Hari/tanggal : Jumat, 10 Februari 2023
Tema : Peristiwa dalam Kehidupan (Tema 7)
Sub Tema : Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemedekaan (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, SBDP
Pembelajaran ke : 5
Simak video berikut ini !!!
1. Dengan membaca,
siswa dapat mengidentifikasi perjuangan dalam mempertahakan kemerdekaan dengan
penuh kepedulian.
2. Dengan bernyanyi lagu “Maju Tak
Gentar”, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memperhatikan ketepatan nada dan
tempo dengan penuh percaya diri.
3. Dengan melakukan percobaan,
siswa dapat mengetahui perubahan wujud benda yang dipengaruhi oleh kalor atau
panas dengan tanggung jawab.
di seluruh penjuru Indonesia. Semangat tersebut diikuti oleh keinginan yang
kuat untuk mengusir Jepang dari Indonesia. Seberapa pun kuatnya tentara
Jepang yang dipersenjatai lengkap dan modern tidak menyurutkan nyali dan
tekad pejuang-pejuang Indonesia. Dengan gagah berani dan jiwa pantang
mundur yang berkobar-kobar, pejuang-pejuang Indonesia terus menentang
dan melakukan berbagai macam perlawanan terhadap Jepang.
Ayo, rasakan semangat gagah berani dan pantang mundur para pejuang
Indonesia tersebut dengan menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” berikut ini!
pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apa yang kamu rasakan saat menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar”? Jelaskan!
2. Bagaimanakah nada dan tempo lagu “Maju Tak Gentar”? Jelaskan!
3. Apakah lirik lagu “Maju Tak Gentar” mencerminkan nilai-nilai kepah-lawanan? Jelaskan!
Gentar”? Peragakan gerak tari berikut dengan iringan lagu “Maju Tak Gentar”.
Kamu boleh membuat pola lantai lain yang berbeda dari gambar di bawah.
Pasti kamu lebih kreatif.
pertahankan kemerdekaan Indonesia.
terdengar di mana-mana. Namun, belum lama menikmati kemerdekaan,
bangsa Indonesia sudah dihadapkan dengan perjuangan mempertahankan
kemerdekaan. Perjuangan itu dikarenakan Belanda ingin menjajah Indonesia
lagi. Belanda datang ke Indonesia dengan membonceng tentara Sekutu
pimpinan Inggris. Akibatnya, pertempuran terjadi di mana-mana. Korban pun
banyak berjatuhan.
Cari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Mengapa bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya?
2. Apa yang dimaksud perjuangan fisik dan diplomasi?
3. Apa yang melatarbelakangi peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya?
4. Apa isi Perjanjian Roem Royen?
5. Apa yang dimaksud agresi militer Belanda? Kapan terjadinya?
Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!
kan kemerdekaan Indonesia adalahbentuk perlawanan terhadap penjajahdengan kontak senjata. Pada waktuitu, senjata yang digunakan oleh pe-juang-pejuang Indonesia masih tradi-sional seperti bambu runcing, keris,dan tombak. Jika memakai senapanapi, itu pun hanya hasil dari rampasan.Sangat berbeda dengan senjata yangdimiliki Inggris, Belanda, ataupunJepang. Mereka sudah menggunakansenjata modern, seperti meriam, pis-tol, bahkan bom.Perjuangan para pahlawan waktu itu sungguh hebat. Mereka tetap semangatmembara pantang menyerah walaupun para penjajah Indonesia menggunakansenjata modern. Tentu saja suhu udara saat itu sangat panas saat para penjajahmenembakkan meriam dan mengebom.
Berbicara tentang panas, tentu kamu masih ingat akan
kalor, termasuk perpindahan kalor dan kemampuan
kalor mengubah suhu dan mengubah wujud benda.
Pada pembelajaran yang lalu, telah kita buktikan
melalui percobaan bahwa kalor dapat mengubah
wujud benda melalui peristiwa mencair.
Sekarang, kita akan buktikan lagi kemampuan kalor
mengubah wujud benda melalui peristiwa penguapan.
Penguapan adalah peristiwa perubahan wujud dari
cair menjadi gas melalui penyerapan kalor.
Pernahkah kamu mengamati ketika merebus air sampai mendidih? Apakah
yang keluar dari cerek? Dari mulut cerek, keluar asap putih. Asap putih
tersebut adalah air yang terkena panas berubah menjadi uap air.
Contoh lain perubahan wujud karena penguapan sebagai berikut.
1. Bensin dibiarkan di tempat terbuka lama-lama akan habis.
2. Minyak kayu putih dibiarkan di dalam botol terbuka dalam waktu lama akan berkurang isinya.
3. Baju basah akan kering ketika dijemur di bawah panas matahari.
Ceritakan pengalamanmu dalam bekerja sama saat melakukan percobaan.
1. Ketika kamu menuangkan air ke dalam panci, benda berwujud apakah air itu?
2. Bagaimanakah suhu air sebelum dipanaskan dengan kompor spiritus?
3. Apa yang sedang terjadi pada saat air dalam panci itu diletakkan di atas kompor spiritus?
4. Setelah beberapa saat di atas kompor spiritus, apakah yang tampak keluar dari permukaan air dalam
panci? Berwujud apakah benda itu?
5. Setelah ditutup dengan tutup kering, kemudian tutup dibuka, apa yang tampak pada permukaan tutup
itu?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar