Hari/tanggal : Kamis, 23 Februari 2023
Tema : Lingkungan Sahabat Kita (Tema 8)
Sub Tema : Manusia dan Lingkungan (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, SBDP
Pembelajaran ke : 2
Simak video berikut ini !!!
TUJUAN :
1.
Melalui kegiatan menyanyi,
siswa mampu mengidentifikasi berbagai tangga nada dengan benar.
2.
Melalui kegiatan pengamatan,
siswa mampu menjelaskan terjadinya siklus air dengan baik.
3.
Melalui kegiatan menggali
informasi dari sumber bacaan, siswa dapat membuat bagan sederhana untuk menjelaskan siklus air.
4.
Melalui kegiatan mengamati,
siswa mampu mengidentifikasi urutan peristiwa dalam bacaan dengan benar.
Hari itu Siti dan teman-teman mempelajari lagu baru. Lagu itu berjudul “Air
Terjun” ciptaan A.T. Mahmud. Inilah lagu yang dipelajari Siti dan teman-teman.
1. Ceritakan gambar di atas.
2. Proses apa sajakah yang terjadi pada gambar tersebut? Coba jelaskan.
Ceritakan hasil pengamatan kelompokmu. Lakukan bergantian dengan
kelompok lain.
Kamu telah melakukan pengamatan dan menceritakan gambar. Peristiwa yang
terjadi pada gambar yang kamu amati itu disebut siklus air. Bacalah bacaan
berikut untuk menambah pengetahuanmu.
Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap
air ke udara. Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara.
Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses
ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan
berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini
disebut kondensasi (pengembunan).
turun di darat maupun di laut. Air hujan itu akan jatuh ke tanah atau perairan.
Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah. Selanjutnya, air
tanah akan keluar melalui sumur.
Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang jatuh
ke perairan, misalnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di tempat
tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di
sungai dapat menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan
bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan. Proses siklus air pun terulang
lagi.
Dari proses siklus air itu dapat disimpulkan bahwa sebenarnya jumlah
air di bumi secara keseluruhan cenderung tetap. Hanya wujud dan tempatnya
yang berubah.
Sumber: IPA Salingtemas 5 untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
bagan sederhana karyamu sendiri untuk menjelaskan siklus air. Tambahkan
kalimat-kalimat untuk menjelaskan proses siklus air. Presentasikan hasil
diskusi kelompokmu di depan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.
membutuhkan air. Banyak cara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan
air. Bacalah cerita tentang air berikut.
SELAMAT BELAJAR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar