Rabu, 18 maret 2020
MATERI SOAL MATEMATIKA USBN KELAS 6
Subtopik: Operasi Hitung Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya
1. Hasil dari 15 x 50 ÷ 30 adalah....
a. 25 c. 45
b. 35 d. 55
Topik : Bilangan
Subtopik: Pangkat dan Akar Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar
a. 25 c. 45
b. 35 d. 55
Topik : Bilangan
Subtopik: Pangkat dan Akar Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar
2. Hasil dari 172 – 152 adalah....
a. 4 c. 64
b. 16 d. 128
Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda
b. 16 d. 128
Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda
3. Pak Imam mempunyai tiga kebun yang luasnya 3 ha, 1.900 m2, dan 1,75 are.
Jika kebunnya dijual 2,5 ha, maka luas kebun Pak Imam sekarang...m2
a. 5.075 c. 7.075
b. 6.075 d. 8.075
Topik: Bilangan
Subtopik: Operasi Hitung Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)
a. 5.075 c. 7.075
b. 6.075 d. 8.075
Topik: Bilangan
Subtopik: Operasi Hitung Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)
4. Hasil dari 70 – (–25) adalah....
a. –95 c. 45
b. –45 d. 95
Topik: Bilangan
Subtopik: FPB dan KPK
Indikator: Peserta didik mampu menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi
a. –95 c. 45
b. –45 d. 95
Topik: Bilangan
Subtopik: FPB dan KPK
Indikator: Peserta didik mampu menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi
5. FPB dari 48, 72 dan 96 adalah....a. 25 x 3
c. 23 x 3
b. 24 x 3 d. 22 x 3
Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.
b. 24 x 3 d. 22 x 3
Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.
6. Kebun Pak Warno berbentuk persegi panjang dengan
ukuran panjang 4,2 dam dan lebar 370 dm. Keliling kebun Pak Warno
adalah...meter
a. 82,4 c. 158
b. 124 d. 225
Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.
a. 82,4 c. 158
b. 124 d. 225
Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.
7. Di sebuah tempat penyewaan peralatan pesta terdapat 6
gros piring. Sebanyak 4 lusin dipinjam oleh Bu Tuti dan sebanyak 2 gros dipinjam
oleh Bu Ayu. Piring yang tersisa di tempat tersebut sebanyak...buah
a. 528 c. 628
b. 588 d. 688
Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Sifat dan unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran)
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bangun datar berdasarkan sifatnya
a. 528 c. 628
b. 588 d. 688
Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Sifat dan unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran)
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bangun datar berdasarkan sifatnya
8. Perhatikan sifat-sifat bangun datar di bawah ini!
1. Memiliki 4 sisi yang sama panjang
2. Sudut-sudut yang berhadapan sama besar
3. Diagonalnya saling berpotongan tegak lurus dan saling membagi dua sama panjang
Bangun datar yang mempunyai sifat-sifat di atas adalah....
a. persegi panjang c. trapesium
b. layang-layang d. belah ketupat
Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda.
1. Memiliki 4 sisi yang sama panjang
2. Sudut-sudut yang berhadapan sama besar
3. Diagonalnya saling berpotongan tegak lurus dan saling membagi dua sama panjang
Bangun datar yang mempunyai sifat-sifat di atas adalah....
a. persegi panjang c. trapesium
b. layang-layang d. belah ketupat
Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda.
9. Tiga buah tangki masing-masing berisi minyak tanah
4,25 m3, 2.500 liter, dan 5.500 dm3. Jumlah minyak tanah seluruhnya ada...liter
a. 10.700 c. 12.250
b. 11.425 d. 13.396
Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bangun ruang berdasarkan sifatnya
a. 10.700 c. 12.250
b. 11.425 d. 13.396
Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bangun ruang berdasarkan sifatnya
10. Perhatikan sifat-sifat bangun ruang di bawah ini!
Memiliki 6 sisi, di mana sisi-sisi yang sehadap sejajar dan sama luas
Memiliki 8 titik sudut
Memiliki 12 rusuk, di mana rusuk-rusuk yang sejajar sama panjang
Bangun ruang yang memiliki sifat-sifat tersebut adalah....
a. balok c. tabung
b. kubus d. Kerucut
Memiliki 6 sisi, di mana sisi-sisi yang sehadap sejajar dan sama luas
Memiliki 8 titik sudut
Memiliki 12 rusuk, di mana rusuk-rusuk yang sejajar sama panjang
Bangun ruang yang memiliki sifat-sifat tersebut adalah....
a. balok c. tabung
b. kubus d. Kerucut
MATERI SOAL PKN USBN KELAS 6
1. Berikut ini
yang bukan termasuk pengamalan pancasila sila ke satu , …..
a. Melaksanakan
sholat lima waktu
b. Charles
mengingatkan Ihsan untuk segera beribadah saat terdengar suara azan
c. Mencintai
produk dalam negeri
d. Bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Melaksakanakan
keputusan musyawarah merupakan penerimaan pelaksanaan Pancasila
terutama sila ....
a. Sila pertama
b. Sila kedua
c. Sila ketiga
d. Sila keempat
3. Memanfaatkan
kekayaan Indonesia yang penuh rasa tanggung jawab merupakan salah satu nilai
moral dari ... Pancasila.
a.
dua
b.
tiga
c.
empat
d.
lima
4. Menananmkan
rasa persatuan dalam keluarga misalnya ....
a. Sering
berkumpul bersama keluarga
b. Mengobrol
bersama-sama teman
c. Membersihkan
ruang kelas
d. Piknik sekolah
5. Warga negara memiliki hak untuk memilih jika, antara lain, ia memenuhi
persyaratan....
a.
21 tahun atau sudah menikah
b.
sekolah menengah atas berpendidikan terendah
c.
Memori tidak hilang
d.
sehat jasmani dan rohani
6. Dasar sebuah negara Indonesia disebut.
a. burung garuda
b. Pancasila
c. UUD 1945
d. Bhinneka
Tunggal Ika
7. Contoh wujud
dari nilai kebersamaan dalam kehidupan siswa, misalnya.
a. Lihat teman yang sakit
b. Bantu orang untuk bertarung
c. Beri makan orang miskin
d. Bantu teman yang sedang diulang
8. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berasal dari buku Sutasoma karya ....
a.
Mpu Prapanca
b.
Mpu Tantular
c.
Mpu Sedah
d.
Mpu Gandring
9. Berikut ini
termasuk kegigihan, kecuali.
a.
sabar dan tangguh
b.
sedikit bosan
c.
tidak mudah bosan
d.
jangan pernah menyerah
10. Pemilu
merupakan sarana pelaksanaan ...
a.
Kedaulatan rakyat
b.
Hak asasi manusia
c.
Program partai politik
d.
Kewajiban warga negara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar