Senin, 24 Februari 2020


Materi Ajar Kelas 6

Hari/Tanggal     : Selasa, 25 Februari 2020
Tema  9            : MENJELAJAH ANGKASA LUAR
Subtema 2         : Benda Angkasa Luar dan Rahasianya
PB                   : 6

PEMBELAJARAN 6
CITA-CITA ANAK BELITONG

(buku.kemdikbud.go.id)

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sekelompok, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perubahan fase Bulan yang terjadi. Kamu dapat menggunakan semua sumber informasi untuk memahaminya. Baca, pahami dan olahlah informasi yang kamu dapatkan menjadi sebuah poster yang menarik dan sarat informasi. Tempelkan poster tersebut di dinding kelas, lalu lakukanlah pameran berjalan (gallery walk) dan memberikan masukan kepada setiap kelompok di dalam kelas.

(jawabantematik.blogspot.com)

Ayo Menulis

  1. Bacalah kembali cerita di atas. Bagilah cerita tersebut menjadi empat bagian cerita, dan masing-masing bagian diwakili dengan sebuah gambar sesuai imajinasimu saat membaca cerita di atas. Buatlah gambarmu dalam bentuk gambar berseri. Pada setiap gambarnya kamu dapat memberikan keterangan tambahan. Gunakan kertas ukuran A4 kemudian bagi menjadi empat. Bagian pertama dapat kamu tuliskan judul dan pengarang cerita tersebut.
  2. Tuliskanlah pesan yang kamu dapatkan dari cerita tersebut ke dalam satu kalimat pendek. Tuliskanlah di bagian pertama gambar berseri yang kamu buat
(jawabantematik.blogspot.com)

3.       Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.


Bagian tengah :

Di hari Minggu pagi yang cerah ini Andi pergi jalan-jalan sendirian di tepi pantai, sedang ayahnya berkunjung ke rumah saudara. Andi melihat ada sekumpulan karang di tepi pantai. Andi bergegas menuju ke sana dan berniat melakukan pemotretan dari atas karang. Beberapa anak penduduk setempat berteriak agar Andi mengurungkan niatnya mengambil foto dari atas karang, tapi Andi tidak mengindahkannya. Akhirnya pada satu kesempatan tanpa Andi sadari sebuah ombak besar menerjang kumpulan batu karang tersebut dan menghempaskan Andi ke laut. Segera anak-anak kampung setempat memberikan pertolongan kepada Andi dan juga mengambil Handphone yang jatuh ke laut. Andi menyesal tidak memperhatikan peringatan anak-anak kampung tersebut. Handphone Andi juga tidak hilang karena berhasil diselamatkan oleh anak-anak kampung pantai tersebut, walau sempat terendam air laut. Sebagai ungkapan rasa terima kasih Andi berkenalan dan mengajak anak-anak kampung pantai Belitong untuk mengunjungi rumah tempat dia tinggal sementara di Belitong.


Lakukanlah pementasan tari kreasi daerah secara bergantian. Berilah dukungan kepada kelompok yang sedang menarikan tariannya. Pada akhir pertunjukan berilah masukan yang saling membangun antarkelompok tari yang ada.

Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat setelah melakukan kegiatan di atas? Tulislah kesimpulanmu dalam sebuah paragraf di tempat yang tersedia.

Kesimpulanku:
Bahwa keberhasilan pertunjukan tari ditentukan oleh persiapan-persiapan sebelum acara dilakukan, seperti bentuk dan unsur pendukung karya tari, antara lain gerak tari, tata busana, tata rias, properti tari, dan iringan, serta pendukung lainnya.


Kegiatan :
Kerja bakti kebersihan sekolah

Nama Narasumber :
....... (nama siswa)

Bagaimana peristiwa kerja sama berhubungan dengan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolahmu?
Dengan bekerja sama maka masalah-masalah yang timbul dapat diselesaikan bersama-sama, dalam proses kerja sama tersebut timbul kegiatan saling menolong sehingga mampu meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan

Bagaimana cara kelompokmu memulai kerja sama dalam kegiatan di atas?
Dengan melakukan pembagian tugas, dan masing-masing individu bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Tantangan apa sajakah yang kamu temui saat bekerja sama di sekolah?
Tantangan terbesar saat bekerja sama di sekolah adalah masalah tingkat kesadaran untuk masing-masing individu untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan

Apakah yang kamu rasakan ketika kamu bekerja sama dengan teman sekelompokmu?
Permasalahan yang dihadapi bersama lebih mudah untuk diatasi, rasa kebersamaan dengan teman makin meningkat, persatuan makin kuat dengan sesama teman.

Nilai-nilai Pancasila manakah yang perlu diterapkan dalam bekerja sama sebagai salah satu peristiwa persatuan dan kesatuan di sekolah?
  • Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa (Sila ke-2)
  • Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit (Sila ke-2)
  • Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira (Sila ke-2)
  • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika (Sila ke-3)
  • Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa (Sila ke-3)
  • Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain (Sila ke-4)
  • Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama (Sila ke-4)
  • Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong (Sila ke-5)
  • Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban (Sila ke-5)

Saran dan masukan yang dapat kamu berikan kepada dirimu sendiri dan kepada semua anggota kelompokmu?
Untuk lebih meningkatkan kemampuan dapat bekerja sama dengan yang lain, mampu bekerja dalam tim, lebih mengembangkan sikap tenggang rasa,, dan lainnya yang mengacu pada peningkatan persatuan dan kesatuan.

Kesimpulanmu:
Kerjasama merupakan salah satu komponen penting dalam peningkatan semangat persatuan dan kesatuan

Buatlah sebuah laporan hasil wawancara dengan menggunakan catatanmu di atas. Jelaskan bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan persatuan dan kesatuan di sekolah
Bahwa kegiatan-kegiatan di sekolah yang dilakukan dalam bentuk kerjasama dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan. Kerja sama dapat dimulai dengan pembagian tugas masing-masing individu yang bertanggung jawab. Tantangan terbesar dalam kegiatan kerja sama ini adalah masalah kesadaran tanggung jawab masing-masing individu. Untuk itu perlu penekanan pemberian informasi betapa pentingnya manfaat kerja sama, karena kerja sama bermanfaat untuk diri sendiri dan juga bermanfaat untuk semua, selain itu kerja sama juga sesuai dengan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila. Oleh karena itu semangat kerja sama harus terus dipupuk dan dikembangkan karena merupakan komponen penting dalam peningkatan semangat persatuan dan kesatuan.

Tidak ada komentar:

Pb. 4 Kelas 5B Senin 13 Mei 2024 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran     ...