Sabtu, 31 Agustus 2019


Senin, 2 September 2019

RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran          : Matematika
Tema                           : Lingkaran
Sub Tema                 : Unsur lingkaran


Kompetensi Dasar   3.4.  Menjelaskan titik pusat,  jari-jari, diameter, busur, tali busur,tembereng, dan juring
Indikator                       :  3.4.1.  Memahami titik pusat, jari-jari dan diameter
     3.4.2.  Mengetahui busur, tali busur
Ringkasan Materi :
bagian lingkaran atau unsur-unsur lingkaran secara lengkap dan mudah dipahami. Berikut penjelasanya:
1.    Titik Pusat

Titik pusat merupakan suatu titik yang menjadi pusat/acuan suatu lingkaran sehingga jarak yang sama antara titik dengan garis lengkung lingkaran. Pada gambar diatas titik pusatnya terletak yang berwarna merah yaitu pada titik O.
2.    Jari- Jari


Jari-jari merupakan ruas garis yang menghubungkan titik pusat dengan titik pada keliling lingkaran dengan panjang sama. Pada gambar diatas yang merupakan jari-jari adalah garis yang berwarna merah yaitu OA,    OB, OC, OD.

3.    Diameter


Pada gambar diatas, diameter ditunjukkan garis merah yaitu garis AD atau garis BC. Diameter adalah ruas garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran yang melalui titik pusat lingkaran. Berdasarkan pengertian jari-jari sebelumnya, maka panjang diameter merupakan 2 kalinya jari-jari pada lingkaran. (diameter = 2 x jari-jari)
4.    Tali Busur

 Pada gambar diatas, garis merah DC merupakan tali busur lingkaran. Tali Busur adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran.  Jika sebuah tali busur yang melalui titik pusat, maka disebut juga diameter.
5.    Panjang Busur

Pada gambar diatas, garis lengkung berwarna merah merupakan busur lingkaran yaitu busur DC. Busur lingkaran   adalah   kurva  atau garis lengkung yang merupakan himpunan   bagian   dari  lingkaran. Busur setengah lingkaran memiliki sudut 180o
6.    Juring
Pada gambar diatas, luas juring merupakan daerah yang berwarna kuning yaitu juring AOB. Juring adalah suatu daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari yang berbeda dan busur lingkaran.
                7.    Tembereng
 
Pada gambar diatas, yang merupakan tembereng adalah daerah yang berwarna kuning. Tembereng adalah suatu daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh  busur dan tali busur.

LATIHAN SOAL

Menyebutkan Bagian Bagian Lingkaran

Sebutkan setiap bagian bagian lingkaran pada gambar dibawah berikut


 . BO merupakan …
2. BC merupakan …
3. Titik pusat lingkaran diatas adalah …
4. DG merupakan …
5. AB merupakan ….

Tidak ada komentar:

Pb. 4 Kelas 5B Senin 13 Mei 2024 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran     ...