Kamis, 09 Februari 2023

Hari : Jumat, 10 Februari 2023, Tema 7 : Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 2 : Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan, Pembelajaran 5

Hari/tanggal           : Jumat, 10 Februari 2023

Tema                         :  Peristiwa dalam Kehidupan  (Tema 7)

Sub Tema                  :  Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemedekaan (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu        :  Bahasa Indonesia, IPA, SBDP

Pembelajaran ke        :  5


Simak video berikut ini !!!



TUJUAN

1.    Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi perjuangan dalam mempertahakan kemerdekaan dengan penuh kepedulian.

2.  Dengan bernyanyi lagu “Maju Tak Gentar”, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memperhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.

3.   Dengan melakukan percobaan, siswa dapat mengetahui perubahan wujud benda yang dipengaruhi oleh kalor atau panas dengan tanggung jawab.




Semangat dan suka cita menyambut Proklamasi Kemerdekaan sangat terasa
di seluruh penjuru Indonesia. Semangat tersebut diikuti oleh keinginan yang
kuat untuk mengusir Jepang dari Indonesia. Seberapa pun kuatnya tentara
Jepang yang dipersenjatai lengkap dan modern tidak menyurutkan nyali dan
tekad pejuang-pejuang Indonesia. Dengan gagah berani dan jiwa pantang
mundur yang berkobar-kobar, pejuang-pejuang Indonesia terus menentang
dan melakukan berbagai macam perlawanan terhadap Jepang.
Ayo, rasakan semangat gagah berani dan pantang mundur para pejuang
Indonesia tersebut dengan menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” berikut ini!






Setelah kamu dan teman-temanmu bernyanyi, cari tahu jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan berikut!





1. Apa yang kamu rasakan saat menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar”? Jelaskan!

2. Bagaimanakah nada dan tempo lagu “Maju Tak Gentar”? Jelaskan!

3. Apakah lirik lagu “Maju Tak Gentar” mencerminkan nilai-nilai kepah-lawanan? Jelaskan!





Dapatkah kamu memperagakan gerak tari dengan iringan lagu “Maju Tak
Gentar”? Peragakan gerak tari berikut dengan iringan lagu “Maju Tak Gentar”.
Kamu boleh membuat pola lantai lain yang berbeda dari gambar di bawah.
Pasti kamu lebih kreatif.

Peragakan gerak berikut dengan semangat seperti para pejuang mem-
pertahankan kemerdekaan Indonesia.




Sejak pembacaan teks Proklamasi oleh Soekarno-Hatta, gaung Proklamasi
terdengar di mana-mana. Namun, belum lama menikmati kemerdekaan,
bangsa Indonesia sudah dihadapkan dengan perjuangan mempertahankan
kemerdekaan. Perjuangan itu dikarenakan Belanda ingin menjajah Indonesia
lagi. Belanda datang ke Indonesia dengan membonceng tentara Sekutu
pimpinan Inggris. Akibatnya, pertempuran terjadi di mana-mana. Korban pun
banyak berjatuhan.















Cari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Mengapa bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya?

2. Apa yang dimaksud perjuangan fisik dan diplomasi?

3. Apa yang melatarbelakangi peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya?

4. Apa isi Perjanjian Roem Royen?

5. Apa yang dimaksud agresi militer Belanda? Kapan terjadinya?





Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!


Perjuangan fisik dalam mempertahan-
kan kemerdekaan Indonesia adalah
bentuk perlawanan terhadap penjajah
dengan kontak senjata. Pada waktu
itu, senjata yang digunakan oleh pe-
juang-pejuang Indonesia masih tradi-
sional seperti bambu runcing, keris,
dan tombak. Jika memakai senapan
api, itu pun hanya hasil dari rampasan.
Sangat berbeda dengan senjata yang
dimiliki Inggris, Belanda, ataupun
Jepang. Mereka sudah menggunakan
senjata modern, seperti meriam, pis-
tol, bahkan bom.

Perjuangan para pahlawan waktu itu sungguh hebat. Mereka tetap semangat
membara pantang menyerah walaupun para penjajah Indonesia menggunakan
senjata modern. Tentu saja suhu udara saat itu sangat panas saat para penjajah
menembakkan meriam dan mengebom.



Berbicara tentang panas, tentu kamu masih ingat akan
kalor, termasuk perpindahan kalor dan kemampuan
kalor mengubah suhu dan mengubah wujud benda.
Pada pembelajaran yang lalu, telah kita buktikan
melalui percobaan bahwa kalor dapat mengubah
wujud benda melalui peristiwa mencair.
Sekarang, kita akan buktikan lagi kemampuan kalor
mengubah wujud benda melalui peristiwa penguapan.
Penguapan adalah peristiwa perubahan wujud dari
cair menjadi gas melalui penyerapan kalor.
Pernahkah kamu mengamati ketika merebus air sampai mendidih? Apakah
yang keluar dari cerek? Dari mulut cerek, keluar asap putih. Asap putih
tersebut adalah air yang terkena panas berubah menjadi uap air.
Contoh lain perubahan wujud karena penguapan sebagai berikut.
1. Bensin dibiarkan di tempat terbuka lama-lama akan habis.
2. Minyak kayu putih dibiarkan di dalam botol terbuka dalam waktu lama akan berkurang isinya.
3. Baju basah akan kering ketika dijemur di bawah panas matahari. 








Ceritakan pengalamanmu dalam bekerja sama saat melakukan percobaan.

1. Ketika kamu menuangkan air ke dalam panci, benda berwujud apakah air itu?

2. Bagaimanakah suhu air sebelum dipanaskan dengan kompor spiritus?

3. Apa yang sedang terjadi pada saat air dalam panci itu diletakkan di atas kompor spiritus?

4. Setelah beberapa saat di atas kompor spiritus, apakah yang tampak keluar dari permukaan air dalam 

    panci? Berwujud apakah benda itu?

5. Setelah ditutup dengan tutup kering, kemudian tutup dibuka, apa yang tampak pada permukaan tutup 

    itu?




SEKIAN TERIMAKASIH


Tidak ada komentar:

Pb. 5 Kelas 5B Rabu 22 Mei 2024 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 5

Tema 9                       : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 3                 :  Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran     ...