Hari/tanggal : Senin, 16 Januari 2023
Kelas : V
Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Subtema 2 : Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita
Pembelajaran : 5
A. TUJUAN
1.
Dengan menuliskan pemahamannya
tentang isi bacaan, siswa mampu menyajikan hasil kesimpulan isi teks penjelasan
secara tepat.
2. Dengan mengisi laporan percobaan, siswa mampu membuat laporan percobaan tentang perpindahan panas secara radiasi dengan benar.
3. Dengan berlatih, siswa mampu mengembangkan pola lantai tari kreasi daerah secara kreatif.
Buatlah daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat
lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.
Lalu, buatlah sebuah diagram yang menjelaskan isi bacaan di setiap paragraf seperti yang telah dicontohkan pada pembelajaran kedua. Tentukanlah pokok
pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan. Buatlah garis dari judul bacaan yang mewakili pokok pikiran dari bacaan ke arah pokok pikiran dari masing-
masing paragraf. Berilah keterangan bagaimana isi baca berhubungan dengan pokok pikiran di setiap paragrafnya. Lakukanlah bersama dengan teman
sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.
Berdasarkan pemahamanmu terhadap bacaan di atas, jawablah pertanyaan
berikut ini!
- Apakah yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi? ..............................................................................................................................................................................................................................................
- Apakah perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara konveksi? ..............................................................................................................................................................................................................................................
- Apakah perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara konduksi?..............................................................................................................................................................................................................................................
- Jelaskan paling sedikit tiga contoh perpindahan panas secara radiasi yang kamu ketahui! ..............................................................................................................................................................................................................................................
Alat dan Bahan:
1. satu batang lilin
2. korek api
3. penggaris
Cara Kerja:
1. Nyalakan lilin dengan menggunakan korek api yang telah disiapkan.
2. Dekatkan tanganmu ke nyala api pada jarak 2 cm, gunakan penggaris untuk mengukur jarak (hati-hati jangan sampai menyentuh api). Apa yang kamu rasakan dan catatlah!
3. Pindahkan tanganmu pada jarak 4 cm dari nyala api. Apa yang kamu rasakan? Catatlah!
4. Pindahkan tanganmu pada jarak 8 cm dari nyala api. Apa yang kamu rasakan? Catatlah!
Pertanyaan:
1. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 2 cm?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
2. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 4 cm?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
3. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 8 cm?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
4. Bagaimana panas dari nyala api bisa kamu rasakan?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
- Pilihlah sebuah tari daerahmu yang paling kamu tahu.
- Pelajari pola lantai yang digunakan pada tari tersebut. Apakah semua pola lantai yang kamu ketahui ada pada tari tersebut?
- Perhatikanlah kembali gerakan-gerakan tari pada pola lantai tertentu.
- Ubahlah pola lantai pada beberapa gerakan tari dengan pola lantai yang mungkin belum ada sebelumnya. Kamu juga dapat mengubah urutan pola lantai pada tari tersebut.
- Cobalah pola lantai yang telah kamu ubah pada tari tersebut. Perhatikan apakah pola tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan atau sesuai dengan rencana awalmu. Jika pola lantai tersebut kamu anggap tidak cukup baik diterapkan pada tari tersebut, kamu dapat melakukan perub ahan kembali.
- Demikian seterusnya hingga kamu dapat mencoba semua pola lantai yang kamu modifikasi dari tari tersebut.
- Tunjukkan pola lantai yang telah kamu kembangkan pada tari daerah pilihanmu di depan kelas.
- Apa saja sikap dan keterampilan yang kamu kembangkan pada kegiatan pembelajaran hari ini? ..............................................................................................................................................................................................................................................
- Apa saja tantangan yang kamu hadapi pada saat melakukan kegiatan pembelajaran hari ini? Bagaimana kamu mengatasinya? ..............................................................................................................................................................................................................................................
- Apa saja konsep yang ingin kamu dalami lebih lanjut? Bagaimana caramu melakukannya? .............................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar