Rabu, 15 Februari 2023

Hari : Kamis, 16 Februari 2023, Tema 7 : Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 3 : Peristiwa Mengisi Kemerdekaan, Pembelajaran 3

Hari/tanggal           : Kamis, 16 Februari 2023

Tema                         :  Peristiwa dalam Kehidupan  (Tema 7)

Sub Tema                  :  Peristiwa Mengisi Kemedekaan (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu        :  Bahasa Indonesia, IPS, PPKN

Pembelajaran ke        :  3


Simak video berikut ini !!!


TUJUAN :

       1.       Dengan membaca, siswa dapat mengetahui peristiwa lahirnya Pancasila dengan penuh tanggung jawab.

       2.       Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi makna Pancasila dalam keragaman budaya bangsa dengan           penuh kepedulian.

 3.    Dengan diskusi, siswa dapat mengenal nilai-nilai luhur Pancasila yang berkembang di masyarakat dengan            penuh kepedulian.



Mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila merupakan
cara positif dalam mengisi kemerdekaan. Nilai-nilai dalam Pancasila
merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur yang telah berkembang di masyarakat
sejak zaman dulu. Oleh karena itulah, Pancasila menjadi pandangan hidup
bangsa Indonesia dan menjadi pedoman dalam bersikap dan berperilaku bagi
setiap warga negara Indonesia. Bagaimanakah sejarah lahirnya Pancasila?

Bacalah bacaan berikut dengan saksama!








Bacalah dengan saksama bacaan yang berjudul “Peristiwa Lahirnya Pancasila”.
Setelah itu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Siapa sajakah tokoh yang mengusulkan calon rumusan dasar negara Indonesia?

2. Sejak kapan istilah Pancasila dikenal? Uraikan secara singkat!


3. Dari bahasa apakah istilah pancasila? Apakah artinya?

4. Apa yang dibahas dalam Sidang Pertama BPUPKI?

5. Apakah isi pidato Ir. Soekarno pada Sidang Pertama BPUPKI?





Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam
kolom-kolom berikut!
Nilai-nilai Pancasila sesungguhnya telah ada dalam kehidupan bangsaIndonesia yang beragam. Sebuah nilai yang menunjukkan adanya perilaku dan sikap kerukunan serta kerja sama dalam masyarakat yang beragam, yaitu hidup gotong royong. Dalam kehidupan masyarakat, kita sering menghadapi masalah yang menyangkut kepentingan bersama.

Perhatikanlah gambar di halaman sebelumnya yang menunjukkan sikap
kegiatan gotong royong. Kegiatan untuk membantu anggota masyarakat yang
lain secara bersama-sama dan sukarela disebut bergotong royong. Kegiatan
ini dilakukan atas kesadaran bahwa dalam hal tertentu, permasalahan yang
dihadapi salah satu anggota masyarakat dapat dibantu dengan sukarela
dan bersama-sama. Kegiatan ini menunjukkan nilai-nilai Pancasila yang
dilaksanakan secara sadar oleh masyarakat Indonesia untuk kepentingan
bersama.

Dengan menggunakan gambar di atas sebagai bantuan dan informasi lain
berbagai sumber, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Apa saja manfaat gotong royong?

2. Bagaimana ciri masyarakat Indonesia ditunjukkan melalui kebiasaan gotong royong tersebut?

3. Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang nyata dalam gotong royong tersebut?

4. Berikanlah paling sedikit tiga contoh yang menunjukkan peran Pancasila dalam membina keutuhan        bangsa Indonesia yang memiliki keragaman budaya.





Kehidupan masyarakat Indonesia yang beragam menuntut warganya untuk
mengembangkan cara untuk menjaga keutuhan dan kerukunan warganya
dengan melakukan musyawarah. Bacalah kisah berikut ini dengan saksama,
lalu jawablah pertanyaan tentang kisah tersebut.

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apakah menurutmu sikap Kepala Desa mencerminkan sikap mengutamakan
    musyawarah dan mufakat? Mengapa?

2. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Pak Doni dan Pak Badu?

3. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Pak Ali?

4. Tuliskan paling sedikit dua cara yang dapat kamu lakukan untuk menghargai

    orang lain!



TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Pb. 4 Kelas 5B Senin 13 Mei 2024 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran     ...