Materi Ajar Kelas 6
Hari/Tanggal : Kamis, 20 Februari 2020
Tema 9 : MENJELAJAH ANGKASA LUAR
Subtema 2 : Benda Angkasa Luar dan Rahasianya
PB : 1 & 2
Tema 9 : MENJELAJAH ANGKASA LUAR
Subtema 2 : Benda Angkasa Luar dan Rahasianya
PB : 1 & 2
PEMBELAJARAN 1
FAKTA TENTANG BINTANG
Bersama dengan teman sebangkumu lakukanlah kegiatan
berikut
1.
Tuliskan sebanyak mungkin apa yang kamu ketahui
tentang gambar tersebut!
Jawaban
:
- Banyak terdapat bintang di angkasa
- Pada malam hari, bintang-bintang tersebut terlihat dari bumi
- Kekuatan cahaya bintang tersebut berbeda-beda
2. Tuliskan hal-hal yang
kamu ketahui tentang gambar tersebut di dalam bentuk pertanyaan!
Jawaban :
- Apa yang dimaksud dengan bintang?
- Mengapa bintang terlihat lebih jelas dari bumi pada malam hari?
- Mengapa kekuatan cahaya bintang tersebut berbeda-beda?
Ayo Mencoba
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan
berikut ini dengan menggunakan kata-katamu sendiri.
1.
Apakah yang disebut dengan bintang?
Jawaban :
Bintang
merupakan benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri
2.
Mengapa bintang memiliki warna yang berbeda-beda?
Jawaban :
Perbedaan
warna bintang salah satunya disebabkan oleh perbedaan suhu permukaan bintang
tersebut.
3.
Mengapa Matahari disebut sebagai bintang?
Jawaban :
Karena
Matahari menghasilkan/memancarkan cahayanya sendiri
4.
Apakah yang kamu ketahui tentang Matahari?
Jawaban :
Matahari
adalah salah satu contoh bintang. Matahari merupakan bintang yang letaknya
paling dekat dengan Bumi. Matahari memiliki volume sangat besar yaitu sekitar
satu juta kali volume Bumi. Gaya gravitasi Matahari lebih kurang 28 kali lebih
besar dari gravitasi Bumi. Matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi
oleh delapan planet.
Ayo Mengamati
Perhatikanlah keterangan tentang jarak Matahari dengan
delapan planet dalam tata surya kita. Susunlah data tentang jarak Matahari ke
planet-planet secara berurutan dan catat di tabel berikut. Kemudian cobalah
untuk melengkapi tabel tersebut untuk mengetahui perbandingan jarak antara
planet satu dengan yang lainnya dari Matahari. Perhatikan contoh yang
disediakan.
Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan di atas?
- Bahwa jarak planet terdekat dari Matahari adalah Merkurius dan jarak
planet terjauh dari Matahari adalah Neptunus.
- Perbandingan jarak antar planet jika dilihat dari jarak Matahari ke
Merkurius adalah semakin besar terhadap planet-planet yang semakin jauh dari
Matahari
Ayo Mencoba
Sistem tata surya kita selalu menarik untuk diteliti
karena banyak misteri dan pertanyaan yang belum terjawab tentangnya. Salah satu
cara ilmuwan untuk mengetahui bagaimana sistem tata surya bekerja adalah dengan
membuat model. Model merupakan barang tiruan dari sesuatu dengan ukuran yang
lebih kecil tetapi dengan bentuk atau rupa yang diusahakan mirip dengan yang
ditiru.
Sistem tata surya kita telah dibuat berbagai model
yang diharapkan dapat memberikan gambaran tentang tata surya yang sebenarnya.
Untuk membuat model, diperlukan perencanaan yang matang tentang bentuk, ukuran,
warna, dan bahan yang akan digunakan. Tahukah kamu bahan apa sasja yang dapat
digunakan untuk membuat model tata surya kita? Amati kembali beberapa contoh
model tata surya sederhana yang dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya.
Pilihlah paling tidak dua model, yaitu model dua dimensi dan tiga dimensi yang
ingin kamu buat, lalu gambarkan pada tabel berikut ini. Tentukan alat dan bahan
apa saja yang menurutmu diperlukan untuk membuat model tersebut.
Model Tata Surya yang Dipilih
2 Dimensi
Alat dan bahan yang diperlukan :
Ø Kertas Karton
Ø Kertas warna-warni/kertas origami
Ø Gunting
Ø Spidol Warna
Ø Krayon
Ø Penggaris
Ø Lem
3 Dimensi
Alat dan bahan :
Ø Bola berbagai ukuran
Ø Cat/pewarna
Ø Gelas plastik
Ø Lem/perekat
Ø Kertas Warna-warni/kertas origami
Ø Gunting
Ayo Menulis
a. Bacalah kembali
cerita di atas dengan saksama. Lalu lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan
bacaan di atas.
b. Bacalah kembali
cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di
dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan
sebuah gambar. Gunakanlah imajinasimu untuk membuat gambar yang menjelaskan
cerita di atas. Gunakanlah kotak di bawah ini untuk menggambarkannya. Lalu,
berikanlah keterangan yang menarik di samping gambarmu.
FAKTA TENTANG BINTANG
JATUH
Ayo
Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas atau dengan
menggunakan informasi lainnya. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang
beberapa hal berikut :
Apa
itu Meteoroid?
Benda langit yang berupa potongan batuan/logam yang memiliki sifat
melayang-layang, bebas tidak mengelilingi benda apapun di ruang angkasa.
Bentuknya kecil, dipercaya sebagai pecahan dari komet dan asteroid
Apa
itu Asteroid?
Benda langit yang mengelilingi Matahari. Asteroid berkumpul pada
lintasan yang dinamakan sabuk asteroid. Mengandung sedikit logam.
Apa
itu Meteor?
Meteoroid yang memasuki atmosfer bumi sehingga menjadi sangat panas
hingga bersinar
Apa
itu Meteorid? ( catatan : tambahan dari admin )
Meteor yang tidak habis terbakar dan mencapai permukaan Bumi
Bagaimana
terjadinya Meteoroid?
Sebagian besar meteoroid terbentuk karena adanya tabrakan
(tumbukan) antar benda langit (bisa planet, komet atau asteroid) satu dengan
yang lain, sehingga membuat sisa atau pecahan dari benda yang bertumbukan
tersebut. Kemudian pecahan tersebut keluar dari lintasan asalnya.
Bagaimana
terjadinya Asteroid?
Asteroid terbentuk dari debu dan es yang membeku menjadi batu
karena suhunya yang sangat dingin. Asteroid merupakan sisa-sisa dari
pembentukan tata surya sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Awalnya ketika Yupiter
terbentuk, aktivitas dan gravitasi Yupiter dengan Mars membuat komponen yang
lebih kecil di antara mereka saling bertabrakan. Tabrakan ini menciptakan objek
kecil yang disebut dengan asteroid
Bagaimana
terjadinya Meteorid?
Benda angkasa berupa pecahan batuan angkasa yang jatuh dan masuk ke
atmosfer Bumi akibat gravitasi Bumi. Saat masuk ke atmosfer Bumi, terjadi
gesekan dengan udara, sehingga benda tersebut menjadi terbakar di atmosfer dan
sampai ke permukaan Bumi.
Merancang
Model Tata Surya
Ayo
Menulis
Alur cerita atau jalan cerita sebuah tulisan
fiksi membantu pembaca untuk mengetahui rangkaian peristiwa di dalamnya. Alur
cerita biasanya menjelaskan masalah atau konflik dan penyelesaiannya.
Perhatikan kembali cerita fiksi di atas, lalu lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri
Perhatikan kembali cerita fiksi di atas, lalu lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri
Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Gunakanlah imajinasimu untuk membuat gambar yang menjelaskan cerita di atas. Gunakanlah kotak di bawah ini untuk menggambarkannya. Lalu, berikanlah keterangan yang menarik di bawah gambarmu
Tukarkan gambarmu dengan temanmu yang lain dan mintalah
pendapat mereka. Apakah ada persamaan dan perbedaan antara gambar dan
keterangan yang kamu buat dengan milik temanmu? Diskusikan mengapa terjadi
persamaan dan perbedaan.
Jawaban :
Terjadi persamaan
karena dalam membuat gambar dan keterangan berpedoman kepada judul cerita dan
berpedoman pada alur cerita. Terjadi perbedaan karena imajinasi tiap orang
berbeda-beda.
Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu
diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin
kamu ubah? Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk
menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.
Jawaban :
Dimas adalah seorang anak yang suka sekali mengamati bintang-bintang di langit. Seringkali dia mengamati benda-benda langit pada malam hari di teras rumahnya. Kegiatan ini sering membuat ibunya jengkel, karena Dimas jadi lupa untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan rumahnya, sehingga nilai dan peringkat kelasnya menjadi melorot. Untuk mengatasi hal tersebut Ibu Dimas berunding dengan adiknya Ibu Dimas, yang Dimas biasa memanggilnya om Dody. Kemudian om Dody menantang Dimas agar bisa mendapat peringkat pertama di kelasnya pada semester berikutnya dengan imbalan jika Dimas berhasil menggapainya, maka om Dody akan memberi hadiah berupa teropong binokular. Tentu saja Dimas bersemangat, karena dia tahu kalau teropong itu bisa digunakan untuk melihat benda-benda langit, termasuk bintang jatuh yang menjadi idaman Dimas untuk diamati. Akhirnya Dimas mendapatkan teropong binokular tersebut setelah meraih peringkat pertama pada semester berikutnya.
Ayo Berlatih
Dimas adalah seorang anak yang suka sekali mengamati bintang-bintang di langit. Seringkali dia mengamati benda-benda langit pada malam hari di teras rumahnya. Kegiatan ini sering membuat ibunya jengkel, karena Dimas jadi lupa untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan rumahnya, sehingga nilai dan peringkat kelasnya menjadi melorot. Untuk mengatasi hal tersebut Ibu Dimas berunding dengan adiknya Ibu Dimas, yang Dimas biasa memanggilnya om Dody. Kemudian om Dody menantang Dimas agar bisa mendapat peringkat pertama di kelasnya pada semester berikutnya dengan imbalan jika Dimas berhasil menggapainya, maka om Dody akan memberi hadiah berupa teropong binokular. Tentu saja Dimas bersemangat, karena dia tahu kalau teropong itu bisa digunakan untuk melihat benda-benda langit, termasuk bintang jatuh yang menjadi idaman Dimas untuk diamati. Akhirnya Dimas mendapatkan teropong binokular tersebut setelah meraih peringkat pertama pada semester berikutnya.
Ayo Berlatih
Bagaimana dengan daerahmu? Apakah daerahmu memiliki tari khas daerah? Adakah usaha-usaha untuk mengembangkannya menjadi tari kreasi daerah? Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut ini.
Carilah informasi tentang salah satu tari kreasi daerah yang berasal dari daerahmu.
Cari tahu tari khas yang dijadikan acuan untuk membuat tari kreasi tersebut.
Kumpulkan informasi tentang tarik khas dan tari kreasi tersebut, lalu catatlah dengan menggunakan tabel berikut
TARI KHAS DAERAH
TARI KREASI DAERAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar