Materi Ajar Kelas 6
Hari/Tanggal : Rabu, 19 Februari 2020
Tema 9 : MENJELAJAH ANGKASA LUAR
Subtema 1 : KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN
PB : 5 & 6
Tema 9 : MENJELAJAH ANGKASA LUAR
Subtema 1 : KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN
PB : 5 & 6
PEMBELAJARAN 5
MATAHARI PUSAT SISTEM
TATA SURYA
Buatlah paling sedikit dua pertanyaan yang berhubungan
dengan peristiwa alam tersebut!
- Mengapa matahari terbit dari timur?
- Mengapa jika malam hari suasana menjadi gelap?
Ayo Berdiskusi
Peristiwa terbit dan tenggelamnya matahari merupakan
salah satu peristiwa alam. Kedua peristiwa tersebut menunjukkan keteratura yang
terus berlangsung hingga saat ini. Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan
hal-hal berikut ini:
1. Adakah keteraturan peristiwa
alam yang kamu amati selain peristiwa Matahari terbit dan tenggelam tersebut?
Jawaban :
Ada. Diantaranya rotasi Bumi yang selalu teratur arah rotasinya. Peredaran planet-planet yang teratur pada jalur orbitnya. Keteraturan arah revolusi bulan terhadap Bumi. Keteraturan rotasi satelit-satelit planet lainnya terhadap planetnya masing-masing, dan sebagainya.
Jawaban :
Ada. Diantaranya rotasi Bumi yang selalu teratur arah rotasinya. Peredaran planet-planet yang teratur pada jalur orbitnya. Keteraturan arah revolusi bulan terhadap Bumi. Keteraturan rotasi satelit-satelit planet lainnya terhadap planetnya masing-masing, dan sebagainya.
2. Bagaimana kamu
menjelaskan makna keteraturan?
Jawaban :
Keteraturan adalah suatu kesamaan keadaan/kegiatan, atau suatu proses yang terjadi beberapa kali/berulang dimana proses tersebut terjadi secara baik/rapi/teratur
Jawaban :
Keteraturan adalah suatu kesamaan keadaan/kegiatan, atau suatu proses yang terjadi beberapa kali/berulang dimana proses tersebut terjadi secara baik/rapi/teratur
3.
Bagaimana keteraturan memberikan manfaat kepada
manusia?
Jawaban :
Jawaban :
- Keteraturan peredaran benda langit pada orbitnya memberi manfaat bagi
manusia terutama dalam menentukan arah/posisi melalui rasi bintang
- Keteraturan rasi bintang digunakan manusia untuk menentukan waktu yang
tepat untuk memulai masa tanam/menggarap sawah
- Keteraturan angin darat dan angin laut bermanfaat bagi manusia saat
melaut
- Adanya keteraturan siklus air bermanfaat bagi kelangsungan hidup
manusia
- Adanya keteraturan siklus siang dan malam bermanfaat bagi manusia
dalam menentukan waktu beraktivitas dan waktu istirahat
4.
Keteraturan seperti apa yang kamu harapkan terjadi di
sekitarmu?
Jawaban :
Jawaban :
- Keteraturan dalam bersosialisasi/berinteraksi antar manusia
- Keteraturan dalam berinteraksi dengan alam/lingkungan
5. Bagaimana memastikan
terjadinya keteraturan di dalam kehidupan pribadimu?
Jawaban :
Dengan berkomitmen/berdisiplin melaksanakan segala hal yang sudah menjadi kewajiban saya dan menyeimbangankan kewajiban tersebut dengan hak saya, sehingga terjadi keteraturan.
Jawaban :
Dengan berkomitmen/berdisiplin melaksanakan segala hal yang sudah menjadi kewajiban saya dan menyeimbangankan kewajiban tersebut dengan hak saya, sehingga terjadi keteraturan.
6. Bagaimana memastikan
terjadinya keteraturan dalam hidup bermasyarakat?
Jawaban :
Keteraturan dalam masyarakat akan terjadi apabila setiap individu melaksanakan kewajiban dan menerima haknya sesuai ketentuan/seimbang
Jawaban :
Keteraturan dalam masyarakat akan terjadi apabila setiap individu melaksanakan kewajiban dan menerima haknya sesuai ketentuan/seimbang
Jelaskanlah hasil diskusimu dengan menggunakan peta
pikiran. Lalu, presentasikanlah di dalam kelompok kecil di dalam kelas.
Catatlah hal-hal menarik dan baru dari hasil diskusi dengan teman-temanmu.
Tuliskanlah beberapa pertanyaan yang muncul pada saat diskusi tersebut.
Bacalah kembali artikel tentang "Mengenal Tata
Surya" pada pembelajaran 2. Bacaan "Matahari Pusat Sistem Tata
Surya". Melalu dua bacaan tersebut, kita dapat melakukan pengelompokan
sifat-sifat anggota tata surya
Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukan pengelompokan anggota tata surya dengan melengkapi tabel berikut.
Urutkan planet di dalam tata surya dari yang terdekat hingga terjauh dari matahari.
Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukan pengelompokan anggota tata surya dengan melengkapi tabel berikut.
Urutkan planet di dalam tata surya dari yang terdekat hingga terjauh dari matahari.
Urutkan planet dari yang terpanas hingga yang
terdingin
Urutkan planet yang melakukan rotasi paling cepat
hingga yang paling lambat
Urutkan planet yang melakukan revolusi dari yang
paling cepat ke yang paling lambat
Perbedaan dan persamaan antara planet dalam dan planet luar
Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari kegiatan
pembelajaran di atas?
Jawaban :
Bahwa keteraturan itu sangat penting dan bermanfaat bagi semua. Termasuk keteraturan dalam dunia antariksa, seperti keteraturan planet-planet di ruang angkasa. Planet-planet dapat dibedakan berdasarkan jarak dari matahari, berdasarkan ukuran, berdasarkan suhu planet, berdasarkan rotasi planet, berdasarkan kecepatan revolusi, maupun berdasarkan letak planet dalam dan planet luar. Kita dapat mengetahui persamaan dan perbedaan dari planet dalam dan planet luar.
Adakah pertanyaan yang kamu miliki sehubungan dengan keteraturan dalam tata surya setelah melakukan kegiatan tersebut?
Mengapa letak orbit (garis edar) tiap planet itu berbeda?
Ayo Menulis
Lengkapi diagram berikut ini setelah kamu membaca cerita fiksi di atas!
Jawaban:
Judul Cerita :
Masih adda Waktu, Arya!
Pengarang:
Diana Karitas
Watak Tokoh Utama :
Sayang Saudara, Rela berkorban demi keteraturan
Watak Tokoh Tambahan :
Sayang anak, Bijaksana
Gambar Tempat peristiwa :
Gambaran tempat peristiwa adalah di tempat pembelian tiket gedung bioskop, dimana terjadi antrian yang cukup panjang.
Jawaban :
Bahwa keteraturan itu sangat penting dan bermanfaat bagi semua. Termasuk keteraturan dalam dunia antariksa, seperti keteraturan planet-planet di ruang angkasa. Planet-planet dapat dibedakan berdasarkan jarak dari matahari, berdasarkan ukuran, berdasarkan suhu planet, berdasarkan rotasi planet, berdasarkan kecepatan revolusi, maupun berdasarkan letak planet dalam dan planet luar. Kita dapat mengetahui persamaan dan perbedaan dari planet dalam dan planet luar.
Adakah pertanyaan yang kamu miliki sehubungan dengan keteraturan dalam tata surya setelah melakukan kegiatan tersebut?
Mengapa letak orbit (garis edar) tiap planet itu berbeda?
Ayo Menulis
Lengkapi diagram berikut ini setelah kamu membaca cerita fiksi di atas!
Jawaban:
Judul Cerita :
Masih adda Waktu, Arya!
Pengarang:
Diana Karitas
Watak Tokoh Utama :
Sayang Saudara, Rela berkorban demi keteraturan
Watak Tokoh Tambahan :
Sayang anak, Bijaksana
Gambar Tempat peristiwa :
Gambaran tempat peristiwa adalah di tempat pembelian tiket gedung bioskop, dimana terjadi antrian yang cukup panjang.
Hubungan
antara Tokoh Utama dan Tokoh Tambahan
Hubungan keluarga, antara ayah dan anaknya
Hubungan keluarga, antara ayah dan anaknya
Isi Cerita
Arya senang sekali karena hendak menonton film bersama ayahnya di bioskop. Namun kegembiraannya mulai memudar begitu mengetahui banyaknya penonton yang ingin melihat film tersebut, yang menyebabkan terjadinya antrian yang cukup panjang. Arya pun mulai murung, dia sempat berpikir seandainya tadi sepeda kakaknya tidak rusak, dana ayah tidak memperbaiki sepeda kakaknya, mungkin ia dan ayah bisa datang lebih awal, sehingga tidak perlu mengantri lama. Mengetahui hal tersebut ayah Arya menasihatinya dan Arya bisa memahaminya. Tiba-tiba terdengar suara anak perempuan yang kesakitan perutnya. Mengetahui hal tersebut Arya berinisiatif untuk mempersilahkan anak perempuan dan orang tua tersebut untuk lebih dahulu daripada Arya untuk membeli tiket. Arya berpikir, jika dia tidak mengalah, maka akan timbul suasana tidak teratur di antrean akibat sakitnya anak perempuan tersebut. Arya ingin memastikan semua tetap teratur dan dapat melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah direncanakan. Ayah bangga dengan keputusan Arya tersebut.
Arya senang sekali karena hendak menonton film bersama ayahnya di bioskop. Namun kegembiraannya mulai memudar begitu mengetahui banyaknya penonton yang ingin melihat film tersebut, yang menyebabkan terjadinya antrian yang cukup panjang. Arya pun mulai murung, dia sempat berpikir seandainya tadi sepeda kakaknya tidak rusak, dana ayah tidak memperbaiki sepeda kakaknya, mungkin ia dan ayah bisa datang lebih awal, sehingga tidak perlu mengantri lama. Mengetahui hal tersebut ayah Arya menasihatinya dan Arya bisa memahaminya. Tiba-tiba terdengar suara anak perempuan yang kesakitan perutnya. Mengetahui hal tersebut Arya berinisiatif untuk mempersilahkan anak perempuan dan orang tua tersebut untuk lebih dahulu daripada Arya untuk membeli tiket. Arya berpikir, jika dia tidak mengalah, maka akan timbul suasana tidak teratur di antrean akibat sakitnya anak perempuan tersebut. Arya ingin memastikan semua tetap teratur dan dapat melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah direncanakan. Ayah bangga dengan keputusan Arya tersebut.
Apa yang terjadi jika Arya tidak cepat mempersilakan
orang dibelakangnya mengambil antreannya? Lanjutkan cerita di atas dengan
menggunakan imajinasimu. Lalu, tulislah hasil pengembangan ceritamu ke dalam
sebuah paragraf.
Arya senang sekali karena hendak menonton film bersama ayahnya di bioskop. Namun ia jadi murung setelah melihat antrean pembelian tiket yang cukup panjang. Arya sempat berpikir seandainya ayahnya tidak memperbaiki sepeda kakaknya yang rusak, mungkin mereka bisa datang lebih awal dan tidak antre terlalu lama. Ayah menasihati Arya, namun Arya tetap cemberut. Tiba-tiba anak perempuan yang antre dibelakang Arya mengeluh perutnya sakit, karena kebelet untuk ke toilet untuk buang air besar. Namun Arya tidak peduli, karena sebentar lagi adalah gilirannya setelah menunggu lama. Akibat dari tindakan Arya tersebut adalah anak perempuan yang masih kecil itu akhirnya buang air besar di tempat, karena tidak tertahankan. Tentu saja peristiwa tersebut menimbulkan kekacauan, antrean yang rapi jadi rusak, karena beberapa orang yang dekat dengan peristiwa menyingkir menjauh, mengetahui itu beberapa orang berniat menerobos antrean, dan hal ini menimbulkan pertengkaran di kalangan calon pembeli tiket. Untuk menghindari kekacauan dan pertengkaran lebih parah, maka pihak bioskop menutup sementara tiket pembelian, sehingga tidak ada calon pembeli tiket yang bisa dilayani, termasuk Arya. Arya menjadi menyesal atas tindakannya tersebut.
Arya senang sekali karena hendak menonton film bersama ayahnya di bioskop. Namun ia jadi murung setelah melihat antrean pembelian tiket yang cukup panjang. Arya sempat berpikir seandainya ayahnya tidak memperbaiki sepeda kakaknya yang rusak, mungkin mereka bisa datang lebih awal dan tidak antre terlalu lama. Ayah menasihati Arya, namun Arya tetap cemberut. Tiba-tiba anak perempuan yang antre dibelakang Arya mengeluh perutnya sakit, karena kebelet untuk ke toilet untuk buang air besar. Namun Arya tidak peduli, karena sebentar lagi adalah gilirannya setelah menunggu lama. Akibat dari tindakan Arya tersebut adalah anak perempuan yang masih kecil itu akhirnya buang air besar di tempat, karena tidak tertahankan. Tentu saja peristiwa tersebut menimbulkan kekacauan, antrean yang rapi jadi rusak, karena beberapa orang yang dekat dengan peristiwa menyingkir menjauh, mengetahui itu beberapa orang berniat menerobos antrean, dan hal ini menimbulkan pertengkaran di kalangan calon pembeli tiket. Untuk menghindari kekacauan dan pertengkaran lebih parah, maka pihak bioskop menutup sementara tiket pembelian, sehingga tidak ada calon pembeli tiket yang bisa dilayani, termasuk Arya. Arya menjadi menyesal atas tindakannya tersebut.
PEMBELAJARAN 6
PENTINGNYA PERSATUAN
DAN KESATUAN BANGSA
Perhatikan gambar kegiatan berikut ini dengan saksama.
Lalu, diskusikan pendapatmu dengan teman sekelompokmu tentang peristiwa dalam
gambar dengan upaya keteraturan yang diupayakan masyarakat
Gambar
1 :
menunjukkan tentang keteraturan yang terjadi saat pengunjung kebun binatang
sedang antri untuk membeli tiket. Tidak ada desak-desakan untuk saling
mendahului antar pengunjung yang ingin membeli tiket, sehingga tidak terjadi
konflik diantara mereka. Dengan tidak ada/berkurangnya konflik, maka diharapkan
akan muncul persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat
Gambar
2 :
menunjukkan keteraturan dalam berbaris saat siswa mengikuti kegiatan
upacara/kegiatan yang lain. Dengan adanya keteraturan tersebut maka diharapkan
akan muncul kebersamaan dan kekeluargaan tanpa adanya diskriminasi, sehingga
akan muncul sikap persamaan derajat, yang pada akhirnya akan menimbulkan sikap
persatuan dan kesatuan di kalangan siswa.
Ayo Berdiskusi
A.
Bersama kelompokmu, lakukanlah kegiatan sebagai
berikut :
- Bacalah
kembali bacaan "Pentingnya persatuan dan kesatuan Bangsa
Indonesia" dengan saksama. Tentukan beberapa informasi-informasi
penting yang terdapat di dalam bacaan.
- Gunakan
tabel berikut ini untuk mengingat ide-ide pokok dari bacaan tersebut.
- Diskusikan
bersama dengan kelompokmu peristiwa-peristiwa yang terjadi yang
menunjukkan pentingnya persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri,
masyarakat serta bangsa dan negara. Kamu dapat menggunakan berbagai sumber
informasi untuk menjelaskan peristiwa tersebut
- Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas dengan memberikan kesempatan kelompok lain untuk memberikan pertanyaan berdasarkan presentasimu.
B.
Dari hasil diskusi dan presentasi dari kelompokmu dan
kelompok lain, catatlah hal-hal menarik dan tuliskanlah pertanyaan yang
berhubungan dengan isi presentasi tersebut. Catat dan tuliskanlah di tempat
yang tersedia.
Hal menarik :
- Pentingnya persatuan dan kesatuan
- Keteraturan
- Budaya antri
- Gotong royong
- Peran sikap jujur
Pertanyaanku :
- Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
- Apa sebab keteraturan di sebagian besar masyarakat masih kurang?
- Mengapa budaya antri di negara Indonesia masih sangat rendah
dibandingkan dengan negara lain?
- Apa yang dimaksud dari gotong royong?
- Mengapa sikap jujur sangat penting dalam membangun persatuan dan
kesatuan bangsa?
Lengkapi diagram berikut ini!
Tuliskan ringkasanmu di sini
Wina
mendapat tugas menulis cerpen yang harus segera dikumpulkan esok hari. Untuk
mempersingkat waktu, Wina menyalin cerpen dari majalah lama. Esok paginya Wina
mengumpulkan tugasnya kepada Boy, si ketua kelas. Tera sebagai teman sebangku
menyarankan agar Wina tidak melakukan plagiat.
Ketika Ibu Indi sebagai guru membagikan tugas menulis cerpen yang sudah diperiksan, bu Indi memberi penghargaan kepada Wina berkat tulisan cerpennya yang bagus dan meminta Wina maju ke depan untuk membacakan cerpennya. Wina kemudian berkata jujur kepada bu Indi dan semua teman-temannya kalau karya cerpennya adalah hasil menyalin dari cerpen majalah lama. Bu Indi dengan bijaksana tidak marah, tetapi tetap memberi hukuman yang adil kepada Wina untuk membuat cerpen lagi untuk dikumpulkan esok harinya, dan Wina dengan senang hati menerima hukuman tersebut.
Ketika Ibu Indi sebagai guru membagikan tugas menulis cerpen yang sudah diperiksan, bu Indi memberi penghargaan kepada Wina berkat tulisan cerpennya yang bagus dan meminta Wina maju ke depan untuk membacakan cerpennya. Wina kemudian berkata jujur kepada bu Indi dan semua teman-temannya kalau karya cerpennya adalah hasil menyalin dari cerpen majalah lama. Bu Indi dengan bijaksana tidak marah, tetapi tetap memberi hukuman yang adil kepada Wina untuk membuat cerpen lagi untuk dikumpulkan esok harinya, dan Wina dengan senang hati menerima hukuman tersebut.
C. Lengkapilah tabel
berikut ini berdasarkan cerita di atas. Jelaskan setiap tokoh tambahan yang ada
di dalam cerita dengan wataknya sesuai dengan imajinasimu berdasarkan cerita di
atas.
TOKOH TAMBAHAN SESUAI IMAJINASI
CERITA KEJUJURAN WINA
Nama Tokoh Tambahan
|
Gambar sesuai
imajinasimu
|
Watak sesuai cerita
dan imajinasimu
|
Boy (ketua kelas)
|
Siswa laki-laki, berbadan tegap
|
Bertanggungjawab, cekatan
|
Tera (teman sebangku Wina)
|
Siswa perempuan, langsing
|
Baik, peduli dengan teman
|
Bu Indi (guru)
|
Guru perempuan, berambut panjang, langsing
|
Tegas, bijaksana, adil
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar