Materi Ajar Kelas 6
Hari/Tanggal : Senin, 24 Februari 2020
Tema 9 : MENJELAJAH ANGKASA LUAR
Subtema 2 : Benda Angkasa Luar dan Rahasianya
PB : 5
Tema 9 : MENJELAJAH ANGKASA LUAR
Subtema 2 : Benda Angkasa Luar dan Rahasianya
PB : 5
PEMBELAJARAN 5
BULAN YANG SETIA KEPADA BUMI
Ayo Mencoba
Kamu telah
mengetahui lebih banyak tentang salah satu benda langit yang paling tidak asing
bagi kamu. Bulan, sebagai satu-satunya satelit Bumi merupakan salah satu benda
langit yang pertama diteliti para ilmuwan. Salah satu tujuan penelitiannya
adalah untuk melihat kemungkinan apakah Bulan dapat menjadi tempat tinggal manusia.
Berdasarkan
bacaan di atas dan dari sumber informasi lainnya, lakukanlah kegiatan berikut
ini bersama dengan teman sebangkumu.
Poster
Persamaan dan Perbedaan Bumi dan Bulan
Apakah kesimpulanmu
dari kegiatan di atas?
Kesimpulanku:
Bahwa
Bulan memiliki beberapa persamaan dan perbedaan dengan Bumi. Karena Bulan tidak
memiliki komponen utama untuk manusia hidup, yaitu udara maka Bulan sulit untuk
didiami manusia. Ditambah lagi perbedaan suhu yang terlalu ekstrim antara siang
hari dan malam hari makin mempersulit jika manusia tinggal di bulan.
Ayo
Berdiskusi
Ingatkah
kamu dengan sketsa sistem tata surya yang telah kamu buat sebelumnya?
Untuk membuat model tata surya, kamu perlu memuat perbandingan ukuran planet-planet yang ada di dalamnya. Bersama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
1.Carilah informasi tentang diameter planet-planet di dalam tata surya dan catatlah di dalam tabel. Lalu, buatlah perbandingan dengan membandingkannya dengan planet yang memiliki diameter paling kecil (perhatikan contoh)
Untuk membuat model tata surya, kamu perlu memuat perbandingan ukuran planet-planet yang ada di dalamnya. Bersama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
1.Carilah informasi tentang diameter planet-planet di dalam tata surya dan catatlah di dalam tabel. Lalu, buatlah perbandingan dengan membandingkannya dengan planet yang memiliki diameter paling kecil (perhatikan contoh)
Ayo Menulis
Bacalah
kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu
ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan
menggunakan sebuah gambar.
- Bagilah
cerita di atas menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, tengah, dan akhir.
Lalu, dengan menggunakan kertas ukuran A4 yang dibagi empat, buatlah tiga
gambar seri yang menggambarkan cerita di atas. Untuk bagian pertama, kamu
boleh menuliskan judul dan pengarangnya beserta gambar yang menjelaskan
judul tersebut. Pada bagian kedua hingga keempat, gambarlah isi
cerita pada bagian awal, tengah, dan akhir cerita. Tuliskan paling
sedikit satu kalimat untuk menjelaskan gambarmu. Gunakan contoh di bawah
ini untuk membantumu
2.
Tuliskanlah
pesan yang kamu dapatkan dari cerita tersebut ke dalam satu kalimat pendek
Jawaban :
Pesan yang didapat adalah kebersamaan adalah sesuatu yang penting. Kebersamaan tidak bisa ditukar dengan alat maupun mainan yang canggih dan mahal. Kebersamaan dengan keluarga mampu membentuk jiwa sosial dan jiwa persatuan diantara para anggota keluarga.
Jawaban :
Pesan yang didapat adalah kebersamaan adalah sesuatu yang penting. Kebersamaan tidak bisa ditukar dengan alat maupun mainan yang canggih dan mahal. Kebersamaan dengan keluarga mampu membentuk jiwa sosial dan jiwa persatuan diantara para anggota keluarga.
3.
Lihatlah
kembali gamar yang telah kamu buat sebelumnya. Perhatikanlah bagian akhir dari cerita
di atas. Dengan menggunakan imajinasimu, ubahlah bagian akhir dari cerita
tersebut. Tuliskan hasil imajinasimu dengan menggunakan kata-katamu sendiri di
tempat yang disediakan berikut ini.
Jawaban :
Bagian akhir:
Andi dan Bayu pun lupa dengan permainan gawainya. Dan kakek pun tampak terus bersemangat membuat cerita buat para cucunya. Sebenarnya ibu sudah menyuruh anak-anak untuk beristirahat, tetapi anak-anak tidak mau, dan kakek Banu pun menyuruh ibu untuk membiarkan anak-anak tersebut dan mengajak anak-anak pindah ke ruang keluarga sambil tetap meneruskan cerita, anak-anak sambil tiduran di lantai yang sudah dilapisi karpet terus bersemangat mendengarkan cerita tersebut. Akhirnya anak-anak tertidur di ruang keluarga. Kakek Banu pun tersenyum bahagia
Ayo Berlatih
Kini kamu telah mengetahui beberapa tari kreasi daerah yang ada di Indonesia. Tari kreasi daerah dalam bacaan sebelumnya hanyalah sebagian kecil dari tari kreasi daerah yang ada di nusantara. Hampir semua daerah memiliki tari kreasi daerah yang dikembangkan oleh seniman daerah masing-masing.
Bersama dengan teman sekelompok, kamu akan melakukan kegiatan untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang tari kreasi daerah. Ikutilah langkah-langkah sebagai berikut.
Jawaban :
Bagian akhir:
Andi dan Bayu pun lupa dengan permainan gawainya. Dan kakek pun tampak terus bersemangat membuat cerita buat para cucunya. Sebenarnya ibu sudah menyuruh anak-anak untuk beristirahat, tetapi anak-anak tidak mau, dan kakek Banu pun menyuruh ibu untuk membiarkan anak-anak tersebut dan mengajak anak-anak pindah ke ruang keluarga sambil tetap meneruskan cerita, anak-anak sambil tiduran di lantai yang sudah dilapisi karpet terus bersemangat mendengarkan cerita tersebut. Akhirnya anak-anak tertidur di ruang keluarga. Kakek Banu pun tersenyum bahagia
Ayo Berlatih
Kini kamu telah mengetahui beberapa tari kreasi daerah yang ada di Indonesia. Tari kreasi daerah dalam bacaan sebelumnya hanyalah sebagian kecil dari tari kreasi daerah yang ada di nusantara. Hampir semua daerah memiliki tari kreasi daerah yang dikembangkan oleh seniman daerah masing-masing.
Bersama dengan teman sekelompok, kamu akan melakukan kegiatan untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang tari kreasi daerah. Ikutilah langkah-langkah sebagai berikut.
- Tentukanlah
sebuah tari kreasi daerah, baik yang ada di daerahmu atau salah satu tari
daerah yang ada pada bacaan di atas
- Carilah
beberapa informasi untuk mengetahui lebih banyak tentang tari-tari
tersebut
- Gunakanlah
tabel berikut untuk mengorganisasi informasi yang diperlukan. Kamu dapat
menuliskan keterangan atau menempelkan gambar yang sesuai dengan
keterangan yang diharapkan.
Buatlah
kesimpulan terhadap kegiatan di atas dengan menuliskannya di dalam kotak di
bawah ini.
Kesimpulan :
Bahwa tari kreasi daerah mempunyai karakteristik masing-masing. Tari kreasi daerah banyak digali atau dikembangkan dari tari daerah/tari klasik dengan menambahkan beberapa kreasi dan inovasi gerakan baru dari penciptan tari kreasi daerah tersebut. Ada beberapa persamaan dan ada beberapa perbedaan antara tari kreasi daerah satu dengan tari kreasi daerah yang lain.
Kesimpulan :
Bahwa tari kreasi daerah mempunyai karakteristik masing-masing. Tari kreasi daerah banyak digali atau dikembangkan dari tari daerah/tari klasik dengan menambahkan beberapa kreasi dan inovasi gerakan baru dari penciptan tari kreasi daerah tersebut. Ada beberapa persamaan dan ada beberapa perbedaan antara tari kreasi daerah satu dengan tari kreasi daerah yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar