Pengayaan
tema 7 st 3 pb 5

Materi Ajar Kelas 6

Hari/Tangga : Kamis, 12 Maret 2020
Tema 7        : Persatuan dalam Perbedaan

Ayo Berkreasi
Pengamalan gotong royong merupakan salah satu pengamalan persatuan dan kesatuan. Begitu pula saat kita menyanyikan lagu daerah lain. Pengamalan yang lain adalah cinta tanah air.

Mengekspresikan cinta tanah air banyak sekali wujudnya, bisa melalui gambar, menari tarian daerah atau menyanyikan lagu daerah. Lagu berikut juga bercerita tentang betapa penggubahnya mencintai tanah airnya. Ayo, kita bekerja sama saat menyanyikannya. Perhatikan siapa yang akan menyanyi dengan menggunakan suara I dan suara 2.

Lagu "Bolelebo" merupakan lagu daerah yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Lagu ini bercerita tentang kecintaan pengarang lagu terhadap tanah kelahirannya.

Ayo Menulis
Bentuk pengamalan lainnya dari persatuan dan kesatuan adalah menghormati hak asasi orang lain. Sebagai pelajar, kita wajib menghormati sesama teman, baik kakak kelas, adik kelas dan teman satu kelas.

Buatlah tulisan yang isinya menggambarkan sekolah yang bebas kekerasan. Bentuk kekerasan bisa berupa kekerasan fisik dan ucapan. Tulis pula apa yang akan kamu lakukan sebagai pelajar agar tidak terjadi kekerasan.

Sekolah Bebas Kekerasan
Menciptakan sebuah sekolah yang bebas dari kekerasan seperti halnya menciptakan lingkungan positif di sekolah sangat dibutuhkan. Disini diperlukan suatu sikap protektif dalam melawan kekerasan dengan menumbuhkan kedamaian, rasa hormat, toleransi, dan harmoni. Hal ini memerlukan peran aktif oleh seluruh warga sekolah seperti : siswa, guru, staf sekolah dan juga orang tua dalam menciptakan iklim - merasa aman, dihargai dan dihormati.

Kekerasan adalah tindakan agresi dan pelanggaran yang menyebabkan penderitaan dan menyakiti orang lain (Kekerasan juga meliputi ancaman, dan tindakan yang bisa mengakibatkan luka dan kerugian, tekanan fisik, perasaan, pikiran, yang merugikan kesehatan dan mental.)

Beberapa kekerasan yang ada di sekolah misalnya kekerasan meliputi memukul, mencekik, menempelkan benda panas ke tubuh korban dan lain-lainnya. Dampak dari kekerasan seperti ini selain menimbulkan luka dan trauma pada korban, juga seringkali membuat korban meninggal

Beberapa perkataan  yang termasuk dalam kekerasan antara lain panggilan yang meyebutkan ciri dari anak tersebut, contoh: gembrot, pesek, krempeng, bendol dan sebagainya. Panggilan yang menyebutkan ciri piskis anak tersebut, contoh: IQ jonkok, otak dengkul, tolol, bodoh,  dan sebagainya. Panggilan yang menyebutkan tokoh yang kurang baik, contoh: limbuk, togog, bagong, kancil. Perkataan yang merendahkan, contoh: Bisa apa anak kampung.

Bagi siswa yang melanggar akan diberikan teguran lisan/tertulis (yang  menjadi aspek penilaian sikap di rapor dan menentukan kelulusan atau kenaikan kelas),  dan tindakan lain yang  bersifat edukatif (seperti konseling psikolog/guru BK).

Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menghindari kekerasan di sekolah antara lain sebagai berikut.
      1.      Sekolah/Guru harus mengetahui penyebab perilaku tindak kekerasan di sekolah Anda
      2.      Guru jangan memberikan penghakiman, tetapi melakukan percakapan nyata dengan anak-            anak
      3.      Gunakan struktur kepemimpinan yang sudah ada dalam komunitas siswa, Sehingga siswa                merasa bahwa mereka memiliki suara dan pengaruh di sekolah,
      4.      Bentuk Bimbingan Teman sebaya
5.      Meningkatkan kegiatan Extrakurikuler

Anak wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah atau temannya di dalam sekolah yang bersangkutan, atau lembaga pendidikan lainnya.

Pemimpin yang baik tidak pernah melakukan kekerasan, baik kekerasan fisik maupun ucapan. Jadilah pemimpin yang sopan, santun namun tegas. Menjaga sekolah agar tetap nyaman adalah merupakan salah satu bentuk pengamalan persatuan dan kesatuan. Amatlah mulia bagi seseorang yang bisa menjaga keamanan lingkungannya. Lingkungan yang aman bisa membuat orang lain melakukan kegiatannya dengan nyaman.
Apakah kamu seorang pemimpin yang yang baik? Bagaimana kamu tahu? Apa yang harus dilakukan untuk mengetahui apakah kita sudah memimpin dengan baik?

Ayo Menulis
Seorang pemimpin adalah individu dengan jiwa yang terlatih dan mampu melatih individu-individu lain untuk mewujudkan visi yang bersifat seragam. Seorang pemimpin diharuskan mampu melibatkan diri dalam unsur keberagaman sifat anggota yang menjadi tanggung jawabnya.  Pemimpin yang baik adalah seseorang yang bisa menilai dirinya sendiri. Kamu bisa melakukannya agar kamu menjadi lebih baik. Setelah berpidato dihadapan temanmu, kini saatnya kamu menuliskan pengalamanmu berpidato. Tulisanmu harus memuat:
1.                  Isi pidato
2.                  Reaksi pendengar
3.                  Waktu berpidato
4.                  Sikap berpidato
5.                  Rencana perbaikan saat berpidato dan perbaikan teks pidato

Tulislah pada tempat yang sudah disediakan.

      1.      Isi Pidato : isi pidato lengkap terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup. Pada bagian inti                    menyampaikan manfaat bermusyawarha untuk persatuan dan kesatuan dan beberapa                      contohnya.
      2.      Reaksi pendengar : Pendengar terlihat antusias mendengarkan pidato yang disampaiakn.
      3.      Waktu berpidato sekitar 10 menit, waktu yang cukup untuk menyampaikan seluruh isi pidato.
      4.      Sikap berpidato juga baik. Selama pidato memperhatikan pendengar dengan pandangan yang        meyakinkan. Bahasa yang digunakan juga mudah dimengerti oleh pendengan. Dalam pidato            tersebut juga terdapat kalimat ajakan untuk bermusyawarah.
      5.      Rencana perbaikan : Ada beberapa bagian pidato yaitu contoh perbuatan yang mencerminkan        musyawarah harus diperbanyak agar materi pidato lebih jelas dan lebih mudah diterima                  pendengar.

Ayo Berkreasi
Lagu Bolelebo bercerita tentang cinta tanah air. Kamu bisa menyampaikan rasa cintamu terhadap daerah kelahiranmu dalam bahasamu. Tulislah idemu tersebut. Kamu juga bisa menggambarnya sebelum menulis.

Sekarang kamu akan menyanyikan lagi lagu Balelebo dengan teman dan gurumu. Jangan lupa untuk bernyanyi dengan penuh semangat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KESIMPULAN PEMBELAJARAN, Hari : Selasa, 1 Agustus 2023, Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 2 : Manusia dan Lingkungan, Pembelajaran : 2

Hari : Selasa, 1 Agustus 2023, Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 2 : Manusia dan Lingkungan, Pembelajaran : 2

Hari : Senin, 8 Mei 2023, Tema 9 : Benda-Benda di Sekitar Kita, Subtema 2 : Benda dalam Kegiatan Ekonomi, Pembelajaran 5