Materi Ajar
Hari/tanggal
:
Rabu, 4 Januari
2023
Kelas
: 5
Tema
5
: Panas dan Perpindahannya
Subtema
1
: Suhu dan Kalor
Pembelajaran
:3
Manusia dengan Lingkungan Alam
Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut.
Makhluk
hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang banyak
tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang
masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang baik dan berlimpah.
Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk menahan air dan
menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana dengan manusia?
Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua.
Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan
alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya.
Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan
mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus
menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan
baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan
cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk
menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil
pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini,
tentu dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi.
Bacalah
kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut
ini!
1. Apa judul bacaan di atas?
Manusia dengan Lingkungan Alam
2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
·
Paragraf 1 : Makhluk hidup,
Lingkungan alam
·
Paragraf 2 : Benda mati dan
makhluk hidup
·
Paragraf 3 : Malkluk hidup,
Benda mati
·
Paragraf 4 : Hubungan,
Menyesuaikan diri, Memanfaatkan alam.
·
Paragraf 5 : Manusia, Alam,
Ilmu pengetahuan dan Teknologi
3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari
setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk
menjawabnya!
Mengapa makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati?
4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu
ketahui lebih dalam!
5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di
atas kepada teman sebangkumu.
Makhluk
hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan lingkungnnya.Mkhluk
hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan
ilmu pengetahuan dan teknologi
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
1.
Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam? Lingkungan alam terdiri atas
benda mati dan makhluk hidup yang saling berinteraksi.
2.
Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam? Interaksi antara
benda mati dengan makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk
hidup lainnya.
3.
Jelaskanlah salah satu contoh bentuk interaksi antara lingkungan yang
terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati! Daerah yang banyak
tumbuhannya akan membuat suhu udara menjadi lebih sejuk.
4.
Jelaskanlah interaksi apa saja yang terjadi antara manusia dengan
lingkungan alamnya! Interaksi antara manusia dan lingkungan alam, dapat
dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam
dan interaksi yang memanfaatkan alam.
5.
Berikanlah contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam
yang kamu ketahui! Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim
penghujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu
untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana
dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini. Jelaskanlah
pokok pikiran di setiap paragraf dengan menggunakan tabel berikut! Lengkapi
juga dengan informasi penting pada setiap paragrafnya!
Makhluk
hidup dan lingkungan saling berhubungan. Selain dengan lingkungan makhluk hidup
juga berhubungan dengan benda mati. Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati.
Ada 2 macam hubungan antara manusia dengan alam yaitu manusia menyesuaikan diri
dengan alam dan pemanfaatan alam oleh manusia. Manusia memanfaatkan alam
menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka miliki
Antara manusia dan lingkungan memiliki hubungan ketergantungan yang sangat
erat. Manusia dalam hidupnya senantiasa berinteraksi dengan lingkungan di mana
manusia itu berada. Dalam lingkungan alamnya manusia hidup dalam sebuah
ekosistem yakni suatu unit atau satuan fungsional dari makhluk-makhluk hidup
dengan lingkungannya.
Dalam ekosistem terdapat komponen abiotik pada umumnya merupakan faktor
lingkungan yang mempengaruhi makhluk-makhluk hidup diantaranya: tanah, udara
atau gas-gas yang membentuk atmosfer, air, cahaya, suhu atau temperatur,
sedangkan komponen biotik diantaranya adalah: produsen, konsumen, dan pengurai.
Kehidupan manusia sangat tergantung pada keadaan tumbuh-tumbuhan, binatang, dan
lingkungan fisik yang ada disekitarnya.
Konvensi
Hak-Hak Anak
Anak-anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan sebuah bangsa. Oleh
karenanya, kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus
diutamakan. Sayangnya, tidak semua anak mempunyai kesempatan yang sama dalam
mewujudkan harapannya. Banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan untuk
tumbuh dan berkembang secara sehat dan mendapatkan pendidikan yang terbaik.
Banyak anak berasal dari keluarga yang kurang mampu yang tidak mendapatkan
layanan pendidikan dan kesehatan.
Tak hanya itu, akibat perang dan pertikaian yang terjadi di beberapa negara
menyebabkan banyak anak yang menjadi korban. Hak-hak mereka terabaikan sehingga
menjadi korban kekerasan. Oleh karenanya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
mensahkan Konvensi Hak-hak Anak (Convention On The Rights of The Child) pada
tanggal 20 November 1989.
Konvensi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan
menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia. Konvensi Hak Anak, merupakan sebuah
dokumen yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang secara resmi
memberikan hak-hak kepada anak-anak sedunia. Dokumen ini juga telah
diratifikasi atau disetujui oleh hampir semua pemimpin negara yang ada di
dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukungnya pada tahun 1996.
Apa saja hak-hak anak menurut Konvensi Hak-Hak Anak? Menurut konvensi ini hak
anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:
1.
Hak Kelangsungan Hidup, hak
untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar
kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. Apakah kamu tahu nama
lengkap kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul kedua orang tuamu? Apakah
kamu tahu asal usul keluargamu? Setiap anak berhak tahu keluarganya dan
identitas dirinya.
2.
Hak Perlindungan,
perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. Kamu
memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain untuk melakukan kegiatan
keagamaanmu, atau melakukan kegiatan perayaan tradisimu. Sebagai seorang anak
kamu belum boleh bekerja, dan kamu berhak diperlakukan secara baik tanpa
kekerasan.
3.
Hak Tumbuh Kembang, hak
memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi
perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu memiliki hak
untuk sekolah, mendapatkan tempat tinggal, mendapatkan makanan dan minuman yang
layak. Hakmu adalah bermain dan mendapatkan istirahat yang cukup, karena hal
itu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu sebagai seorang anak.
4.
Hak Berpartisipasi, hak
untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. Kamu
mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan usiamu. Kamu juga
berhak untuk memberikan pendapat jika itu berhubungan dengan kehidupanmu
sebagai seorang anak.
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!
1. Tuliskan beberapa kata-kata sulit yang belum kamu pahami. Cari tahu makna
kata tersebut dengan mendiskusikannya bersama teman dan gurumu!
4.
Bagaimana kamu mendapatkan hak-hak tersebut?
Tahukah kamu tentang hakmu sebagai siswa? Bacalah artikel berikut ini dengan saksama!
Hak-Hak Seorang Siswa
Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap
anak yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk mengikuti
pendidikan. Hal ini sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang ditandatangani
pemerintah Indonesia. Setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk memperoleh
pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang akan membantunya menjadi warga
negara yang mandiri di kemudian hari.
Setiap anak yang belajar di sebuah lembaga pendidikan, baik formal maupun tidak
formal, disebut sebagai siswa. Setiap siswa yang belajar di sebuah sekolah mempunyai
hak-hak yang sama. Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud
dengan hak-hak siswa adalah hak untuk:
1.
Mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
2.
Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
3.
Mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan
berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh
pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
4.
Mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai
dengan persyaratan yang berlaku;
5.
Pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai
dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki
6.
Memperol Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas?eh penilaian
hasil belajarnya
7.
Menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
8.
Mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Matematika
Untuk
lebih jelas anak soleh dan solehah dapat menyimak video pembelajaran dibawah
ini!
Latihan
soal
Berdasarkan
gambar di atas, coba kamu gambar kembali di buku tulismu.
Tentukan
nama bangun, rusuk, sisi, titik sudut, diagonal sisi, diagonal ruang,
bidang
diagonal, dan sisi-sisi yang sejajar dari masing-masing bangun!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar