Materi Ajar Kelas 6
Hari/Tanggal : Senin, 2 Maret 2020
Tema 9 : MENJELAJAH ANGKASA LUAR
Subtema 3 : Tokoh Penjelajah Angkasa Luar
PB : 3
Tema 9 : MENJELAJAH ANGKASA LUAR
Subtema 3 : Tokoh Penjelajah Angkasa Luar
PB : 3
PEMBELAJARAN
3
MODERNISASI TEKNOLOGI TRANSPORTASI
Ayo
Berdiskusi
Berdasarkan
bacaan di atas, diskusikan beberapa hal berikut ini bersama dengan teman
sekelompokmu
Bagaimana
cara para astronaut menuju ke Bulan dari Bumi?
Dengan
menaiki alat transportasi berupa pesawat luar angkasa/pesawat ulang-alik
Sikap dan
nilai seperti apa yang dimiliki Buzz hingga ia menjadi salah satu orang yang
mendarat di Bulan?
Disiplin,
tanggung jawab, pekerja keras, pantang menyerah, percaya diri
Apakah masih
ada pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan di atas? Tuliskan di sini.
Apa
kepanjangan dari NASA?
Ayo Berlatih
Bersama
dengan teman sekelompokmu lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini.
Dengan
menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah perbandingan alat
transportasi darat dulu dan sekarang. Gunakanlah tabel berikut untuk
mencatatnya.
Transportasi
Darat Sebelum Modernisasi
Tenaga
Penggerak : Tenaga manusia, tenaga hewan
Fungsi : Sebagai alat
transportasi
Contoh
gambar :
Transportasi
Darat setelah Modernisasi
Tenaga
penggerak : Mesin
Fungsi : Alat transportasi
Contoh
gambar :
Modernisasi
memang memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung. Demikian juga
dengan dampaknya terhadap sistem transportasi darat saat ini. Bersama teman
sebangkumu diskusikanlah dampak positif dan negatif modernisasi sistem
transportasi darat terhadap kelangsungan hidup masyarakat maupun dampaknya
terhadap lingkungan. Gunakanlah diagram berikut untuk mencatatnya.
Dampak
Modernisasi terhadap sistem transportasi Darat
Dampak
positif terhadap kehidupan masyarakat :
- Memudahkan mobilitas barang dan orang
- Membuat makin murahnya biaya transportasi umum
- Mampu mempersingkat waktu
- Mempermudah pendistribusian barang
- Membuka peluang usaha
Dampak
positif terhadap lingkungan
- Lingkungan lebih tertata, terutama lingkungan buatan
- Interaksi makin intensif, terutama lingkungan sosial
Dampak
negatif terhadap kehidupan masyarakat
- Menimbulkan perilaku konsumtif
- Menimbulkan ketergantungan
- Meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas
- Menimbulkan kemacetan
- Menimbulkan polusi suara
Dampak
negatif terhadap lingkungan
- Menyebabkan polusi udara
- Menyebabkan kemacetan
- Minyak bumi menjadi berkurang/langka
- Berkurangnya area hijau/pertanian
Buatlah
sebuah kesimpulan tentang kegiatan di atas
Bahwa
Modernisasi terhadap transportasi darat membawa dua akibat, yaitu akibat
positif dan akibat negatif. Oleh karena itu kita harus menyikapi modernisasi
ini dengan bijaksana agar dampak negatif mampu diminimalisir.
A. Jelaskan isi cerita fiksi di atas dengan membuat
tulisan satu paragraf di setiap bagian cerita: awal, tengah dan akhir dengan
menggunakan diagram berikut ini.
Judul : Wisata Batik Trusmi
Pengarang : Hamidah Jauhary
Awal :
Lulu
pulang ke rumah dengan wajah cemberut. Hal ini disebabkan Lulu dan semua siswa
pada hari Sabtu diwajibkan memakai baju batik, sedangkan Lulu tidak suka
memakai baju batik. Bagi Lulu baju batik adalah baju yang identik dengan orang
dewasa dan tidak cocok dipakai oleh anak-anak seusianya.
Tengah :
Lulu
diajak oleh Mama dan Kak Naila untuk berwisata ke Trusmi di Plered Cirebon.
Tempat tersebut merupakan salah satu kota penghasil batik di Indonesia. Lulu
diajak melihat berbagai jenis batik yang ada di berbagai toko di Trusmi.
Ternyata di tempat tersebut banyak tersedia baju batik untuk kalangan
anak-anak.
Akhir :
Lulu
tertarik melihat pakaian batik untuk anak-anak dan Lulu segera mencoba memakai
berbagai baju batik untuk anak-anak tersebut. Lulu sangat suka karena banyak
pilihan, dan meminta Mamanya untuk membelikan baju batik anak untuk dirinya.
Lulu segera merubah pandangannya bahwa baju batik hanya cocok untuk orang
dewasa, karena setelah berwisata batik di Trusmi ia menyadari bahwa baju batik
juga cocok untuk kalangan anak-anak.
B. Pilihlah di antara tiga bagian dari cerita di atas
yang mengingatkanmu terhadap peristiwa yang terjadi denganmu, atau terjadi di
sekelilingmu, atau mengingatkanmu tentang sebuah film yang pernah kamu tonton.
Gambarkan peristiwa tersebut, lalu tuliskanlah penggalan peristiwa tersebut
pada diagram berikut.
Karena
begitu banyaknya pilihan baju yang hendak dibeli, membuat bingung yang mana
yang akan dipilih. Akhirnya membutuhkan waktu yang lama untuk mengambil
keputusan tentang baju yang pasti akan dibeli.
Ayo
Berdiskusi
Dengan
menggunakan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya, lakukanlah kegiatan
berikut ini secara berpasangan.
A. Menjawab pertanyaan
1.
Peristiwa
persatuan dan kesatuan apa yang dijelaskan dalam bacaan di atas?
- Ketika berbagai pihak bersepakat untuk menyatukan tujuan bersama
- Kesepakatan untuk meningkatkan nilai jual batik Trusmi
- Kerjasama antara pengusaha, pengrajin dan pemerintah daerah
2. Bagaimana dampak peristiwa tersebut terhadap setiap
pihak yang terlibat?
Mampu
mencapai tujuan/harapan dari masing-masing pihak, serta setiap pihak
mendapatkan manfaat yang baik.
B. Menceritakan pengalaman
- Bersama
dengan temanmu, ceritakanlah sebuah pengalaman tentang peristiwa persatuan
dan kesatuan yang melibatkanmu.
- Tuliskanlah
cerita tersebut dalam bentuk gambar berseri.
- Lakukanlah
analisis bagaimana peristiwa itu berhubungan dengan persatuan dan kesatuan
- Lakukanlah
analisis dampak peristiwa tersebut terhadap dirimu sendiri
- Jelaskanlah
dampak peristiwa tersebut dalam bentuk gambar dan ceritakanlah di depan
kelas
Hari
ini guru akan mengadakan pemilihan ketua kelas yang baru, semua siswa kelas 6
diharapkan untuk mengajukan calon ketua kelas masing-masing. Setelah terkumpul
3 calon, maka masing-masing dari calon tersebut maju untuk mempresentasikan
rencana atau program kerja masing-masing jika terpilih menjadi ketua kelas.
Setelah semua calon ketua kelas maju dan telah mempresentasikan program
kerjanya, guru membimbing siswa untuk melakukan pemungutan suara dengan cara
voting, yaitu dengan pengumpulan suara terbanyak. Setelah diketahui siapa
pemenang voting ketua kelas, maka para siswa yang calon ketua kelasnya kalah
mau berlapang dada dan berjiwa besar dengan mengucapkan selamat dan berjabat
tangan dengan pihak yang menang, sehingga tidak ada perpecahan dalam kelas 6
tetapi makin memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di kelas 6.
- Peristiwa pemilihan ketua kelas berhubungan dengan persatuan dan
kesatuan saat pihak-pihak yang kalah mau berjiwa besar dan berlapang dada
menerima kekalahan, serta pihak yang menang tidak berbangga diri/sombong
dengan kemenangannya, tetapi mampu merangkul pihak yang kalah untuk
bersama-sama bersatu dan bersama-sama melaksanakan program kelas yang
sudah direncanakan
- Dampak peristiwa persatuan bagi diri sendiri adalah karena tidak ada
perpecahan/permusuhan dalam pemilihan ketua kelas menyebabkan suasana
tenang dan nyaman dalam kelas yang membuat saya dapat belajar dengan
maksimal dalam kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar