Kelas /Semester : V/2 (dua )
Tema : Panas dan Perpindahannya
Subtema 2 : Perpindahan Kalor di Sekitar Kita
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesiadan, IPA
A. TUJUAN
1. Dengan membuat peta
konsep, siswa mampu menjelaskan isi teks penjelasan dari media cetak secara
benar.
2. Dengan melalui gambar,
siswa mampu menjelaskan cara-cara perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
secara tepat.
3. Dengan melakukan
percobaan mengggunakan sendok dan air panas, siswa mampu membuktikan
perpindahan kalor secara konduksi secara mandiri.
Pembelajaran 1
Kamu telah mempelajari tentang sumber energi panas yang ada di sekitar
kita. Tentu kamu juga dapat menyebutkan sumber panas apa saja yang ada di
sekelilingmu. Kemudian pernahkah terpikir olehmu mengapa minyak di wajan
dapat memanas? Yuk, simak bacaan berikut ini dengan saksama!
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Lalu, carilah beberapa
kata-kata kunci atau hal-hal penting dari setiap paragraf.
Perhatikan contoh berikut.
Perhatikan kembali bacaan di atas! kamu akan menemukan beberapa kata-
kata yang dicetak miring dan digarisbawahi. Carilah arti kata-kata tersebut
dari kamus dan buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut!
Buatlah kalimat lengkap menggunakan kata baku yang tepat!
Berdasarkan bacaan berjudul “Perpindahan Panas dan Kalor, buatlah sebuah
diagram tentang perpindahan panas yang kamu ketahui. Beberapa kata bantu
telah dituliskan untuk mempermudah kamu menuliskan kalimat penting yang
mewakili setiap paragraf.
Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama!
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini!
1. Buatlah daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.
Peristiwa perpindahan panas secara konduksi dapat kita jumpai sehari-hari di
sekitar kita. Kali ini kamu akan mengamati dan melakukan percobaan untuk
membuktikan perpindahan panas secara konduksi. Lakukan kegiatan berikut
ini dengan mengikuti petunjuknya secara saksama.
Menyelidiki Perpindahan Panas secara Konduksi
Alat dan Bahan yang Diperlukan:
1. Sebuah sendok dari logam
2. 200 mL air hangat
3. Sebuah gelas bening
Cara Kerja:
1. Masukkan air hangat ke dalam gelas bening.
2. Masukkan sendok ke dalam gelas yang berisi air hangat.
3. Setelah beberapa saat peganglah ujung sendok dengan tanganmu.
4. Tetaplah memegang ujung sendok selama lebih kurang
2—3 menit.
5. Catatlah apa yang kamu rasakan.
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
Setelah melakukan kegiatan di atas, jawablah pertanyaan berikut sebagai
panduan membuat kesimpulan.
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang kamu rasakan setelah memegang sendok yang dimasukkan
dalam air hangat?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
2. Mengapa ujung sendok yang kamu pegang terasa panas?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
3. Termasuk peristiwa apakah perpindahan panas pada percobaan ini?
Mengapa disebut demikian?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
Kesimpulan
Peristiwa penghantaran panas di mana zat perantaranya tidak ikut berpindah
disebut ...............................................................................................
Ayo Renungkan
1. Apa saja pengetahuan baru yang kamu dapatkan pada kegiatan
pembelajaran hari ini?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
2. Sebutkanlah beberapa hal dari kegiatan pembelajaran hari ini yang ingin
kamu ketahui lebih dalam.
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
TETAP SEMANGAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar