Materi Ajar Kelas 6
Hari/Tanggal :
Senin, 17 Februari 2020
Tema 9 : MENJELAJAH ANGKASA LUAR
Subtema 1 : KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN
PB : 1 & 2
Tema 9 : MENJELAJAH ANGKASA LUAR
Subtema 1 : KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN
PB : 1 & 2
PEMBELAJARAN 1
KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN
Tahukah kamu apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?
·
Perbedaan lama siang-malam
·
Perubahan rasi bintang
·
Gerak semu tahunan Matahari
·
Perubahan musim
1. Perhatikan dengan saksama gambar sistem
tata surya pada halaman sebelumnya. Namailah setiap planet yang terdapat dalam
tata surya secara berurutan.
Judul Kegiatan : Mengenal Tata Surya
Tujuan Pengamatan : Mengetahui atau mengenal sistem tata surya dan cara kerja anggota sistem
tata surya, serta ciri khusus masing-masing planet
Metode : Membaca
Metode : Membaca
Hasil Pengamatan :
Sistem tata surya menjadikan Matahari sebagai pusat. Matahari adalah sebuah
bintang raksasa yang sangat panas seperti bola pijar. Planet yang terdekat
dengan Matahari adalah Merkurius, terlihat dari Bumi sesaat setelah Matahari
terbenam, atau sebelum Matahari terbit. Merkurius melesat cepat mengelilingi
Matahari, namun lambat dalam berotasi. Planet Venus merupakan planet terdekat
dengan Bumi. Venus lebih panas dibandingkan Merkurius karena adanya lapisan
atmosfer yang tebal. Venus menjadi planet paling terang diantara planet lain.
Venus berotasi searah jarum jam. Bumi disebut juga planet Biru karena sebagian
besar Bumi berupa lautan. Planet Mars dijuluki planet merah. Disebut-sebut
paling menyerupai Bumi. Planet Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya.
Planet Jupiter merupakan planet yang sebagian besar terdiri atas gas. Memiliki
bintik merah yang ternyata merupakan badai raksasa. Planet Saturnus memiliki
cincin yang melingkari tubuhnya. Salah satu satelit yang paling terkenal
mengelilingi Saturnus adalah Titan. Planet Uranus berputar miring karena
porosnya yang hampir sejajar dengan orbitnya. Planet ini sangat dingin, yaitu
sekitar minus 212 derajat celcius. Planet yang berada di urutan paling jauh
dari Matahari adalah planet Neptunus. Planet ini tampak berwarna biru gelap.
Terdiri atas gumpalan gas. Salah satu satelit yang mengelilingi Neptunus
bergerak berlawanan arah dengan satelit-satelit dan planet-planet lainnya.
Kesimpulan :
Karakteristik dari planet-planet dalam tata surya berbeda-beda. Masing-masing mempunyai ciri khas sendiri. Ada planet yang mirip dengan Bumi yaitu planet Mars.
Karakteristik dari planet-planet dalam tata surya berbeda-beda. Masing-masing mempunyai ciri khas sendiri. Ada planet yang mirip dengan Bumi yaitu planet Mars.
Urutkan planet-planet tersebut berdasarkan ukurannya dari yang terkecil
hingga yang terbesar berdasarkan gambar yang tersedia di halaman sebelumnya.
Nama Planet dalam Tata Surya berdasarkan ukurannya
Nama Planet dalam Tata Surya berdasarkan ukurannya
Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!
a.
Apakah nama planet yang terletak paling dekat dengan Matahari?
Jawaban : Merkurius
b.
Apakah nama planet yang terletak paling jauh dari Matahari?
Jawaban : Neptunus
c.
Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling kecil dalam sistem tata
surya?
Jawaban : Merkurius
Jawaban : Merkurius
d.
Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling besar dalam sistem tata
surya?
Jawaban : Jupiter
Jawaban : Jupiter
e.
Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling cepat? Mengapa?
Jawaban : Merkurius. Karena letak Merkurius paling dekat dengan Matahari sehingga waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Matahari menjadi paling cepat.
Jawaban : Merkurius. Karena letak Merkurius paling dekat dengan Matahari sehingga waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Matahari menjadi paling cepat.
f.
Apakah nama planet yang memiliki mengalami revolusi paling lama? Mengapa?
Jawaban : Neptunus. Karena letak Neptunus paling jauh dari Matahari, sehingga jarak yang ditempuh Neptunus untuk melakukan satu kali mengelilingi Matahari menjadi lebih lama daripada planet lain
Jawaban : Neptunus. Karena letak Neptunus paling jauh dari Matahari, sehingga jarak yang ditempuh Neptunus untuk melakukan satu kali mengelilingi Matahari menjadi lebih lama daripada planet lain
Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui bermain peran tentang sistem tata surya
Berdasarkan kegiatan tersebut, tuliskan paling sedikit tiga pertanyaan tentang sistem tata surya. Tuliskan pertanyaanmu di tempat yang telah disediakan di bawah ini.
Kamu telah mengetahui bermain peran tentang sistem tata surya
Berdasarkan kegiatan tersebut, tuliskan paling sedikit tiga pertanyaan tentang sistem tata surya. Tuliskan pertanyaanmu di tempat yang telah disediakan di bawah ini.
1. Apa nama julukan untuk planet Mars?
(Planet Merah)
2. Mengapa Bumi disebut sebagai Planet
Biru? (Karena sebagian besar wilayah Bumi berupa
lautan)
3. Apa ciri khusus planet Saturnus?
(Saturnus terlihat memiliki cincin yang melingkari
tubuhnya)
4. Mengapa Mars disebut mirip dengan Bumi?
(karena 1 hari di Mars hampir sama dengan 1
hari di
Bumi, yaitu 24,6 jam. Juga memiliki kutub es sama seperti Bumi. Mars juga
memiliki
lapisan
Atmosfer seperti Bumi walaupun lebih tipis.
5. Mengapa planet uranus berputar miring?
(Karena porosnya hampir sejajar dengan orbitnya)
Berdasarkan kegiatan
tersebut, tuliskan beberapa hal baru yang menarik yang kamu temukan selama
kegiatan. Tuliskan beberapa kosakata baru beserta artinya. Lalu tuliskan juga
beberapa pertanyaan yang masih kamu miliki tentang kegiatan pembelajaran kali
ini.
Fakta menarik :
Bahwa tiap planet dalam tata surya memiliki ciri-ciri tertentu. Bahwa ada planet yang mirip dengan Bumi, yaitu Mars.
Kosakata baru :
Bahwa tiap planet dalam tata surya memiliki ciri-ciri tertentu. Bahwa ada planet yang mirip dengan Bumi, yaitu Mars.
Kosakata baru :
Pertanyaanku hari ini :
Adakah Sumber energi panas selain Matahari yang ada di tata surya?
Lengkapi Diagram berikut setelah kamu membaca cerita fiksi "Barisan yang menyenangkan"
Judul Cerita Fiksi : Barisan yang menyenangkan
Penulis : Amanda Naila
Sifat dari Tokoh Utama : Cerdas, Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, religius
Tindakan yang dilakukan : Memikirkan secara mendalam informasi yang didapat
Gambar :
Seorang gadis berusia 12 tahun dengan rambut berkepang dua, cantik dan energik, cerdas dan religius
Lengkapi Diagram berikut setelah kamu membaca cerita fiksi "Barisan yang menyenangkan"
Judul Cerita Fiksi : Barisan yang menyenangkan
Penulis : Amanda Naila
Sifat dari Tokoh Utama : Cerdas, Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, religius
Tindakan yang dilakukan : Memikirkan secara mendalam informasi yang didapat
Gambar :
Seorang gadis berusia 12 tahun dengan rambut berkepang dua, cantik dan energik, cerdas dan religius
Pendapatmu tentang Tokoh Utama :
Seorang gadis yang cerdas dengan rasa ingin tahu yang kuat, ceria serta religius
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan karangan fiksi "Barisan yang Menyenangkan"
1. Bercerita tentang apakah karangan fiksi tersebut?
Jawaban : Pemikiran Tiara tentang orbit edar planet-planet
2. Siapakah tokoh utama karangan fiksi tersebut?
Jawaban : Tiara
3. Siapakah tokoh tambahan dalam karangan fiksi tersebut?
Jawaban : Ayah, Ibu
4. Di manakah peristiwa dalam karangan fiksi tersebut?
Jawaban : Halaman belakang rumah Tiara
5. Gambarkan tokoh utama dan tempat dalam karangan di atas sesuai imajinasimu. Gunakan kotak pada halaman setelah ini, lalu gambar tokoh utama dan tempat cerita itu terjadi. Berilah warna dengan menggunakan pensil warna. Lalu jelaskan gambar yang kamu buat di depan kelas dengan percaya diri
Tokoh utama :
Tempat/latar :
Seorang gadis yang cerdas dengan rasa ingin tahu yang kuat, ceria serta religius
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan karangan fiksi "Barisan yang Menyenangkan"
1. Bercerita tentang apakah karangan fiksi tersebut?
Jawaban : Pemikiran Tiara tentang orbit edar planet-planet
2. Siapakah tokoh utama karangan fiksi tersebut?
Jawaban : Tiara
3. Siapakah tokoh tambahan dalam karangan fiksi tersebut?
Jawaban : Ayah, Ibu
4. Di manakah peristiwa dalam karangan fiksi tersebut?
Jawaban : Halaman belakang rumah Tiara
5. Gambarkan tokoh utama dan tempat dalam karangan di atas sesuai imajinasimu. Gunakan kotak pada halaman setelah ini, lalu gambar tokoh utama dan tempat cerita itu terjadi. Berilah warna dengan menggunakan pensil warna. Lalu jelaskan gambar yang kamu buat di depan kelas dengan percaya diri
Tokoh utama :
Tempat/latar :
desainrumahnya
Setelah mendengarkan presentasi teman-temanmu, lakukanlah perenungan dengan menjawab pertanyaan berikut ini.
1. Apakah kamu dan teman-temanmu memiliki gambaran yang serupa tentang tokoh utama dan tempat dari karangan tersebut? Dalam hal apa saja gambaran yang kalian buat memiliki kesamaan?
Jawaban :
Ya. Dalam hal ciri fisik tokoh utama, serta lokasi/tempat cerita
2. Bagian mana saja yang berbeda dengan gambaran teman-temanmu?............
Setelah mendengarkan presentasi teman-temanmu, lakukanlah perenungan dengan menjawab pertanyaan berikut ini.
1. Apakah kamu dan teman-temanmu memiliki gambaran yang serupa tentang tokoh utama dan tempat dari karangan tersebut? Dalam hal apa saja gambaran yang kalian buat memiliki kesamaan?
Jawaban :
Ya. Dalam hal ciri fisik tokoh utama, serta lokasi/tempat cerita
2. Bagian mana saja yang berbeda dengan gambaran teman-temanmu?............
(alternatif jawaban berbeda-beda, tergantung siswa/teman lain)
3. Apakah yang terjadi jika di dalam cerita tersebut tidak ada tokoh utama?
Jawaban :
Cerita jadi tidak menarik, jadi hambar, karena tokoh utama memegang peran penting dalam cerita.
4. Apakah fungsi tokoh utama dalam cerita fiksi tersebut?
Jawaban :
Tokoh utama membuat suatu cerita lebih hidup dan menarik, seolah-olah terjadi di alam nyata. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.
3. Apakah yang terjadi jika di dalam cerita tersebut tidak ada tokoh utama?
Jawaban :
Cerita jadi tidak menarik, jadi hambar, karena tokoh utama memegang peran penting dalam cerita.
4. Apakah fungsi tokoh utama dalam cerita fiksi tersebut?
Jawaban :
Tokoh utama membuat suatu cerita lebih hidup dan menarik, seolah-olah terjadi di alam nyata. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.
PEMBELAJARAN 2
CIRI-CIRI PLANET DALAM TATA SURYA
3. Dengan menggunakan kertas ukuran A3, setiap kelompok akan menyajikan beberapa informasi sebagai berikut.
a. Gambar planet atau Matahari
b. Informasi tentang ukuran, jarak dari Matahari atau urutan planet dari Matahari, diameter, serta kecepatan rotasi dan revolusi
c. Semua informasi menarik yang menjadi keunikan planet tersebut.
Jawaban :
Planet Merkurius
·
Diameter Merkurius 4.879 km dan volume 6,083 x
·
Planet terdekat dengan Matahari, dengan jarak 57.000.000 km
·
Planet berwarna abu-abu
·
Planet terkecil dalam tata surya
·
Termasuk kelompok planet kebumian dan planet dalam
·
Periode rotasi 59 hari
·
Periode revolusi 88 hari
·
Tidak mempunyai lapisan atmosfer
·
Tidak memiliki satelit
·
Siang hari suhu sangat panas, bisa mencapai 430⁰ C dengan suhu rata-rata 70⁰ C. Saat malam hari suhu bisa mencapai
-180⁰ C dengan suhu
rata-rata -70⁰ C
Venus (pixabay)
Urutan ke 2 dari planet terdekat dari Matahari
Jarak Venus dari Matahari adalah 108,2 juta km
Planet terdekat dengan Bumi, dengan jarak 38, 2 juta km
Diameter 12.104 km dan volume 9,38x10¹¹ km³
Planet terpanas di tata surya, suhunya bisa mencapai 462⁰ C.
Periode rotasi 243 hari
Periode revolusi 225 hari
Tidak memiliki satelit
Jarak Venus dari Matahari adalah 108,2 juta km
Planet terdekat dengan Bumi, dengan jarak 38, 2 juta km
Diameter 12.104 km dan volume 9,38x10¹¹ km³
Planet terpanas di tata surya, suhunya bisa mencapai 462⁰ C.
Periode rotasi 243 hari
Periode revolusi 225 hari
Tidak memiliki satelit
Planet Bumi
·
Urutan ke-3 planet terdekat ke Matahari
·
Jarak Bumi ke Matahari adalah 149,6 juta km
·
Diameter 12.742 km dan volume 1,08x10¹² km³
·
Rotasi 24 jam dalam 1 hari
·
Revolusi 365 hari dalam 1 tahun
·
Memiliki 1 buah satelit alami, yaitu Bulan
Planet Mars
·
Urutan ke-4 planet terdekat ke Matahari
·
Jarak Mars ke Matahari adalah 227 juta km, dengan jarak terdekatnya adalah
206 juta km dan terjauh 246 juta km
·
Diameter 6.779 km dan volume 1,632x10¹¹ km³
·
Periode rotasi adalah 24,6 jam
·
Periode revolusi adalah 687 hari
·
Memiliki 2 satelit, yaitu Phobos dan Demos
Planet Yupiter
·
Urutan ke-5 dari planet terdekat ke Matahari
·
Jarak Yupiter ke Matahari adalah 778,55 juta km
·
Planet terbesar dalam tata surya kita
·
Diameter 139.822 km dan volume 1,43x10¹⁵ km³
·
Pada atmosfer terdapat bintik merah besar, yaitu sebuah badai besar yang
muncul akibat perbedaan aliran lapisan yang berlawanan
·
Periode rotasi 10 jam
·
Periode Revolusi 11,86 tahun
·
Memiliki 67 satelit
Planet Saturnus
Saturnus
·
Urutan ke-6 planet terdekat ke Matahari
·
Jarak planet Saturnus ke Matahari adalah 1,4 milyar km
·
Memiliki cincin yang terbuat dari gumpalan-gumpalan es
·
Diameter 116.464 km dan volume sebesar 8,2713x10¹⁴ km³
·
Periode rotasi 10,7 jam
·
Periode revolusi 29,5 tahun
·
Memiliki 56 satelit
Planet Uranus
·
Uranus (photojournaljpl.nasa.gov)
·
Urutan ke-7 planet terdekat ke Matahari
·
jarak dari Matahari adalah 2,7 milyar km
·
Memiliki cincin unik yang melingkari planet secara vertikal
·
Diameter 50.724 km dan volume 6,833x10¹³ km³
·
Periode rotasi 17 jam
·
Periode revolusi 84 tahun
·
Mempunyai 27 buah satelit
Planet Neptunus
Neptunus
·
Urutan ke-8 planet terdekat dari Matahari
·
Jarak Neptunus ke Matahari adalah 4,5 milyar km
·
Berwarna biru
·
Memiliki cincin tipis yang tersusun dari partikel-partikel es
·
Diameter 49.244 km dan volume 6,254x10¹³ km³
·
Periode rotasi 16 jam
·
Periode revolusi 165 tahun
Ayo Menulis
Membuat pertanyaan merupakan salah satu cara untuk menyatakan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang sedang ada dalam pikiran kita. Membuat pertanyaan dapat dibantu dengan menggunakan kata tanya. Beberapa kata tanya tersebut telah sering kamu gunakan: Apa, Mengapa, Siapa, Kapan, Di Mana, dan Bagaimana
Membuat pertanyaan merupakan salah satu cara untuk menyatakan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang sedang ada dalam pikiran kita. Membuat pertanyaan dapat dibantu dengan menggunakan kata tanya. Beberapa kata tanya tersebut telah sering kamu gunakan: Apa, Mengapa, Siapa, Kapan, Di Mana, dan Bagaimana
Gunakan kata-kata tanya tersebut untuk membantumu menuliskan pertanyaan
tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam tentang sistem tata surya
kita! Tuliskan di tempat yang telah disediakan.
Jawaban :
1. Apa yang dimaksud dengan antariksa?
(antariksa adalah bagian alam semesta yang berada di luar atmosfer bumi
2. Mengapa planet Neptunus paling lama
periode revolusinya? (karena jarak planet Neptunus dari Matahari paling jauh
dibandingkan dengan planet-planet lain dalam tata surya)
3. Siapa yang mendapat sebutan Bapak Sains
Modern yang telah menemukan Saturnus dengan lingkar cincinnya? (Galileo
Galilei)
4. Kapan planet Merkurius dapat terlihat
dari Bumi? (Merkurius baru terlihat setelah Matahari terbenam, atau sebelum
Matahari terbit)
5. Di mana letak posisi planet Merkurius
jika dilihat dari jarak terdekat dengan Matahari dibandingkan dengan planet
lain dalam tata surya? (posisi nomor 1)
6. Bagaimana proses terjadinya "bintik
merah besar" pada planet Yupiter? (bintik merah besar pada planet Yupiter
terjadi karena adanya badai besar yang muncul akibat perbedaan aliran lapisan
yang berlawanan
Ayo Mencoba
Cobalah untuk merancang model sederhana dari sistem tata surya kita. Berkerjalah bersama temanmu dalam kelompok yang terdiri atas 3-4 orang. Pilihlah model dua dimensi terlebih dahulu dengan membuat gambar pada kertas ukuran A4. Tentukan planet-planet dari yang terkecil hingga terbesar, lalu gambarlah Matahari dengan ukuran yang sesuai dengan contoh. Warnai dan namailah setiap anggota sistem tata surya sehingga mudah dilihat dan dipahami. Tunjukkan hasil kerjamu dengan menempelkannya di dinding kelas.
Cobalah untuk merancang model sederhana dari sistem tata surya kita. Berkerjalah bersama temanmu dalam kelompok yang terdiri atas 3-4 orang. Pilihlah model dua dimensi terlebih dahulu dengan membuat gambar pada kertas ukuran A4. Tentukan planet-planet dari yang terkecil hingga terbesar, lalu gambarlah Matahari dengan ukuran yang sesuai dengan contoh. Warnai dan namailah setiap anggota sistem tata surya sehingga mudah dilihat dan dipahami. Tunjukkan hasil kerjamu dengan menempelkannya di dinding kelas.
Alternatif Gambar model dua dimensi
Urutan planet berdasarkan jarak dari Matahari (area
baca)
Ayo Menulis
Kamu telah membaca cerita fiksi "Tetaplah Berada di Jalurmu!"
Berdasarkan cerita tersebut, gambarlah tokoh utama, tokoh tambahan, dan tempat peristiwa dengan menggunakan imajinasimu. Tuliskan juga ringkasan cerita tersebut. Ceritakanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas dengan percaya diri.
Kamu telah membaca cerita fiksi "Tetaplah Berada di Jalurmu!"
Berdasarkan cerita tersebut, gambarlah tokoh utama, tokoh tambahan, dan tempat peristiwa dengan menggunakan imajinasimu. Tuliskan juga ringkasan cerita tersebut. Ceritakanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas dengan percaya diri.
Tokoh Utama : Deo
Tempat/latar :
- Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad
- Rumah Deo
Tokoh Tambahan : Arsyad
Tempat/latar :
- Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad
- Rumah Deo
Tokoh Tambahan : Arsyad
Tempat/latar :
- Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad
Tokoh Tambahan : Ibu
Tempat/latar :
Tempat/latar :
- Rumah Deo
Gambar tempat peristiwa dalam cerita :
Trotoar Toko
Gambar tempat peristiwa dalam cerita :
Trotoar Toko
trotoar toko (pixabay)
Rumah Kediaman
rumah kediaman (health detik)
Ringkasan jalan cerita
Deo pulang sekolah sambil menuntun sepeda sambil meringis kesakitan. Seragamnya kotor karena terjatuh dari sepeda. Ibu Deo segera menyambut Deo dan kemudian merawat Deo. Setelah selesai dirawat Deo bercerita peristiwa yang telah dialaminya akibat tidak mengikuti aturan yang berlaku di masyarakat, yaitu memakai trotoar yang seharusnya dipakai oleh pejalan kaki. Deo melakukan hal tersebut karena sedang lomba balap sepeda dengan Arsyad, teman sekolahnya. Demi mengejar kemenangan Deo memakai trotoar untuk mengalahkan Arsyad, namun bukan kemenangan yang diraih, tetapi kemalangan yang didapat. Deo terjatuh dari sepeda, dan Arsyad segera menolongnya. Deo sangat menyesal karena tidak mengikuti aturan yang berlaku di masyarakat, yaitu dengan naik sepeda memakai jalur trotoar yang dikhususkan untuk pejalan kaki.
Ayo Mencoba
Bersama dengan teman sebangkumu, carilah sebuah cerita pendek anak di surat kabar atau majalah. Salin atau potong cerita pendek tersebut.
Kelinci dan Kura-kura
Dahulu kala, ada seekor kelinci yang populer karena kesombongannya. Ada
seekor kura-kura yang pernah diejeknya lamban dan bodoh, menantang si kelinci
sombong untuk adu lari cepat. Sebenarnya kura-kura tidak mau berurusan dengan
kelinci, tapi ia ingin memberinya sedikit pelajaran.
Dengan penuh percaya diri, kelinci penyetujui tantangan kura-kura tersebut. Ia berpikir mana mungkin kura-kura yang berjalan super lambat itu bisa mengalahkannya. Kemudian, mereka sepakat untuk menentukan jalur panjang yang akan dilewati untuk adu lari.
Pertandingan keduanya tak ayal mengundang penasaran hewan-hewan yang lain. Mereka semua juga ingin menyaksikan bagaimana si kura-kura bisa mengalahkan kelinci. Para hewan menunjukkan dukungannya terhadap si kura-kura karena mereka juga tidak menyukai sifat kelinci yang sombong itu.
Seekor kera ditunjuk sebagai wasit untuk mengawasi jalannya pertandingan tersebut. Saat perlombaan baru saja dimulai, kelinci pun melesat jauh meninggalkan kura-kura. Tak ingin menyerah begitu saja, kura-kura tetap berusaha sekuat tenaga dan menambah kecepatanlarinya.
Karena measa kura-kura masih tertinggal jauh dibelakangnya, di tengah-tengah perlombaan dia memutuskan untuk istirahat dan tertidur. Namun saat terbangun, kelinci sungguh kaget karena ternyata kura-kura telah sampai di garis finis. Mendapat fakta tersebut, para hewan lain pun bersorak gembira dan si kelinci pulang dengan rasa malu
Tokoh utama : Kelinci dan Kura-kura
Tokoh tambahan : Monyet dan hewan lain
Tempat cerita : Hutan
Dengan penuh percaya diri, kelinci penyetujui tantangan kura-kura tersebut. Ia berpikir mana mungkin kura-kura yang berjalan super lambat itu bisa mengalahkannya. Kemudian, mereka sepakat untuk menentukan jalur panjang yang akan dilewati untuk adu lari.
Pertandingan keduanya tak ayal mengundang penasaran hewan-hewan yang lain. Mereka semua juga ingin menyaksikan bagaimana si kura-kura bisa mengalahkan kelinci. Para hewan menunjukkan dukungannya terhadap si kura-kura karena mereka juga tidak menyukai sifat kelinci yang sombong itu.
Seekor kera ditunjuk sebagai wasit untuk mengawasi jalannya pertandingan tersebut. Saat perlombaan baru saja dimulai, kelinci pun melesat jauh meninggalkan kura-kura. Tak ingin menyerah begitu saja, kura-kura tetap berusaha sekuat tenaga dan menambah kecepatanlarinya.
Karena measa kura-kura masih tertinggal jauh dibelakangnya, di tengah-tengah perlombaan dia memutuskan untuk istirahat dan tertidur. Namun saat terbangun, kelinci sungguh kaget karena ternyata kura-kura telah sampai di garis finis. Mendapat fakta tersebut, para hewan lain pun bersorak gembira dan si kelinci pulang dengan rasa malu
Tokoh utama : Kelinci dan Kura-kura
Tokoh tambahan : Monyet dan hewan lain
Tempat cerita : Hutan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar