Rabu, 08 Februari 2023

Hari : Kamis, 9 Februari 2023, Tema 7 : Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 2 : Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan, Pembelajaran 4

Hari/tanggal           : Kamis, 9 Februari 2023

Tema                         :  Peristiwa dalam Kehidupan  (Tema 7)

Sub Tema                  :  Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemedekaan (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu        :  Bahasa Indonesia, IPA, SBDP

Pembelajaran ke        :  4


Simak video berikut ini !!!


TUJUAN

1.     Dengan membaca, siswa mengidentifikasi berbagai peristiwa dalam upaya pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan penuh tanggung jawab.

2.     Dengan membaca, siswa dapat mengenal Ahmad Soebarjo dengan penuh kepedulian.

3.     Dengan membaca, siswa dapat menyebutkan unsur-unsur budaya dengan penuh kepedulian.

4.   Dengan bercerita, siswa dapat menyebutkan berbagai identitas suku bangsanya dengan penuh tanggung jawab.

5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengenal suku-suku bangsa di Indonesia dengan penuh kepedulian.


Sebagai negara yang baru lahir, Indonesia belum memiliki undang-undang
dasar yang berfungsi untuk mengatur segala aspek kehidupan berbangsa dan
bernegara. Kepala negara dan kepala pemerintahan yang akan menjalankan
pemerintahan serta kelengkapannya juga belum ada. Para pemimpin bangsa
segera memanfaatkan dengan sebaik-baiknya lembaga yang ada pada waktu
itu, yaitu PPKI yang dibentuk Jepang sejak tanggal 7 Agustus 1945 diketuai
Ir. Soekarno dan wakil ketuanya Drs. Moh. Hatta. PPKI menggantikan tugas
BPUPKI yang sudah berakhir. BPUPKI dibentuk pada tanggal 29 April 1945.
Apakah kepanjangan PPKI dan BPUPKI?




Cari tahu kepanjangan PPKI dan BPUPKI, lalu tuliskan pada kotak berikut.





Peristiwa apa saja yang mengiringi proses pembentukan Negara Kesatuan
Republik Indonesia? Ayo, bacalah uraian berikut.












Cari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Apakah tugas PPKI?

2. Apa hasil Sidang PPKI pertama?

3. Apa tujuan pembentukan KNI?

4. Kapan BKR sebagai cikal bakal TNI dibentuk?

5. Tuliskan 8 provinsi yang dibentuk sebagai hasil Sidang PPKI pertama!


Peristiwa sebelum, saat, dan sesudah Proklamasi juga melahirkan tokoh-tokoh
yang sangat berjasa bagi bangsa dan negara. Dengan jiwa rela berkorban dan
pantang menyerah serta gagah berani, mereka berdiri di barisan terdepan
untuk memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara. Selain tokoh
Dwitunggal, yakni Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta, juga kita kenal Amhad
Soebarjo. Dia juga sangat berjasa dalam perumusan dan penyusunan naskah
Proklamasi.








Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan
mengenai bacaan tersebut pada bagan di bawah ini.


1. Jelaskan peran dan perjuangan penting yang dilakukan oleh Ahmad Soebarjo!

2. Kemukakan hal yang dapat kamu pelajari dari kisah peran dan perjuangan Ahmad Soebarjo!

Berbagai peristiwa dalam usaha pembentukan Negara Kesatuan Republik
Indonesia yang merdeka dan berdaulat telah menunjukkan arti pentingnya
persatuan dan kesatuan. Bangsa Indonesia dibangun di atas keragaman dan
perbedaan. Ras, suku, golongan, agama dan budaya yang hidup beriringan
manjadikan Indonesia bangsa yang besar.
Perbedaan merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang perlu dijaga. Satu
di antara perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia adalah suku bangsa dan
budaya. Sebagai bangsa yang terdiri atas beraneka ragam suku bangsa, kita
harus bangga karena suku-suku yang ada mempunyai budaya yang beragam.
Keragaman tersebut terlihat jelas dalam unsur-unsurnya.








Kamu telah mengetahui unsur-unsur budaya di Indonesia. Keragaman unsur
budaya tersebut lahir karena adanya berbagai faktor. Faktor itu seperti faktor
biologis (keturunan, ras, suku), geografis (keadaan alam), dan historis (sejarah/
masa lampau), serta keterbukaan terhadap pihak luar.





Cari tahu dengan mengamati unsur-unsur budaya yang ada di sekitar tempat
tinggalmu. Jika kamu mengalami kesulitan, baca kembali uraian tentang
unsur-unsur budaya di atas. Kemudian, tuliskan nama-nama bagian dari
kebudayaan pada suku yang kamu kenal.


Salah satu unsur budaya adalah kesenian. Tari adalah salah satu dari berbagai
bentuk kesenian. Tari merupakan karya seni dengan gerak tubuh sebagai
media utama. Amatilah berbagai karya tari berikut. Tahukah kamu asal daerah
karya tari berikut?


Telah diuraikan pada Pembelajaran Dua, bahwa bentuk karya tari ada tiga,
yaitu bentuk karya tari tunggal, berpasangan, dan kelompok. Setiap bentuk
karya tari lebih indah saat penyajiannya mempertimbangkan pola lantai. Pola
lantai adalah garis di lantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari.
Selain itu, pola lantai tari kelompok dapat diartikan juga garis di lantai yang
dibuat oleh formasi penari. Perhatikan pola lantai pada tari kelompok berikut.




Kedua gerak di atas menggambarkan semangat kepahlawan. Semangat para
pahlawan dalam membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tahukah
kamu bentuk pola lantai pada kedua gerak di atas? Lakukan kegiatan berikut.





1. Bentuklah kelompok terdiri atas 3 anak. Kemudian, tirukan gerakan di atas dengan pola lantai sesuai 
    gambar.
2. Berlatihlah hingga kelompok kalian kompak memperagakan gerak di atas.
3. Peragakan gerak di atas dengan pola lantai sesuai gambar di depan kelompok lain.





Tidak ada komentar:

Pb. 4 Kelas 5B Senin 13 Mei 2024 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4

  Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran     ...