatan Extrakurikuler

Anak wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah atau temannya di dalam sekolah yang bersangkutan, atau lembaga pendidikan lainnya.

Pemimpin yang baik tidak pernah melakukan kekerasan, baik kekerasan fisik maupun ucapan. Jadilah pemimpin yang sopan, santun namun tegas. Menjaga sekolah agar tetap nyaman adalah merupakan salah satu bentuk pengamalan persatuan dan kesatuan. Amatlah mulia bagi seseorang yang bisa menjaga keamanan lingkungannya. Lingkungan yang aman bisa membuat orang lain melakukan kegiatannya dengan nyaman.
Apakah kamu seorang pemimpin yang yang baik? Bagaimana kamu tahu? Apa yang harus dilakukan untuk mengetahui apakah kita sudah memimpin dengan baik?

Ayo Menulis
Seorang pemimpin adalah individu dengan jiwa yang terlatih dan mampu melatih individu-individu lain untuk mewujudkan visi yang bersifat seragam. Seorang pemimpin diharuskan mampu melibatkan diri dalam unsur keberagaman sifat anggota yang menjadi tanggung jawabnya.  Pemimpin yang baik adalah seseorang yang bisa menilai dirinya sendiri. Kamu bisa melakukannya agar kamu menjadi lebih baik. Setelah berpidato dihadapan temanmu, kini saatnya kamu menuliskan pengalamanmu berpidato. Tulisanmu harus memuat:
1.                  Isi pidato
2.                  Reaksi pendengar
3.                  Waktu berpidato
4.                  Sikap berpidato
5.                  Rencana perbaikan saat berpidato dan perbaikan teks pidato

Tulislah pada tempat yang sudah disediakan.

1.      Isi Pidato : isi pidato lengkap terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup. Pada bagian inti menyampaikan manfaat bermusyawarha untuk persatuan dan kesatuan dan beberapa contohnya.
2.      Reaksi pendengar : Pendengar terlihat antusias mendengarkan pidato yang disampaiakn.
3.      Waktu berpidato sekitar 10 menit, waktu yang cukup untuk menyampaikan seluruh isi pidato.
4.      Sikap berpidato juga baik. Selama pidato memperhatikan pendengar dengan pandangan yang meyakinkan. Bahasa yang digunakan juga mudah dimengerti oleh pendengan. Dalam pidato tersebut juga terdapat kalimat ajakan untuk bermusyawarah.
5.      Rencana perbaikan : Ada beberapa bagian pidato yaitu contoh perbuatan yang mencerminkan musyawarah harus diperbanyak agar materi pidato lebih jelas dan lebih mudah diterima pendengar.

Ayo Berkreasi
Lagu Bolelebo bercerita tentang cinta tanah air. Kamu bisa menyampaikan rasa cintamu terhadap daerah kelahiranmu dalam bahasamu. Tulislah idemu tersebut. Kamu juga bisa menggambarnya sebelum menulis.

Sekarang kamu akan menyanyikan lagi lagu Balelebo dengan teman dan gurumu. Jangan lupa untuk bernyanyi dengan penuh semangat.

  
  
Evaluasi
1. Perubahan benda dapat dipengaruhi oleh suhu. Kapankah kamu lebih mudah membuka jendela,      saat udara dingin atau saat udara panas? Mengapa?
    Jendela lebih mudah dibuka saat udara dingin, karena saat udara dingin jendela akan                      menyusut,    sehingga gesekan dengan bingkai jendela lebih kecil sehingga lebih mudah dibuka

2. Bagaimana jaket bekerja? Mengapa kita bisa tetap merasa hangat saat udara dingin?
    Jaket berfungsi sebagai isolator panas, panas tubuh yang keluar akan tertahan oleh jaket              sehingga tubuh kita tetap hangat.

3. Sebutkan contoh benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator. Kamu harus menyebutkan paling sedikit masing-masing 5 contoh.
Konduktor : wajan, panci, sendok, garpu,pisau dan sendok.
isolator : kayu, plastik, kain, kertas, karet, keramik

4. Apa manfaat lembaga ekonomi dan budaya? Berikan contohnya.
Lembaga ekonomi adalah suatu lembaga yang memiliki kegiatan di bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Lembaga keuangan yaitu suatu badan yang bergerak dibidang keuangan dengan tujuan untuk menyediakan jasa untuk nasabah ataupun masyarakat. Kementerian Negara BUMN adalah  singkatan dari Badan Usaha Milik Negara, yaitu badan usaha yang sebagian besar modalnya berasal dari negara

Lembaga budaya adalah lembaga publik dalam suatu negara yang berperan dalam pengembangan budaya, ilmu pengetahuan, lingkungan, seni, dan pendidikan pada masyarakat yang ada pada suatu daerah atau negara. Contoh lembaga budaya adalah Taman Mini Indonesia Indah. Sebagai lembaga budaya, Taman Mini Indonesia Indah telah berhasil dalam tujuannya sebagai representasi kebhinekaan sekaligus kekayaan khasanah budaya Indonesia. Melalui kegiatan rekreasi, Taman Mini Indonesia Indah mendekatkan masyarakat Indonesia maupun asing pada budaya Nusantara.

5. Apa yang harus diperhatikan saat membuat teks pidato?
a.       Teks pidato memuat pembukaan, inti dan penutup serta dikomunikasikan secara runtut.
b.      Sebagian besar isi pidato berisi ajakan atau bujukan sesuai topik.
c.       Topik yang disampaikan menginspirasi pendengar.
d.      Pidato memuat fakta pendukung (manfaat kegiatan, tujuan, nilai kepemimpinan, semangat bekerjasama).

6. Membanggakan budaya sendiri dan merendahkan budaya lain bukan merupakan     
    pengamalan persatuan dan kesatuan. Mengapa?

Perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika dapat dilakukan di berbagai lingkungan kehidupan yaitu dilingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Perilaku membanggakan budaya sendiri dan merendahkan budaya lain akan menimbulkan perpecahan yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

7. Buatlah 2 soal tentang peluang untuk 4 warna kancing.

Terdapat 4 kancing baju yang berwarna berbeda. Terdapat warna putih, hitam, ungu dan hijau. Jika seorang penjahit ingin mengambil warna hijau, tentukan peluang terambilnya warna hijau!
Suatu baju terdiri dari 4 kancing, masing-masing kancing berwarna merah, biru, hijau, kuning. Jika 2 buah kancing akan diambil, peluang terambilnya kancing berwarna ungu atau hijau adalah?

8.Apa yang kamu ketahui tentang lagu Bolelebo? Jelaskan maknanya!

Lagu "Bolelebo" merupakan lagu daerah yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Lagu ini bercerita tentang kecintaan pengarang lagu terhadap tanah kelahirannya. Lagu yang mengisahkan tentang kerinduan orang-orang timur pada kampung halamannya. Walaupun kebanyakan orang yang ada di Tanah Timur merantau dari tempat kelahirannya, tapi tetap menganggap bahwa kampung halaman adalah tempat terbaik.

9. Apa yang kamu rasakan saat bernyanyi Bolelebo? Mengapa?

Pada saat menyanyikan lagu Bolelebo kita merasa senang  karena bisa menyanyikan lagu daerah lain (ntt) dan dengan menyanyikan lagu itu kita telah mengamalkan persatuan dan kesatuan.

10. Bagaimana sikapmu saat menyanyikan lagu Bolelebo?
            a.       Saat bernyanyi memperlihatkan sikap badan berikut: bahu tegak namun rileks, kaki tidak              ditekuk dan wajah tegak.
            b.      Saat mengambil nafas tidak berbunyi, posisi dada tetap terjaga saat mengeluarkan udara,              saat mengambil nafas, tulang rusuk bagian bawah mengembang.
            c.       Pengucapan jelas, tidak ada kerancuan dari kata yang diucapkan
            d.      Ketepatan nada, lamanya nada dibunyikan, serta keras lembutnya nada sesuai dengan                    kebutuhan.
            e.      Ekspresi sesuai dengan makna lagu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KESIMPULAN PEMBELAJARAN, Hari : Selasa, 1 Agustus 2023, Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 2 : Manusia dan Lingkungan, Pembelajaran : 2

Hari : Selasa, 1 Agustus 2023, Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 2 : Manusia dan Lingkungan, Pembelajaran : 2

Hari : Senin, 8 Mei 2023, Tema 9 : Benda-Benda di Sekitar Kita, Subtema 2 : Benda dalam Kegiatan Ekonomi, Pembelajaran 5