Selasa, 28 Februari 2023

Hari : Rabu, 1 Maret 2023, Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita, Subtema 1 : Manusia dan Lingkungan, Pembelajaran 6

Hari/tanggal           : Rabu, 1 Maret 2023

Tema                         :  Lingkungan Sahabat Kita  (Tema 8)

Sub Tema                  :  Manusia dan Lingkungan (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu        :  Bahasa Indonesia, IPA, SBDP.

Pembelajaran ke        :  6


Simak video berikut ini !!!


TUJUAN :

       1.       Melalui kegiatan membaca, siswa mampu mengidentifikasi keragaman sosial budaya dalam masyarakat.

       2.       Melalui kegiatan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi peristiwa pada teks.

       3.       Melalui kegiatan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi keragaman yang ditunjukkan dalam sebuah teks.

       4.       Melalui kegiatan menyanyi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai tangga nada dengan benar.

       5.       Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu menjelaskan pengertian tangga nada minor.












Diskusikan tugas-tugas berikut bersama kelompokmu.

1. Tulislah peristiwa pada teks “Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional

Anak”.


2. Keragaman apa yang disebutkan pada teks?


3. Sikap apa yang dapat saya tiru dari teks?


4. Apa yang sebaiknya kamu lakukan dalam upaya ikut melestarikan

    permainan tradisional?





Tugas

1. Mainkan permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol bersama teman-temanmu.
    a. Apa yang kamu rasakan?
    b. Nilai-nilai apakah yang terdapat pada permainan dhingklik oglak aglik dan perepet jengkol?

2. Adakah permainan serupa permainan dhingklik oglak aglik atau perepet
    jengkol di daerahmu? Jika ada, apa nama permainan itu?


3. Mainkan salah satu permainan tradisional daerahmu.
   Ceritakan pengalamanmu saat memainkan permainan itu bersama teman-temanmu.



Amati baik-baik notasi lagu “Syukur” ini.






1. Apa judul lagu itu?

2. Siapa penciptanya?

3. Apa nada dasar yang digunakan?

4. Apa tanda tempo yang digunakan?

5. Apa arti tanda tempo itu?

6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apakah syair lagu itu?





1. Berlatihlah menyanyikan lagu “Syukur”. Berlatihlah terus berulang-ulang
    hingga kamu dapat bernyanyi dengan baik. Resapi isi syair lagu. Nyanyikan
    dengan penuh perasaan ungkapan syukur. Perhatikan pengucapan syair
    lagu agar jelas dan dipahami pendengar.
2. Ceritakan isi syair lagu “Syukur”.
3. Nyanyikan lagu “Syukur” dengan nada dasar yang berbeda. Rasakan mana
    yang lebih nyaman bagimu untuk menyanyikannya.



Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1 1⁄2 1 1 1 1⁄2 1
1. Tangga nada diatonis minor ada bermacam-macam, salah satunya tangga
    nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah
    tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah.
    Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis minor harmonis berikut.


     Berikut tangga nada diatonis minor.


Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.

1. Lagu bersifat sedih.

2. Lagu kurang bersemangat.

3. Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun tidak menutup

    kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).


SELAMAT BELAJAR


Tidak ada komentar:

Pb. 5 Kelas 5B Rabu 22 Mei 2024 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 5

Tema 9                       : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 3                 :  Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran     ...