Selasa, 10 Januari 2023

Hari : Rabu, 11 Januari 2023, Tema 6 : Panas dan Perpindahannya, Subtema 2 : Perpindahan Kalor di Sekitar Kita

Hari/tanggal                 : Rabu, 11 Januari 2023

Kelas                             : V

Tema 6                         : Panas dan Perpindahannya

Subtema 2                   : Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita

Pembelajaran             : 2


A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Dengan mengidentifikasikan hal-hal penting dari bacaan, siswa mampu menyajikan hasil kesimpulan isi teks penjelasan pada media cetak secaratulisan dengan tepat.

2.      Dengan membuat peta konsep, siswa mampu menjelaskan cara perpindahankalor secara percaya diri.

3.      Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menyelidiki tentang perpindahan panas secara konduksi dengan benar.

4.      Dengan mengamati gambar pola lantai dalam tari, siswa mampu menjelaskan pengertian pola lantai dalam tari kreasi daerah secara tepat.

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? 

Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  

Perpindahan Panas atau Kalor secara Konveksi

Perpindahan kalor secara konveksi ialah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Umumnya peristiwa perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada zat cair dan gas. Zat yang menerima kalor akan memuai dan menjadi lebih ringan sehingga akan bergerak ke atas. Saat zat yang lebih ringan tersebut pindah ke atas, molekul zat yang ada di atasnya akan menggantikannya.

Perpindahan secara konveksi dapat diumpamakan dengan kegiatan memindahkan setumpuk buku dari satu tempat ke tempat lain. Ketika kamu memindahkan buku tersebut ke tempat lain, tentu kamu akan ikut bersama dengan buku-buku tersebut. Jika buku-buku itu diumpamakan sebagai energi panas dan kamu adalah medianya, maka perpindahan kalor dengan cara konveksi akan menyertakan perantaranya.


Peristiwa konveksi terjadi pada saat merebus air. Air yang letaknya dekat dengan api akan mendapat panas sehingga air menjadi lebih ringan. Air akan bergerak ke atas dan digantikan oleh air yang ada di atasnya. Demikian seterusnya.

Perpindahan kalor secara konveksi juga mengakibatkan terjadinya angin darat dan angin laut. Angin darat terjadi karena udara di darat pada malam hari lebih cepat dingin daripada udara di laut, sehingga udara yang berada di atas laut akan naik dan udara dari darat akan menggantikan posisi udara yang naik tadi. Angin laut terjadi karena pada siang hari daratan lebih cepat panas dibandingkan di laut, sehingga udara di darat akan naik dan udara dari laut akan mengalir ke darat menggantikan tempat udara yang naik tadi. Keadaan ini digunakan para nelayan untuk pergi melaut pada malam hari dan kembali ke darat pada pagi atau siang hari. Sedangkan contoh peristiwa konveksi yang lain adalah penggunaan cerobong asap pada pabrik. Apakah di rumahmu dipasang jendela ventilasi? Pemanfaatan ventilasi sebagai sirkulasi udara di dalam rumah juga memanfaatkan perpindahan panas secara konveksi.





Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram yang menjelaskan pemahamanmu tentang konsep perpindahan panas secara konveksi sesuai pemahamanmu. Beberapa kata bantu telah dituliskan untuk mempermudah kamu menuliskan kata-kata atau kalimat penting yang mewakili setiap paragraf..

Tuliskanlah pemahamanmu tentang konsep perpindahan panas secara konveksi dalam tulisan satu paragraf berikut.

Konveksi ialah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Zat yang menerima kalor akan memuai dan menjadi lebih ringan sehingga akan bergerak ke atas dan molekul zat yang ada di atasnya akan menggantikannya. Beberapa contoh peristiwa konveksi antara lain pada saat merebus air, terjadinya angin darat dan angin laut., penggunaan cerobong asap pada pabrik, dan  jendela ventilasi.

 

Pola Lantai dalam Seni Tari

Pada beberapa tarian, terutama tari kelompok, para penari membentuk posisi tertentu dalam tarian. Ada sebuah tari yang jika diamati, posisi penari membuat bentuk atau formasi tertentu. Bentuk atau formasi tertentu yang dibuat penari dalam sebuah tari dinamakan pola lantai.
Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari. Pola lantai ini dilakukan baik oleh penari tunggal, berpasangan, atau penari kelompok. Dalam tarian, terdapat dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan lengkung. Pola garis lurus terdiri atas pola lantai horizontal, vertikal, dan diagonal.
Pengembangan pola lantai lurus dapat berupa pola lantai zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima (perhatikan gambar A).
Selain garis lurus, terdapat juga pola garis lengkung. Pola ini pun dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai. Pola lantai itu antara lain berupa lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang (lihat gambar B).


Berikut adalah dua jenis tari daerah yang memiliki pola lantai yang berbeda. Tari pertama adalah Tari Jaran Kepang yang berasal dari Yogyakarta. Tari Jaran Kepang mempunyai pola lantai gabungan antara pola lantai lurus dan lengkung yang sederhana. Pola lantai yang digunakan pada tari ini antara lain pola melingkar, garis lurus ke depan, dan garis horizontal. Pola lantai pada Tari Jaran Kepang tidak memiliki makna tertentu. Pola lantai dibuat untuk formasi penari.

Berbeda dengan Tari Bedhaya Semang yang juga berasal dari Yogyakarta. Tari klasik ini mempunyai pola lantai yang sudah tertentu  dan mempunyai makna tertentu. Pola lantai yang digunakan pada tari ini pun memiliki nama tertentu, seperti gawang jejer wayang, gawang tigatiga, gawang perang, dan gawang kalajengking.

pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

Hari/tanggal        : Rabu, 11 Januaro 2023

Kelas                     V

Materi : Bangun ruang Kubus



 



Latihan tugas matematika!

1.        Berdasarkan gambar di atas, coba kamu gambar kembali di buku tulismu kubus berikut 


 

2. Kubus adalah bangun ruang yang sisi-sisinya berbentuk ....

3. tentukan titik sudut kubus pada soal no 1 diatas..

4. benda apa saja di sekitarmu yang berbentuk bangun ruang kubus sebutkan 3 ..

5. berapa jumlah rusuk pada bangun kubus...

6. berapa jumlah diagonal sisi pada bangun kubus...

7. berapa jumlah diagonal ruang pada bangun kubus...

8. berapa jumlah bidang diagonal pada bangun kubus...


PH 1 

Tema 6 Panas dan Perpindahannya

Subtema 1 Suhu dan Kalor


SD Al Azhar 1

Bandar Lampung

SOAL PENILAIAN HARIAN TEMA 6 SUBTEMA 1

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nama                      :

No. Absen               :

Kelas                       :

 

Pilihlah jawaban A, B, C, atau D yang paling tepat!

1.       Perhatikan paragraf berikut ini!

Upacara bendera merupakan salah satu bentuk upaya untuk menghargai atas perjuangan para pahlawan terhadap bangsa. Melalui upacara bendera,kita dapat meningkatkan semangat kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme,  semangat dan nilai-nilai kepahlawanan, membangkitkan peran kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian, budaya upacara bendera harus terus dilaksanakan. Sebab, jika tidak, maka generasi yang akan datang akan kehilangan rasa hormat, rasa cinta tanah air. Jadi,upacara bendera perlu diterapkan dan harus terus berjalan.

Paragraf di atas merupakan salah satu contoh ..... siswa di sekolah

            a.       Kewajiban                                    b. Hak                     

              c. Tanggung Jawab                               d. Partisipasi

 

2.        Perhatikan paragraf berikut ini!

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengesahkan konvensi hak-hak anak  (Convention on the rights of the child) pada tanggal 20 November 1989. Konvensi hak –hak anak ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan menegakan hak-hak anak di seluruh dunia. Setiap anak berhak untuk berpartisipasi dalam segala hal yang memengaruhi dirinya. Anak berhak mendapat informasi sesuai usianya. Anak juga berhak memberi pendapat jika itu berhubungan dengan kehidupannya sebagai seorang anak.

Berdasarkan teks di atas salah satu bentuk hak-hak anak yang harus dilakukan adalah ....

              a.        Hak tumbuh kembang                       c.  Hak kelangsungan hidup

              b.        Hak berpartisipasi                               d.  Hak perlindungan

 

3.       Perhatikan teks berikut ini

Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tidak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi menjadi salah satu bencana alam yang ditakuti oleh semua orang.

Teks di atas termasuk ke dalam jenis teks ....

               a.  Eksposisi                           b. Deskripsi                           

               c. Eksplanasi                          d. Narasi

 

4.       Perhatikan teks yang terdapat pada paragraf no 3. Berdasarkan paragraf tersebut ringkasan teks ekplanasi yang tepat adalah ....

a.       Bencana Alam merupakan salah satu bencana yang ditakuti semua orang

b.       Gempa bumi menimbulkan kerugian baik materil mapun korban jiwa

c.        Gempa bumi menjadi salah satu bencana alam yang ditakuti semua orang

d.       Gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia.

  

5.       Perhatikan gambar di bawah ini!


Peristiwa pada gambar di atas terjadi akibat dari ....

              a.       Penguapan tiba-tiba pada air

              b.       Penguapan air di dalam gelas

              c.        Pemuaian menyeluruh pada gelas

              d.       Pemuaian tidak merata pada gelas



6.        Perhatikan gambar di bawah ini



Perpindahan panas yang terjadi pada air yang di rebus di dalam panci, pada gambar di atas adalah ....

              a.       Konveksi                                b. Koduksi                              

              c. Radiasi                                d. Gradasi

 

7.       Perhatikan teks berikut ini!

“Sonia melakukan pengamatan terhadap pedagang sayur dan buah yang beralamat  di Jl. Dago Pojok. Tempat itu tidak jauh dari tempanya tinggal. Kegiatan pengamatan yang pertama Sonia lakukan pada pagi hari Kamis, 27 November 2014 pukul 07.00 WIB. Di sana terjadi interaksi sosial antara kelompok dengan kelompok. Mereka melakukan interaksi sosial yaitu salah satunya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Setiap pagi tempat itu selalu ramai dengan pengunjung. Disana terlihat para pembeli berinteraksi dengan para pedagang.”

Interaksi manusia dengan lingkungan di atas terjadi di ....

a.       Pasar modern                                                       c. Mini market

b.       Pasar tradisional                                                  d. Toko online

 

8.       Cermati  tabel berikut ini


No

Interaksi Manusia dengan Lingkungan

1

Bercocok tanam

2

Memahat batu

3

Peternakan

4

Gotong royong

5

Kerja bakti membersihkan aliran air yang tersumbat

Interaksi manusia dengan alam ditunjukkan oleh nomor ....

              a.       1 dan 3                   b. 2 dan 3                             

              c. 3 dan 4                      d. 4 dan 5

 

9.       Perhatikan gambar di bawah ini

 


Lagu di atas adalah salah satu contoh lagu daerah yang menggunakan tangga nada jenis ....

              a.       Slendro                 b. Pelog                  c. Pentatonis                         d. Diatonis

 

10.       Perhatikan tabel berikut ini


No

Ciri

1

Memiliki 8 nada pokok

2

Merupakan lagu nasional

3

Memiliki 5 nada pokok

4

Terdapat nada do, mi, fa, sol, si

5

Dinyanyikan secara khidmat


 Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk ciri tangga nada pelog adalah

               a.       1 dan 3                   b. 2 dan 5              c. 3 dan 4                               d. 3 dan 5


Nilai:

PKN 3.2

B.Indo 3.3

IPA 3.6

IPS 3.2

SBDP 3.2

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Pb. 4 Kelas 5B Senin 13 Mei 2024 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran     ...