Kamis, 20 Februari 2020



Materi Ajar Kelas 6

Hari/Tanggal     : Jum at, 21 Februari 2020
Tema  9            : MENJELAJAH ANGKASA LUAR
Subtema 2        : Benda Angkasa Luar dan Rahasianya
PB                    : 3 & 4
PEMBELAJARAN 3
DAMPAK MODERNISASI


Ayo Berdiskusi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu akibat dari modernisasi. Perubahan yang terjadi karena modernisasi tampak dari benda-benda berteknologi yang kamu gunakan sehari-hari di rumah. Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu mengenai alat atau benda apa saja yang merupakan hasil pengembangan teknologi. Misalnya, kamu menggunakan buku dan pensil untuk menulis dan mencatat. Pada zaman dahulu orang menggunakan sebuah papan kecil dan menuliskannya dengan menggunakan kapur atau arang. Namun saat ini kamu juga melihat orang menggunakan alat elektronik untuk mencatat, tidak lagi menggunakan buku dan pena seperti biasanya.
Bersama dengan teman sebangkumu, tentukan kurang lebih lima benda yang ada di sekitarmu. Cari tahu bagaimana alat tersebut telah berkembang hingga saat ini dengan cara membandingkannya dengan alat yang memiliki kegunaan yang sama yang digunakan pada masa lalu

Teknologi sederhana di masa lalu :
Surat

Teknologi modern :
Email (surat elektronik)

Teknologi sederhana di masa lalu :
Telegram
Teknologi modern :
Telepon

Teknologi sederhana di masa lalu :
Pisau, gunting cukur/alat cukur

Teknologi modern :
Alat cukur elektrik

Teknologi sederhana di masa lalu
Alat cuci manual

Teknologi modern :
Mesin cuci

Teknologi sederhana di masa lalu
Sepeda

Teknologi modern :
Sepeda motor

Apakah yang dapat kamu simpulkan dari hasil diskusimu tersebut?
Perubahan teknologi terjadi salah satunya disebabkan oleh kebutuhan manusia yang semakin beragam dan cepat.


Ayo Berdiskusi

Lakukan kegiatan berikut ini dengan memperhatikan instruksi yang diberikan
Membuat ringkasan
Dengan menggunakan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah ringkasan dalam bentuk yang paling kamu sukai, misalnya berupa peta pikiran, tabel, poster atau gambar. Ringkasanmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini :
1.       Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern.
2.       Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain bisa didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai
3.       Tulisan dan gambar keseluruhan jelas dan mudah dibaca. Dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik




Ayo Berlatih

Membuat kliping dampak Modernisasi terhadap budaya masyarakat
Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Kumpulkan paling sedikit satu artikel dan gambar dari surat kabar, majalah, atau media lain. Artikel dan gambar yang digunakan harus menjelaskan pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat Indonesia. Seperti yang telah kamu pahami dari artikel di atas dan kegiatan sebelumnya. Jangan lupa mencantumkan sumbernya. Buatlah klipingmu semenarik mungkin untuk mengundang orang lain untuk membacanya

MODERNISASI TENGGELAMKAN BUDAYA TRADISIONAL

oleh : Erlina Munthe (Mahasiswi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, UMRAH)

Modernisasi sedang galak-galaknya belakangan ini. Budaya modern ini dialami dari kalangan anak-anak, remaja, dewas, hingga orang tua. Berawal dari teknologi yang canggih, beralih ke makanan cepat saji, berkembang lagi dalam segi pakaian, dan pola tingkah laku yang kemudian menjamur dan mewabah di kalangan masyarakat.

Modernisasi dapat dikatakan suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju datau meningkat di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat

Dalam kenyataannya, budaya modernisasi banyak yang bertentangan dengan nilai dan norm di dalam suatu masyarakat. Banyak budaya modernisasi membawa dampak negatif yang sangat besar, ketimbang dampak positifnya. Budaya modernisasi lazimnya juga suka dipertentangkan dengan nilai-nilai budaya tradisi yang ada

Misalnya saja dalam budaya tradisi rakyat Indonesia. Pada zaman dahulu mengenai cara berpakaian. Mereka hanya mengenakan sarung dan kain panjang. Bagi perempuan diwajibkan menutup auratnya. Kita sandingkan dengan jaman sekarang. Betapa vulgarnya pakaian yang dikenakan baik itu oleh pria maupun juga dengan wanita

punk (pixabay.com)

Seperti salah satu contohnya, banyak kita jumpai pakaian wanita yang terbuka seksi dan mini, seakan-akan kekurangan bahan. Mengapa kita menyukainya? Mengapa kita ingin memakainya? Ya, karena modernisasi tadi, semuanya berpedoman ke negara-negara Barat.

Ada juga pandangan dari orang lain yang mengatakan jika tidak memiliki itu semua dikatakan ketinggalan zaman. Sehingga memaksakan diri agar terlihat mengikuti zaman dan dikatakan modis.

Selain tradisi dalam berpakaian, ada hal lain yaitu mengenai kesenian. Jaman dulu masyarakat sangat antusias untuk menonton wayang. Zaman sekarang? Jangankan menonton wayang kulit, melirik saja tidak mau.


              Wayang kulit (shutterstock.com)

Banyak masyarakat zaman sekarang lebih menyukai menonton sinetron, drama korea maupun film dari luar negeri. Kebanyakan dari mereka yang menyukainya adalah remaja-remaja tanggung. Tidakkah kita sadar akan pentingnya pelestarian tradisi kita sendiri? Tanpa harus suatu masyarakat berubah seperti orang Barat dan tanpa harus bergaya hidup seperti oranng-orang negara Barat (Amerika, Eropa).

Namun, unsur-unsur Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) negara Barat tidak ada salahnya untuk ditiru, diambil alih, diadopsi, bahkan dibeli. Jika tidak akan meninggalkan suatu budaya tradisi yang ada di Indonesia ini, dan alangkah baiknya lebih menyaring suatu budaya yang akan diadopsi.

Modernisasi saat ini masih tampak dimonopoli oleh masyarakat perkotaan, terutama di kota-kota negara berkembang seperti Indonesia. Karena Masyarakatnya lebih cepat menyerap informasi dan modernisasi, dan rata-rata pola hidupnya lebih banyak mengonsumsi daripada memproduksi.

Lalu, mampukah budaya tradisi itu akan bertahan atau justru sebaliknya akan terus memudar? Oleh karenanya modernisasi boleh saja diterapkan tetapi harus mengimbangi dengan kebudayaan yang ada tanpa melupakan kebudayaan asli Indonesia. Karena walau bagaimana pun kebudayaan tradisi merupakan kebudayaan tradisi merupakan kebudayaan asli Indonesia, yang memerlukan proses yang lama dalam membentuk suatu kebudayaan yang patut untuk kita semua lestarikan.

Walaupun kita hidup di jaman modernisasi, jangan sekali-kali menghilangkan budaya tradisi yang ada. Karena seperti kita lihat akhir-akhir ini budaya tradisi kita tenggelam karena maraknya modernisasi. Sebagai masyarakat yang baik, marilah kita bersama-sama menumbuhkan rasa cinta kita akan budaya tradisi Indonesia.

sumber : http://tanjungpinangpos.id/modernisasi-tenggelamkan-budaya-tradisional/
Edit : http://jawabantematik.blogspot.com/

Ayo Menulis

Tulislah kesimpulanmu tentang pemahaman yang kamu dapatkan tentang pengaruh modenisasi terhadap budaya masyarakat, terutama masyarakat Indonesia
Modernisasi mempunyai dampak positif dan dampak negatif bagi budaya masyarakat Indonesia. Perkembangan teknologi merupakan salah satu dampak positif dari modernisasi, di mana masyarakat lebih mudah, cepat dan efisien dalam melakukan aktivitas. Contohnya adalah teknologi komunikasi (Handphone). Dampak negatif modernisasi diantaranya adalah mulai lunturnya budaya dan tradisi asli Indonesia, seperti kesenian daerah, maupun semangat kebersamaan dan gotong royong. Jadi harus ada penyaringan terlebih dahulu terhadap modernisasi yang masuk ke Indonesia.


Ayo Menulis
Berdasarkan cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.
a.       Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian: awal, tengah, dan akhir. Lalu gambarlah peristiwa penting yang menjelaskan isi cerita bagian awal, tengah dan akhir. Berilah keterangan pada setiap gambar yang kamu buat.

Gunakan diagram berikut ini.

Judul : 
Berkunjung ke Observatorium Bosscha


Pengarang :
Diana Karitas

Awal
    (buku.kemdikbud.go.id)

Cuaca cerah di Observatorium Bosscha saat rombongan sekolah Rima tiba di lokasi. Biasanya langit mendung dan gerimis pada bulan oktober 
Tengah
(pixabay.com)

Tiba-tiba rombongan Rima mendengar suara menangis. Setelah dicari asal suara ternyata suara itu berasal dari Agatha, teman Rima satu sekolah yang beda kelas. Ternyata Agatha tertinggal dari rombongannya di Observatorium Bosscha.

Akhir
(pixabay.com)

Rima dan Kak Yani membantu Agatha yang terpisah kembali ke rombongannya. Rima mengajak Agatha ke bagian belakang ruangan dan membagi minumannya. Rima bersyukur temannya itu sudah tenang
b.       Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Cobalah utnuk menulisnya di tempat yang disediakan berikut ini.
Bagian tengah :
Rima yang berada di bagian belakang rombongan sayup-sayup mendengar suara anak perempuan menangis, dan dia seperti mengenal suara tangisan itu. Rima mencari suara tersebut sehingga tanpa sadar Rima terpisah dari rombongan. Rima akhirnya mengetahui suara siapa yang menangis. Ternyata suara tangisan itu adalah suara Agatha. Agatha ternyata terpisah dari rombongan kelasnya. Rima tersadar, ternyata dia juga terpisah dari rombongan. Kepanikan sempat melandanya, namun Rima bertindak cekatan. Segera dia mengajak Agatha untuk mencari petugas observatorium Bosscha dan meminta tolong bagian informasi untuk mengumumkan tentang keberadaan mereka. 

Ayo Berdiskusi

Banyak peristiwa di sekitar kita yang menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama peristiwa apa saja yang terjadi menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Jelaskan juga bagaimana peristiwa-peristiwa itu berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.
·         Ngayah berarti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kebaikan bersama
Sesuai dengan nilai sila ke-5 yaitu mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong

·         Saling berbincang, dan menyapa di pagi hari sebelum masyarakat mulai bekerja
Sesuai dengan nilai sila ke-5 yaitu mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong
Sesuai dengan nilai sila ke-3 yaitu memajukan persatuan dan kesatuan bangsa 

·         Ngayah dilakukan untuk saling berbagi, tolong menolong dan bermasyarakat
Sesuai dengan nilai sila ke-2 yaitu gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa selira

·         Tidak hanya menyumbang secara materi, Ngayah juga berarti menyumbang dalam bentuk jasa dan kebersamaan
Sesuai dengan nilai sila ke-3 rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara

·         Setiap anggota masyarakat akan melibatkan dirinya, baik dengan materi maupun tenaga
·         Sesuai dengan nilai sila ke-3 yaitu mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika


Ayo Berlatih

Bersama dengan teman sekelompok carilah artikel-artikel di majalah atau surat kabar yang menjelaskan tentang peristiwa persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat kita. Lakukan penelaahan terhadap peristiwa tersebut dan hubungkan dengan sila-sila dalam Pancasila yang berhubungan dengan usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.
Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas

Artikel :

MEMPERKUAT PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA LEWAT "HARMONI INDONESIA 2018"

[unpad.ac.id, 5/8/2018] Kegiatan bernyanyi bersama "Harmoni Indonesia 2018" digelar serentak di 34 kota di seluruh Indonesia pada Minggu, (5/8). Di Bandung, kegiatan ini dikoordinatori Universitas Padjadjaran dan digelar di area Taman Cikapayang, Jalan Ir. H. Djuanda

www.unpad.ac.id

Dibantu Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Kepolisian Daerah Jawa Barat, dan Pemrov Jawa Barat, acara ini diikuti oleh sejumlah pimpinan, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad, prajurit TNI, anggota kepolisian, jajaran sipil di pemerintah provinsi, perwakilan isntitusi, serta masyarakat umum. Acara ini dihadiri langsung Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Komjen M. Iriawan, Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto dan Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad.
Tepat pukul 08.00 WIB, acara ini menyiarkan siaran langsung "Harmoni Indonesia 2018" yang terpusat di Jakarta. Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan bahwa kegiatan "Harmoni Indonesia 2018" digelar untuk menyemarakkan 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, menjelang digelarnya Asian Games 2018 di Indonesia, Presiden juga mengajak seluruh elemen bangsa menyemangati para atlet nasional melalui acara ini. "Dengan Harmoni Indonesia 2018, kita harapkan semangat persatuan, kerukunan, dan kebangsaan kita bisa berikan dan semangati semua. Agar kita paham bahwa persatuan dan nasionalisme adalah aset terbesar bangsa" Jelas Presiden.

Usai sambutan Presiden, acara dilanjutkan dengan bernyanyi bersama. Dipandu konduktor Addie MS, seluruh peserta akan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Mars Garuda Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa, serta Bagimu Negeri.

laporan oleh Arief Maulana
Foto oleh Arief Maulana dan Tedi Yusup

http://www.unpad.ac.id/2018/08/memperkuat-persatuan-dan-kesatuan-bangsa-lewat-harmoni-indonesia-2018/

Telaah :

Kegiatan tersebut sesuai nilai Sila ke-2, yaitu :
  • Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit
  • Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira

Kegiatan tersebut sesuai nilai Sila ke-3, yaitu :
  • Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara apabila diperlukan
  • Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa
  • Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia
  • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika
  • Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa

PEMBELAJARAN 4

DAMPAK MODERNISASI TERHADAP BUDAYA MASYARAKAT

(buku.kemdikbud.go.id)

Ayo Berdiskusi
Lakukan kegiatan berikut ini dengan memerhatikan instruksi yang diberikan

Membuat poster
Dengan menggunakan bacaan di atas dan juga menggunakan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah poster. Postermu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:
a. Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern
b. Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain dapat didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai
c. Tulisan dan gambar keseluruhan jelas dan mudah
dibaca. Kamu dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik

Poster Dampak Modernisasi (jawabantematik.blogspot.com)

Ayo Berlatih
Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
1.       Dengan menggunakan bacaan di atas, lengkapilah tabel berikut. Buatlah daftar dampak negatif modernisasi terhadap budaya bangsa, lalu cari tahu cara-cara mengatasinya
Dampak Negatif Modernisasi terhadap Budaya Masyarakat Indonesia
  • Munculnya keraguan terhadap norma dan nilai masyarakat
  • Munculnya kesenjangan budaya
  • Munculnya budaya Individualisme
  • Munculnya budaya Konsumerisme
  • Munculnya budaya Hedonisme
  • Munculnya budaya Werternisasi/lunturnya budaya sendiri

Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasinya
  • Dengan penerapan nilai dan norma yang benar dalam kehidupan sehari-hari, setiap tindakan bercerminkan padan nilai dan norma tersebut
  • Dengan menyaring informasi yang masuk dengan menggunakan nilai dan norma yang telah dianut oleh masyarakat Indonesia
  • Dengan membiasakan dan kembali membudayakan nilai kebersamaan dan gotong royong yang merupakan salah satu jati diri bangsa
  • Membudayakan hidup berhemat/gemar menabung, serta meningkatkan daya kreativitas dalam pengelolaan keuangan
  • Dengan meningkatkan kepedulian sosial, meningkatkan sifat simpati dan empati terhadap lingkungan sekitar
  • Meningkatkan jiwa nasionalisme dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Membuat Poster
Poster dampak negatif modernisasi dan cara penanggulangannya

Poster dampak negatif modernisasi dan cara penanggulangan (jawabantematik.blogspot.com)


Ayo Menulis
Berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan, tuliskanlah kesimpulanmu tentang dampak modernisasi terhadap budaya masyarakat kita. Kamu dapat juga menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan :
Dampak Modernisasi ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif. Dampak positif antara lain: cara berpikir yang lebih terbuka, logis, rasional, disiplin dan menghargai waktu. Dampak negatif yang berpengaruh pada budaya masyarakat antara lain: Hedonisme (gaya hidup mewah), Konsumerisme, indivualistis, lunturnya budaya daerah sendiri. Diperlukan tindakan-tindakan bijaksana dalam menyaring dampak negatif modernisasi agar tidak merusak budaya dan jati diri bangsa Indonesia.


Apa pendapatmu tentang cerita tersebut? Apakah kamu dapat memahami isi ceritanya? Kamu dapat menceritakan pemahamanmu tentang isi cerita tersebut melalui gambar yang kamu buat sendiri sesuai imajinasimu berdasarkan bacaan tersebut.

Cerita yang inspiratif. Cerita yang mampu memberi inspirasi bahwa pemenang adalah orang yang mampu menunjukkan kebesaran jiwa untuk menerima kekalahan.

Gambar berbesar hati menerima kekalahan (jawabantematik.blogspot.com)


Ayo Menulis
Berdasarkan cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.
A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian yaitu awal cerita, tengah, dan akhir cerita. Tentukanlah pokok pikiran pada bagian cerita tersebut. Lalu, tuliskanlah pokok pikiran atau ide cerita pada setiap bagian pada diagram berikut ini.

Judul :
Berbesar Hati Menerima Kekalahan

Pengarang :
Fitri Kurnia Sari

Pokok Pikiran Awal :
Edo menjauh dari Bagus yang merupakan sahabatnya

Pokok Pikiran Tengah :
Edo Mengalami musibah, kakinya tersandung meja dan terjatuh, kemudian ditolong oleh Bagus

Pokok Pikiran Akhir
Penjelasan Edo dan penyelesaian masalah Edo dengan Bagus 

Edo bersahabat dengan Bagus. Namun sejak seminggu Edo menjauh dari Bagas. Bagas tentu bertanya-tanya. Setiap Bagus mendekat untuk mengajak berbicara, Edo selalu menjauh,  Bagus memperkirakan sikap Edo ini berhubungan dengan peristiwa pemilihan ketua kelas. Bagus ingin berdiskusi dengan Edo, tapi Edo tetap menjauh, termasuk hari ini saat bel pulang terdengar, Edo dengan tergesa-gesa bergegas keluar menghindar, Edo tidak memperhatikan sekitarnya, sehingga terjatuh dan kepalanya terbentur meja. Bagus dan teman-teman segera menolong Edo. Kesempatan ini dimanfaatkan Bagus untuk berdiskusi dengan Edo. Akhirnya Edo menjelaskan apa yang menjadi permasalahannya. Setelah memberi pengertian ke Edo oleh Bagas dan teman-temannya, akhirnya Edo meminta ke Bagus dan mereka kembali bersahabat.

2.       Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Buatlah gambarmu dalam bentuk gambar berseri. Pada setiap gambarnya, kamu dapat memberikan keterangan tambahan. Gunakanlah kertas ukuran A4 kemudian bagi menjadi empat. Gunakanlah keempatnya untuk menggambarkannya.

Gambar berseri (jawabantematik.blogspot.com)

3.       Tukarkanlah gambarmu dengan temanmu yang lain dan mintalah pendapat mereka. Apakah ada persamaan dan perbedaan antara gambar dan keterangan yang kamu buat dengan milik temanmu? Diskusikan mengapa terjadi persamaan dan perbedaan .....(jawaban bervasiasi, tergantung teman diskusi)


Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengalami beberapa kegiatan yang melibatkan musyawarah untuk mencapai mufakat. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama bagaimana peristiwa persatuan dan kesatuan terdapat dalam peristiwa pengambilan keputusan bersama. Jelaskan juga bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila yang telah kamu pelajari sebelumnya. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selember kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.
Buatlah sebuah tabel untuk menjelaskan sikap-sikap apa saja yang diperlukan dalam musyawarah dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan. Pada sisi yang lain, sebutkan sikap sebaliknya yang dapat mengganggu atau mengancam  terciptanya persatuan dan kesatuan dalam peristiwa tersebut. Perhatikanlah sikap mana saja yang telah kamu lakukan. Berilah tanda centang (
) terhadap sikap yang telah kamu lakukan dan tanda silang (x) untuk sikap-sikap yang tidak kamu ingin lakukan
Jawaban :
Sikap dalam Musyawarah yang mendorong Persatuan dan Kesatuan
  • Saling memahami dan menghargai pendapat orang lain dalam musyawarah
  • Lapang dada menerima masukan dalam bentuk kritik, usul, dan saran dari peserta lain dalam musyawarah
  • Tidak boleh memaksakan kehendak kepada peserta musyawarah yang lain
  • Semua peserta musyawarah harus melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan penuh tanggung jawab
  • Diliputi oleh semangat kekeluargaan
  • Mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi/golongan
Sikap dalam Musyawarah yang Mengancam Persatuan dan Kesatuan
  • Memaksakan kehendak kepada peserta lain
  • Tidak mau menerima masukan, saran dan kritik dari peserta lain dalam musyawarah
  • Mementingkan kepentingan pribadi
  • Tidak mau melaksanakan hasil keputusan musyawarah
  • Tidak diliputi semangat kekeluargaan tapi diliputi ambisi sendiri
 4.       Di akhir kegiatan, setiap siswa akan melakukan refleksi terhadap proses musyawarah dengan menjawab pertanyaan berikut ini:
a.       Bagaimana proses berjalannya musyawarah?
............. (jawaban relatif berbeda, tergantung musyawarah siswa)
b.       Perbedaan pendapat apa saja yang telah muncul?
.............. (jawaban relatif berbeda, tergantung musyawarah siswa)
c.       Bagaimana cara pencapaian mufakat dari perbedaan pendapat tersebut?
  • Dengan melakukan diskusi-diskusi lebih intensif disertai pemberian opsi-opsi/pilihan-pilihan yang bisa dijadikan kesepakatan semua pihak dalam musyawarah
  • Dengan melakukan voting (mengambilan suara terbanyak)
 5.       Bagaimana peran pemimpin diskusi? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pemimpin diskusi?
  • Kemampuan menyusun rencana
  • Kemampuan mengajak anggota berdiskusi
  • Kemampuan memberikan bantuan kepada anggota diskusi
  • Kemampuan memberi inspirasi/memupuk moral dan kreativitas anggota
  • Kemampuan bekerja sama  dalam kelompok
  • Kemampuan membagi dan menyerahkan tanggung jawab/pembagian tugas /delegasi
  • Kemampuan berkomunikasi yang baik
 6.       Apa peran pencatat kegiatan musyawarah? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk          menjadi pencatat kegiatan musyawarah?
Mencatat kegiatan/poin-poin penting dalam musyawarah.
  • Keterampilan mengetahui tema dan tujuan rapat
  • Keterampilan menilai dan sigap dalam menangkap hal-hal penting yang muncul dalam musyawarah
  • Keterampilan menyimpulkan pembicaraan dalam musyawarah
  • Keterampilan dalam berkosentrasi mengetahui pembicaraan dalam musyawarah
  • Keterampilan mengungkapkan isi pikiran dengan tepat dan logis sehingga sesuai dengan yang dimaksud
  • Keterampilan menyimpan dokumen/notulen
7.       Bagaimana peran dan tanggung jawab peserta musyawarah?
Peran :
  • Mengikuti jalannya musyawarah
  • Mengeluarkan/menyampaikan pendapat dalam musyawarah
  • Menyetujui atau menolak pendapat orang lain
Tanggung jawab :
  • Mengikuti aturan/tata tertib dalam musyawarah
  • Menghormati pendapat orang lain
  • Menghargai pendapat orang lain
  • Menjaga suasana kondusif dalam musyawarah
  • Melaksanakan hasil keputusan musyawarah
8.       Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi peserta musyawarah?
  • Antusias/semangat mengikuti kegiatan musyawarah
  • Menghormati peserta lain
  • Sikap lapang dada dan berjiwa besar
  • Kemampuan untuk mendengarkan pendapat orang lain dalam musyawarah
  • Kemampuan untuk bekerja sama dengan peserta musyawarah yang lain
  • Kemampuan untuk menerima dan melaksanakan setiap hasil keputusan musyawarah
9.       Bagaimana kegiatan musyawarah ini dapat mempengaruhi persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitarmu?
Jika setiap kegiatan dan hasil musyawarah ini diliputi oleh semangat gotong royong dan kekeluargaan serta hasil musyawarah ini untuk kepentingan bersama, maka persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar akan semakin kuat dan terjaga. Namun jika setiap kegiatan dan hasil musyawarah ini tidak diliputi semangat gotong royong dan kekeluargaan dan menimbulkan perpecahan, baik ketika proses maupun setelah pengambilan keputusan serta tidak dilandasi semangat lapang dada dan berjiwa besar, maka musyawarah ini akan menimbulkan pertentangan dan perselisihan di lingkungan sekitar, yang pada akhirnya merusak persatuan dan kesatuan

Kesimpulan apa yang dapat kamu buat tentang kegiatan musyawarah yang dapat memengaruhi persatuan dan kesatuan masyarakat?
Kesimpuanku:
Bahwa dalam setiap musyawarah harus diliputi semangat gotong royong, kekeluargaan, mengutamakan kepentingan bersama, dapat dipertanggung jawabakan serta ditunjang oleh sikap lapang dada dan berjiwa besar, maka proses maupun hasil musyawarah tersebut makin mempererat persatuan dan kesatuan.

Tidak ada komentar:

Pb. 4 Kelas 5B Senin 13 Mei 2024 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran     ...