Hari/tanggal : Rabu, 11 Januari 2023
Kelas : V
Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Subtema 2 : Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita
Pembelajaran : 2
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan
mengidentifikasikan hal-hal penting dari bacaan, siswa mampu menyajikan hasil
kesimpulan isi teks penjelasan pada media cetak secaratulisan dengan tepat.
2. Dengan membuat
peta konsep, siswa mampu menjelaskan cara perpindahankalor secara percaya diri.
3. Dengan melakukan
percobaan, siswa mampu menyelidiki tentang perpindahan panas secara konduksi
dengan benar.
4. Dengan
mengamati gambar pola lantai dalam tari, siswa mampu menjelaskan pengertian
pola lantai dalam tari kreasi daerah secara tepat.
Assalamu'alaikum warohmatullah
wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat
wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini
dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari
ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih
dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan!
Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita
awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta
bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH
setelah mendapatkan bantuan!
Perpindahan
Panas atau Kalor secara Konveksi
Perpindahan
kalor secara konveksi ialah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan
zat perantaranya. Umumnya peristiwa perpindahan kalor secara konveksi terjadi
pada zat cair dan gas. Zat yang menerima kalor akan memuai dan menjadi lebih
ringan sehingga akan bergerak ke atas. Saat zat yang lebih ringan tersebut
pindah ke atas, molekul zat yang ada di atasnya akan menggantikannya.
Perpindahan secara konveksi dapat diumpamakan dengan kegiatan memindahkan
setumpuk buku dari satu tempat ke tempat lain. Ketika kamu memindahkan buku
tersebut ke tempat lain, tentu kamu akan ikut bersama dengan buku-buku
tersebut. Jika buku-buku itu diumpamakan sebagai energi panas dan kamu adalah
medianya, maka perpindahan kalor dengan cara konveksi akan menyertakan
perantaranya.
Peristiwa
konveksi terjadi pada saat merebus air. Air yang letaknya dekat dengan api akan
mendapat panas sehingga air menjadi lebih ringan. Air akan bergerak ke atas dan
digantikan oleh air yang ada di atasnya. Demikian seterusnya.
Perpindahan kalor secara konveksi juga mengakibatkan terjadinya angin darat dan
angin laut. Angin darat terjadi karena udara di darat pada malam hari lebih
cepat dingin daripada udara di laut, sehingga udara yang berada di atas laut
akan naik dan udara dari darat akan menggantikan posisi udara yang naik tadi.
Angin laut terjadi karena pada siang hari daratan lebih cepat panas
dibandingkan di laut, sehingga udara di darat akan naik dan udara dari laut
akan mengalir ke darat menggantikan tempat udara yang naik tadi. Keadaan ini
digunakan para nelayan untuk pergi melaut pada malam hari dan kembali ke darat
pada pagi atau siang hari. Sedangkan contoh peristiwa konveksi yang lain adalah
penggunaan cerobong asap pada pabrik. Apakah di rumahmu dipasang jendela
ventilasi? Pemanfaatan ventilasi sebagai sirkulasi udara di dalam rumah juga
memanfaatkan perpindahan panas secara konveksi.
Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram yang menjelaskan pemahamanmu tentang konsep perpindahan panas secara konveksi sesuai pemahamanmu. Beberapa kata bantu telah dituliskan untuk mempermudah kamu menuliskan kata-kata atau kalimat penting yang mewakili setiap paragraf..
Tuliskanlah pemahamanmu tentang konsep perpindahan
panas secara konveksi dalam tulisan satu paragraf berikut.
Konveksi ialah
perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Zat yang
menerima kalor akan memuai dan menjadi lebih ringan sehingga akan bergerak ke
atas dan molekul zat yang ada di atasnya akan menggantikannya. Beberapa contoh
peristiwa konveksi antara lain pada saat merebus air, terjadinya angin darat
dan angin laut., penggunaan cerobong asap pada pabrik, dan jendela
ventilasi.
Pada beberapa
tarian, terutama tari kelompok, para penari membentuk posisi tertentu dalam
tarian. Ada sebuah tari yang jika diamati, posisi penari membuat bentuk atau
formasi tertentu. Bentuk atau formasi tertentu yang dibuat penari dalam sebuah
tari dinamakan pola lantai.
Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari.
Pola lantai ini dilakukan baik oleh penari tunggal, berpasangan, atau penari
kelompok. Dalam tarian, terdapat dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis
lurus dan lengkung. Pola garis lurus terdiri atas pola lantai horizontal,
vertikal, dan diagonal. Pengembangan pola
lantai lurus dapat berupa pola lantai zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi
lima (perhatikan gambar A).
Selain garis lurus, terdapat juga pola garis lengkung. Pola ini pun dapat
dikembangkan menjadi berbagai pola lantai. Pola lantai itu antara lain berupa
lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke
belakang (lihat gambar B).
Berikut adalah
dua jenis tari daerah yang memiliki pola lantai yang berbeda. Tari pertama
adalah Tari Jaran Kepang yang berasal dari Yogyakarta. Tari Jaran Kepang
mempunyai pola lantai gabungan antara pola lantai lurus dan lengkung yang
sederhana. Pola lantai yang digunakan pada tari ini antara lain pola melingkar,
garis lurus ke depan, dan garis horizontal. Pola lantai pada Tari Jaran Kepang
tidak memiliki makna tertentu. Pola lantai dibuat untuk formasi penari.
Berbeda dengan Tari Bedhaya Semang yang juga berasal dari Yogyakarta. Tari
klasik ini mempunyai pola lantai yang sudah tertentu dan mempunyai makna
tertentu. Pola lantai yang digunakan pada tari ini pun memiliki nama tertentu,
seperti gawang jejer wayang, gawang tigatiga, gawang perang, dan gawang
kalajengking.
pembelajaran
Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal
: Rabu, 11 Januaro 2023
Kelas
: V
Materi :
Bangun ruang Kubus
Latihan tugas
matematika!
1.
Berdasarkan
gambar di atas, coba kamu gambar kembali di buku tulismu kubus berikut
2. Kubus adalah bangun ruang yang sisi-sisinya berbentuk
....
3. tentukan titik sudut kubus pada soal no 1 diatas..
4. benda apa saja di sekitarmu yang berbentuk bangun ruang
kubus sebutkan 3 ..
5. berapa jumlah rusuk pada bangun kubus...
6. berapa jumlah diagonal sisi pada bangun kubus...
7. berapa jumlah diagonal ruang pada bangun kubus...
8. berapa jumlah bidang diagonal pada bangun kubus...
PH 1
Tema 6 Panas dan Perpindahannya
Subtema 1 Suhu dan Kalor
TAHUN
PELAJARAN 2022/2023 Nama : No. Absen : Kelas :
Pilihlah jawaban A, B, C, atau D yang paling tepat! 1.
Perhatikan
paragraf berikut ini! Upacara bendera merupakan salah satu bentuk upaya untuk
menghargai atas perjuangan para pahlawan terhadap bangsa.
Melalui upacara bendera,kita dapat meningkatkan semangat kebangsaan, cinta
tanah air, patriotisme, semangat dan nilai-nilai kepahlawanan,
membangkitkan peran kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan
demikian, budaya upacara bendera harus terus dilaksanakan. Sebab, jika tidak,
maka generasi yang akan datang akan kehilangan rasa hormat, rasa cinta tanah
air. Jadi,upacara bendera perlu diterapkan dan harus terus berjalan. Paragraf
di atas merupakan salah satu contoh ..... siswa di sekolah a. Kewajiban b. Hak c. Tanggung Jawab d.
Partisipasi 2.
Perhatikan paragraf berikut ini! Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengesahkan konvensi hak-hak anak (Convention on the rights of the child) pada
tanggal 20 November 1989. Konvensi hak –hak anak ini bertujuan untuk memberikan
perlindungan terhadap anak dan menegakan hak-hak anak di seluruh dunia. Setiap
anak berhak untuk berpartisipasi dalam segala hal yang memengaruhi dirinya.
Anak berhak mendapat informasi sesuai usianya. Anak juga berhak memberi
pendapat jika itu berhubungan dengan kehidupannya sebagai seorang anak. Berdasarkan teks di atas salah satu bentuk
hak-hak anak yang harus dilakukan adalah .... a.
Hak tumbuh kembang c. Hak
kelangsungan hidup b.
Hak berpartisipasi d. Hak perlindungan
3.
Perhatikan
teks berikut ini Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat
Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan
kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika
dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara
langsung kepada makhluk hidup tidak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan
gempa bumi menjadi salah satu bencana alam yang ditakuti oleh semua orang. Teks di atas termasuk ke dalam jenis teks
.... a. Eksposisi b. Deskripsi c. Eksplanasi d. Narasi
4.
Perhatikan teks yang terdapat pada paragraf no 3.
Berdasarkan paragraf tersebut ringkasan teks ekplanasi yang tepat adalah .... a.
Bencana Alam merupakan salah satu bencana yang ditakuti
semua orang b.
Gempa bumi menimbulkan kerugian baik materil mapun korban
jiwa c.
Gempa bumi menjadi salah satu bencana alam yang ditakuti
semua orang d.
Gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat
Indonesia. 5. Perhatikan gambar di bawah ini! Peristiwa
pada gambar di atas terjadi akibat dari .... a. Penguapan tiba-tiba pada air b. Penguapan air di dalam gelas c. Pemuaian menyeluruh pada gelas d. Pemuaian tidak merata pada gelas 6.
Perhatikan gambar di bawah ini Perpindahan panas yang terjadi pada air yang di rebus di dalam panci, pada gambar di atas adalah .... a. Konveksi b. Koduksi c. Radiasi d. Gradasi
7.
Perhatikan
teks berikut ini! “Sonia melakukan pengamatan terhadap pedagang sayur dan
buah yang beralamat di Jl. Dago Pojok.
Tempat itu tidak jauh dari tempanya tinggal. Kegiatan pengamatan yang pertama
Sonia lakukan pada pagi hari Kamis, 27 November 2014 pukul 07.00 WIB. Di sana
terjadi interaksi sosial antara kelompok dengan kelompok. Mereka melakukan
interaksi sosial yaitu salah satunya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Setiap
pagi tempat itu selalu ramai dengan pengunjung. Disana terlihat para pembeli
berinteraksi dengan para pedagang.” Interaksi manusia dengan lingkungan di atas terjadi di
.... a. Pasar
modern c.
Mini market b. Pasar
tradisional d.
Toko online 8.
Cermati tabel
berikut ini
Interaksi manusia dengan alam ditunjukkan oleh nomor .... a. 1 dan 3 b. 2 dan 3 c. 3 dan 4 d. 4 dan 5 9.
Perhatikan gambar di bawah ini Lagu di atas adalah salah satu contoh lagu daerah yang menggunakan tangga nada jenis .... a.
Slendro b.
Pelog c. Pentatonis d. Diatonis
10.
Perhatikan tabel berikut ini
Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk
ciri tangga nada pelog adalah a.
1 dan 3 b.
2 dan 5 c. 3 dan 4 d. 3 dan 5 Nilai:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar